Ada yang bilang kuliah di UI itu intinya cuma “nyanyi dan dinyanyiin” (*colek Pak Dibyo). Waktu pertama kali masuk UI semua maba pasti pernah merasakan yang namanya nyanyi paduan suara di Balairung sambil ngeliatin envy senior-seniornya yang dengan gagah mengenakan toga. Nah, sekarang giliran kamu nih yang akan dinyanyiin! Apa aja sih yang harus dipersiapkan?

 

1. Skripsi dan Perintilannya

skripsi

Sudah lewat masa-masa begadang kaya gini, jangan lupa beresin perintilannya (sumber: sudutpengetahuan.wordpress.com)

Pastikan semua administrasi tugas akhir kamu selesai. Revisi setelah sidang, tanda tangan-tanda tangan, pengumpulan Hardcopy, upload jurnal online dan sebagainya. Jangan merasa sidang adalah akhir dari segalanya, dan jangan sampai detik-detik sebelum wisuda kamu masih disibukkan dengan hal-hal semacam ini.

 

2. Memastikan Status Lulus di SIAK-NG

Pastikan status kamu sudah Lulus. Jika mengalami masalah segera hubungi bagian akademik fakultas kamu. Pastikan juga data diri di SIAK-NG kamu sudah benar, karena data ini yang nantinya akan dipakai untuk pembuatan Ijazah. Jangan sampai terjadi kesalahan di Ijazah kamu seperti pengejaan nama atau tempat tanggal lahir, ga mau kan ribet-ribet lagi untuk ngurus Ijazah yang bermasalah?

 

advertisement

3. Mengisi Sistem Prestasi Mahasiswa UI (Sipresma)

Sipresma adalah fasilitas yang diberikan UI kepada mahasiswanya untuk merekam prestasi dan kegiatan non akademik seperti organisasi, magang, atau kompetisi. Outputnya adalah pendamping ijazah berupa keterangan resmi dari UI mengenai daftar prestasi dan kegiatan non akademik yang pernah kita capai dan ikuti. Meskipun sifatnya tidak wajib, tapi ini bisa membantu kamu dalam pencarian kerja.

 

4. Pendaftaran Wisuda Online

buku alumni

Ini namanya buku alumni nih (sumber: nizarland.com)

Karena biasanya terlalu sibuk mengurus administrasi tugas akhir, kita kadang mengabaikan pendaftaran untuk wisuda kita sendiri atau mendaftar di menit-menit terakhir sebelum pendaftaran ditutup. Jangan sampai wisuda kita tertunda hanya karena kelalaian seperti ini. Pendaftaran online harap diisi dengan sungguh-sungguh dari mulai ukuran toga, data diri, dan jangan lupa upload foto terbaik kamu. Data-data tersebut yang nantinya akan ditampilkan di buku alumni. Ga mau kan tampil memalukan di buku yang akan disimpan ribuan orang seumur hidup?

 

5. Rencanakan Penampilan

annisa pohan

Nggak cuma Dian Sastro yang bening di UI. Tahu ini siapa? (sumber: doyanrumpi.blogspot.com)

Wisuda merupakan salah satu momen penting dalam hidup dan pastinya kita semua (apalagi perempuan) ingin tampil maksimal di acara tersebut. Cari referensi dan rencanakan jauh-jauh hari model make-up dan baju yang akan kamu gunakan. Putuskan dandan sendiri kah? Salon kah? Atau meminta bantuan teman kah? Dan segera reservasi. Jangan sampai memutuskan menggunakan jasa salon di last minute, karena biasanya akan full booked semua.

 

advertisement

6. Keluarga

 

Libatkan keluarga dalam perencanaan wisuda kamu, dari mulai siapa saja yang akan datang, kostum yang akan dipakai, anggaran, dan jika keluargamu berasal dari luar kota, rencanakan juga transportasi dan akomodasi yang akan digunakan.

 

7. Komunikasi dan Dokumentasi

Pastikan alat komunikasi dan dokumentasi kamu dalam kondisi yang prima. HP dengan pulsa dan baterai yang cukup. Kamera dengan baterai dan memori yang cukup. Ketika wisuda, kamu, keluarga, dan teman-teman akan terpisah satu sama lain. Kamu akan kesulitan mencari orang di tengah crowded-nya balairung jika alat komunikasi kamu bermasalah. Dan pastikan juga momen berharga kamu ini terdokumentasikan dengan baik.

 

8. Yang Kecil yang Terlupakan

4 Hal penting tapi sering dilupakan untuk dibawa saat hari H.
Payung (wisudawan UI 2013-2014 pasti ngerti). Sepatu/sendal cadangan (Cewek pasti ngerti). Jarum pentul/peniti (yang berjilbab pasti ngerti). Power bank (semua orang pasti ngerti).

 

9. Time Management

Wisuda UI itu ada dua hari, gladi dan hari H. Biasanya yang gladi didedikasikan untuk teman-teman, dan yang hari H untuk keluarga. Pastikan kamu tahu siapa aja yang bakalan ada di wisuda kamu. Temen SD, temen, SMA, temen organisasi, temen tapi mesra (eh), dan pastikan kamu memang bisa meluangkan waktu untuk ketemu mereka semua. Jangan sampai ada yang jauh-jauh dateng, tapi ternyata gabisa ketemu karena kamu ada sesi foto bareng keluarga misalnya. Atau keluarga kamu jadi terlantar karena kamu harus kumpul2 bareng temen, dan sebagainya. Atur waktu kamu seefisien mungkin.

 

10. Kesehatan

Jangan sampai kesibukan kamu mempersiapkan wisuda membuat kamu mengabaikan kesehatan. Percuma sesempurna apapun persiapan kamu kalau ternyata pas hari H kamu malah sakit. Jadi jaga kondisi tubuh kamu dengan memperhatikan pola makan atau dengan olah raga. Selain itu juga pastikan ukuran tubuh kamu terjaga, ga mau kan tiba-tiba pakaian yang akan digunakan pas wisuda malah jadi kekecilan atau malah kegedean?

Sekian 10 hal yang harus kamu perhatikan sebelum wisuda. Ingat, wisuda itu bukan akhir, melaikan awal untuk fase baru kehidupan yang mesti kamu persiapkan juga. So, happy graduation guys, and welcome to the jungle! 😀

 

Head image by terlalurisky.deviantart.com



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (65%)
  • 😊 (15%)
  • 😭 (8%)
  • 😮 (6%)
  • 😒 (3%)
  • 😡 (3%)
  • 😆 (1%)