8.960 anggota | 2.850 tulisan | 13.145 komentar | daftar sekarang!

Login

Setelah login, halaman posting tulisan akan terbuka.
Register   |   Lupa Password?
tekan ESC atau klik luar form ini untuk kembali

Login

Register   |   Lupa Password?
tekan ESC atau klik luar form ini untuk kembali

Dimudahkan oleh SIAK-NG…Masihkah?

 

Hampir semua mahasiswa UI berpikiran hal yang sama mengenai SIAK NG yang mengalami keterlambatan. Di malam yang sama, hampir semua… (Liza, 2010)

Di zaman teknologi sekarang ini, semua hal dapat kita ketahui termasuk kondisi psikis seseorang yang tertangkap secara implisit. Banyak orang yang semakin terbuka untuk menyebar informasi tentang dirinya walaupun ia sendiri tidak menyadari sama sekali. Berbagai fasilitas dapat dipergunakan untuk mengetahui informasi-informasi  itu seperti yang terfasilitasi dalam situs  jejaring sosial (contoh: Facebook, Twitter, Friendster, dan Plurk). Biasanya di dalam situs jejaring sosial terdapat empty box yang digunakan pemakainya untuk menyebar informasi (contoh: status). Dengan adanya informasi yang semakin banyak disebarluaskan, semakin mudah kita untuk mengetahui apa yang sedang terjadi pada sang pemilik akun.

Yap! Itulah manfaat teknologi yang ada. Saya sedikit lebih mudah dalam mengidentifikasi suatu keadaan terutama yang berkaitan dengan kondisi personal seseorang. Pada tanggal 11 Januari 2010, sebagian besar mahasiswa UI yang menjadi teman saya di suatu situs jejaring sosial Facebook, mengeluhkan hal yang sama mengenai registrasi online . Ketika kita membuka SIAK-NG, di submenu Kalender Akademik, kita akan menemukan bahwa Registrasi Administratif akan dilakukan mulai tanggal 05 Jan 2010 sampai 17 Jan 2010 (13 hari) dan Registrasi Akademik dilakukan mulai tanggal 12 Januari 2010 pukul 00.00. Sontak saja, para mahasiswa “The World University” ini siap siaga untuk melakukan segala langkah dan pra syarat guna mengikuti kuliah di semester genap. Ada dua hasil pengamatan negatif yang tergambar.

Pengamatan pertama, masih ada mahasiswa baru yang mengalami kesulitan dalam pembayaran. Hal ini bukan menjadi bagian permasalahan yang akan dibahas dalam tulisan kali ini.

Pengamatan kedua, ada keterlambatan dan ketidaktepatan waktu dari SIAK-NG dalam memenuhi jadwal registrasi akademik yang berdampak buruk bagi mahasiswa UI. Inilah yang menjadi permasalahan besar kita. Beberapa mahasiswa  mengeluhkan bahwa akibat keterlambatan itu, ia masuk ke dalam barisan patah hati SIAK-NG. Tatkala rencana perkuliahan telah dibuat, mahasiswa UI tidak bisa dikatakan berada dalam zona yang aman.

Banyak faktor “X” yang memengaruhi perjalanan kuliahnya, salah satunya SIAK-NG (Sistem Informasi Akademik – New Generation) tersebut. Koneksi yang tak lancar membuat mahasiswa tertinggal dalam registrasi online kelas pilihannya. Kadang ada beberapa mata kuliah yang tak bisa menampung satu angkatan, biasanya terjadi di mata kuliah-mata kuliah pilihan. Untungnya, di tingkat awal, mata kuliah wajib sudah cukup dalam menyicil kredit untuk lulus tepat waktu.

Bahkan di beberapa fakultas seperti di FK semua mata kuliah telah dipaketkan. Jadi mahasiswa tidak perlu repot berebut kelas sebagaimana situasi yang terjadi di Fakultas Psikologi. Namun apabila karena keterlambatan itu mahasiswa jadi tidak bisa mengambil sks yang diinginkan. Berencana mengambil 21 sks, ujug-ujug hanya 14 sks yang diambil karena hanya ada kelas berbobot 14 sks yang t ersisa. Lalu siapa yang seharusnya disalahkan? Keluhan terus terlontar dari semester ke semester jika ini dibiarkan.

Dalam dokumen power point mengenai SIAK NG yang saya unduh di staff.ui.ac.id/internal/132127785/material/SIAK-NG.ppt, saya mendapati beberapa manfaat SIAK NG bagi mahasiswa, yaitu memudahkan pemantauan nilai-nilai dan kegiatan akademis secara online, memudahkan registrasi (IRS) secara online, melihat jadwal kuliah dan jadwal ujian, melihat status pembayaran, dan menambah atau membatalkan mata kuliah pada semester yang sedang berjalan. Dari kacamata mahasiswa baru, saya melihat bahwa registrasi belum begitu dimudahkan dengan adanya SIAK-NG. Memang benar bila dikatakan bahwa kita tidak harus mengantri panjang guna mengisi IRS. Namun, kesulitan lain pun menghalau kita, yaitu server yang tidak kuat melayani ribuan mahasiswa yang hendak beregistrasi. Pada akhirnya, terjadilah beberapa gangguan yang mengharuskan mahasiswa menanti tanpa ada kepastian. Pengisian IRS yang dijadwalkan dimulai pada 12 Januari 2010 pukul 00.00 dini hari pun diundur menjadi pagi hari di tanggal 12 Januari 2010.

Sebenarnya keterlambatan itu bisa dimaklumi. Namun, beberapa kali saya berpikir bahwa apabila ini terus terjadi akan banyak sekali hal yang dirugikan. Selain mahasiswa yang tak mendapat kelas pilihan atau tak mendapat sks sesuai keinginan, mahasiswa pun akan dirugikan secara finansial, terlebih bagi mahasiswa yang tak terfasilitasi internet di tempat tinggalnya. Jangankan untuk terus-menerus, untuk kali pertama pengisian IRS bagi mahasiswa Psikologi 2009 pun sudah sangat merugikan. Rasa deg-degan (karena takut tak mendapat kelas pilihan), sulit tidur (karena tak mendapat kepastian pengisian IRS), stres, dan tekanan finansial (bagi yang menggunakan jasa warnet namun SIAK-NG tak kunjung bisa digunakan secara normal).

Jadi, masihkah SIAK-NG berguna bagi mahasiswa dalam registrasi online selanjutnya apabila perbaikan sistem tidak dilaksanakan dengan efektif ?

Kita tunggu saja pada registrasi akademik di semester depan. Semoga sebuah jawaban menggembirakan datang dalam menjawab permasalahan registrasi online SIAK-NG.

 

Tags:

 
 

Tulisan Lainnya

15 Comments

 
  1. kalo pertanyaannya “masihkah” maka jawabannya adalah: masih

    cuma memang harus diperbaiki terutama mungkin manajemen back end nya

  2. ats says:

    Mungkin gw hanya menambahkan aja biar gak ada kekeliruan. Di FIB dan FT, proses regol SIAK-NG dibuka tepat waktu,yaitu pukul 00.00, sementara itu di FH sendiri, tidak lama setelah pukul 00.00 mahasiswanya sudah diberitahu bahwa proses regol di FH dibuka pukul 08.00.

    Jadi,gw cuma mau meluruskan kekeliruan penulis yang menganggap proses regol di SIAK tidak tepat waktu agar tidak mengeneralisir karena faktanya di beberapa fakultas tepat waktu, dan bahkan di FH sendiri pemberitahuan diundurnya waktu regol tidak setelat di FPsi yang diberitahukan secara resmi sekitar pukul 02.00 (FYI, gw FPsi juga kok).

    Kalo menurut kesimpulan gw sih, jadwal regol tergantung fakultasnya masing-masing dan merupakan tanggung jawab fakultas.

  3. Social comments and analytics for this post…

    This post was mentioned on Twitter by anakuidotcom: Dimudahkan oleh SIAK-NG…Masihkah?. http://bit.ly/7UNOab

  4. zuper_sf says:

    kalau ditanya masih, jawabannya alhamdulillah masih dimudahkan ^^
    walaupun tetap ada kekurangan disana-sini tapi bisa segera diatasi kok kalau ada niat dan kemauan yang keras dari pihak terkait

    sekedar informasi, regol di fkm baru bisa dilaksanakan tanggal 12 Jan-2010 pukul 14.00 wib dan gak ada pemberitahuan apapun dari akademik mengenai keterlambatan itu. semoga SIAK-NG bisa lebih baik lagi :-)

    sifa.fkm.2008

  5. buL says:

    hay cipa.. ahahhhah

    adminya SIAK kan juga manusia… lagian ngapain sih buru2 ngisi SIAK…
    berebutan kelas bagus yaaa??
    mau dapet dosen yang enak yaaa??
    mau dapet dosen yang gampang nilainya yaaa??
    mau dapet dosen yang sibuk (bolos) mulu ya??
    mau dapet temen sekelas bareng2 yaaa??
    mau nyontek bareng2 temen sekelas yaaa??
    mau ini mau ituu… ahahhhahhha

  6. [...] This post was mentioned on Twitter by Farraas Afiefah, Farraas Afiefah, Angela Putri, anakUI.com, anakUI.com and others. anakUI.com said: Dimudahkan oleh SIAK-NG…Masihkah?. http://bit.ly/7UNOab [...]

  7. gw agak stuju ama bul, mnrt gw masalah luw ada di registrasi akademik yg mn ada pilihan kelas-kelasnya. ampe susah tdr.. mikirin lulus 4 taon apa ngga. itu kynya kjauhan deh. pasti ada yg msk ke kelas2 ‘kurang terpilih’ itu jg gt. masalah on-line nya mah tetep aja jauh lebih membantu. klo ada yg ga pny akses internet mah minor bgt.. gw aj ngisi pake hape. toh mao dibikin manual ky jaman baheula misal ngisi di kampus mulai jm 8 pagi. sama aj kjadianny, ada aj yg ngantri dr jm 6 pagi.. trus yg rmhnya jauh dirugiin gt?? smenjak di-launch taon 2006 ampe skrg, SIAK-NG terus2an ada peningkatan koq. jangan nyalahin yg laen2 lah. itu mslh luw yg mao dpt kelas yg ‘enak’ koq. ato klo mao lebi solutif ya gmana crnya tuh kelas smuanya sama ‘enak’nya..

  8. crliquid says:

    masih ko . . .!!! hahaha, klo di FISIP
    siak juga ngisi KRS juga
    manual juga, online juga
    dan ampe gua menjelang lulus blum tau gunanya SIAK bagi mahasiswa . . . tp bagi fakultas ya jadi mudah

  9. Danar says:

    @bul and udaya

    hmmm kondisi tiap fakultas ga sama kali,, di FH sendiri ada beberapa kelas yang kapasitasnya terbatas dan dosen tiap kelas di dalam info SIAK disamakan walaupun dalam kenyataannya pas kul nanti dosen tiap kelas dibedakan. Jadi bodoh bener klo di FH kita pilih2 dosen. Klo buru2 milih kelas karena pilih2 temen ya itu pasti ada.

    @ats
    kata siapa di fh ada yang ngasihtau klo ngisi siaknya jam 8??
    setau gw dan sebagian besar anak fh yang lain kita ga diberitau klo siak baru dibuka jam 8. Malah siak baru dibuka sekitar jam 9 atau jam 10 klo ga salah. Jadinya lw bayangin aja anak FH pada gabut semaleman nunggu siak kebuka. Gw pribadi missed ga dapat 1 kelas gara2 kepenuhan.

  10. Sari says:

    Aduh anak 2009 segitu hebohnya ama siak. Perasaan waktu gw maba semua fine2 aja..

    anyway, masa iya sih harusnya 21 sks gara2 ga kebagian kelas jadi cuma dpt 14 sks? Yg penting mah matakuliah yg jadi prasyarat aja dulu. Matakuliah pilihan semester dpn kan juga masih ada yg lain..

  11. Ibnu Zain says:

    Teknologi itu bagai pedang bermata dua. kadang bermanfaat bagi beberapa pihak dan juga kadang merugikan beberapa pihak. Jadi jika pertanyaannya, ‘masihkah?’, tentu saya pribadi akan menjawab masih untuk beberapa pihak (saya di sini tidak membahas fakultas yang tidak memakai SIAK NG ~no offense).

    Kenapa? Saya rasa jika saya bandingkan dengan perguruan tinggi lain yang tidak memiliki fasilitas serupa dengan SIAK NG, mahasiswa nya harus rela ke kampus untuk mengisi rencana studinya semester depan. ITU MEREPOTKAN! terutama untuk anak yang notabene banyak kerjaan dan jarak rumah tinggal dengan kampusnya jauh. ITU SANGAT MEREPOTKAN!

    Begini, saya berpendapat mungkin pada waktu yang lalu, tim SIAK NG kurang beberapa persiapan matang dalam menghadapi permasalahan yang mungkin terjadi. Sebagai seorang programmer, memang dituntut untuk menciptakan sebuah aplikasi yang sempurna bagi para user yang memakainya. Tapi programmer tak akan bisa sempurna, karena permasalahan hidup user yang coba diatasi oleh programmer terlalu kompleks, bukan cerita narasi fabel biasa atau sinetron belaka. Jadi menurut saya, hal itu merupakan hal yang wajar dan patut untuk dimaklumi (karena saya rasa baru terjadi di semester ini)

    Oleh karena itu, mungkin dari pengalaman kemarin, tim SIAK NG telah belajar 1 hal dan beberapa hal. Semoga SIAK NG semester depan bisa lebih baik dalam menangani masalah kehidupan kita., yakni mengisi IRS dan manfaat SIAK NG lainnya. Amin ya rabbal alamin.

    *saya usulkan kepada sang penulis untuk juga mengirim email ke humas.ui.ac.id. Agar pihak UI tahu jika ada mahasiswa nya yang mengeluh berat dan kecewa berat dengan performance SIAK NG kemarin.

  12. buL says:

    @sari.
    eh iya yaaa yang nulis anak 2009 (bukan maksud senioritas loh)

    kasih pengertian deh ke anak 2009 ituh,, bahwa kampus UI yaa seperti ini, gak semuanya sempurna..
    di semester 1 mereka kan gak ngisi SIAK (pake sistem paket tinggal masuk kelas)

    pas masuk semester 2 dia kaget.. (kenapa kakak2nya berebutan ngisi SIAK??? akhirnya ikut animo masyarakat untuk begadang berebutan kelas, dosen dan biar bareng2 temen)

    akhirnya “ketipu” jam 12 malem SIAK blm kebuka..
    kecewa dah tuh ternyata SIAK nya buka jam 10 pagi..

    ahahahha… rekonstruksi yang lucu juga (dapet istilah dari pansus waktu wawancarin JK xixixi)

    *hasil rekonstruksi karangan gw doank…

  13. ara says:

    liza, nice post kawan!!!

    kita bisa ngeliat masalah ini dari 2 hal. Kalo masalah manfaat dari SIAK-NG, gw rasa nggak ada yang bisa memungkiri keuntungan yang begitu besar dari situs ini. Kemudahan informasi tentang jadwal, registrasi, status, dan dokumen menjadi satu benefit yang luar biasa besar

    tapi alangkah lebih baiknya kalau tim SIAK-NG UI mempersiapkan segalanya dengan lebih baik, sehingga kita sebagai mahasiswa tidak mengalami malam-malam penuh kecemasan tentang status akademik kita yang belum aktif, atau ketidakjelasan tentang kelas semester depan

  14. liza says:

    @ ara: makasih ya :)

    memang, penilaian mengenai suatu keadaan itu dilihat dr sudut pandang observernya (subyektif).

    masih atau sudah tidak dimudahkan oleh SIAK-NG, namun kita tetap berharap pada pihak universitas untuk memperbaiki sistem pelayanan, terlebih pelayanan yg berkaitan dgn akademik.

  15. vinavinavina says:

    dan skg siaknya pun macet -_________-

 

Leave a Comment

 

Gunakan Gravatar untuk menampilkan avatar.

Silakan login dulu supaya bisa ngasih komentar.