8.961 anggota | 2.850 tulisan | 13.145 komentar | daftar sekarang!

Login

Setelah login, halaman posting tulisan akan terbuka.
Register   |   Lupa Password?
tekan ESC atau klik luar form ini untuk kembali

Login

Register   |   Lupa Password?
tekan ESC atau klik luar form ini untuk kembali

English Debating Society (EDS) UI: Pemenang National University English Debating Competition (NUEDC) 2008 Regional Jakarta

 

Untuk kedua kalinya, EDS UI berhasil menjadi pemenang pada ajang debat bergengsi NEUDC 2008. Pada babak final yang diadakan tangga 17 Mei 2008 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), tim EDS UI B yang terdiri dari Ridwan Kurniawan (FISIP/HI/2006) dan Willy Limiady (FISIP/HI/2006) berhasil memenangkan suara juri atas tim EDS UI A, tim Universitas Atmajaya, serta tim Universitas Bina Nusantara pada topik ” This house believes that Every Country Has a Right to Keep Nuclear Weapon.

Bertanding sebagai Opening Government, tim EDS UI B memenangkan juara pertama dengan argumen mengenai pentingnya efek jera yang dimiliki senjata nuklir untuk menciptakan perdamaian antar negara. Sementara itu, bertanding sebagai Closing Government, EDS UI A yang terdiri dari Mahardhika S. Sadjad (FISIP/HI/2004) serta Dewi Wijayanti (FISIP/Kesejahteraan Sosial/2005) juga berhasil mengisi tempat kedua dengan argumen mengenai instrumen hukum internasional pada isu nuklir dewasa ini. Dengan demikian, kedua tim memiliki kesempatan untuk mewakili Jakarta dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2008 yang akan diadakan pada bulan Juli di UNILA, Semarang. Tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk bertanding pada tingkat Nasional, kedua tim EDS UI secara individu juga berhasil meraih penghargaan atas Pembicara Terbaik pada ajang NUEDC 2008. Mahardhika S. Sadjad berhasil dinobatkan sebagai Pembicara Terbaik dari 48 peserta, diikuti oleh Dewi Wijayanti di posisi kedua, Ridwan Kurniawan di posisi ketiga, serta Willy Limiady di posisi kelima.

NUEDC, pada tahun ini diadakan di Kampus UNJ, Rawamangun, merupakan kompetisi regional British Parliamentary Debate yang kedua di Jakarta yang diadakan secara paralel dengan regional Bandung dan Yogyakarta. Melalui kemenangan ini, EDS UI tidak hanya berhasil membuktikan diri sebagai tim terbaik dari 24 tim di seluruh Jakarta, melainkan juga menunjukan konsistensinya dalam membawa nama Universitas Indonesia di berbagai kompetisi debat bergengsi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian, dukungan seluruh komponen Universitas Indonesia sangat diharapkan bagi kesuksesan EDS UI pada kompetisi selanjutnya.

 

Tags:

 
 

Tulisan Lainnya

6 Comments

 
  1. Wah keren-keren EDS….
    Sukses buat PIMNAS, NED, FES, IVED, JOVED dan event-event lainnya.

    Btw gmn cara, nge-attcah foto buat tulisan ya. Gw coba berkali-kali kok gak bisa. Ada yang tau gak….makasi infonya.

    Cheers,
    :D

  2. hope I know says:

    sip !

    ini baru mahasiswa !

    congratulations!

    btw yang ky bginian aj sepi dikomenin!

    sph

  3. aNd says:

    Banzaiiii EDS…. gue saluut banget.. nama EDS itu udah kayak supremasi UI… Keep the good spirit y..

    Tapi.. u guys seriously need more than just debating. How about after the debate u publish the case of u’r debate.. menurut gue bakal manfaat..

    anyway.. still selamat yaa

  4. zoo says:

    payah emang nihm harusnya yang begini yang musti di apresiasi..

    bukan mahasiswa ketembak, atau apalah topik favoritnya kebanyakan anak UI…

    ================================
    /* salut buat EDS, betul kata aNd, EDS udah kayak supremasi di UI.

    support juga dong Robotics Team, biar berprestasi kayak EDS…

  5. putri says:

    kaka-kaka UI …. gimana sii caranya biar bisa jadi speaker yg TOP?!!
    dari dulu aku suka bgt speak english , tp kalo lg debate kok ga pernah lancar yaaahh???
    T.T
    oia , aku masih kls 1 sma ..
    nti pngen msk UI jurusan HI ..
    mauuu bangeeeeett …. T.T

  6. yugi says:

    saya mau tanya sama pengurus EDS UI, kalo mau ikutan acara diskusi, debate, atau pelatihan jd debater n tentang seluk beluk dunia debat bisa ga diikuti oleh NONmahasiswa UI?
    anyways thanks n conratulation for EDS UI>
    hit me back

 

Leave a Comment

 

Gunakan Gravatar untuk menampilkan avatar.

Silakan login dulu supaya bisa ngasih komentar.