8.982 anggota | 2.855 tulisan | 13.151 komentar | daftar sekarang!

Login

Setelah login, halaman posting tulisan akan terbuka.
Register   |   Lupa Password?
tekan ESC atau klik luar form ini untuk kembali

Login

Register   |   Lupa Password?
tekan ESC atau klik luar form ini untuk kembali

Tahun Ajaran 2008/2009, D3 UI Ditiadakan di Fakultas

 

Teman-teman, apakah teman-teman tahu bahwa pada tahun ajaran 2008/2009 nanti program D3 akan ditiadakan di fakultas-fakultas di UI? Saya baru membaca berita di koran Republika edisi hari Jum’at 25 April 2008, rubrik Iptek dan Kesehatan halaman 26.

Dalam berita tersebut (sayang saya tidak bisa mendapatkan URL berita onlinenya), disebutkan bahwa program-program diploma tersebut nantinya akan bernaung dalam UI College yang merupakan nama baru dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Lho, PNJ bergabung lagi dengan UI ya? Iya, begitulah menurut Direktur PNJ, Johny Wahyuadi dalam berita yang sama.

Menurut Direktur PNJ, Johny Wahyuadi, wacana untuk mengganti nama menjadi UI College sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. “Akhirnya berdasar rapat Senat PNJ pada tanggal 21 April lau, kami telah memutuskan siap bergabung kembali dengan UI.”

Kembali lagi pada berita ditiadakannya D3 UI di Fakultas, Pak Rektor Prof. Gumilar R. Somantri mengatakan bahwa kebijakan menyatukan D3 ke UI College ini tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di kampus UI.

Artinya, berdasarkan berita ini, tahun depan sudah tidak ada lagi D3 FK UI, D3 MIPA UI, D3 FISIP UI, D3 FIB UI, dan D3-D3 lainnya (apa lagi ya, yang belum kesebut?) karena mereka semua akan tergabung di PNJ.

Inilah salah satu cara UI menuju world-class research university, yaitu dengan memfokuskan diri pada memproduksi sarjana-sarjana yang siap melakukan riset, dan mengalihkan produksi diploma-diploma yang siap kerja ke UI College.

Bagaimana menurut teman-teman?

UPDATE ADMIN:

Pada diskusi di bawah, teman-teman akan menemukan beberapa komentar yang menyerang personal tertentu atau terlihat mengadu domba antara S1 dengan D3 UI. Teman-teman yang baru membaca ini, tolong jangan terpancing untuk ikut berkomentar yang bernada menyerang maupun juga ikut mengadu domba. Yang menulis komentar-komentar bernada seperti itu BUKAN ORANG YANG BERTANGGUNG JAWAB dan TIDAK BISA DIPERCAYA, karena mereka tidak berani menyebutkan nama maupun asal fakultasnya. Terimakasih atas perhatiannya ~ admin anakUI.com

UPDATE ADMIN 26 Agustus 2008:

Admin anakUI.com berpikir bahwa masalah provokasi, adu domba, dan pertentangan di tulisan ini sudah mereda. Akan tetapi, ternyata masih ada saja orang TIDAK BERTANGGUNGJAWAB yang mulai menumbuhkan bibit-bibit pertentangan ini.

anakUI.com mengubah kebijakannya terhadap tulisan ini, dengan menutup fitur komentar di postingan ini untuk mencegah provokasi lebih lanjut yang bisa mengganggu kenyamanan kita dalam membaca anakUI.com.

 

Tags:

 
 

Tulisan Lainnya

222 Comments

 
  1. -ad- says:

    Bener toh keberadaan berita ini…
    bagaimana nasib D3 yg sekarang y?apa akan dipindahkan juga gimana nasib D3 yang pada ngulang untuk tahun depan?

    gimana nih pak rektoR.

  2. ian says:

    Dasar gumilar gede ambisinya aja gak’ memikirkan mahasiswa, dipikirnya ini jerman -tempat gumilar mendapat gelar aneh Prof. Der Soz- apa, ini indonesia bung kita punya keunikan pendidikan tersendiri dan adanya d3 di UI merupakan bentuk keunikan tersebut.

  3. ranadityaaliefdamien says:

    Yah tentang unik atau enggak unik justru gak terlalu penting. Tapi, bener gak mutu pendidikannya bakal naek? Gak ada gunanya sekedar ngubah struktur dan model, kalau gak diikutin peningkatan kualitas. Kalo pertanyaan gw maah, Poltek letaknya cukup strategis gak? Fasilitasnya?

    Jangan sampai proses mengincar sebuah benchmark membuat kita tidak mampu menjadi benchmark…

  4. a.w says:

    jangan bisa ngeritik aj. penghapusan D3 justru langkah yang lebih baik,, cz mahasiswa UI yang paling hedon adalah D3. jadi intinya bagaimana UI menjadi Universitas bukan untuk orang kaya tapi bego !!. anak D3 ga berkualitas !!

    @ian jg bs kritik aj tp ga tau esensi dblik ini..

  5. sebenernya sih kamu setuju kalau d3 dihapuskan tetapi kadangkala kita tidak bisa menampik kalau dana yang anak2 d3 keluarkan jauh lebih besar daripada anak regulernya jadi secara sadar pemasukan “lain” di ui ya anak d3..

    dan jujur kami tidak sama sekali setuju kalau ui dipecah jadi 3, sosial, eksakta, kesehatan, iiihhhh OGAH BANGET DEGH..sebenernya emang yang jadi kendala itu masalah prestise,tapi khan????????

    trus masalah sepeda apa kabar tuh?? buat apa pembangunan yang akhirnya memakan ruas jalan tapi gak ada kelanjutannya yang jelas dari pihak pejabat ui???

  6. yah..yah..kadang gw pikir ui kebanyakan GAYA, kebanyakan BACOT, n kebanyakan ide-ide kreatif tapi implementasinya???

    harusnya sadar diri bahwa gak semua yang kita mauin itu bakal terwujud so mikir yang kira2 bisa tercapai ajah deh..

    klo masih mau jadi universitas yang semua orang ngedengernya bakal “takut” yang penting dinaikkin dulu mutu mahasiswa-mahasiswanya, buat apa pada pinter sendiri??

  7. Ruth says:

    hemh……
    baru dengar juga tentang berita itu. klo ga salah tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di kampus UI, dimana untuk memfokuskan pendidikan pada sarjana2 UI. pertanyaan saya apakah dengan metode seperti itu dapat mencapai sasaran awal?
    bukannya saya tidak setuju atas kebijakan2 baru yang dibuat tapi saya melihat negara kita cenderung terlalu banyak kebijakan yang muluk2 tapi pelaksanaanya jauh dari keyataannya.

    membuat metode baru atau perubahan adalah baik akan tetapi pelaksanaannya dan komitmen untuk melaksanakannya juga merupakan hal yg sangat penting juga.

  8. ian says:

    buat admin anakui.com gw harap bisa memastikan supaya si rektor gumilar melihat situs ini juga supaya dia bisa tahu apa yang jadi aspirasi mahasiswa UI gak’ sekedar buat kebijakan hasil meditasinya sendiri.

  9. Kholil says:

    Gw pikir Kebijakan Rektor UI sangat tepat dan Bagus untuk menutup Program D3 UI mengingat Visi UI menjadi Universitas Riset tahun 2010..dimana UI hanya fokus mengembangkan program S1, S2 dan S3 buat mengembangkan Riset kedepannya.. Gw selaku Mahasiswa S1 Reguler UI sangat mendukung ditutupnya Program D3, karena Program D3 UI TIDAK BERMUTU dan Hanya menurunkan Kualitas UI..lagipula Mahasiswa D3 UI nggak punya potensi dan cuma bisa pesta dan hedon aja..Lebih baik ditutup aja D3 UI, kalo perlu Ekstensi ditutup juga tahun depan..UI hanya buat Mahasiswa S1 reguler, s2 dan s3 aja..menurut gw, Kebijakan Rektor UI memindahkan program D3 ke PNJ sangat tepat karena secara kualitas PNJ jauh lebih baik daripada D3 UI yang cuma menang namanya aja tapi kualitasnya HANCUR..intinya sebagai Mahasiswa UI S1 Reguler, Gw MENDUKUNG KEBIJAKAN REKTOR UI yang MENUTUP Program D3 UI Tahun ini..Hidup PAK GUMILAR DAN Jayalah S1 REGULER UI…

  10. Kholil says:

    Gw sebagai Mahasiswa UI S1 REGULER sangat MENDUKUNG DITUTUPNYA PROGRAM D3 UI pada Tahun ini dan Menyarankan PROGRAM S1 EKSTENSI JUGA DITUTUP TAHUN DEPAN..

    Karena Hanya Manusia terpilih yang mempunyai kemampuan bagus baik dalam segi Akademik dan Non akademik yang Pantas Kuliah di UI..hal ini yang hanya terdapat pada diri MAHASISWA UI S1 REGULER, S2 DAN S3..

    Sedangkan Mahasiswa D3 UI dan EKSTENSI UI TIDAK PANTAS KULIAH DI UI karena hanya membawa Uang saja dan TIDAK PUNYA KEMAMPUAN YANG BAIK dalam Hal Akademik dan Non akademik dan hanya membuat Kampus UI Makin Penuh aja..lagipula Ujian masuk D3 dan EKSTENSI UI mudah banget (nggak susah seperti SPMB)..jadi GW Dukung KEBIJAKAN REKTOR UI untuk MENUTUP PROGRAM D3 UI pada tahun ini dan mudah2an EKSTENSI juga Ditutup Tahun depan..

  11. damien says:

    Hmm…kok banyak komen kalau D3 dihapus yah? Bukannya cuma dipindahin? Terus, kenapa nih thread ujung-ujungnya banyak ngejelekin D3 dan S1 ekstensi ya? Ckckck… Pantas kuliah di UI? Who are you to say anything about it? Hahahaha.. dasar sok jagoan…

    Makannya S1 disebut sarjana, D3 disebut praktisi. Gak ada hubungannya ma kemampuan akademik ah. Lebih ke aspek keilmuan yang difokuskan. Lagian, kalau gak ada D3 ma S1 ekstensi, pemasukan yang bisa disubsidi silang buat pembiayaan dan pemberdayaan kampus berkurang, dong? Itu termasuk yang dialokasikan buat S1 loe…

  12. required says:

    bukannya ikut2tan tp sblmya gw jg mendukung langkah pak gumilar yang tampaknya lebih baik dari saudara ian kasela.

    UI ini punya reputasi, reputasi tidak akan muncul klw ga ada yg nmnya Qualty. yang pada intinya kualitas mhasiswa adalah yng paling utama,UI ga akan terenal seperti ini klw bukan krna mahasiswanya!

    gw mulai berspekulasi (yang mendasar tentunya) klw UI thn 65′, 70′ berbeda denga UI sekarang. sampai2 dahulu timbul polemik “klw mahasiswa UI blm turun maka bulum terjadi huru hara”.artinya UI bisa jadi terkenal karana jaket kuningnya dari para senior2 terdahulu. mahasiwa UI skrang hrs lebih berkualitas. ga sembarangan !,,

    kacamatanya dipke ga sih !!

  13. required says:

    wah ternyata gw sok jagoan dsini !!
    gw jg baru tau klw D3 ga ada hub dgn akademik !!
    knpa pak gumila “sebodoh itu” memindahkan D3 !? pdhal pemasukan akan berkurang klw D3 dipidahkan !!? trus yg ribut syp ?1 prcma klw ada forum untuk didiskusikan tapi ga ada yang nyeletuk !!

    dasar jagoan !!

  14. iRHoTeP says:

    Pihak rektorat terlalu membual-bualkan jargon world class university dengan cara bikin kebijakan-kebijakan aneh macem UI Depok haram kendaraan bermotor lah, gerbang-gerbang ditutupin lah, D3 diapainlah itu jadi PNJ lah, UI terbagi 3 jalur keilmuan (seperti dikatakan komentar #5) lah dan lain-lain yang akan datang.

    Sebenernya konsep world class university daripada UI itu apaan sih? Apakah sdr. rektor mengerti mengenai apa yang dia konsepkan ini? atau cuma sekadar keren-kerenan tapi ujung-ujungnya fasisme dan komersialisasi terselubung?

    Mengenai kualitas anak didik rekan D3,

    Semahal-mahalnya D3, gak semuanya gak pake otak dong. S1 sendiRi perlu diakui kadang “dimahal-mahalin” dan ada anak-anak titipan untuk dibela-belain masuk UI. Jadi kalo soal kualitas, sekali lagi, gak ada hubungannya dengan jalur masup dan jurusan. Tinggal seberapa komitmen lu dengan bidang yang lo geluti dan seberapa cakap lo mengembangkan bidang itu.

    Nah kalo turun ke jalan untuk demonstrasi nuntut ini itu, anak TK juga bisa sih ha6x

    +iR+

  15. Dino mau indonesia maju says:

    Kepada saudara Kholil, ini adalah forum yang ditujukan untuk diskusi antar anak ui dengan tujuan membangun ui. yang seharusnya hanya diikuti oleh orang-orang yang berintelektual dan dapat menerima perbedaan. Dari argumen saudara saya dapat menyimpulkan bahwa anda hanyalah orang bodoh yang tidak menggunakan otak sebelum menggerakkan bibir. Anda salah jika anda menganggap bahwa anda dan anak-anak s1 reguler yang lain adalah orang-orang yang terpilih. anda hanyalah orang yang sedikit lebih beruntung. di luar sana masih banyak orang yang lebih pantas ketimbang anda. orang-orang seperti andalah yang membuat Indonesia semakin terpuruk dalam krisis. saya harap anda dapat mgeintropeksi diri anda dan menarik kata-kata anda. Untuk memajukan indonesia yang kita perlukan bukan hanya kalangan akademisi dan orang-orang yang teoritis saja tetapi kita juga memerlukan orang-orang profesional dengan latar belakang pendidikan vocational.
    Demikian argumen saya sebagai mahasiswa program diploma Universitas Indonesia. Hidup Mahasiswa! Hidup UI!! Hidup Indonesia!!!!

  16. calon dokter FKUI says:

    MAMPUS loe lil!!!

    norakk bgddd sihhh loee…

    gw aja menerima perbedaan koq!

    koq ada org kaya loe bisa kuliah di ui yahhh??

    malu loe donkk ama argumen cerdas oleh sdr dino!!

    hahahha

  17. Setuju sekali program D3 UI ditutup untuk meningkatkan kualitas di UI sendiri,
    D3 di UI menurut saya hanya mementingkan keuntungan finansial dari masing2 fakultas (bayaranya yang mahal sekali) tanpa memperhatikan kualitasnya
    yang dimaksud persaingan yang tidak sehat menurut saya yaitu dikomersialkannya D3 untuk meraup untung yang sebesar2nya antar fakultas dan itu harus dihentikan!
    memang D3 UI tidak lebih baik dari PNJ yang lebih unggul dalam practical dan profesional serta kedisiplinan yang terkenal di dunia industri
    semoga dengan menjadi UI college kualitas tidak menjadi turun dan biaya kuliah tidak menjadi mahal

    btw, @kholil:
    jangan samakan ujian masuk S1 ekstensi dengan ujian S1 regular ya…
    S1 ekstensi itukan kebanyakan yang daftar orang yang sudah kerja dan mereka kuliah sendiri sambil kerja
    yang bebannya lebih berat karena tidak hanya memikirkan kuliahnya tapi pekerjaannya dan itu harus balance..
    dan menurut saya itu kurang lebih sama halnya dengan S2nya..
    Kalo S1 regular sama D3nya boleh disamain memang lebih unggul S1 regular kalo emang tidak ada yang masuk lewat jalan belakang.

    salam mahasiswa S1 ekstensi Elektro UI :)

  18. JokO says:

    yang paling dirugikan dan yang paling marah2 adalah anak D3. seperti dino yang mengaku klw ia ank D3. ya jelas dia paling TIDAK TERIMA karena dia sendiri ank D3. ga mungkin D3 membela S1 reguler!!!

    klw berani kita adakan voting se UI, mana yg mendukung D3 atau sebaliknya. gw yakin lbih dari 70% jawabannya D3 harus DUHANCURKAN !!!

    jd klw di forum ini yang argumennya paling bagus yang itulah yang menang!!

    Hidup mahasiswi !!
    (gubrak!!)

  19. randy says:

    Teman saya pernah bilang kalau orang yang pintar namun tidak mempergunakan kepintarannya dalam berbicara dan berbuat adalah orang yang bodoh. Sekarang saya tahu maksudnya…Yang “pintar” cuma sayangnya kepintarannya tidak dipakai dan kebanyakan menghina orang saja. D3 juga rasanya banyak yang lebih intelek dan berprestasi dari anda…Memang anda merasa apa yang sudah anda berikan pada UI? Uang pangkal? SPP?

    Anda cocok sekali di”stackdump” oleh UI…he3.
    Anda “manusia terpilih”……Hmmm. Ego yang sangat tinggi untuk seorang mahasiswa UI…

    Salam,
    Randy
    Fasilkom UI 2006

  20. Rina says:

    Duh Rame banget ya..
    Maksudnya D3 UI ditutup itu bukan berarti bener2 ditutup.. mungkin nanti D3 UI akan digabung dengan PNJ menjadi UI College
    yang ditutup itu penerimaan D3 di masing2 fakultas yang menimbulkan persaingan tidak sehat sehingga nanti disentralisasi semua ke UI college itu
    Walaupun dijadikan satu menurut saya seharusnya program harus dibedakan antara Politeknik dan D3 karena sistem pendidikan dan esensinya benar2 hal yang harus dibedakan (hampir semua negara menerapkan seperti ini) tidak boleh disamakan
    sehingga nanti di UI college calon mahasiswa bisa memilih sistem pendidikan seperti apa, mudah2an seperti itu..

  21. thediplomat says:

    Wah, kalau kata ketua SAF alias Ketua Senat Akademik Fakultas saya sih, katanya memang bener kalau UI bakalan digabung jadi tiga fakultas aja (jadi kembali ke tahun 60-70-an) waktu itu FH masih gabung sama FISIP segala.

    Trus belum lagi nantinya UI hanya menerbitkan ijazah untuk mahasiswa yang sudah lulus S3 alias Doktor, jadi mirip di kampus luar negeri. Anak S1 atau S2 cuman mendapatkan sertifikat kelulusan, kayak di luar negeri.

    Parahnya lagi, Asdos-Asdos yang ada maupun yang mau masuk, harus bergelar S3, makanya sekarang UI sedang mempersiapkan untuk menyekolahkan kembali asdos-asdos yang jumlahnya ratusan itu supaya bisa S3.

    Banyak banget wacana-wacana yang terjadi sehubungan dengan world class university kita ini. Tapi, selama itu belum terealisasikan atau belum benar-benar terjadi kenyataan, menurut saya sih, belum tentu benar terjadi. Khan segala sesuatunya gak melulu di bawah Pak Rektor, masih ada Senat Akademik Universitas atau Majelis Wali Amanat.

    Pak Rektor memang punya banyak cita-cita, tetapi lagi-lagi, tergantung apakah cita-cita itu tercapai apa tidak, yaaaahhh…selama kita-kita mahasiswa masih males untuk menuju world class students, sama juga boong deh mau UI dirombak kayak gimana.

    Apa perlu yah, UI mencontoh sistem di Melbourne University yang mulai tahun ini tidak lagi menerima mahasiswa S1 tapi S2 aja semuanya. Hehehehe.

    aGa

  22. Kholil says:

    Rektor UI udah resmi MENUTUP PROGRAM DIPLOMA 3 di UI mulai tahun ini..Keputusan ini sudah FINAL dan Tidak bisa dicabut..jadi Percuma aja kalo mau Protes terhadap kebijakan Rektor UI yang menutup Program D3 UI..protes2 itu tidak akan mengubah kebijakan yang sudah ditetapkan oleh Rektor UI untuk menutup Program D3 UI..

    Mengenai Komentar gw yang sebelumnya, Gw minta maaf kalo komentar gw udah menyakiti perasaan Mahasiswa D3 dan Ekstensi UI..maaf!!! tapi gw cuma berharap Kita sebagai Civitas Akademika UI mau mendukung semua Kebijakan Rektor UI asalkan kebijakan ini dapat membawa UI menuju ke arah yang Lebih baik lagi..Hidup Mahasiswa UI!!!

  23. Anti-Kholil says:

    Si Kholil goblok atau idiot sih. Gw bener2 HERAN?! Kata siapa Gumilar nutup D3? Yang ada tuh dipindahin, TAU.

    -kesel gw dengernya-

  24. Rana says:

    Ehem. Kesel amat komentar di atas gw :)

    Yang bener katanya Rina. D3 mau digabung sama PNJ jadi UI College. Begitulah kata seorang pejabat tinggi UI, langsung ke kuping gw. Sumpah Demi ALLAH SWT. Tapi, waktu beliau ngomong kayak gitu, itu masih rencana.

    Saudara Kholili anda tahu darimana kalau Gumilar telah MENUTUP D3 UI?

    -R

  25. calon dokter FKUI says:

    apaan tuhhh gt diserang baru minta maaff…lil kalo ketauan ama anak2 d3 lainn,,,wahhh ga tau dehhh guee….hahahaha….makanya kalo ngomong dipikir duluuu…loe mahasiswa nyettttttttttt…bukan anak sma lagiii hehe… hidup mahasiswa!!

  26. Kholil says:

    Mulai tahun ajaran 2008-2009 Universitas Indonesia (UI) akan menutup program Diploma tiga (D3) yang tersebar di sejumlah fakultas di kampus itu. Selanjutnya program ini akan dipusatkan dan dikelola oleh Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). “Nantinya PNJ akan berubah menjadi UI College,” kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri, Kamis (24/4).

    Loe bisa baca nggak sich..Pake kacamata yah??

    Program D3 UI ditutup mulai tahun ini di seluruh fakultas di UI..

    CAlon Dokter FKUI loe itu calon Dokter atau Calon Preman sich, kayanya loe bukan anak UI dech dilihat dari Kata2 loe yang tidak mencerminkan Mahasiswa.

  27. Kholil says:

    Mulai tahun ajaran 2008-2009 Universitas Indonesia (UI) akan menutup program Diploma tiga (D3) yang tersebar di sejumlah fakultas di kampus itu. Selanjutnya program ini akan dipusatkan dan dikelola oleh Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). “Nantinya PNJ akan berubah menjadi UI College,” kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri, Kamis (24/4).

    Loe bisa baca nggak sich..Pake kacamata yah??

    Program D3 UI ditutup mulai tahun ini di seluruh fakultas di UI..

    Masih ada yang membantah??

  28. lawan arus says:

    buat kholil..
    jadi orang jangan terlalu sombong.
    kualitas seseorang tidak ditentukan oleh sebual titel atau gelar…bisa saja tukang becak bisa lebih pintar dari seorang sarjana s1.
    buat apa lo ngomong besar kalo sebenernya lo itu bobrok.dr perkataan lo aja gw udah bisa nyimpulin kalo lo gak bisa apa2 hanya mengandalkan gelar dan hanya dapat meremehkan orang lain..
    itu yang namanya sarjana s1 reguler ui yang sangat menganggap dirinya hebat?

    LO GAK LEBIH HEBAT DARI SEORANG YANG BERMULUT BESAR..

    HIDUP D3 UI..

  29. koko says:

    wah seru nih, ikutan yak
    menurut gw apapun kebijakan pak rektor harus dihormati. wong dya yang dipilih dan dikasih amanah kok..ya terserah dya dong. apapun programnya yang berangkat dari niat baik untuk memperbaiki kualitas ui saya pikir harus kita dukung. gak mungkin kan program yang selama ini pak rektor UI buat, dibuat tanpa pertimbangan yang matang apalagi untuk menghancurkan atau menurunkan Kualitas UI. karena ini UI, universitas yang merupakan representasi dari pendidikan tinggi di indonesia, jadi otomatis pak gumilar bertanggung jawab bukan hanya kepada civitas ui, tapi juga rakyat dan negara. sehingga untuk itu mungkin pak gumilar ingin menjadi motor dari kualitas PTN yang lebih baik.
    hidup diri saya, hidup perut saya, hidup kepentingan saya ! (ini yang sebenarnya inti dari pekik mahasiswa jaman sekarang ) ha3

  30. kholil says:

    setuju sama koko

  31. anti-kholil says:

    saya juga setuju sama koko

  32. jack-d says:

    hidup mahasiswa

  33. anak D3 paris says:

    astagaaaa……jujur ya, gw sebagai anak D3 ga pernah nyangka ternyata mahasiswa2 reguler yang selama ini dianggap sebagai panutan koq ya punya pikiran seperti itu?? Menganggap program d3 dan mahasiswa d3 ga bermutu? Mahasiswa d3 tuh juga berjuang bisa masuk UI. Kita bisa lulus juga berjuang kali…. Kita masuk memang bayar lebih mahal. Tapi lulusnya kan ga pakai duit. Pakai otak. Nyontek?? Ga usah muna deh….Anak s1 juga ga ada yang ga pernha nyontek. Daripada anak s1 jelek2in anak d3, mendingan saling mengakui aja deh kalau masing – masing program s1 & d3 memiliki kelebihan yang bisa dijadikan bahan studi banding namun memiliki kekurangan yang harus bisa dimusyawarahkan satu sama lain demi mencapai mufakat. Mahasiswa s1 & d3 pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing2. so, daripada saling hujat satu sama lain mendingan saling mengerti, melengkapi, membantu, mendukung. Toh antara mahasiswa s1 & d3 kelak juga akan saling membutuhkan koq. Lulusan s1 membuat konsep yang bagus, lulusan d3 melaksanakan dan mempraktekkan konsep tersebut dengan profesional. So, saling melengkapi kan? think again sebelum saling menjelekkan ya……

  34. hakim says:

    to KHOLIL

    lo tuh goblok bgt siy, D3 tuh gak dihapus cuma dipindah aja ke PNJ dan namanya ganti jd ui college. lo sarjana bukan siy?

    gw sebagai anak D3 UI tersinggung sama perkataan lo, sorry to say anak D3 banyak yg bisa sukses tanpa punya gelar sarjana bahkan sampe luar negeri.

    jadi lo jadi orang jangan takabur, ntar kena batunya baru tau rasa lo.

    saya sependapat sama Lawan Arus
    kesuksesan bukan dinilai dari gelar sarjana atau diploma, bahkan banyak org sukses tanpa punya gelar sarjana.

    gw kasih contoh ya sama lo pengusaha sukses bernama BOB SADINO dia bisa sukses tanpa sarjana dia punya supermaket KEM CHICK di kemang dan skrg kaya raya dan yg gw salut dia gak SOMBONG bahkan sederhana karena dia sukses dari bawah.

  35. irvan says:

    anak d3 jangan pada benci anak S1 ya…

    kita cinta damai kok…

    ya mungkin ada aja ‘anomali’…tapi sama sekali ga mewakili s1 secara umum kok..

    s1 fasilkom 2005

  36. Ya !!..benar yang dikatakan irvan. ini adalah hanya segelintir manusia kerdil mahasiswa S1 reguler yang arogan. tapi gw ga bs pungkiri klw mhswa S1 lebih baik dari D3 secara kualitas (pada umumnya).

    gw psen buat temen2 khususnya S1: jangan terlau mudah meremehkan orang, yang membawa kita kpd kehancuran. manusia dbri potensi msing2 dr Tuhan, ada yang lemot, ada yang cerdas, ada yang ganteng (gw), ada yang jelek (iR). yang cerdas ga boleh menghina yang lemot,krn disisi lain yg lemot adalh lebih baik dari yg cerdas. ada yang cerdas tp mukanya jelek.
    jika si cerdas dan si lemot belajar dengan kualitas yang sama, maka ganjaran/pahala yang didapat lebih besar drpd si cerdas.

    yang perlu digaris bawahi bahwa gw ga blng anak D3 lemot, gw ga blang anak S1 tamabahh lemot. semua berbeda potensinya !

    dari pelajaran diatas (he ..he..)
    kita dapat mengambil kesimpulan bahwa manusia diciptakan untuk menggali potensinya (bekerja), karena degan bekerja yang sungguh2lah akan terwujud yang kita impikan. semua yang kita jalani tidak akan sia2, krna Allah akan membalasnya, yang harus diperbaiki adlah niat kita.

    -sang pencuri hati-
    Fakultas Ilmu Balairung 06′

  37. miyabi says:

    aq adalah mhswa asing d FIB. saya sangat menghargai mahasiswa indonesia yang sopan lagi tampan. tp kadang menjengkelkan krna ternyata msih banyak mhswa UI yg saling meremehkan.
    yah .. mau ..gmna lg..

    aq pasrah aj deech !!

  38. miyabi says:

    たった2ケ月の短期間でどれだけキレイに痩せるかを競うキューティスリムコンテスト。受賞月6名が決定し、ペアで5日間グアムにご招待しました!
    彼女たちの痩せてキレイになった喜びやダイエット成功のコツなどを参考にして、今度はあなたが受賞者に負けないキレイを手に入れましょう!!

  39. iLm@N says:

    nggak usah lah ya, kita mahasiswa UI (D3, S1, Ekstensi, Internasional, dll2..) repot2 mikirin dan membesar-besarkan sedikit PERBEDAAN karena cuma masalah jenjang pendidikan, jurusan, jalur masuk, program studi, dll.. Padahal kita sama-sama tahu kalo kita pada dasarnya punya lebih banyak PERSAMAAN:

    1. Sama-sama mahasiswa UI (kan kita punya anakUI.com.. )
    2. Sama-sama masuk UI bukan karena uang, melainkan karena kita lolos ujian masuk masing-masing, dan itu membuktikan bahwa kita bukan orang yang rendah kualitasnya
    3. Sama-sama aset bangsa untuk memperbaiki Indonesia di masa depan..
    4. Sama-sama punya rektor baru namanya Pak Gumilar
    5. Sama-sama .. (silakan diisi sendiri)

    Jadi, mau S1 atau D3 kek, we are the yellow jackets!

  40. Rina says:

    Udah…udah.. case closed ya.. :D

  41. Anak S1 Reguler says:

    Gw setuju dengan Ucapan Kholil..S1 Reguler memang jauh lebih baik daripada D3 di UI..Hidup S1 reguler!!! Kholil, kami akan mendukungmu!!!

  42. Perkumpulan Mahasiswa S1 Reguler UI says:

    Kami Mahasiswa S1 Reguler UI setuju dengan pendapat Teman kami Kholil (Sesama Mahasiswa S1 Reguler) kalo anak D3 UI tidak layak kuliah di UI.. S1 reguler Yes..D3 UI no..

    Kholil tetap Sabar yah atas Perkataan2 kasar dari Mahasiswa2 Kelas 2 di UI..

    Hidup Mahasiswa S1 reguler seluruh Fakultas di UI!!!

  43. anak D3 UI says:

    Gw sebagai salah satu anak D3 UI sebenarnya sempat kecewa terhadap Pernyataan saudara Kholil..tetapi setelah dipikir2 lagi Pendapat Kholil ada benarnya juga..anak S1 reguler UI memang lebih baik daripada anak d3 ui..lagipula gw merasa kalo kualitas d3 ui amat buruk, gw juga merasa kalo gw ama anak d3 ui yang lainnya selama ini dianggap sbg warga kelas 2 oleh pihak UI..jadi gw setuju aja ama Kholil kalo D3 UI itu buruk kualitasnya!!!

    sebagai anak d3 ui, gw setuju dengan komentar kholil diatas..emang sebaiknya d3 ui dihapus aja, lagipula gw juga mau ikut spmb lagi tahun ini..he3x..nggak betah jadi pecundang di lingkungan UI..hahaha..

    sabar yah kholil atas omongan teman2 gw (anak d3 ui)..

  44. hai bung jangan sotoy marotoy donk!!

    kata sapa D3 UI di tutup, D3 UI cuma dipindahin kok, trus brubah nama jadi UI College. lagi pula knapa si lo nge-underestimate anak2 D3 (punya dendam pribadi lo!!).

    klo nilai orang jangan dari statusnya, liat donk skill yang dimiliki anak2 D3!! mereka kulia juga pake otak, bukan cuma duit aja (karna bayarannya lebih mahal). jangan ngeremehin D3 lo!!

    -HIDUP MAHASISWA!!-

  45. anak D3 paris says:

    yang ngerasa mahasiswa s1 reguler, tolong donk jelaskan di forum ini agar kami mahasiswa d3 bisa mengerti :
    1. apa salah kami mahasiswa d3 terhadap mahasiswa s1
    reguler hingga kami sebegitu dibenci dan dihujat oleh
    mahasiswa s1 reguler?
    2. Apakah kami mahasiswa d3 menginjak injak mahasiswa
    s1 reguler?
    3. Seberapa besar mengganggunya kami terhadap kegiatan
    belajar mengajar mahasiswa s1 reguler?
    4. Apa yang membuat mahasiswa s1 dianggap pantas kuliah di
    UI dan apa yang membuat mahasiswa d3 dianggap tidak
    pantas kuliah di UI?
    5. Apa jaminan mahasiswa s1 lebih bermutu dibandingkan
    dengan mahasiswa d3?
    6. Apa jaminan mahasiswa s1 bisa memiliki masa depan yang
    lebih cerah dibandingkan dengan mahasiswa d3?
    7. Apa jaminan mahasiswa s1 reguler lebih hebat daripada
    mahasiswa d3 ataupun ekstensi?

    Mewakili semua mahasiswa d3, kami tuh menghormati mahasiswa s1 reguler. Tolong donk yang merasa mahasiswa s1 menjawab pertanyaan pertanyaan di atas supaya teman teman d3 bisa mendapat penjelasan yang memuaskan dari mahasiswa s1 reguler. banyak lho mahasiswa d3 yang menanyakan hal hal tersebut di atas.

  46. anak D3 paris says:

    tolong donk yang merasa sebagai “the chosen ones” mahasiswa s1 reguler agar menunjukkan sportivitasnya dengan menjawab pertanyaan pertanyaan di comment no 43 dengan jujur. “The chosen ones” masih punya sportivitas kan??????

  47. Kholil says:

    Gw Minta Maaf dech atas Komentar2 gw yang diatas..

    Yaudah, Gw ralat Komentar2 Gw diatas..

    D3 UI hanya ditutup di sejumlah Fakultas di UI,,tetapi UI sendiri masih menerima Mahasiswa D3 yang digabung dengan PNJ dalam Wadah UI college..tapi harus diingat meski UI college ini tetap menjadi Bagian dari UI, tetapi tetap terpisah dari UI sendiri yang akan hanya mengurus mahasiswa S1, S2 dan S3 nantinya (dalam hal manajemen dan pengelolaannya)..

    Mengenai Komentar Gw yang bilang kalo anak D3 UI dan Ekstensi tidak punya Otak dan tidak berkualitas..Gw minta maaf dan mengaku salah..Mungkin mereka (anak D3 UI) juga pintar2 dan kurang beruntung dalam menghadapi Spmb kmrn..tetapi menurut gw PNJ tetap lebih baik kualitasnya daripada D3 UI meski D3 UI menang dalam hal Nama besarnya..teman2 gw juga banyak anak D3 UI dan mereka juga berprestasi kok..

    Gw Minta maaf juga kalo komentar gw ini telah menimbulkan Polemik diantara Mahasiswa UI..Maaf!!! Maaf!!!

    Tetapi Gw berharap kita sebagai Mahasiswa UI mau mendukung Kebijakan Rektor UI ini karena gw percaya Kebijakan ini akan membawa Universitas kita ini akan menjadi lebih baik lagi..

    sorry, kalo gw agak arogan sebagai mahasiswa S1 Reguler..tolong dimaafkan!!!

    Yaudah dech, ini Komentar terakhir Gw..kalo ada yang ngaku kholil lagi kaya nomor 28,,itu bukan gw..

    Hidup Mahasiswa UI Baik S1 dan D3!!!

  48. nn says:

    BUAT KOLIL!!!!!!!!!!!

    PERCUMA U JD S1 UI,,
    BLH OTAK U PINTAR,TAPI MORAL KAYA ANAK YAI,BSI,BINUS,,ATO MALAH JGN2 MORALNYA DIBAWAH ANAK YAI,BSI,BINUS LGA,,OOPSSS…MAV!!!!

  49. banGGa Ui?? says:

    PENGECUT KHOLIL!!!

    BRU DISERANG GITU AJA UDAH MAMPUS!!!
    LO KAN ANAK S1 YG BERINTELEK, PERTAHANIN DONK KATAKATA LO!!!
    GW SEBAGAI ANAK D3 UI CUMA HANYA BERDOA SEMOGA KALIAN PARA KAUM TDK HEDON DAN BER’INTELEK’ TINGGI, DAN MEMPUNYAI MORAL SEJATI, LOANCAR-LANCAR AJA KULIAHNYA. KARENA KITA D3 YANG INSYA ALLAH TDK TER-’ZHALIMI’ DGN KATAKATA ANDA MENDOAKAN ANDA LULUS DGN BAIK DAN DPT PEKERJAAN. AMIEEENNNNNNNN……

  50. ANK ILG says:

    YAELAHHHHHHHHHHHHH……………
    MASALAH GITU AJA PADA RESE BEUD CI…!!!

    DOAIN AJA MEREKA YANG BGS BGS GITHU…
    MISALNYA… GAK LULUS!!! HAHAHA…

    DOA ORG YANG DIHINA2 KHAN MANJUR BUWWW…..

    BYK KOK D3 YG JD PENGUSAHA,,, TAK USAH KAU RISAUKAN LAH KATA-KATA MEREKA

  51. hakim says:

    KHOLIL and anak S1 reguler

    jawab tuh pertanyaan no 43.

    makannya kholil kalo mau nulis dipikir2 dulu dampaknya jgn maen asal tulis aja.

    lo blh ngerasa sombong kalo dah kuliah di harvard apalagi kalo sampe bisa lulus dari harvard dgn nilai cum laude, itu baru hebat.

  52. hakim says:

    iya saya sependapat sama no 47 pertahanin kata2 lo

    BERANI BERBUAT BERANI BERTANGGUNG JAWAB

  53. State of Pnj says:

    wah wah….gw sih stuju2 aja,,tapeee gimana dengan berita mahalnya spp di ui college,,,gak kebayang spp yang 3,1 jt/smester,ntar jadi berapeee klo dah digabung,,,,boleh2 aja gabung asal jangan dinaekken spp anak2 pnj ya Bos gumilar,,
    suara hati…
    maba smester2 Teknik Komputer dan Jaringan…

  54. SETAN says:

    AHAHAHAAHAHHAAAAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHHAAHAHAHHAHAHAA
    AHAHAHAHAHAHAHHAAHAHHAHAHAHHHAHHAHAHAHHAHAHAHAHHAHA’
    AHAHAHAHHAHAHAHHAHAHHAAHHAHAHAHHAHAHAHHAHAHAHAHAAH

  55. iRHoTeP says:

    OoT agung SaNg PeNCuRi HATi: biarin gw jelek, yang penting ada yang mao.

    koko (#27): mungkin dalam konteks kasus ini, sdr. rektor seharusnya bisa memberikan penerangan yang sejelas-jelasnya mengenai status D3 tahun depan. Kenapa ada yang bilang hanya di-merge (rana, #24), ada yang bilang dipindah (AKFC, #42). Masih simpang siur. Yang gak kalah penting juga, harus ada jaminan bahwa tidak ada diskriminasi antara S1 dengan D3. Dan mereka yang berkutat dengan rencana ini termasuk MWA atau SAU (aGa, #21) harus bertanggung jawab dengan seluruh isu atau rencana ini, gak juga sih harus mutlak mau-maunya sdr. rektor. Kecuali mungkin kalo bung koko jadi rektor.

    Selanjutnya silakan berdebat kusiR lagi bagi kisanak sekalian. Daripada maenan Friendster doang.

    +iR+

  56. hakim says:

    nambahin pernyataan no 41 thn depan D3 dipindah ke ui college info aja ni yg gw dgr bayaran anak S1 reguler katanya naik jd 4 juta per semester.

    kalo ini anak2 S1 reguler pada setuju gak? bayaran jadi 4 juta.

    ya, gw siy cuma bisa berharap berita ini gak bener atau kalo emang bener mudah-mudahan naiknya nggak tinggi2.

  57. MG says:

    Bwt KHOLIL tanpa gibran..
    Emang bener soal D3 mudah..tapi mereka yg anak D3 juga berusaha tuff di UI taw..!!!
    Dan asal lo tau,ga smua anak yg lulus SPMB itu pinter, cerdas, cerdik..Mereka, termasuk LO cm salah seorang yg “BERUNTUNG” bs lulus SPMB…
    Lo kira mereka yg skrg jd ank D3 pernah bercita-cita jd lulusan D3 yg gelarnya cm AMd..!!? Jd D3jg susah X..!!!
    Dosen Qt sama koq..sama2 susah bwt kongkalikong soal nilai.. Ank D3 jg jatuh bangun bwt LULUS..!! Walaupun cm dpt gelar AMd…
    Trus gmna t tg S1 International.!? Mereka lbih gampang msk ui tuh…

  58. Zulfan says:

    wah duh,
    yang penting masih bawa nama UI. lagian juga anak S1 berutang banyak sama D3 & Ekstensi, karean BOP semester mereka buat subsidi kita, makanya kita bayar ‘cuma’ satukomatigajuta

    blah,blah,blah, yada,yada

  59. keceburGot.. says:

    haha..

    lo-lo pada ributin apa sih…
    kolil pemicunya??

    yaelah, bung, mbak,, dia ude minta maap tuh…

    mau mencoba pertanyaan, no 45. nih…

    bung ato mbak,, maaf di fakultas saya tidak ada d3,,

    jadi saya tidak bisa memberikan jawaban panjang karena belum paham kondisi dan keadaannya saja, namun dari analisis koment2 yg laen terhadap d3,,

    itu memunginkinkan bahwa d3 hanya mengandalkan materi belaka…, dan pantas saja ada yg bilang hedon dan bla…bla…
    mungkin hanya pola hidup demikian yg terlihat jika berada di kampus,, bagi sebagian itu bisa saja menggangu karena bisa mengubah kredibilitas UI yg notabennya akademis..

    kalo masalah akademis gua gak comment, toh tergantung orangnya…

    sekedar pendapat pribadi,,

    salam damai…

    (kecebur Got, mahasiswa S1 reg, yang telah bersusah payah di SPMB sekalipun soal Fisikanya nol jawaban)

  60. Ank ilg says:

    0ya, mu nanya donk.. S0al rbut2 yg mpe buang jakun thu knp y?

  61. anynomous says:

    pendapat saya adalah…

    walaupun D3 dibilang “GAK BERMUTU & HEDON”…. tapi liat sendiri mahasiswa2 laen selaen D3…

    belum tentu anak2 S1-nya bener!!!! klo misalkan anak D3 GAK BERMUTU… knp perusahaan2 besar kayak PRICEWATERHOUSECOOPERS…. ERNEST & YOUNG… ANTAM… etc BANYAK YANG DITERIMA????

    coba deh pikirin…kenapa banyak anak S1 yang nganggur???

    jadi jangan liat dari GELAR aja!!!!

    ini fakta loh…saya juga tw dari berbagai media cetak…bahkan MEDIA LUAR NEGERI PUN menyebutkan sendiri bahwa banyak sarjana2 di Inodnesia nganggur!!!

    jadi, kalau yg menganggap dirinya S1 dan lebih PINTEEEER..kenapa Anda sebagai orang yang berintelektual tinggi menjelek-jelekan D3 padahal Anda ga tau fakta sebenernya!!!!!!!

    coba bercermin pada diri sendiri..jangan asal ngomong!!!!

  62. anynomous says:

    BY THE WAY…

    jangan beranggapan anak2 D3 ga bisa apa2…

    buktinya banyak anak D3 UI diterima SPMB di universitas2 laen, tapi karena MUTU D3 sudah dipercaya oleh banyak pihak, jadi banyak yang lebih memilih D3 UI!!!!

  63. anynomous says:

    bukannya kasar…

    tapi hanya menyatakan ASPIRASI dan FAKTA!!!

    jadi sekali lagi jangan mentang2 merasa lebih superior jadi bersikap seperti itu!!!

    HIDUP D3…HIDUP MAHASISWA!!!

  64. iRHoTeP says:

    Yang waras ngalah. Makin gak jelas ini diskusi ke arah mana.

    Makin gak jelas apa maksud World Class University dan korelasinya terhadap kualitas pendidikan masing-masing program serta dampaknya terhadap pemasukan bagi UI.

    Chill down people, salurkan kemampuan kalian untuk meninggikan diRi sendiRi dan menjatuhkan lawan di lapangan yang lebih kompetitif dan tidak melahap sesama.

    +iR+

  65. dyL says:

    duuh gimana tooh….

    D3 FK UI katanya pindah ke PNJ..
    tapi di PNJ jurusan’a mash itu2 aja(teknik dll),,
    p jgn2 tahun depan??
    trus nasib anak2 yg Lu2san thn 2008 gimana??

    kLo g da gimana??
    makin suLit saja buat masuk ke UI???
    ~_~,

  66. tiara says:

    anak D3 juga berprestasi kok,, buktinya yang kmaren ke ikutan konferensi PPI di malaysia ada anak D3 nya,, dari Pariwisata lagii.. jadi jangan anggap remeh D3 ya,,

  67. no name says:

    bwt kholil nii yaa,,,

    MULUTMU HARIMAU MU…

    apa yang lu bilang akan berbalik pada diri lu sendiri,, kesombongan lu mungkin di dengar tuhan dan tuhan tau yang terbaik buat lu..

    mudah2an anak2 D3 yang lu jelek2in itu gag mendoakan lu yang jelek2 juga..

    mav itu gamapng mas,, tapi kita makhluk sosial,, mestinya saling ngehargain laah..

  68. anak salemba says:

    masih bingung sama soal ui college.. nanti sistemnya seperti apa?? soalny denger” blom ada sistem yang jelas trutama untuk masalah akademi..
    kasian kan anak”nya kalo membuat sesuatu yang blom memiliki sistem yang jelas

  69. jangan belagu says:

    BUAT KHOIL

    sob jgn berani ngatai dari dunia maya aja.kalo berani datang langsung n ngomong depan anak D3

    gw rasa lo gak intelek tapi BELEK

    salam hangat BUAT KHOIL dari border D3 SALEMBA

    nb:klo ada yang tau siapa koil sebenarnya tolong kasih tau gw di bigvolks@yahoo.co.id

  70. jangan belagu says:

    KHOIL OR KHOLIL what ever your name.gw bakalan nyari lo.jadi perbanyaklah berdoa

  71. Moy says:

    Gw ini anak S1 Reguler..

    Gw ama teman2 Gw yang S1 reguler lainnya juga SEPAKAT KALO D3 DIHAPUS aja dari Seluruh Fakultas di UI..

    ANAK D3 UI MEMANG GOBLOK DAN TOLOL!!!

  72. Moy says:

    bUAT Jangan Belagu, Loe ngapain ngancam Teman Gw (sesama anak S1 Reguler)..

    Loe emang anak Salemba yang Tolol..

    Maklum anak D3 UI..

    Gw akan belain anak S1 reguler!!!

    Hidup dan jaya terus S1 Reguler UI!!!

  73. Nisa.. says:

    Wah, Seru banget nich Forumnya..

    Yaudahlah, jangan diribut2in lagi mengenai Komentar Kholil..

    Dia kan udah minta maaf tuch..

    Tuhan aja mau maafin hambanya, Masa kita nggak mau maafin orang lain?!

    Yaudah Maafiin aja..

    Gw sebagai Anak D3 UI juga udah melupakan dan mau memaafkan kholil!!!

    Salam buat anak D3 UI..

  74. BIMA says:

    Buat Jangan Belagu..Loe kaya PREMAN aja ngancam2!!!

    Kalo berani ngancam anak S1 reguler, Lawan gw dulu..

    Dasar Anak D3 UI bangsat!!!

    Nggak pake oTak, bisanya ngancam aja..

    Salam Buat Anak S1 Reguler..

    Jangan Belagu, Loe anak D3 salemba yah,, Rumah gw di Cikini nich..nanti gw cariin loe nich..Hati2 aja loe Bangsat!!!

  75. BIMA says:

    d3 ui emang Goblok semua terutama si Jangan Belagu..

    Hidup Mahasiswa UI yang Lolos SPMB!!!

  76. cyborg says:

    woi sapa berani ngatain d3 bakalan gw hack web lo
    kalo brani nih liat fs gw :cyborg_chy@yahoo.com
    gw anak d3 akun 2006
    sini lo Kholil web lo apaan ????gw bakalan cari tau lo anak mana apalagi klo lo anak maba 2007
    kalo udah ketemu bakalan gw deface

  77. Bagus says:

    Gw selaku anak S1 Reguler Setuju banget Program D3 UI dilenyapkan dari Kampus UI..

    Buat Jangan Belagu, Meski Gw nggak kenal ama si Kholil..tapi Demi solidaritas sesama anak S1 Reguler..Gw nggak terima kalo ada anak S1 reguler yg loe ancam..Loe seharusnya yang Hati2 aja..Gw cariin loe ke Salemba..Jangan Kabur loe!!!

    Jangan Belagu, Nama asli loe siapa? Jangan pengecut loe!!!

    BUBARKAN D3 UI!!!! Jayalah terus S1 Reguler UI..

  78. Bagus says:

    Gw udah MUAK dengan Anak D3 UI..

  79. cyborg says:

    bima lo emang brengsek

  80. Bagus says:

    Buat Cyborg, Hadapin Gw dulu*..Gw anak S1 angkatan 2005 nich..

    *Gw akan selalu belain Semua anak S1 Reguler yang diancam ama Anak D3 UI yang Goblok..

  81. Rini says:

    Buat pemegang Situs anak UI..sebaiknya Forum ini di stop aja..Udah nggak baik lagi nich..

    Sebaiknya anak S1 Reguler ama Anak D3 UI damai aja dech DEMI PERSATUAN MAHASISWA UI..oke!!!

  82. koko says:

    hahaha, takut deh di ui banyak jagoannya, katanya mahasiswa, intelektual, jangan terjebak sama nasionalisme n patriotisme sempit lah. tololnya kita keliatan banget soalnya

  83. koko says:

    terus rakyat, kemiskinan, kebodohan, blablabla yang katanya musuh utama kita gimana nih mas ?
    ntar sama orang malaysia yang ngeliat situs ini (kalo ada), ui dikatain universitas indon lagi

  84. ketua bem iu says:

    saya sebagai ketua bem iu merasa malu dengan semua ini….
    coba buka situs anak2 saya (anakiu.com),,, di sana anak2 s1 dan d3 saling bahu-membahu, saling menyayangi, saling mengasih. ikatan ini lebih kental dari darah dan lebih murni dari rumput

    mungkin kalian belum pernah mendengar tentang universitas kami, kami dari bilangan koped dan kami anti alay-alay emo bulungan yang pake bahsa terbalik-balik

    hidup alay emo bogor

  85. FEUIers says:

    Untuk Semua anak UI,

    tolong jangan ribut dan tolong hadapi masalah perbedaan D3 dan S1 dengan kepala dingin. dan dari pihak manapun. Tolong jangan menulis tulisan – tulisan yang bersifat provakatif. Kita sama – sama mahasiswa UI. Kita saudara dan kita panutan rakyat INdonesia. apa jadinya jikalau kita malah berantem sendiri.

    Kedua belah pihak tolong sudahi masalah ini. dan mari kita lupakan semuanya.

    KHOLIL dan minta maaph dan ngaku salah.

    untuk seluruh mahasiswa jangan mudah terpancing emosinya y? belum tentu yang ditulis di sini semuanya bener? Belum tentu yang nulis bener – bener anak D3 atau anak S1.

    PS:Siapapun loe. GW Sayang lo semua, plis jangan berantem

  86. irvan says:

    paling males deh sama oknum2 yang mengatasnamakan pihak2 tertentu terus menjelek2an pihak lain (s1 dan d3, bukan cuma salah satunya), padahal sebenernya kedua pihak itu ada di universitas yang sama..

    yang lain jangan kepancing dan emosi beneran yah…

  87. teman-teman semua.. sekedar informasi saja, bahwa dunia maya seperti ini PENUH dengan informasi2 yang meragukan: bisa dipercaya atau tidak bisa dipercaya. setiap orang bisa menjadi orang lain, dan tidak bertanggung jawab atas ucapannya itu.

    jadi, tolong jangan percaya begitu saja terhadap satu komentar yang saja dikeluarkan oleh pihak tertentu, apalagi jika pesan tersebut bernada menjelekkan, provokatif, adu domba, atau sejenisnya.. sekali lagi, jangan mudah percaya sebelum melakukan cross check dengan informasi dari sumber lainnya.

    kami tidak akan menutup diskusi ini, karena kami percaya bahwa mahasiswa UI adalah mahasiswa yang dewasa dan bertanggung jawab.

    last but not least, walaupun teman-teman berbohong, mengadu domba, memprvokasi dan sejenisnya di sini, dengan identitas yang disamarkan, dan BERHASIL, ingatlah bahwa masih ada mekanisme dosa dan pahala yang mengintai teman-teman..

    salam, dan selamat berdiskusi
    admin anakUI.com

    *percaya atau tidak, ini admin anakUI.com asli*

  88. ^^ says:

    duuuuh…..

    forum ato tempat berantem?????

    jangan saling ejek,,

    baik s1 ato d3 pst ada kelemahan n kelebihannya..

    no body perfect…!!

  89. lucky budianto ardhi says:

    chill..
    jangan kebawa emosi dong
    kan sama” anak UI

  90. serem says:

    yang ribut2 lagi,lapor polsi aj ! bokap gw polisi lhooo !!

    btw ada miabi y di FIB ?? lam knal y ! kwkekwkekw

  91. q says:

    wah…forum yang seru..(klo didebatkan melalui face to face asik juga nih)…pasti bakalan ribut nih kyk sidang2 dewan-dewanan..hehehe
    maaf gw nongol disini bukan sebagai anak UI…:)

    buat anak UI dukunglah apa yang udah ada selama sesuatu itu masih berguna untuk masyarakat luas…

    cmiwa…

  92. PROTESUM!!!!!! says:

    d3 dipindahin,, oke. ..
    ada UM????
    goblok!!!!!
    emang smua anak d3 bego??hedon??
    klo sampe d3 pindah,, maka datanglah UM!!!!!!!!

    anak2 s1 yang bedasarkan UM (belajar dari ITB dan UGm) biasanya bermodalkan duit!!!
    itu ynag bakal menjatuhkan prestasi UI!!!
    mreka bakal lebih hedon dan terlalu bangga menjadi universitas bernama negeri tercinta ini!!
    apakah kapitalis yang akan berkuasa di UI!!!
    jawabnya iya kalo sampe UM ad!!!
    pak rektor kyanya hobbi yang hedon c. . .
    lyat aj d FISIP,, ad restoran korea yang g mungkin smua anak2 makan disana!!
    ada bloc yang juga harganya gila!!!
    itu kan ulah si pak rektor dulu!!!
    ningkatin pendidikan ato ningkatin keuangan????
    jangan sampe de gara2 kebijakan ini yang g salah dan g berdosa juga kena imbasnya!!!!

    gumilar go to d hell with ur policy!!!!!!!!!!111

  93. ayyasy25 says:

    Temans,
    jangan pada berantem gitu donks…ga enak lagi…
    sesama anak UI, yang katanya intelek, berwawasan
    tinggi, mengaku universitas terbaik yang menyandang
    nama Indonesia, eh malah pada berantem kayak gini…

    Benar kata admin anakui,
    “dunia maya seperti ini PENUH dengan informasi2 yang meragukan: bisa dipercaya atau tidak bisa dipercaya. setiap orang bisa menjadi orang lain, dan tidak bertanggung jawab atas ucapannya itu.”
    So, yuk kita damai aja…yah??

    Gw sekedar mau ngasih opini,menurut saya kalo D3 UI jadi dimerge dengan PNJ dan menjadi UI College, maka perlu diperjelas biaya kuliah seperti apa yang akan dijadikan standarnya?. Kita udah sama-sama tahu kalo biaya kuliah D3 UI itu lebih besar daripada biaya kuliah di PNJ. Jangan sampe calon mahasiswa D3 yang seharusnya bisa masuk PNJ (karena biaya terjangakau) jadi tersingkir setelah menjadi UI College, hanya karena permasalahan biaya….

  94. jangan belagu says:

    gw tunggu

  95. ui-ers says:

    cik…cik…cikk.tenyata UI isinya jagoan semua.gw pikir dewasa eh tenyata kelakuannya msih kaya anak kecil aja hehehe.kayaknya klo diliat2 mau S1 atau D3 sama aja yang penting gimana kedepannya,siapa yang jadi kaya n siapa yg jadi miskin.admin klo bisa threat ini dibuang aja daripada jadi ajang berantem n bikin jelek nama UI.ok, piss

  96. anak salemba says:

    =_____=””
    ini thread makin ga jelas aja juntrungannya..
    knapa ga saling bahu membahu aja??
    toh ga bisa dipungkiri selama ini disadari atau tidak pasti pihak d3 dan pihak s1 saling bekerjasama misalny di kegiatan mahasiswa,dll..
    gw sendiri ga tw masalah awalnya kenapa, tp sesama ANAK UI seharusny bisa saling bekerjasama, mungkin memberi beberapa cara n jalan keluar, masukan, dll..

    MALU donk ANAK UI yang katanya CALON BERKUALITAS PENERUS BANGSA malah saling gontok”an dan menghina rekan satu naungan sendiri

  97. anak D3 paris says:

    yang ngerasa nulis comment no 71, 74, 77 dan yang juga mendukung pendapat mereka, tolong jawab pertanyaan2 gw ya di comment no. 45. Gw udah bersyukur Kholil sudah mau mengaku salah (terima kasih ya Kholil. Ternyata Anda masih punya nilai sportivitas) tapi koq ya muncol Kholil – Kholil baru? yang masih punya nyali & sportivitas, liat & jawab donk pertanyaan di comment no. 45. Thank you ya…

  98. anak D3 paris says:

    Tolong donk. Pertanyaan – pertanyaan no 45 itu bisa menjadi salah satu jawaban besar yang nantinya bisa didiskusikan bersama demi memperoleh mufakat antara mahasiswa. Kalau penyebabnya aja udah ga diketahui, mana bisa diomongin baik – baik?

  99. ian says:

    Gw pikir wajar kita berantem di forum ini karena memang selama ini tidak ada media penyaluran aspirasi mahasiswa UI paling di dunia maya ada FS dimana cowok nyari cewek dan sebaliknya, wajar kita berantem karena ini adalah euforia atau ledakan aspirasi saja, tapi gw yakin kalau kita baik pasti ini akan menjadi threat yang menjadi tempat penyaluran aspirasi kita yang efektif. Gw kasih tahu nomornya gumilar Rektor UI kalau ada yang mau nyampiin langsung aspirasinya ke dia, dia suka balas-balas sms kok. 08121102616 hubungi dengan sopan yaks.

  100. rudi says:

    ehhhhh kuching anka s1 REGULER YAANG BISANYA NATO
    MAKAN TUH ILMU LOH
    KAGA PERNAH DIPRAKTEKIN CUMA BISA CUAP2
    KAYA POLITIKUS DI DPR
    MULUT LO KAGA DI AYAK NGATAIN ANAK D3
    ASAL LO TAU ANAK D3 BANYAK YANG SKALIAN NGAMBIL KUL REGULER N ITU NGEBUKTIIN LO ANAK S1 CUMA BISA MENANG HOKI DOANK BISA KUL DI UI
    DASAR LO NATOOOOOOOOOOOOOOOOOO…………..

  101. ............ says:

    semuan yang ada disini yang mengaku sebagai mahasiswa universitas indonesia,,,
    nama aja keren tapi moral kalian ga ada, buat apa si saling jelek-jelekin pa kalian ga sadar kalau tingkah kalian tu bisa bikin jelek nama ui…Syukur kalau keluarga besar UI yang baca, kalau orang luar disana yang BACA bagaimanan???
    pa kata orang???
    mungkin calon MABA akan datang yang baca forum ini akan mikir 100x ingin menuntut ilmu disini…
    ini tempat cari ilmu or pasar modern yang isinya preman kampung????!!!!
    intropeksi diri kalian masing-masing jangan bisanya nuntut ini nuntut itu….
    pa sih yang dah lo lakuin buat almamater lo…???
    ampe-ampe lo bangganya dah kaya yang bisa nyiptain bumi ja…
    walaupun gw anak DIII tp gw akuin mgkin ini keputusan yang paling baik tp bukan berarti kalau mahasiswa DIII tu paling bodoh diantara kalian (mahasiswa S1 Reg)!!!
    mgkin kalian cm segelintir orang yang beruntung!!!!!!
    setiap orang pnya kelebihan masing-masing Ok!!!!!!!!

    kalo kalian masih saling menghina satu sama lain lo tu ga jauh beda ma nak YAI…

    hidup mahasiswa!!!
    tunjukin dunk klo kalian tu orang BERUNTUNG YANG PNYA MORAL!!!!

  102. irvan says:

    buat orang luar yang baca komen2 ini:

    jangan percaya sama oknum2 yang saling menjelek2an di sini, mungkin mereka itu bukan anak UI beneran (D3 atau S1)…

    toh kenyataannya d3 sama s1 damai2 aja kok disini…

    jangan takut masuk UI, kalo mau masuk s1 jangan ngerasa superior dibanding yang lain, kalo mau masuk d3 juga jangan ragu2, d3ui (atau UI college nantinya mungkin) bagus kok…

  103. rudi says:

    Gw setuju ma lo irvan

    gw sebagai alumni D3 ga terima kalo kita ga berkualitas
    tapi sangat disayangkan ada anak S1 Reguler yang berintelektualitas tinggi bs bilang kaya gtu
    Terutama untuk kholil mudah2an lo sadar apa yang menjadi pemicu saling menjelekkan disini karena comment lo yang ga berintelektual. Sukses bt mahasiswa n almuni UI baik D3, s1, s2, s3

  104. panda says:

    Komentar
    Hidup ini jgn di persulit sendiri,
    Hadapi dengan kenyataan, perjuangkan akan hidup dan kehidupan serta maju terus pantang mundur jangan sedikit2 ribut, berfikir yang jernih dan punya wawasan yang jauh, namanya mahasiswa, jangan kaya anak2. yang harus jadi panutan (SD, SMP, SMA)
    Mulai dari sekarang belajar sungguh2 dan motivasi diri sendiri dengan ilmu, mau di apakan UI ini tetap tegar bukan gontok2 kan antara S1 dan D3, Sekarang ini yang kita butuhkan orang yang mau bekerja kerja, tidak cepat tersinggung, tidak berfikir negatif thingking, dan jangan takut perubahan. Toh akhirnya kalo sudah bekerja baru terasa mana yang harus di tuntut, karena kemampuan dan skill yang harus kita punya, Maaf walau sekolah di PTS )Swasta, kalo mereka benar benar serius belajar dan mempunyai kemampuan suatu saat mereka bekerja toh bisa bekarja dengan saingan PTN, jadi menurut saya dengan adanya perubahan ini kita hadapi, karena waktu demi waktu , perubahan harus terjadi, dan bisa kita menyingkapinya. Sekali lagi jangan takut perubahan, ikutin dulu, tetapi harus giat dan rajin belajar, kendalikan emosi jangan sedikit2 ngak menerima dengan adanya perubahan kalo kita punya fikiran yang serius untuk belajar niscaya apapun yang terjadi kita bisa mengahadapinya.

  105. adeqlahdiPNJ says:

    d3 tuwh gabung ama PNJ,,,toh tetep nyatu ama UI kan????kalo ngomong jangan pake emosi mas…mba’…stay cool lah…

  106. Desfian Wibowo says:

    Asalamuailaikum….
    Forum yang luar biasa untuk Mahasiswa yang “INTELEK”,,,sedikit mengupas sejarah,, negara ini maju dan bangkit dimulai dari pergerakan pemuda yang memiliki JIWA yang satu, KETIKA organisasi Budi Utomo lahir di Stovia, sampai generasi AMPERA dengan naungan KAMI, DAPAT MENJADI PELOPOR PERGERAKAN MAHASISWA DI NEGRI INI, namun semua mahasiswa pada saat itu tidak saling mencela, tidak saling menghujat dan tidak saling mepermasalahkan permasalahan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan baik,justru mereka memiliki kesatuan visi yaitu KEMAJUAN NEGARA INI,,,,katanya “intelek”,,,REKAN-REKAN malu-maluin kalau kita meperdebatkan hal seperti itu sampai ribut-ributan yang ga jelas banget,,dari pada meributkan masalah D3 dan S1,,mbo liat kondisi negara ini,,,APA SIH YANG SEHARUSNYA SELURUH MAHASISWA PIKIRKAN,KERJAKAN, DAN LAKUKAN DEMI KEMAJUAN BANGSA INI,,jangan cuma saling hina,,D3 dituntut menjadi profesi sedangkan S1 menjadi seorang sarjana,,namun keduanya memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing,,kalau soal praktisi mungkin D3 lebih unggul namun kalau soal keilmuan mungkin pula S1 lebih unggul…alangkah indahnya kalau kita bisa saling melengkapi didalam wadah kampus UI ini,,,salam damai dan kasih sayang untuk semua mahasiswa UI, masih banyak perubahan besar yang harus kita lakukan bersama untuk kemajuan bangsa ini DI SEGALA BIDANG,,jadi masalah seperti ini jangan terus menjadi polemik yang berkepanjangan,,,saling menghargailah satu sama lain,,karna semua orang,,garis hidupnya sudah Allah tentukan dan kesuksesan seseorang tergantung kerja keras dan usahanya,,,,HIDUP MAHASISWA UI,,,TETAP SEMANGAT,,,MAJUKAN DUNIA PENDIDIKAN DAN PENELITIAN SERTA PENGABDIAN MASYARAKAT DI NEGRI INI,,,HIDUP MAHASISWA

  107. ,,,,,,///// says:

    KETUA BEM KAYANYA ANDA HARUS BISA MENJWAB PERTANYAAN NO 45,,,MAKASIH

  108. Kiqy says:

    Alah anak s1 masuk ui gara2 spmb aja blagu…..spmb(seleksi penerimaan mahasiswa buluk)…lw liat syapa yang bakal menang didunia kerja s1 yang tunduk ma d3 pa sebaliknya…lets see

  109. koko says:

    @kiqy :
    oy anak kampung, ke laut aja lw !
    basi tau gak
    kalo gak lulus spmb ya gak usah ngatain
    gak liat apa ni udah selesai
    paling lw tuh orang yang sama tapi berganti2 nama doank
    buat sok2 bikin rame lagi

  110. required says:

    @kiqy
    jgn sampe gw terpancing emosi !
    udah dibilang jgn bhs perbedaan S1 dgn D3!
    yang harus kita kritisi adalah kebijakannnya !
    apa gw hrus ikut2an membalas dan membahas perkataan bodoh elu !

  111. required says:

    buat yang lain seharusnya kita mulai diskusi ini dengan membahas kenijakan UI, apakah lebih baik bagi kita semua atau seblknya !

    ingat kita harus kritisi kebijakannya ! bukan perbedaan diantara kita !. kita semua sama* !
    sebgai manusia yg berbeda adlah potensinya* !

  112. doni says:

    wah ramai juga forum ini, tapi mudah2an mulai dingin n semakin bijak nih…
    kalau menurut gw sih sebagai mahasiswa UI (tanpa membedakan s1 dan D3), memfokuskan diri itu penting… supaya kita dapat berkarya dengan optimal, lagipula d3 di UI bukan dihapus sama sekali bukan, hanya saja terjadi perubahan sistem administrasi dan sistem akademiknya kan?? dan tetap saja ada nama UI-nya, walaupun menurut saya kualitas lebih penting ketimbang sebuah nama… semoga komentar ini tidak menimbulkan kontroversi yang ofensif seperti yang sudah-sudah, tapi tetap harus dikritisi loh…

  113. required says:

    oh ya ! ada yg lupa !
    @ian (#99)
    klw yg namanya berantem ga ada yg wajar ! apalagi pelajar ! mau dforum kek, mau d lapangan kek, GA ada yang wajar !
    jgn main cletuk berentem diForum ini wajar ! trus dihubung-hubungin ama FS lg !

    klw jadi vokalis bias2 aj lah ! gw enek liat gaya panggung lu !

  114. kian alfaiz says:

    salam kenal semua, jadi kangen sama UI. sekarang berubah keliatan banyak orang bar-bar. atau hanya oknum. cuz semua nantang ribut tapi gak satupun yang berani nempelin NIM nya. hmm..mudah2an hanya ulah oknum2 gak bertanggung jawab. yang mo pada ribut jentel donk..tempel NIM disini biar bisa dicari..itu baru bukan PENGECUT..!!! ataw cuma di belakang layar…?? hmm..

  115. Sofhal Jamil says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. Setahu saya, tahun depan tidak dibuka kembali pendaftaran untuk mahasiswa baru program Diploma Tiga (D3). Sedang mahasiswa yang sedang menyelesaikan pendidikannya, dapat tetap mengikuti kuliah seperti biasa. Untuk UI College, sepertinya ini wadah untuk menghimpun semua program D3 yang diselenggarakan UI. Ada banyak hal yang memang harus dipikirkan baik-baik seperti bagaimana penyatuan kegiatan studi program politeknik dan program studi lainnya, prasarana pendidikan yang terpisah dengan program strata 1, bagaimana dengan karyawan yang bekerja untuk program D3,dsb.
    Mudah-mudahan dengan niat baik para petinggi UI, semua dapat berjalan dengan baik. Kalau gak ya: Kepal Jari Jadi Tinju !!! …..

    Sofhal Jamil
    0793120276

  116. netral says:

    yang berkata semua boleh dibuktikan dengan kata-katanya??

    jadi pengen liat kalau D3 VS S1 (dalam soal berdebat)??, boleh dibuktikan siapa yang sebenarnya hanya membual saja.

    gak selamanya D3 itu hanya sebagai yang dihina, tapi D3 mungkin lebih baik dari pada S1, sebaliknya juga. jadi jangan saling menghujat!!

  117. Berangkat says:

    @ Jangan belagu

    Anda yang belagu.

  118. -ad- says:

    sesama UI malah saling mnghujat…

    sama2 kebodohan aja lagh.
    ga ada kedewasaannya

  119. anak D3 FISIP!!! says:

    “9. Kholil said:
    Gw pikir Kebijakan Rektor UI sangat tepat dan Bagus untuk menutup Program D3 UI mengingat Visi UI menjadi Universitas Riset tahun 2010..dimana UI hanya fokus mengembangkan program S1, S2 dan S3 buat mengembangkan Riset kedepannya.. Gw selaku Mahasiswa S1 Reguler UI sangat mendukung ditutupnya Program D3, karena Program D3 UI TIDAK BERMUTU dan Hanya menurunkan Kualitas UI..lagipula Mahasiswa D3 UI nggak punya potensi dan cuma bisa pesta dan hedon aja..Lebih baik ditutup aja D3 UI, kalo perlu Ekstensi ditutup juga tahun depan..UI hanya buat Mahasiswa S1 reguler, s2 dan s3 aja..menurut gw, Kebijakan Rektor UI memindahkan program D3 ke PNJ sangat tepat karena secara kualitas PNJ jauh lebih baik daripada D3 UI yang cuma menang namanya aja tapi kualitasnya HANCUR..intinya sebagai Mahasiswa UI S1 Reguler, Gw MENDUKUNG KEBIJAKAN REKTOR UI yang MENUTUP Program D3 UI Tahun ini..Hidup PAK GUMILAR DAN Jayalah S1 REGULER UI…

    05.01.08 pada 13:24
    10. Kholil said:
    Gw sebagai Mahasiswa UI S1 REGULER sangat MENDUKUNG DITUTUPNYA PROGRAM D3 UI pada Tahun ini dan Menyarankan PROGRAM S1 EKSTENSI JUGA DITUTUP TAHUN DEPAN..

    Karena Hanya Manusia terpilih yang mempunyai kemampuan bagus baik dalam segi Akademik dan Non akademik yang Pantas Kuliah di UI..hal ini yang hanya terdapat pada diri MAHASISWA UI S1 REGULER, S2 DAN S3..

    Sedangkan Mahasiswa D3 UI dan EKSTENSI UI TIDAK PANTAS KULIAH DI UI karena hanya membawa Uang saja dan TIDAK PUNYA KEMAMPUAN YANG BAIK dalam Hal Akademik dan Non akademik dan hanya membuat Kampus UI Makin Penuh aja..lagipula Ujian masuk D3 dan EKSTENSI UI mudah banget (nggak susah seperti SPMB)..jadi GW Dukung KEBIJAKAN REKTOR UI untuk MENUTUP PROGRAM D3 UI pada tahun ini dan mudah2an EKSTENSI juga Ditutup Tahun depan..”

    heh KHOLIL, atiati ya KALO NGOMONG!

    jan SOK TAU dong lo mentang2 S1

    s1 bukan segalanya dan GUE sebagai ank D3, SAMA SEKALI GA TERIMA lo ngomong kaya gtu.

    d3 UI berkualitas kok!

    LIAT DULU BARU NGOMONG!!

    JANGAN SOTOY DEH LO!!

    SOK PINTER!!!!!!

    SOMBONG!

    BUKTIIN SINI KEPINTERAN LO!

    ***ING!!!!!

  120. ,,, says:

    udah duunk,, damaai..

    ko disini pada emosi semua..

    padahal realitanya anak s1 n d3 bisa hidup brdampingan..

    saling nghargain laah…..

    d3 ui masuk k pnj (UI college) tapo kuliahnya kn sama aja..cuma ganti nama..

    gw sbgai anak s1 gag ngarasa gmn2 dgn adanya d3,, toh disini kita sama2 belajar….

  121. doni says:

    bang ilman…mending ni threat di close ajah…
    emang sih belum tentu anak UI yang ngasih komen, n bisa aja ini sebagai media adu domba buat mahasiswa UI supaya anak2 UI sibuk berantem, n gak sadar bahwa masih ada jutaan rakyat miskin yang dengan lapar menunggu gerakan kita mahasiswa UI sesuai bidang dan keahlian masing2 untuk memperbaiki INDONESIA….
    sadarlah kawan, bangsa kita lagi sakit, dan kawan2 semua adalah penyembuhnya gak peduli d3 atau s1….
    percuma ngamuk2 disini apalagi gak berani nulis nomor NPM dan dari fak.mana…

    doni, 130500039X
    mahasiswa FIK UI…

  122. cyborg says:

    Ala….anak S1 juga nyontek2 juga…
    udah ngaku juga dong kalo goblok

  123. berangkat says:

    @ cyborg
    bung,, kalimat Anda justru mengundang lagi nih.

  124. zulfan says:

    kalo sama thread begini aja udah minta ditutup, gimana mau tahan hadapin realita setelah keluar dari sini?

    Zulfan
    080500234X – Psikologi UI
    (anyway, gua ngikutin saran lu)

  125. doni says:

    nah begitu donk, dengan gentle mengutarakan pendapatnya…
    semoga zulfan juga dicontoh sama yang lain…
    begini zul.. menurut gw kalo kayak beginian terlalu dibiarin panjang bakal ngerugiin UI sendiri, kalopun mau lanjut ya bertanggung jawab lah…lagipula anakui.com kan dibikin sama bang ilman untuk memajukan UI bukan untuk membuat sesama anak UI jadi ribut, lagipula malu ah diliat sama anak SMA… just pendapat loh, keputusan ada di bang Ilman selaku admin…

    doni, FIK UI, 130500039X,(btw buat ILman, nanya donk.. gak ada resiko SIAK-NG gw bakal dibajak orang kan kalo ngumbar NPM?)hehehe…

  126. koko says:

    cyborg…
    nama cyborg…gak kreatif amat sih nyari nama samaran
    nama asli lw parjo kan ?
    ngaku deh

  127. iLm@N says:

    @doni
    hmm.. secara teori sih, selalu ada jalan buat account UI kita dihack.. tapi nggak tahu juga apakah NPM yang ketahuan bisa membuka jalan account kita di-hack.. soalnya informasi yang disimpan di server UI itu kan username UI dan passwordnya, bukan NPM..

  128. anti kholil says:

    Kholil yang diatas tuh anak kampung yang tinggal di asrama ya…Bela2in S1 banget..Pasti dia selametan pas masuk S1…Gw juga anak S1 tapi biasa aja ah…

    Gw juga bingung sama anak2 S1 yang laen..Kenapa pengen D3 diapus..Cewek2 D3 kan cakep2..Gak kaya S1..Mukanya mumet smwa..Kan kalo diapus butek deh jadinya…hahahaha….

  129. anak 68 says:

    Gw pengen masuk UI tahun ini,tp jadi takut nih. Kakak2nya pada galak2.

  130. anak salemba says:

    @ anak 68

    ga kok sebenernya ga semuanya seperti itu…

  131. gitu deh says:

    yaa. coba dong ngomongnya jgn ngata2in aja. bisa ga kita mikir gimana caranya naikin peringkat ui ke 1 se indonesia lagi. liat deh,kita mulai disalip sm ugm! ayoo jgn mau kalah!! kl kita smua (d3,s1,atau apalah) nyatu, dan ngasih prestasi yg terbaik buat UI, insya allahh lah pasti bisa lebih baik!
    mulai sekarang coba deh ilangin stereotype d3 hedon, s1 mumet.. smua anak ui! dan semua berhak buat nentuin sikap masing2 (mau hedon apa ga, mau mumet mukanya apa ga) haha.
    HIDUP UI .

  132. required says:

    hati2 org luar yg memprovokasi ankUI !
    cz sipa aj bisa masuk di forum ini !!

    jadi klw ada kta2 yg menjatuhkan atau adu domba ‘mereka’ patut dicurigai (oknum luar atau anak kampung)

    yg ingin menjatukan UI !!

    rasionalnya temen2 bisa fikirkan !

  133. Hafidz ajah!!! says:

    Yah kalo gw bilang s1 reguler sama d3 sama aja!
    gw masuk d3 bukan karena ga dapet SPMB! emang sih gw ga dapet! hehehe! tapi gw mau masuk Broadcast karena emang gw tertarik di dunia penyiaran!
    emang gw bisa ngambil di komunikasi, tapi, setau gw, anak S1 Komunikasi ga belajar kamera dan alat2 produksi sebaik Broadcast. karena emang ga ada di kurikulumnya. semua kan udah di atur.
    emang anak d3 lebih hedon, karena 60% kuliahnya praktek. lebih nyantai tapi lumayan ribet.
    anak s1 emang lebih pinter (secara lolos SPMB!) tapi, faktanya banyak yg pas kerja ga sesuai sama kuliahnya. karena lulusan S1 lapangan pekerjaan ama pekerjanya ga sebanding!
    semua ada kendalanya, ga peduli lo MASUK LEWAT mana ataupun lo jurusan apa!
    gw lebih peduli ama kalo ga ada junior, siapa yang mau gw ospek! trus, siapa yg bisa bantuin kita untuk di jadiin “Babu” bantuin tugas. lagi juga kita mau bagi ilmu kita ke siapa lagi kalo bukan ke junior. itu yg lebih penting.
    lagi kalo buat kerja, anak d3 ijazah ga gitu penting! yang paling penting pengalaman kerja dan hasil karya! kan gtu!(paling ga buat Broadcast sih, ga tau deh d3 lain gimana!) jadi, nama UI kek, UI College kek, buat gw ga ngaruh! yg penting ilmunya!
    pesan = kita tuh pemuda penerus bangsa yang bakalan berkeluarga dan bekerja. ijazah ga penting! yang penting skill dan kemampuan.
    SELOW LAH !!!

  134. jan says:

    hai,,,
    makan yuk…

    pada nggak laper ye?
    he….

    D3 FKUI 07

  135. jan says:

    ayo, kita semangat belajar!!
    walaupun gw D3, tapi gw punya cita2 yg tinggi yg pengen banget gw capai,,
    gw bangga ama D3, dan gw jg bangga ama S1….
    sama2 orang yg mengejar cita-citanya!!

  136. dee says:

    buat gue D3 sama S1 itu sama aja..

    dari segi intelektualitas qt sama, cuma beda jalan masulk aja. Ada temen gw anak D3, dy masuk D3 gara2 dpt beasiswa, padahal sebenernya dya lolos SPMB. See?

    kalo masalah hedon2-an..menurut gw anak2 d3 maupun S1 y sama aja..ga’ semuanya hedon,,ga’ semuanya mukanya bikin mumet..relatif..

    so,,jgn pada berantem y.

    mari qt belajar sajjjja yg benar..

    agar UI semakin berkualitas!!

  137. ordinarypeople says:

    aaaaarrrrggggghhhh,,,,,tak jelas ni lama-lama,,,,
    d3 ?
    s1?
    di sini pada ngomongin bagus jelek,pinter lemot,kelas 1 kelas 2,pake ancem2an segala,,,hadooooh yang ada di sini mahasiswa apa residifis c?
    ngomong2 dah pada mikirin dah lulus kul pada maau jadi apaan ga?yaaaaa minimal dah pada yakin ipk lw2 semua bisa bikin senyum ortu lw masing2?
    kuliah buat apa?
    buat demo doang?
    jadi jago di kandang( kampus doang )?
    jadi preman n pinter di fakultas masing2 aja?
    cuma sekitar depok salemba?
    kalo lw semua belum bisa bikin senyum ortu lw masing2 coz of ur prestasi jangan banyak omong n cingcong lah,sebenrnya yang patut bangga itu ya orang tua kalian masing2 lah mas mas,,,mba mba,,, yang bisa berjuang buat ngedidik n ngerwat kalian semua sampe bisa masuk ui,,,bukan kalian yang ngaku bangga jadi mahasiswa ui tapi kelakuan kaya debt collector,,,
    soooo,,,,,
    d3 s1,,,,
    punya presatasi dulu,,,,,
    lulus yang memuaskan,,,,
    s1 3.5 tahun….
    d3 y 3 taon,,,,
    abis itu cari kerja,,,,buktiin ke masyarakat kalo lw emang anak ui yang berkwalitas,,,,
    senengin ortu,,,
    jadi sebenrnya ga ada waktu buat saling ngejelekin n banggain diri sendiri,,,
    emang di jakun lw ada perbedaan?mana semangat persatuan mahasiswa?seharusnya hanya ada satu teriakan semangat HIDUP MAHASIWA!!!tanpa embel – embel fakultas atau status,,,,
    dan kalau kalian sadar,,,yaaa,,,mahasiswa – mahasiswa seperti kalian yang ga pantes masuk ui,,,,
    salam hangat untuk orang tua kalian,,,,

  138. Cha says:

    gw ga nyangka ternyata dibalik kebesaran nama ui masih tersimpan kebusukan-kebusukan… katanya kita pejuang rakyat? tapi ama sodara sndiri aja masih berantem!!! bagaimana kita mau membela rakyat kalo kita sendiri aja masih pada berantem… mau dia d3 mau dia s1 reg mau dia s1 eks toh kita semua bernaung di universitas yang sama UNIVERSITAS INDONESIA bukan? soal kualitas biarkan saja dunia kerja yang menentukan jangan qta yang menghakimi teman2 d3… toh belum tentu juga kan anak s1 lebih pinter dari d3?

  139. Anak program D3 UI says:

    Mudah2an cuma orang2 yang ga bisa berpikir lebih jauh aja yang bilang kalo S1 itu lebih baik dari D3. Karena selama setahun kuliah di program D3, gw sama sekali ga ngeliat dimana bodohnya anak D3.

    Banyak temen gw yang lulus SPMB tapi ngambil D3. Bisa diliat disini kalo D3 ataupun S1 sama saja bagi mereka. Alasan mereka yg ga ngambil SPMBnya karena itu di UGM, dan dia lebih memilih di Jakarta. Temen gw yg lulus di Brawijaya juga memilih D3 UI karena lokasinya yang lebih dekat ke rumah. Ada juga temen gw yang lulus SPMB di Fisip UI, cuma dia lebih milih D3 karena dia ingin jurusan Akuntansi.. Dan gw sendiri juga lulus SPMB di Fisip tapi gw lebih milih D3 FEUI karena gw mau kuliah akuntansi juga namun kurang beruntung waktu SPMB kemaren.

    Walaupun begitu, temen2 gw yg ga lulus SPMB pun lebih pinter dari gw. Nilai2nya lebih bagus dan pastinya mereka lebih punya kesadaran belajar dari gw (gw akui). Jadi intinya, SPMB itu bukan penentu kepintaran seseorang.

  140. tebak says:

    Kambing makan rumput, ayam makan beras. Selera lah.

    Mirip kayak milih SMA vs SMK. Lulus SMK bisa ini bisa itu. Lulus SMA bisa apa?

  141. pelajaran says:

    bisa dilihat di atas…(#139.#140)
    salah satu contoh mhsiwa/mhsiswi yg justru tidak menghargai mahaswa yg lainnya !!. pdhal suasana sudah mulai tenang..
    jgn gara2 celoteh org bodoh diatas kita semua terpancing asmara…maaf, mksud gw amarah !

    pecinta damai

    -sph-

  142. Jim Sturgess says:

    kalo menurut gw, D3 UI jangan dihapus soalnya sepengalaman gw banyak tuh anak D3 banyak dari mereka bisa dibilang udah sukses, walaupun tanpa ijazah S1. dalam kenyataannya Ijazah gak terlalu di perhitungkan yang diperhitungkan tuh gmana cara kerja mereka di lapangan ato bs dibilang Praktek yang penting bukan teori.. kalo ada yang bilang anak D3 bego menurut gak pantes aja soalnya yang bisa ngeliat lo sukses ato nggak bukan diliat dari sekarang tapi nanti sekitar lo umur 30an.. jadi yang bilang anak D3 bego yah ngaca deh pasti orgnya ngirian miskin lg..(joke)!

  143. kawan jaja says:

    Sayur Asem

    Sumber: Yasa Boga

    Bahan:
    250 gr tulang iga, rebus sampai empuk-ambil kaldunya sekitar 1ltr.
    100 gr buah melinjo yang tua
    200 gr nangka muda-potong 2.x2 cm
    100 gr pepaya mentah-potong 2×2 cm
    1 buah jagung muda-potong 2×2 cm melintang
    50 gr kacang tanah
    2 buah labu siam potong 2×2 cm
    10 buah kacang panjang-potong 4 cm
    50 gr daun melinjo yg muda
    3 buah cabai hijau belah 2
    1 lembah daun salam
    sepotong lengkuas-memarkan
    3 buah asam mentah, kupas dan memarkan

    Bumbu dihaluskan:
    2 buah cabai merah
    3 buah kemiri sangrai/panggang
    1 sdt terasi
    5 buah bawang merah
    1 siung bawang putih
    2 sdt garam
    1 sdm gula merah
    1 sdt asam bila perlu

    Cara membuat:

    Rebus buah melinjo dan kacang tanah masing2 scr terpisah agar warna sayur asem tidak keruh – tiriskan.
    Rebus buah melinjo, nangka muda, jagung, pepaya, dan kacang tanah sampai matang dg kaldu.
    Masukkan bumbu yg dihaluskan, salam dan lengkuas.
    Masukkan labu siam, stlh agak lunak, masukkan kacang panjang, cabai hijau.
    Terakhir, masukkan daun melinjo, asam, garam dan gula. Tambahkan air asam bilamana kurang segar. Masak sampai seluruhnya matang, tetapi tidak terlampau lunak.
    *****

  144. Rektor UI Prof. Gumilar R. Somantri says:

    gw setubuh dengan pendapatnya bung Jim..
    gw ngerasa kalo iklim D3 itu lebih kompetitif dalam hal kesuksesan karir dibanding s1.

    Bagi anak D3, prestis itu diukur dari kerjaan lo dan gaji lo.. banyak kok anak yang cuma punya ijasah D3 ga mau nerusin ke s1 karena udah ngerasa cukup, udah ngerasa kalo gini aja udah bisa kaya..

    dan banyak juga anak D3 yang sukses sebelom umur 25, gaji gede, bisa ngebiayain sekolah adek2 nya dan ngirim orang tua nya naek haji(alhamdulilah!)..

    saya menyesal telah mengeluarkan keputusan untuk membuat UI college..

    -Gumgum

  145. Jim Sturgess says:

    nah mending anak S1 suruh masak aja neh.. dah disiapin bumbu2nya.. dr pada nganggur gak ada kerjaan!!

  146. iRHoTeP says:

    udah oknum-oknumnya gak jelas yang ngisi komentar di sini, rerata isinya sampah semua pulak. eh udah gitu diseriusin pula tanggapannya gyahahahah

    udahlah, yang waras ngalah

    +iR+

  147. Jing says:

    buat rektor:

    woy lo ama boyband boyband itu bikin riset dulu gak sih sebelom bikin keputusan? yang pasti alumni D3 dan yang masih kuliah GAK SETUJU kalo junior2nya kelak dipindahin ke pelosok!

    gw setuju dengan pendapat mas Jim Strugess..lulusan D3 lebih sukses dalam meniti karir dibanding anak S1..lebih berpengalaman dan lebih aktif dibanding aktivis aktivis itu yang cuma bisa berkoar2 doang pas Demo ga ada essential nya.. anak D3 cepet lulus ga bakal jadi mahasiswa abadi dan jadi preman kampus..
    dari jaman purba, yang menghasilkan adalah Do-Learn-feel-think! teori lahir dari praktik!

    apakah bangunan ex PNJ bakal siap nampung secara fisik? apakah fasilitasnya siap? trus kalo anak D3 FE mau baca buku harus ke perpus FE dulu? trus apakah SEBUAH STASIUN TV mini di FISIP yang awalnya diperuntukkan untuk anak D3 Penyiaran FISIP UI bakal dipindahin juga? haaah? HAAAAHH?
    Lo pikir bisa apa dalam setaun? berarti angkatan 2009 bakal jadi korban doong?

    FIGHT ME IF IM WRONG

  148. Anak program D3 UI says:

    @pelajaran

    Gw cuma menanggapi komentar kholil yang diatas tadi.. Ya gw tau walaupun suasana sudah mulai tenang, lagian kan gw ga marah2.

  149. tebak says:

    @pelajaran : mental lo mungkin emang mental anarkis, segala tulisan nggak dicerna lahir batin langsung main cap provokasi

  150. Cha says:

    gw denger dari sekret d3 salemba katanya keputusan untuk d3 udah keluar… n katanya d3 tetap dipertahankan… bner ga ya… anak2 depok tulung kasih inponya donk kalo bener… temen-temen N adek-adek kelas gw pada mau daptar ni… yah akhirnya klo bener d3 ga jadi di tutup gw punya adek kelas juga dunkz… hehehehehe…

    D3 FKUI 2007
    “SUKSES”

  151. J J says:

    –maap OOT (Out of Topic)–

    eh ada anak D3 FKUI di sini yah? Jurusan apa? Gw taon lalu di terima di D3 FKUI – Perumahsakitan, tapi ga diambil, Alhamdulillah, gw lulus SPMB diterima di FIB UI NPM gw (0706296x4x), salam buat anak D3 FKUI lainnya yah, terutama di jurusan perumahsakitan! Met kenal buat Cha. =D

    ——-

  152. prima says:

    Cocok banget dengan visi kami, FKM sudah beberapa tahun meniadakan program D3 untuk meningkatkan mutu kualitas lulusan yang akan berkiprah di dunia kerja. Sebagai sarjana kesehatan masyarakat harus mendapatkan didikan yang bagus dan itu bisa didapat jika masuk kuliah dengan varian S1 bukan D3 yang sifatnya praktis saja (bukan pengetahuannya yang ditambah).
    Jadi buktikan saja kompetensi dan kualitas para sarjana lulusan UI ini…apakah bisa berkompetisi (naik peringkat) di banding universitas2 luar negeri ?
    cheers :)

  153. prima says:

    Pemisahan lokasi D3 dengan S1 di UI jangan dijadikan masalah besar, karena D3 sifatnya praktek sedangkan S1 sifatnya teoritis,riset dan kajian2. Untuk meningkatkan mutu (peringkat) para sarjana lulusan UI diperlukan tempat (kondisi lingkungan) yang mendukung untuk dapat berkonsentrasi dalam kuliah. Kalau dicampur dengan mahasiwa D3 yang kuliahnya memerlukan unsur praktek dan kreatifitas tinggi maka sangat besar kemungkinan “mengganggu” konsentrasi suasana perkuliahan mahasiswa S1 jika masih satu atap (satu gedung).
    Mohon maaf peminat D3. Bukan bermaksud merendahkan anda tetapi mari dukung program yang baik ini karena saya yakin bahwa kualitas lulusan D3 bisa sama baiknya (sebanding) dengan lulusan S1 (sarjana) bila pihak dosen (peneglola)akademik D3 konsentrasi khusus di bidang D3 saja dan dosen (pengelola) akademik S1 khusus konsentrasi di bidang S1 saja.
    Mari berkompetisi teman2
    cheers :)

  154. ima says:

    Pemisahan lokasi D3 dengan S1 di UI jangan dijadikan masalah besar, karena D3 sifatnya praktek sedangkan S1 sifatnya teoritis,riset dan kajian2. Untuk meningkatkan mutu (peringkat) para sarjana lulusan UI diperlukan tempat (kondisi lingkungan) yang mendukung untuk dapat berkonsentrasi dalam kuliah. Kalau dicampur dengan mahasiwa D3 yang kuliahnya memerlukan unsur praktek dan kreatifitas tinggi maka sangat besar kemungkinan “mengganggu” konsentrasi suasana perkuliahan mahasiswa S1 jika masih satu atap (satu gedung).
    Mohon maaf peminat D3. Bukan bermaksud merendahkan anda tetapi mari dukung program yang baik ini karena saya yakin bahwa kualitas lulusan D3 bisa sama baiknya (sebanding) dengan lulusan S1 (sarjana) bila pihak dosen (peneglola)akademik D3 konsentrasi khusus di bidang D3 saja dan dosen (pengelola) akademik S1 khusus konsentrasi di bidang S1 saja.
    Mari berkompetisi teman2
    cheers :)

  155. Unggulo says:

    Namanya juga tetap UI kok.. UI College. Setau gw pembedaan itu berdasarkan jenjangnya dan karena lebih banyak aspek praktek dan teknis di D3. Makanya gabung dengan PNJ dan bernama UI COLLEGE. UI juga kok, cuman bukan UNIVERSITAS. “UI” pada UI College ini adalah brand, merk. Kalo UI yang S1 ini, kayaknya visi dari UI ini lebih banyak Riset, pengabdian masyarakat, de el el yang mana nggak masuk dalam kurikulum D3. Jadi, D3 DIGABUNG bukan DITUTUP dengan PNJ yang sudah lebih dulu “MANDIRI”. Dulu, waktu Poltek UI jadi PNJ, kayaknya anak2nya diskusi rame juga deh kayak di milis ini. Gw saksi idup hehe..

    Btw, Dulu waktu PNJ keluar dari UI, masih banyak juga teman2 yang tetap keukeuh nulis “Poltek UI” dimana-mana hehe.. UI itu udah jadi brand, tenang aja kok.. oke guys, keep studying! Masalah lulusnya sih, urusan masing-masing.. kalo loe ga punya survival skill, bakal kalah bersaing. Nggak peduli lulusan mana!

    UNGGULO
    Alumnus UI
    NPM 0900090218

  156. Anak program D3 UI says:

    @prima
    Maksudnya mengganggu konsentrasi S1 itu gimana?

    Kalo D3 udah digabung sama PNJ berarti ntar kan orang2nya bertambah, emang itu muat ya semua dikumpulin di PNJ? Terus gedung2 yang tadinya buat D3 di UI nya buat apa ya..

  157. D3 AK FEUI '06 says:

    Bismillahirrahmanirrahim..
    Kebetulan saya lagi iseng buka2 situs, dan merasa ingin melihat bagaimana sih tanggapan mahasiswa UI di forum diskusi anak UI ini, mengenai adanya pemindahan D3 ke PNJ menjadi UI College(koreksi jika salah).

    Saya merasa kecewa dengan adanya pernyataan pendapat sebagian mahasiswa yang merendahkan atau terlihat merendahkan sebagian mahasiswa lain hanya karena perbedaan program S1 Reguler dan Non Reguler maupun D3, disini saya mencoba agar masalah merendahkan ini tidak ada lagi dalam pikiran teman2 sesama mahasiswa karena nasib bangsa tidak hanya pada D3, S1, S2, S3 melainkan pada segenap masyarakat indonesia..

    Sekarang, Kita posisikan sebagai mahasiswa baik yang cerdas yang menginginkan kemajuan UI terutama bangsa dan negara Indonesia ini.
    ya, kenyataan bahwa D3 UI akan dipindah dan dijadikan UI College tidak bisa dipungkiri lagi, tapi apakah hal tersebut salah satu alasannya karena D3 suka pesta, hedon dan tidak berpotensi? Ada bukti ilmiahnya ya? Dan bolehkah hal ini menjadi dasar untuk merendahkan sesama manusia yang masing2 pasti memiliki kekurangan dan kelebihan? Janganlah melihat sesuatu hanya dari satu sisi saja atau dari pendapat saja, karena pendapat tidak selalu benar tanpa didasari fakta dan bukti yang ilmiah..

    Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam berkata,”Tidak masuk ke dalam surga, orang yang dalam hatinya ada kesombongan walaupun sebesar semut.” (HR. Muslim) [At-Tahrim, hal. 39]
    dalam Al-Qur’an juga banyak menjelaskan masalah kesombongan dan akibatnya walau sekecil apapun…

    Berikanlah argumen, perkataan dan dasar yang baik yang tidak menimbulkan pertengkaran di kalangan mahasiswa, berikanlah perkataan berdasar yang menenangkan bagi orang lain agar kedua belah pihak dapat menerima dengan suka rela adanya permasalahan ini. Kita kembali kepada kodrat semua manusia yang pada dasarnya sama, yang membedakan hanyalah amal dan ibadahnya. Pangkat, kedudukan, derajat apalah artinya dihadapan-NYA? Masing2 pihak sadarilah adanya kematian, yang tidak mungkin kita hindari walau keujung dunia sekalipun.. baik ketika kita masih muda maupun sudah tua bisa saja kapanpun kita akan mati. Maka jagalah lisan, hati dan perbuatan.. sekarang saya tanya pada semua mahasiswa, ada manfaatnya tidak bagi kedua belah pihak saling berkata kasar seperti itu? Naudzubillahi min dzaalik..

    Sebaiknya masing-masing pihak berusaha menjaga nama baik dan kualitas UI dengan tanpa men-judge bahwa salah satu pihak lah yang bermasalah, tanpa mengetahui dengan jelas apakah pihak yang men-judge tidak memiliki masalah. Kita mahasiswa harusnya mengerti arti solusi dan diskusi ilmiah itu.

    Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam berkata,”kata-kata yang baik adalah sedekah” (HR. Bukhari no 2707 dan Muslim no. 2332)
    Dan janganlah kalian menganggap remeh masalah perkataan yang baik ini.

    Akhir kata,
    Saya berpesan kepada anak2 D3 lain dan diri saya sendiri, janganlah terpancing dengan adanya perkataan2 yang tak ada gunanya ini, teruslah belajar, bersungguh-sungguh mengejar cita-cita, banggakanlah orang tua dan banyaklah beribadah, berdoa dan bertawakkal. Kejar anak2 S1 yang mungkin nantinya akan lebih dulu maju menjadi pemimpin. Dimanapun kita berada, Ingat!! masa depan kita bukanlah “tempat” yang menentukan tapi kitalah yang menentukan sisanya pasrah kepada takdir-NYA.
    “Sesungguhnya ALLAH tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum kaum itu sendiri yang merubahnya.” (Q.S. Ar-Rad ayat 11)

    Saya berpesan kepada anak2 S1, belajarlah, bersungguh-sungguh mengejar cita-cita, banggakanlah orang tua dan banyaklah beribadah, berdoa dan bertawakkal. Kalianlah yang maju duluan untuk menjadi generasi penerus bangsa yang memimpin Indonesia. Jagalah hati, lisan, perbuatan dan niat demi keutuhan bangsa dan kemajuan bangsa.

    Rasulullah bersabda,”kebaikan itu adalah akhlak yang baik.”( Riyadhis shalihin)

    Saya juga berpesan kepada admin, agar senantiasa menjadi penengah yang baik yang berusaha menjaga keilmiahan diskusi walaupun debat kusir sekalipun. Karena kita mahasiswa dewasa yang seharusnya berpikiran maju, dengan menghindari adanya perkataan atau perbuatan yang dapat menimbulkan pertengkaran.

    Terima kasih, maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan, ini pertama kali saya menulis di forum dan saya tidak biasa menulis. Yang salah dari diri pribadi sendiri dan yang benar datangnya dari ALLAH Subhanahu wa Ta’ala. Mari kita berdoa demi kemajuan UI dan bangsa Indonesia ini. Keep positive thinking!!, doakan Pak Gumilar, hanya mengharap yang terbaik bagi mahasiswa UI serta bangsa dan negara ini. HIDUP MAHASISWA!!!

    Kritik dan saran dapat dikirimkan ke rama3588@yahoo.com

  158. hidup pa aji! says:

    hidup pa’ aji! gyahahahahahahaha

  159. plato says:

    thx buat da’wahnya..
    ternyata benar ! klw nasihat itu sangat berguna bagi org2 yg beriman yakni ‘berfikir’ !

    .sph.

  160. Muhammad Aristoteles says:

    mental anarkis lebih baik daripada mental budak

    .sph.

  161. anak D3 paris says:

    moga moga perdamaian antara mahasiswa S1 & D3 bisa bertahan….jangan ada saling cibir lagi….moga moga tumbuh perasaan saling memerlukan, saling menghormati, saling menghargai….semoga para mahasiswa UI yang saling berdamai diberikan berkah hidup yang besar. moga moga para mahasisw UI (atau pihak lain) yang mengorek – ngorek luka permusuhan di antara mahasiswa UI diberikan petunjuk agar kembali ke jalan yang lurus dan baik.

  162. MAKHLUK MALAM says:

    @ anak D3 paris

    setubuh dah..!
    sip.

    berangkat,, kalo begitu….

  163. Mick says:

    Gw ank D3 Akun 07, tp gw skrg jg aktif di FKUI 07…Mau bilang apa lw smua!!

  164. Mick says:

    Yg lulus spmb jgn sombong..yg ank D3 juga jgn belagu..kita smua sama kok..WE ARE THE YELLOW JACKET !!!

  165. koko says:

    yang komen setelah gw berarti orang bego (kecuali gw)
    soalnya gak ada lagi yang perlu dipermasalahin
    ni topik udah basi !

  166. kok pd bego ya?? says:

    s1=d3 gak ada bedanya..pada bego semua..
    katanya we are the yellow jackets??!!
    huh…sampah!!!
    otak doang pinter, tp gak cerdas lo pada!!

  167. koko says:

    selamat anda menjadi orang bego pertama yang ngasih komen setelah saya, ditunggu orang bego-orang bego selanjutnya.
    udah dibilang udah basi, masi aja….

  168. Tokek says:

    gw turut memeriahkan suasana boleh ya

  169. kok pd bego ya?? says:

    jah…elo lebih bego ngomentarin orang bego..
    emang dasar bego!!
    hahaha..

  170. koko says:

    yah elah
    lw lebih bego lagi soalnya ngomentarin orang bego yang ngomentarin orang bego

  171. RENDY says:

    menurut gw,memang bener kualitas anak d3 kurang berkualitas dari PNJ. memang PNJ hanya sebuah kampus yang notabene kecil di UI. tapi apapun itu kita harus tetap bersatu, karena kita satu saudara, karena WE ARE THE YELLOW JACKET UNIVERSITY in Jakarta.

    untuk anak2 s1 reg di UI g perlu lah kalian menghina anak d3 ui atau poltek. memang input kalian bagus d ui, tapi kita ini saudara bung..!!!

    HIDUP MAHASISWA d3poltek,d3ui, s1-reg, s1-eks,s2, s3!!!!

  172. Oday Anak D3 says:

    Khekhekhekhe… Duh anak S1 yang pada ngasi komen.. Kalo ngaku lebih pinter, ya mbok dipake dikit otaknya..

    D3 dan Ekstensi itu ada, salah satu alasannya sebagai sumber pendapatan tambahan buat nanggung biaya operasional UI yang makin lama makin gede, apalagi setelah nggak di subsidi lagi sama pemerintah.

    Selain itu, juga untuk mensubsidi anak-anak S1 yang kurang mampu.

    Kalo lo dan seluruh kekayaan moyang lo mampu nutup biaya operasional UI, baru deh lo boleh ngomong seenak udel!

    Gue yakin anak2 D3 nggak bakalan takut kalo diajakin adu pinter sama anak S1. Coba aja kalo ngga percaya…

  173. Shintya K says:

    Yth. Kholil yang merupakan anak S1 reguler UI,
    terima kasih atas komentar Anda yang menunjukkan betapa tidak berpengaruhnya program dan jurusan apa yang dipilih oleh seseorang. Tidak peduli S1 reguler atau D3 atau ekstensi, sesungguhnya moral seseorang dan isi otaknya lah yang menentukan kualitas dirinya sendiri. Buktinya kami anak-anak D3 dan ekstensi masih bisa memberi komentar yang lebih bermutu dibanding komentar Anda yang membanggakan kereguleran Anda itu. Seharusnya Anda berterimakasih kepada teman-teman Anda di program D3 dan ekstensi yang secara tidak langsung telah memberi kontribusi dalam meningkatkan kualitas fasilitas di kampus UI. Salam.

  174. Mell says:

    Terlepas dari namanya D3, S1, Ekstenasi, semua berada di bawah satu payung besar yaitu UI.
    Semua sama-sama berjuang masuk UI lewat tes dan ngalahin ribuan orang yang setengah mati pengen masuk juga, terlepas bentuk tesnya seperti apa.
    Tiap anak UI, D3, S1, Ekstensi, masing-masing punya cita-cita sendiri dan ga ada niat untuk ngejelekin nama UI
    Sedih deh, pantesan negara jadi kacau balau… dari kuliah aja, yang seharusnya jadi calon penerus bangsa udah berantem2 ga jelas gini..
    udah ngga punya toleransi dan saling mengerti sebesar ini..
    apalagi kalau udah punya jabatan dan wewenang?

    hh… kalau masih seperti ini kaya’nya Indonesia bisa jadi negara bener masih 1000 tahun lagi :(

  175. Quoting Kholil:

    “Karena Hanya Manusia terpilih yang mempunyai kemampuan bagus baik dalam segi Akademik dan Non akademik yang Pantas Kuliah di UI..hal ini yang hanya terdapat pada diri MAHASISWA UI S1 REGULER, S2 DAN S3..

    Sedangkan Mahasiswa D3 UI dan EKSTENSI UI TIDAK PANTAS KULIAH DI UI karena hanya membawa Uang saja dan TIDAK PUNYA KEMAMPUAN YANG BAIK dalam Hal Akademik dan Non akademik…”

    Kholil, mungkin ada baiknya lo ngaca dulu ya sebelum ngomong. Post lo itu sebetulnya jadi bumerang buat elo sendiri. Lo bilang anak S1 “Manusia terpilih yang mempunyai kemampuan bagus baik dalam segi Akademik dan Non akademik”.

    Nnah, sekarang ngaca deh. Baca post lo lagi dan ngaca.

    Post lo itu mencerminkan “Manusia terpilih yang mempunyai kemampuan bagus baik dalam segi Akademik dan Non akademik” nggak? Wow.

    Gue dan sebagian temen-temen gue ada di D3 bukan karena nggak lulus SPMB atau apa. Bukan karena kita anak bodoh. Kita (baca: gue dan temen-temen gue) ada di D3 karena pilihan. Kita milih untuk jadi praktisi daripada akademisi. Tujuan kita jelas, cita-cita kita jelas, jadi praktisi. Beda sama temen-temen gue yang masuk S1 karena masih belum tau pengen kerja di mana/jadi apa, dan milih S1 karna luas, bisa diterima di mana aja, bisa kerja apa aja. Nope, gue dan temen-temen gue udah merencanakan hidup kita bahkan jauh sebelum kita SPMB. Karena itulah kita ada di D3 (dan sekarang di ekstensi).

    Gue juga setuju sama Oday anak D3 di atas. Kalau nggak ada D3 dan ekstensi, bayangin lo bayar berapa tiap semester? D3 dan ekstensi itu salah satu fungsinya sebagai subsidiary elo-elo semua yang S1.

    Satu lagi yang gue setuju sama Oday anak D3: anak2 D3 nggak bakal takut diajak adu pinter sama anak S1. Gue anak D3 dan dengan bangga gue bilang, gue anak ekstensi fisip UI sekarang. Gue nggak takut diajak adu pinter. Terutama sama seseorang yang pikirannya dangkal kayak elo.

    Dan oh, tolong jangan ada yang protes sama komen gue ini ya. According to Kholil, gue kan “TIDAK PUNYA KEMAMPUAN YANG BAIK dalam Hal Akademik dan Non akademik…”. (Needless to say, gue sekarang tinggal dan sekolah di Perth, Australia, atas beasiswa dari Australian Government).

  176. hmm…jujur, gue belum baca semua post yang tertulis di sini..

    banyak soalnya, hehe…

    kesimpulan gue sih, masih ada ya anak UI yang masih meremehkan, menghakimi, berasumsi, dan sangat mempunyai jiwa untuk mengadu domba dan menanam bibit perpecahan…

    Sayang sih menurut gue, karena gue sebagai anak UI (lulus 07) dulunya malah gak terlalu bangga masuk UI. gue temenan sama banyak anak UI dan gue sekarang bekerja sama dengan banyak dari mereka di kantor sebagai kolega ataupun klien, serta hubungan kerja lainnya.

    tak perlu tahu mereka itu anak UI D3 atau S1 atau apa….karena tahu kenapa?

    karena pada akhirnya, dimana Anda bersekolah (kuliah) tidak menjamin “intelektualitas” bung Kholil…tapi lebih kepada menjadi manusia yang seperti apa Anda nantinya.

    saya lebih memilih untuk jadi manusia yang melihat ke masa depan, bukan yang terjebak dengan paradigma “kepintaran” yang dangkal…

    terima kasih buat semua nih..

    salam, Adri dulunya anak D3…

  177. rifki 290413041Y says:

    Kok ibarat bill gates sama steve jobs ya?!
    anak reguler = bill gates
    anak D3 = steve jobs

    wekekekekek……

    -rifki-
    Jr.Planner
    Activate Media Nusantara

  178. nnisa says:

    eh, reguler artinya bukannya ‘biasa aja’ ya??

    hihihihihi…

    ati2 ya mas kalo ngomong..

    udah, kok… udah dimaafin…
    yang waras kan ngalah… :P

  179. moniqq says:

    haduhh, banyak bgt yah commentnya.. seru, ikutan ah..

    kalo gw pribadi sih, ini bukan masalah penutupan D3, cuma masalah pemindahan D3 dan penggabungan D3 UI dengan PNJ yang akhirnya akan bernama UI College. Kan udah jelas bgt beritanya, jadi D3 UI bukan ditutup, cuma dipindah dan ganti nama, that’s it.

    Dan gw setuju dengan hal ini karena setau gw, sebenarnya sejarahnya tuh gini: Dulu PNJ adalah ‘anak’ dari UI atau istilahnya D3nya UI dengan nama ‘Politeknik UI’. Politeknik UI ini berubah jadi PNJ karena administrasi, organisasi dan sebagainya terpisah dengan UI. Jadi, Politeknik nggak lagi di bawah naungan UI, dan berubah menjadi PNJ.

    Sejak itu, UI baru buka program D3 sendiri (salah satunya mungkin, ini cuma MUNGKIN lho, karena alasan finansial).

    bukan maksud merendahkan D3 UI, tapi memang setau gw PNJ kualitasnya lebih baik daripada D3 UI karena mereka lebih banyak menekankan di praktek jadi siap terjun ke dunia kerja, sementara D3 UI lebih mengutamakan teori, jadi prakteknya ga sebanyak PNJ (setau gw).

    Mungkin anak D3 UI ga terima disatuin dan disejajarkan dengan PNJ karena ini berarti prestise dari nama ‘UI’ itu sendiri hilang karena penggabungan dengan PNJ. Tp percaya deh, ini langkah yg baik karena secara kualitas PNJ lebih baik. Jadi, ini berarti perbaikan mutu D3 UI donk. Seharusnya, dengan ini, anak D3 seneng karena kualitasnya meningkat dan ga ada omongan2 miring lagi tentang D3 yang, maaf katanya (mengutip dari previous postings) hedon.

    Pstinya Pak Rektor bikin keputusan juga ga sembarangan dan udah direncanakan matang2 jadi pasti segi positifnya akan lebih banyak daripada negatifnya.

  180. Auk Ah says:

    *no comment*

    -alumni D3 advertising UI yang sering dimintai tolong ngerjain tugas anak desain grafis PNJ-

  181. ngapain sii ribut2?…bingung gue…sante aja…dunia udah berubah fren, gengsi udah lewat…fasilitas, status…ya elah jaman suharto bgt itu mah…bayaran mahal? itu pasti…dunia udah berubah, kita harus berubah cara berfikir…

    gue dulu sangat benci dng org2 kaya yg masuk ke UI…tapi cara pandang gue udah berubah 180 derajat…emang BENER banyak orang kaya yang pantes masuk UI…dan orang kaya itu biasanaya punya kelebihan…beneran! tp buat yang kaya tapi menyia-nyiakan pendidikan di UI..yah gw kecewa sm lo…

    yg gk mampu..?? kalian adalah calon2 orang kaya! calon orang sukses!…berjuanglah!!!!kalian punya mental yang sangat kuat, karena kalian punya alesan yang lebih kuat daripada orang kaya…MAJU TERUSS!!!

    kalo tau mahal… knp gk kerja sendiri?, cari penghasilan sendiri dong klo gk mao ngerepotin ortu…jangan cuma ngomel2..aneh dehh..::gmana caranya? bnyk buku entrepreneur, byk MLM,byk organisasi wiraswasta, byk beasiswa, byk tmn2 lo yg jago2…tersebar dimana2…jangan dibatasi oleh kotak dlm diri lo sendiri…lo semua berpotensi…kalo lo bilang “ITU KAN ELO, BUKAN GUE!”…ya elah, masih aja negative thingking…gk bakal maju fren…positive thingking…

    S1 pengangguran???D3 kesannya swasta jdnya bego???PNJ kesannya org2 yg gk lulus mau ke UI??? F*CK…ngapain dibahas…cukup…masa bodo…lo mau kuliah kek, mau kerja kek, mau di negri kek, mau swasta kek…gak ngaruh, semua itu tergantung di dalem diri lo sendiri…gue jamin, lo gak bakal mikirin ini-itu kalo ntar lo udah ngerasa bahwa diri lu bisa melakukan ini-itu…lu malah bakal ngetawain org2 yg masih berantem2an S1, D3, Politeknik, swasta, negeri, passing grade…hahaha…gue jamin lo bakal ketawa….

    yup…karena semua hal itu menjadi BERARTI karena lo sendiri…ya ada di dalem diri lo…damai ya…

    hidup sekali hiduplah yang berarti

    salam positif…. :)

  182. maaf..saya baru lulus SMA,baru mau SPMB..
    tapi klo gagal saya mau coba d3..tp saya jadi bingung,knapa ui dari luar bagus tp trnyata saling mnjelek2an gni sii?saya jadi mikir 2x mau masuk ui..
    mohon penjelasannya..
    niat saya baik kkok, mau blajar srius juga di d3 ui,,tp knapa malah gini ya ternyata kondisinya?

    trima kasih..

  183. iLm@N says:

    #182: calon mahasiswa
    tenang dik, itu cuma dinamika mahasiswa aja.. sumber permasalahannya juga udah minta maaf kok..

    nanti setelah kamu masuk UI, kamu juga bakal ngerasain dinamika seperti ini *kalo aktif dan nggak cuma kuliah aja*

    semoga berhasil, SNMPTN-nya!

  184. kritikus to mhs sok says:

    ucapan ilmanAkbar di atas agak menyerang mereka yang study oriented

    +iR+

  185. ganteng says:

    eh S2 n S3 ada yang ekstensi ngak yaa ?
    hehehe gw kn S1 ekstensi jadi mao nerusinnya ke ekstensi jg lahh…hehehe manteb deh gw

    buset deh gw baca forum ampe satu jam boo…ngabisin wkt gw hehehe
    tapi seneng sih….kaya cerita aja…awalnya ada masalah…akhirnya ada happy ending dimana S1 reguler mengakui keberadaan D3. walou ada sad ending kl D3 kudu dipindah.hehehe keren nih bisa dibuat film.judulnya: ” S1 atau D3 UI…apa kataa duniaaaa ”

    alumnus D3 dan S1 ekstensi

  186. hack87 says:

    keputusan telah diambil PNJ gabubg dgn UI. Sebenarnya setahu saya sertifikat tanah PNJ sudah diserahkan ke UI jadi poltek ga ada pilihan lagi, apa wajib gabung bersama UI atau pindah dari tanah UI sedangkan DIKTI ga punya duit tuk beliin lokasi baru tuk PNj jadi ya mau ga mau harus bergabung dengan UI (Sumber : dari orang terpercaya PNJ).

    From:
    http://samanui.wordpress.com/2008/04/25/ui-college-mulai-diterapkan-tahun-ini/

  187. d3gaji22juta says:

    lagi di berantemnya. baca nama gue baik-baik

  188. meron says:

    gw menejemen 2006,kalo gw di FE kayanya adem2 aja d. ga ada diskriminasi gtu, mlah banyak bgt acara2 yg POnya anak D3 trus bawahannya anak s1 santai aja. malah wakabir kontrol internal bem FE anak d3.PO JGTC 27(apa 26 ya gw lupa) juga anak d3. disini sih adem2 aja anak s1 reguler yang blajar sama anak d3/ ekstensi ada juga kok. kocak ya kalo di fakultas lain…

    mungkin kalo di FE kuliahnya bareng kali ya sama2 pagi jadi sering ketemu+main bareng

  189. smangat says:

    gw menejemen 2006,kalo gw di FE kayanya adem2 aja d. ga ada diskriminasi gtu, mlah banyak bgt acara2 yg POnya anak D3 trus bawahannya anak s1 santai aja. malah wakabir kontrol internal bem FE anak d3.PO JGTC 27(apa 26 ya gw lupa) juga anak d3.

    disini sih adem2 aja anak s1 reguler yang blajar sama anak d3/ ekstensi ada juga kok. kocak ya kalo di fakultas lain….

    mungkin kalo di FE kuliahnya bareng kali ya sama2 pagi jadi sering ketemu+main bareng

  190. smangat says:

    sori doble post….

  191. Mat Sani says:

    songkil nih forum..
    bener-bener tempat yang cocok buat ngumbar syahwat bicara.hehe

    Meron, nongol juga loh di sini?salam anak manajemen!!!

    btw gw seneng betul mah ama junior gw di FE D3 dan S1. kalem banget. ada yang ngeluarin ayat segala lagi.hohoho..

    Sepakat ma irhotep. yang waras ngalah..

  192. Mat Sani says:

    oh ya. mo ikutan ngumbar syahwat juga ni..

    sukses itu ga tergantung siapa dia. apalagi embel-embel di institusi mana dia bekerja.

    Kata john maxwell (bener ga spellingnya ni?) sukses itu ibarat sebuah perjalanan. so ga ada tuh istilah saya telah sukses. sekali dia bilang saya telah sukses maka dia sudah gagal menemukan sukses yang sesungguhnya.sukses adalah tahu tujuan untuk apa dia hidup, perbaikan diri yang terus menerus, dan menolong orang lain.katanya si john sih gitu.

    buat anak UI dan mahasiswa yang ada di seluruh penjuru Indonesia. dan juga untuk anak-anak jalanan di Masjid Terminal Depok…
    sukses yah..

    Mat Sani
    Pendekar Asem Reges
    Syahid Tahun 1955

  193. irvan says:

    banyak jalan menuju roma.

    hehe..

    mo s1 kek, d3 kek, bukan anak ui kek, ga kuliah kek, ga sekolah kek…bisa aja jadi orang sukses.

    ingat, kalian cuma berusaha…
    kalau Tuhan belum mau anda sukses, ya anda tidak bisa sukses.

  194. aqyu nie.... says:

    pd gak cape apa brantem trs??
    yg pasti tuh, anak d3 n extension pinter2 koq.. siapa blg d3 dan/atau extention ga bermutu??
    apalagi anak d3 dan/atau extention ada plus-nya..
    udah cakep2, keren2, tajir pula!!!
    wahhhhhhhh……!!!!!!!!!!
    (^_^)

  195. Yanto says:

    Saya alumni D3 UI tahun 1991, dah lawas ya … prihatin juga ya dengan pertentangan D3 versus SI di forum ini, padahal seingat saya waktu kuliah dulu kami mahasiswa dari D3 bahu membahu dengan SI dalam segala kegiatan kemahasiswaan, nggak ada tuh ceritanya mahasiswa SI lebih pintar, lebih punya kualitas, atau lebih-lebih lainnya, karena pada hakekatnya kita semua belajar untuk menuju menjadi manusia yang berkualitas demi menjawab tantangan zaman. Untuk mahasiswa D3 tidak usah merasa kecil hati karena merasa seperti mahasiswa kelas dua di UI ini karena pada hakekatnya persaingan yang sesungguhnya terjadi ada di luar sana, dunia kerja. Pengalaman saya sebagai alumni D3 UI mempunyai nilai tawar yang tinggi di mata perusahaan-perusahaan, saya pernah ikut test masuk kerja di sebuah bank swasta di jakarta di mana saingan saya banyak dari D3 dan SI +/- 30 orang ( diantaranya ada dari SI UI )dan ternyata hanya saya satu-satunya yang diterima bekerja di Bank tersebut. Jadi kualitas individulah sebenarnya yang paling berperan. Nah pada saat ini saya bekerja disebuah perusahaan real estate terkemuka di Jakarta dengan gaji yang tentu saja memuaskan. Ok. mahasiswa D3 jangan berkecil hati teruslah belajar, ingat perjuangan yang sesungguhnya ada diluar sana, di luar tembok Universitas Indonesia yang kita cintai ini…

  196. masih_lugu says:

    gw sih bru tamat sma.. ga nyangka ternyata di kiprah perkuliahan ada juga yang namanya “pelecehan” di sesama universitas.. gw pikir cuma di sma aj ad pertentangan antara anak ipa dan ips yang konon katanya adalah ‘ilmu pengetahuan santai’…

    Gw kira klu di bangku perkuliahan ga ada lagi pertenttangan2 yang norak kayak gt… padahal kan sbenernya tu smua tgantung orangnya sndiri.. bukan tgantung notabene jenjang pendidikan kaya d3 to s1… smuanya sama…

    Kapan si warga2 indonesia bisa lebi ‘dewasa’ dlm sgala hal?

    PEACE :)

  197. D3 Pajak’06 says:

    Gue udah baca comment dr awal sampe akhir,,coz gue g mau Cuma kasih comment tp g tau apa penyebab mulai’y omongan2 kasar n hujatan..

    Ckckckck,,wah gue g nyangka ternyata anak S1 yg slama ini gue hormatin ternyata “????”
    Yah,,yah,,yah,,nama’y jg manusia yg punya sifat berbeda,,

    Teman2 kita2 kan sama2 dlm satu atap UI,,
    Sama2 ”we are the yellow jackets”,,
    Sama2 kuliah di UI untuk menimba ilmu,,
    Yaa,,g usah lah kita mempermasalahkan perbedaan,,g akan ada ujung’y,,
    Segala yg ada di dunia ini pasti ada perbedaan,,yg simpel aja deh daun juga beda2 apalagi manusia,,tp orang bijak adalah orang yg dapat menerima segala perbedaan untuk menuju ke arah yg lbh baik & dapat menjadikan perbedaan menjadi persaudaraan,,

    Gue jg mw ksh srn,,jgnlah kita membandingkan satu dgn yg lain dgn menjelek2an,,trus jgn bawa2 nama universitas lain,,kasihan kan mereka yg g ada masalah dgn anak UI,,tp nama universitas mereka dibawa2,,(#48:nn)
    Pernah g loe semua pd mikir sebener’y yg memancing memancing oknum tertentu bwt mengadu domba kita yaa karena ada comment yg menjelekkan mereka,,
    Bwt anak luar yg lg log in di anakUI.com boleh ksh comment tp jgn mengadu domba yah,,
    Bwt adik2 yg udah diterima UI atau yg baru berencana masuk UI,,jgn terpengaruh dengan pemikiran perbedaan tentang S1 n D3,,km semua masuk UI tujuan untuk kuliah,,so belajar aja lah g usah memikirkan masalah perbedaan yg g penting,,

    Bwat teman2 D3,,kita berjuang aja untuk lulus n melanjutkan ekstensi,,g usah perduli dengan omongan2 yg memojokkan kita,,menurut pengalaman gue dunia kerja sama kuliah beda bgt,,loe g akan membawa name tag D3 or S1,,trust me!!! Ada yg lulusan SMA dengan ijazah SMA bisa masuk departemen di Negara Republik Indonesia ini yang tunjangan’y bisa bwt beli mobil n rumah,,(realita)
    Jujur gue tau anakUI.com dari junior gue anak 07 yg merasa sakit hati sama comment anak S1,,bwat adik2 g usah minder or terpanicng emosi,,kalian kuliah aja yg bener n lulus tepat waktu,,pro n’ contra pasti slalu ada koq,,so santai aja ngadapin’y..
    ”jalan lah lurus ke depan,,lewati tiap rintangan yg menghadang,,karena itulah jalan menuju sukses”
    gue juga stuju sama kakak yanto,,thanx kak^^*

    _dj_

  198. Calon Mahasiswa says:

    Kynya D3 UI ad lagi deh.
    Apa namany d ganti dari D3 jadi program vokasi?
    Truz S1 non reguler jam kuliahnya sama g dgn S1 reguler?
    Makasih bwt k2 mahasiswa UI yg mw jwab

  199. Calon Mahasiswa says:

    Mau d tambah aja.
    Tadi pagi,gw tes S1 non reguler.
    Truz tgal 19 m 20,gw tes D3 UI.
    Jadi,yang bilang D3 UI jd UI college sapa?
    Mohon bantuannya..

    Calon Mahasiswa S1 non reguler/D3 UI

    P.S : maaf klw kata2ny tdak sopan

  200. Rio says:

    alooow anak2 UI,gw anak D3 unpad …tahun depan pengen masuk S1 ekstensi UI nih,jrusan pajak..susah gak ya masuknya..,setelah membaca di forum ini gw sedikit kecewa juga dengan UI y,keliatan banget gap antara D3 dengan S1 menonjol sekali disini,coba kita berpikir bijak ,jangan saling memojokan…yang S1 jangan terlalu angkuh y,yang D3 jangan bandel,terima aja peraturan yang berlaku…emang saya akui D3 sedikit hedon,tapi tetap kalian adalah calon2 praktisi2 handal..ambil aja hikmahnya bro..HIDUP UI…

  201. d3 pajak '06 says:

    @rio
    coba aja wlpn ssh,,gw dgr gr senior seh lmyn lah..

  202. a+++_pengamat UI says:

    oooo….yang katanya kampus berkelas internasional kayak gini yah….aaammmpyuuunn….mati ajalah UI klo di huni ma orang goblog ngaku2 pinter dan berwawasan….D3 tuh pinter2 kaliii…(KATA SIAPA)…SEMUA BUTUH PROSES…PASTI BISA PINTER SEMUANYA…WOOIII ANAK UI….KALIAN TUH GOBLOK SEMUA…TOLOL SEMUA…KLO MANG KALIAN PINTER,,SOMBONGLAH PADA DUNIA…MASIH BAGUS UGM JG…HUH…APALAGI MA ITB YAH….KALAHIN DULU MEREKA,,BARULAH SOK PINTER…aku tahu,pasti klo kalian jd pejabat,,kalian pada korup khann???..buktinya aj sekarnag,,para pejabat bayk dr UI..indonesia ga bnr jg tuh…ap kalian pinter pas kuliahnya aj.pas memimpin kalian goblog??

  203. d3 fk ui says:

    saya baru dtrima di d3 perumahsakitan..
    tolong jgn dicaci maki ya, saya masih polos, blom tau apa2..

    hehe..

    HIDUP UI!!!

  204. uithebest says:

    kaka2 smua.
    saya baru diterima S1 nonreg ui (farmasi).
    mdh2an ajj,saat nanti mulai belajar di UI.
    kondisi blajarny bisa se-kondusif yg saya bayangkan.

  205. wekwkekk says:

    UI emang sok orang2nya,keliatan banget…EH kalian kira,ketika bisa masuk universitas terbaik indonesia kalian berarti orang TERPINTAR se indonesia…N0..no…Lulusan kalian memang terbaik,tapi sayang moralnya bengis semua….,untung kalian gak jadi presiden y,sukurlah.UI berbenahlah..Lebih baik ITB ato UGMlah,orangnya gak hyper..tapi otak dan moralnya sejalan..UI berbenahlah..

  206. saya.saja says:

    numpang komen boleh yaah..
    ga ngerti2 bgt siiy tp mw numpang ngomong dikit aja..
    gw anak D3 UI baru aja lulus dan alhamdulillah lgsg kterima ekstensi UI juga..
    temen2 gw dikampus banyak kok yang anak S1, mereka baik2 aja sama gw dkk yang anak D3..
    bener sama yang dibilang di komen di atas2,, sama2 mahasiswa UI jangan gitulah..
    baik2 aja dikampus,, saling menghormati aja..
    kan di UI bwat belajar,, percuma kan orang tua kerja jeras bwat cari duit?
    mereka jg pengen ngliat anaknya jadi sukses..
    thenkyu

  207. hope I know says:

    @sipa saja yang merasa!?
    udah dibilang ini bukan perwakialan mahasiswa ui secara umum koq ! bisa jd KOMEN2 DIATAS adalah oknom2 luar yang ingin menjatuhkan image mahasiswa UI..
    lagi pula anda salah klw mengambil kesimpulan universal dari proposisi yang partikular !

    (huwf capek…)

    sph

  208. Tata says:

    ehmmm…..

    bikin gw confused!!

    still confused..

    ga cuman anak UI juga si..

    cuman mau sharing niiiii..

    gw yg CUMAN lulusan d3 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM (yang saat ini masuk di Program Ekstensi UI) juga ngrasain hal yang sama di UGM..

    kalo cuman ngomongin antara d3/s1eks n s1biasa2 aja (reg) emang bisa dipastikan jadi debat kusir yang ga ada habis2ny..

    emh..gw dulu juga ikut SPMB kok dan ketrima pilihan 1!! AKUNTANSI UGM!!
    tapi GW PUNYA PILIHAN!!Gw milih D3 MANAJEMEN KEUANGAN!! DIPLOMA!! Emang gw udah di goblok2kin ma temen2 gw, tapi gw PUNYA PILIHAN! Mau tau knapa gw milih itu!

    ini berhubung ama MASA DEPAN gw!

    pikir ya.. kalo lah gw di diploma otomatis gw dapet praktek!!dan praktek bisa sebagai batu loncatan dan nilai PLUS di dunia kerja, tapi emang gw setelah lulus d3 ini berencana buat lanjut ke ekstensi! hal itu udah gw pikir masak-masak malah mpe gosong!! setelah kita udah bisa praktekny, dan jika masih tetep bingung kita bisa dapet tambahan teori dan teknikalny di ekstensi nanti..

    so bisa dibayangkan siapa yang lebih OKE??

    Siapa yang lebih siap menghadapi dunia kerja??

    Buat anak2 yang masi kuliah di d3..

    Tunjukkin dong..siapa sebenarnya qTa!

  209. Tata says:

    oia…

    eemhh…gw bakal punya koleksi ijazah dong..

    d3-n-s1..

    bruakakakakaka….

    emang streeeeZZZ beuraaaaTTzzz…..

  210. iRHoTeP says:

    Belom klaar juga?
    Good gawd, you guys must be pretty bored, got nothing else to do…

    +iR+

  211. Yudha aforesaid says:

    sebaiknya kita sebagai mahasiswa ui tidak boleh melecehkan satu sama lain,,,, kita masing-masing punya nasib yang berbeda entah S1 reguler, maupun D3,, tidak sepantasnya kita melecehkan satu sama lain, stuju??

  212. bukan AnakUI says:

    gw bukan anak UI, tapi ngeliat topik ini dari blog seseorang, dan sepertinya… ada beberapa… beberapa ya, nggak semua loh, yang merasa

    “Gue lebih pinter dari lo” atau
    “Posisi gw lebih tinggi dari lo”

    hanya karena dia ngikutin kuliah UI Reguler.

    Well pendapat gw, langkah yg diambil rektor tsb kok aneh ya. Mo ningkatin kualitas UI dengan menghilangkan D3 dari UI. Kok kayanya seolah2 D3 itu bukan justru sebagai penyebab kualitas UI menurun.

    Kalo sedikit di samakan ke SMA, seolah2 Kepala Sekolah, berusaha meningkatkan kualitas sekolahnya, dengan cara menghilangkan kelas IPS. Karena menurut kepala sekolah ini anak-anak IPS belajarnya terlalu santai. Dan kerjanya cuma ngafal2 doang. Beda dengan IPA yang selain ngafal2 juga harus muter otak, ngolah rumus dan lain-lain.

    Menurut aku sih ini aneh, kualitas dari sebuah universitas seharusnya tidak diukur dari sana, tapi dari tingkat kesuksesan lulusannya.

    Misal tahun ini anggap lah memiliki 500 lulusan, nah dari 500 ini, berapa % yang langsung diterima di tempat pekerjaan yang “sesuai”, berapa % yang bekerja di bidang yg “tidak sesuai” dan berapa % yang jadi pengangguran. Seharusnya disini dinilainya.

    Cobalah berpikir jernih.

    Tiap orang punya proporsinya masing2. Kerja sebagai dokter adalah mulia, tapi apa semua orang jadi dokter? Lah kalo semua orang jadi dokter, sapa yang jadi pasien? Kalo semua orang jadi pemilik restoran sapa yang jadi cleaning service? Sapa yang jadi penerima order?

    Hargailah setiap posisi orang. Selagi yang mereka kerjakan tidak merugikan orang lain, pekerjaan itu adalah mulia di mata Tuhan.

    Aku disini bukan mo ikut campur urusan UI yah, cuma mo ngasih pendapat mengenai langkah rektor tsb, dan reaksi beberapa mahasiswa UI thp langkah tsb.

    Well masalah di satu kampus dan kampus lain, berbeda2. Mungkin suatu saat anak2 UI akan mengomentari kampus gw. No problem with me.

    Thanks.

  213. bukan AnakUI says:

    kalimat di atas setelah aku baca… ada yg salah… jadi aku benerin

    “…Kok kayanya seolah2 D3 itu bukan justru sebagai penyebab kualitas UI menurun…”

    seharusnya

    “… Kok kayanya seolah2 D3 itu justru sebagai penyebab kualitas UI menurun…”

  214. iLm@N says:

    @bukan AnakUI
    gw juga nggak setuju dengan orang2 di atas yang saling meremehkan satu sama lain, padahal dia anakUI.

    sori, pernyataan lo yang ini harus gw lurusin

    Well pendapat gw, langkah yg diambil rektor tsb kok aneh ya. Mo ningkatin kualitas UI dengan menghilangkan D3 dari UI. Kok kayanya seolah2 D3 itu justru sebagai penyebab kualitas UI menurun.

    bacalah baik-baik tulisan di atas, jangan baca komentar2 yang serunya doang:

    Dalam berita tersebut (sayang saya tidak bisa mendapatkan URL berita onlinenya), disebutkan bahwa program-program diploma tersebut nantinya akan bernaung dalam UI College yang merupakan nama baru dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

    Lho, PNJ bergabung lagi dengan UI ya? Iya, begitulah menurut Direktur PNJ, Johny Wahyuadi dalam berita yang sama.

    terimakasih udah berkunjung ke UI saudaraku, meskipun kita nggak mungkin berkunjung balik ke kampus lo, cos lo ga ngasih identitas gitu

  215. bubuup says:

    kalo mau masuk world class university, program D3 emang harus diilangin.

    bukannya kanapa”, tapi emang harus gitu!

    lo liat aja harvard dan lain”nya, punya program d3 ga??

  216. doni says:

    haduh…pussiiiinggg….
    hari gini malah ngeributin yang kayak beginian…
    bukankah jelas D3 bukannya dihilangkan, tapi pindah tempat dan nama…
    jadi masih ada kemungkinan ambil D3 di UI, yang namanya UI college…
    mending kita pikirin dan laksanain bareng2, gmana caranya biar Indonesia bisa maju, karena kita semua calon penggerak negara ini brur, gak cape apa ngeliat Indonesia yang bentar lagi umurnya 64 tahun tapi masih gini2 aja??…dah siap apa kita??

    yang suka demo: mudah2an kalo dah lu2s gak bergeser sedikit pun idealismenya…

    yang suka ngehina orang demo: mudah2an punya kelakuan yang lebih baik dari orang yang suka demo

    yang S1: mudah2an bisa menghargai dan menghormati lu2san D3

    yang D3: mudah2an bisa menghargai dan menghormati lu2san S1
    udah ah…lagian elu2 semua kan anak UI(D3 n S1) yang terkenal pintar di luar sana, pasti dah ngerti yang beginian…

  217. ordinary_man says:

    berhubung gw gagal di spmb/snmptn,thun ini,,
    tahun depan ingin coba lagi,,,

    gw sempat ikut intensif snmptn stelah lulus sma thun 2008 ini,,dan gw kenal ama anak d3 broadcast UI,,tuh orang semangat belajarnya mantapz,,dan gak kyk gw,,alhasil dapat deh s1 ui reguler

    skarang masuk pts yang sep..yah tapi gw mau coba tahun depan berhubung gw sempat dongkol ma diri gw sndiri,gak masuk ui,,,

    teman2 gw banyak yang dapat d3UI,,salute

    smoga gw sukses thun depan di ui dan dapat magna cumlaude di pts tmpat gw berada

    hidup INDONESIA ,jgn ampe dijajah lagi

  218. ordinary_man says:

    maaf tadi rada oot,, intinya d3 dan s1 saling membantu
    satu univ,satu bangsa, bangsa INDONESIA

  219. ga penting says:

    kok kesan nya kyak hitler aja yah yg nyingkirin kaum yg lebih lemah… hehehe..
    tapi yah buat pak rektor, tolong ambil jalan yg terbaik, jgn sampe kya hitler yah pak, hehehe amin..

    kok kesannya threat ini malah jadi ajang menjelekkan.. ajang provokasi..
    gw rasa ada yg manas manasin nih..
    klo gt buat admin mendingan threat ini ditutup aja, demi menjaga persatuan bersama..

    buat semua yg memberikan comment pedas di threat ini, BUKTIKAN aja bahwa anda memang anak ui dan anak indonesia yg baik..

    pertangung jawaban anda atas apa yang anda lakukan dan UCAPKAN akan diminta nanti dihari akhir..

  220. NoBacot says:

    gw Maba 2008..

    klu pendapat gw sih.. yah selama itu demi kemajuan bangsa, dan bila dipandang dari segala aspek g menimbulkan dampak – dampak buruk yang berlebihan.. ya ok saja!
    hehehehe..

  221. Ryu says:

    gw maba 08.

    gw baru tau tnyata banyak banget yang membuat ‘perbedaan’ antara S1 reguler dan D3.

    gw pikir semua anak UI bener2 intelek dalam otak dan moral. ternyata gag smua anak UI kaya gtu ya..

    orang males kalah sama orang pinter
    orang pinter kalah sama orang cerdas
    orang CERDAS kalah sama orang BERUNTUNG

    jadi silahkan dipikir

    Qta itu termasuk yang males, pinter, cerdas, atau BERUNTUNG???

    jadi bisa aja mahasiswa S1 reguler bisa masuk UI dengan faktor luck.

    kemaren pas gw tes D3 ternyata banyak banget yang ikut.

    awalnya gw pikir itu cuma formalitas. ternyata ngga koq.

    ada yang gag lolos juga.
    artinya qta -anak vokasi (D3)- masih punya kualitas.

    kenapa sih gag saling menerima dan menghargai aja???

  222. [...] This post was mentioned on Twitter by Stevie Sarasshati, Restu Ananda Eka P. Restu Ananda Eka P said: @rezagakimut http://www.anakui.com/2008/04/27/tahun-ajaran-20082009-d3-ui-ditiadakan-di-fakultas/ ja bca dah kocak s1 ui menjatuhkan d3ui [...]