Teman-teman, apakah teman-teman tahu bahwa pada tahun ajaran 2008/2009 nanti program D3 akan ditiadakan di fakultas-fakultas di UI? Saya baru membaca berita di koran Republika edisi hari Jum’at 25 April 2008, rubrik Iptek dan Kesehatan halaman 26.

Dalam berita tersebut (sayang saya tidak bisa mendapatkan URL berita onlinenya), disebutkan bahwa program-program diploma tersebut nantinya akan bernaung dalam UI College yang merupakan nama baru dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Lho, PNJ bergabung lagi dengan UI ya? Iya, begitulah menurut Direktur PNJ, Johny Wahyuadi dalam berita yang sama.

Menurut Direktur PNJ, Johny Wahyuadi, wacana untuk mengganti nama menjadi UI College sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. “Akhirnya berdasar rapat Senat PNJ pada tanggal 21 April lau, kami telah memutuskan siap bergabung kembali dengan UI.”

Kembali lagi pada berita ditiadakannya D3 UI di Fakultas, Pak Rektor Prof. Gumilar R. Somantri mengatakan bahwa kebijakan menyatukan D3 ke UI College ini tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di kampus UI.

Artinya, berdasarkan berita ini, tahun depan sudah tidak ada lagi D3 FK UI, D3 MIPA UI, D3 FISIP UI, D3 FIB UI, dan D3-D3 lainnya (apa lagi ya, yang belum kesebut?) karena mereka semua akan tergabung di PNJ.

Inilah salah satu cara UI menuju world-class research university, yaitu dengan memfokuskan diri pada memproduksi sarjana-sarjana yang siap melakukan riset, dan mengalihkan produksi diploma-diploma yang siap kerja ke UI College.

Bagaimana menurut teman-teman?

UPDATE ADMIN:

Pada diskusi di bawah, teman-teman akan menemukan beberapa komentar yang menyerang personal tertentu atau terlihat mengadu domba antara S1 dengan D3 UI. Teman-teman yang baru membaca ini, tolong jangan terpancing untuk ikut berkomentar yang bernada menyerang maupun juga ikut mengadu domba. Yang menulis komentar-komentar bernada seperti itu BUKAN ORANG YANG BERTANGGUNG JAWAB dan TIDAK BISA DIPERCAYA, karena mereka tidak berani menyebutkan nama maupun asal fakultasnya. Terimakasih atas perhatiannya ~ admin anakUI.com

UPDATE ADMIN 26 Agustus 2008:

Admin anakUI.com berpikir bahwa masalah provokasi, adu domba, dan pertentangan di tulisan ini sudah mereda. Akan tetapi, ternyata masih ada saja orang TIDAK BERTANGGUNGJAWAB yang mulai menumbuhkan bibit-bibit pertentangan ini.

anakUI.com mengubah kebijakannya terhadap tulisan ini, dengan menutup fitur komentar di postingan ini untuk mencegah provokasi lebih lanjut yang bisa mengganggu kenyamanan kita dalam membaca anakUI.com.