8.960 anggota | 2.850 tulisan | 13.145 komentar | daftar sekarang!

Login

Setelah login, halaman posting tulisan akan terbuka.
Register   |   Lupa Password?
tekan ESC atau klik luar form ini untuk kembali

Login

Register   |   Lupa Password?
tekan ESC atau klik luar form ini untuk kembali

Tips Ringan Investasi Reksadana Mandiri Dari dan Untuk Mahasiswa

 

Beberapa waktu lalu saya bertemu seorang teman di daerah kawasan kemang, dalam rangka reuni. Reunian kami diawali dengan secangkir kopi caramel javachip. Diskusi kami dibuka dengan seputar dunia kerja mulai salary, jenjang karir hingga soal dunia per-politik-an di lingkungan kantor. Menjelang diskusi berakhir ia melepas topic tentang kemungkinan investasi reksadana bagi mahasiswa, jelas saya tertarik lha modalnya minim :-) .

Karena informasinya pula ke-esok-kan harinya saya pergi ke Bank Commonwealth untuk melontarkan pertanyaan pertanyaan seputar investasi reksadana. Berangkat dari pengalaman ituh, semoga tulisan ini bisa membantu untuk menentukan pilihan akan dikemanakan dana ‘berlebih’ anda.

Dari pengalaman ituh ternyata, Syarat Investasi Reksadana ngak begitu sulit sulit amat, jadi yang biasanya pesimistis jangan beringsut duluan. Begini syarat syaratnya:

  • Mudah terkoneksi ke internet, jadi pemantauan bisa mobile.
  • Memiliki uang yang siap diinvestasikan setidaknya 10 juta. Karena ini yang namanya Investasi jadi harus siap modal 10 juta itu untuk mengendap. Dengan kata lain, uang ini benar-benar uang bebas dan rela dianggap “hilang” selama 6 bulan/ 1 tahun.

Investasi Reksadana

Sebagai panduan ber-investasi reksadana mandiri, berikut ini tips dari saya :

  1. Pelajari dulu tentang reksadana, strategi dan kurva NAV atau IHSG sampai setahunan terakhir atau lebih.
  2. Pilih reksadana saham yang tersedia dan yang juga penting pastikan minta rekomendasi pada CSnya.
  3. Buka rekening tabungan bunga harian di bank commonwealth bisa dimana aja . Saran saya, masukkan uang investasi Anda disitu dalam jumlah minimum supaya biaya pembukaannya kecil. Anda akan dicharge 5000 rupiah tiap bulannya sebagai biaya administrasi atau kalau mau gratis biaya administrasi jangan ikut TBH tapi ikutlah Commsave. Anda habiskan seluruh saldo anda untuk membeli reksadana sampai 0. Ini berarti, anda bebas biaya administrasi bulanan (bisa ditanyakan lagi ke CSnya).
  4. Setiap mau membeli atau menjual reksadana sebaiknya anda mengecek harga NAV atau IHSG di hari terakhir. Dari data-data ini kita bisa memprediksi kapan sebaiknya membeli atau kapan sebaiknya menjual.

The Reason of Why

Setiap langkah langkah diatas pasti ada alasannya. Berikut ini alasan-alasannya :

  • Kenapa saya menyarankan reksadana saham? karena tipe reksadana inilah yang potensi margin keuntungannya paling besar.
  • Kenapa Commonwealth? Ada dua belas reksadana saham yang bisa dipilih, tapi sepengetahuan saya biaya pembelian / penjualan reksadana saham di Commonwealth relatif lebih murah ketimbang di Bank lain.
  • Bila kita sering mengecek harga NAV reksadana kita jangan lupa mencatatnya serta membuat grafik, dari sana kita bisa melihat pattern/pola dari reksadana kita itu seperti apa. Tipsnya, apabila: kurva sedang turun lebih banyak dari biasanya maka kita bisa melakukan pembelian.
  • Pelajari kurva NAV atau IHSG sampai setahunan terakhir atau lebih? Jelas tanpa belajar strateginya terlebih dahulu, investor akan membeli atau menjual berdasarkan emosi dan feeling, ini bisa berbahaya karena terlalu bergantung dengan nafsu bisa berakibat fatal.

Untuk itu ada baiknya bisa berdiskusi dengan financial planner seperti @AidilAkbar bisa via blognya atau lewat twitter beliau. Saran lain bisa bersama brand yang aktif di social media seperti Valbury: Facebook like atau Valbury xpect-more untuk twitternya

Jangan sungkan, share tips seputar investasi reksadana yah…..

 

Tags:

 
 

Tulisan Lainnya

0 Comments

 

You can be the first one to leave a comment.

 

Leave a Comment

 

Gunakan Gravatar untuk menampilkan avatar.

Silakan login dulu supaya bisa ngasih komentar.