Hampir semua mahasiswa UI berpikiran hal yang sama mengenai SIAK NG yang mengalami keterlambatan. Di malam yang sama, hampir semua… (Liza, 2010)

Di zaman teknologi sekarang ini, semua hal dapat kita ketahui termasuk kondisi psikis seseorang yang tertangkap secara implisit. Banyak orang yang semakin terbuka untuk menyebar informasi tentang dirinya walaupun ia sendiri tidak menyadari sama sekali. Berbagai fasilitas dapat dipergunakan untuk mengetahui informasi-informasi  itu seperti yang terfasilitasi dalam situs  jejaring sosial (contoh: Facebook, Twitter, Friendster, dan Plurk). Biasanya di dalam situs jejaring sosial terdapat empty box yang digunakan pemakainya untuk menyebar informasi (contoh: status). Dengan adanya informasi yang semakin banyak disebarluaskan, semakin mudah kita untuk mengetahui apa yang sedang terjadi pada sang pemilik akun.

Yap! Itulah manfaat teknologi yang ada. Saya sedikit lebih mudah dalam mengidentifikasi suatu keadaan terutama yang berkaitan dengan kondisi personal seseorang. Pada tanggal 11 Januari 2010, sebagian besar mahasiswa UI yang menjadi teman saya di suatu situs jejaring sosial Facebook, mengeluhkan hal yang sama mengenai registrasi online . Ketika kita membuka SIAK-NG, di submenu Kalender Akademik, kita akan menemukan bahwa Registrasi Administratif akan dilakukan mulai tanggal 05 Jan 2010 sampai 17 Jan 2010 (13 hari) dan Registrasi Akademik dilakukan mulai tanggal 12 Januari 2010 pukul 00.00. Sontak saja, para mahasiswa “The World University” ini siap siaga untuk melakukan segala langkah dan pra syarat guna mengikuti kuliah di semester genap. Ada dua hasil pengamatan negatif yang tergambar.

Pengamatan pertama, masih ada mahasiswa baru yang mengalami kesulitan dalam pembayaran. Hal ini bukan menjadi bagian permasalahan yang akan dibahas dalam tulisan kali ini.

Pengamatan kedua, ada keterlambatan dan ketidaktepatan waktu dari SIAK-NG dalam memenuhi jadwal registrasi akademik yang berdampak buruk bagi mahasiswa UI. Inilah yang menjadi permasalahan besar kita. Beberapa mahasiswa  mengeluhkan bahwa akibat keterlambatan itu, ia masuk ke dalam barisan patah hati SIAK-NG. Tatkala rencana perkuliahan telah dibuat, mahasiswa UI tidak bisa dikatakan berada dalam zona yang aman.

Banyak faktor “X” yang memengaruhi perjalanan kuliahnya, salah satunya SIAK-NG (Sistem Informasi Akademik – New Generation) tersebut. Koneksi yang tak lancar membuat mahasiswa tertinggal dalam registrasi online kelas pilihannya. Kadang ada beberapa mata kuliah yang tak bisa menampung satu angkatan, biasanya terjadi di mata kuliah-mata kuliah pilihan. Untungnya, di tingkat awal, mata kuliah wajib sudah cukup dalam menyicil kredit untuk lulus tepat waktu.

Bahkan di beberapa fakultas seperti di FK semua mata kuliah telah dipaketkan. Jadi mahasiswa tidak perlu repot berebut kelas sebagaimana situasi yang terjadi di Fakultas Psikologi. Namun apabila karena keterlambatan itu mahasiswa jadi tidak bisa mengambil sks yang diinginkan. Berencana mengambil 21 sks, ujug-ujug hanya 14 sks yang diambil karena hanya ada kelas berbobot 14 sks yang t ersisa. Lalu siapa yang seharusnya disalahkan? Keluhan terus terlontar dari semester ke semester jika ini dibiarkan.

Dalam dokumen power point mengenai SIAK NG yang saya unduh di staff.ui.ac.id/internal/132127785/material/SIAK-NG.ppt, saya mendapati beberapa manfaat SIAK NG bagi mahasiswa, yaitu memudahkan pemantauan nilai-nilai dan kegiatan akademis secara online, memudahkan registrasi (IRS) secara online, melihat jadwal kuliah dan jadwal ujian, melihat status pembayaran, dan menambah atau membatalkan mata kuliah pada semester yang sedang berjalan. Dari kacamata mahasiswa baru, saya melihat bahwa registrasi belum begitu dimudahkan dengan adanya SIAK-NG. Memang benar bila dikatakan bahwa kita tidak harus mengantri panjang guna mengisi IRS. Namun, kesulitan lain pun menghalau kita, yaitu server yang tidak kuat melayani ribuan mahasiswa yang hendak beregistrasi. Pada akhirnya, terjadilah beberapa gangguan yang mengharuskan mahasiswa menanti tanpa ada kepastian. Pengisian IRS yang dijadwalkan dimulai pada 12 Januari 2010 pukul 00.00 dini hari pun diundur menjadi pagi hari di tanggal 12 Januari 2010.

Sebenarnya keterlambatan itu bisa dimaklumi. Namun, beberapa kali saya berpikir bahwa apabila ini terus terjadi akan banyak sekali hal yang dirugikan. Selain mahasiswa yang tak mendapat kelas pilihan atau tak mendapat sks sesuai keinginan, mahasiswa pun akan dirugikan secara finansial, terlebih bagi mahasiswa yang tak terfasilitasi internet di tempat tinggalnya. Jangankan untuk terus-menerus, untuk kali pertama pengisian IRS bagi mahasiswa Psikologi 2009 pun sudah sangat merugikan. Rasa deg-degan (karena takut tak mendapat kelas pilihan), sulit tidur (karena tak mendapat kepastian pengisian IRS), stres, dan tekanan finansial (bagi yang menggunakan jasa warnet namun SIAK-NG tak kunjung bisa digunakan secara normal).

Jadi, masihkah SIAK-NG berguna bagi mahasiswa dalam registrasi online selanjutnya apabila perbaikan sistem tidak dilaksanakan dengan efektif ?

Kita tunggu saja pada registrasi akademik di semester depan. Semoga sebuah jawaban menggembirakan datang dalam menjawab permasalahan registrasi online SIAK-NG.