Ilustrasi: Skripsi (ditambahkan oleh Admin)

Ilustrasi: Skripsi (ditambahkan oleh Admin)

Jika Anda sedang mengerjakan skripsi, bacalah beberapa tips berikut. Tips ini berdasarkan apa yang dulu saya lalukan ketika mengerjakan skripsi. Alhamdulillah skripsi saya mendapat nilai A dan tanpa revisi. Setelah sidang langsung print, hardcover, dan di-ACC oleh pembimbing dan tim penguji. Cekidot gan~~ semoga bermanfaat!! \(^o^)/

1.     Pastikan tempat Anda mengerjakan skripsi bersih dari debu dan kotoran. Tempat yang bersih membuat Anda merasa nyaman dan pikiran menjadi lebih jernih.

2.     Jangan mengerjakan di tempat yang ramai alias berisik. Pilihlah tempat yang tenang dan sejuk seperti kamar atau perpustakaan.

3.     Hindari mengerjakan skripsi bersama teman Anda yang suka mengobrol atau curhat. Sebab waktu Anda akan tersita mendengarkan obrolan dan curhatnya yang berarti membuat waktu Anda dalam menyelesaikan skripsi. Hindari juga teman yang suka menguap dan mengantuk karena percaya atau tidak, ketika melihat ia mengantuk Anda pun akan ikut mengantuk.

4.     Pastikan sebelum mengerjakan skripsi perut Anda bebas dari rasa lapar. Makanlah makanan yang tidak membuat perut bergejolak seperti pedas, asem. Hindari juga makanan mengandung garam atau MSG karena akan membuat Anda merasa haus sepanjang hari plus merepotkan Anda karena harus mondar-mandir ke toilet.

5.     Sambil mengerjakan skripsi, dengarkanlah lagu-lagu sedih. Percaya atau tidak, kenangan buruk seperti putus cinta dapat memberikan energi berlebih ketika Anda mengerjakan skripsi dibandingkan saat Anda jatuh cinta. Sebab patah hati membuat Anda ingin terus sibuk untuk melupakan kesedihan sedangkan jatuh cinta hanya akan membuat Anda terbuai dengan sang kekasih yang mengakibatkan skripsi Anda terlantar.

6.     Buatlah kerangka pemikiran setiap bab yang berisi apa saja yang ingin Anda tulis. Untuk bagian teori, masukkan saja semua teori yang terlintas dalam pikiran Anda dalam kerangka. Jangan lewatkan satu teori pun. Kemudian mulai lah pilah-pilah teori mana yang cocok dan tidak. Beri alasan mengapa Anda memilih teori itu dan beri alasan mengapa Anda mengeleminasinya.

7.     Seburuk apapun susunan kata Anda, tulis saja dulu dalam skripsi Anda. Pelan-pelan pembimbing Anda akan membantu Anda untuk merangkai kalimat yang sederhana namun indah dan tepat sasaran. Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat kalimat, satu-satunya cara untuk dapat membuatnya mengalir adalah dengan banyak-banyak membaca buku.

8.     Jangan pernah berpikir bahwa pembimbing Anda tidak tahu apa-apa atau Anda lebih tahu banyak dari pembimbing Anda. Percayalah, ia jauh lebih berpengalaman dan berilmu dari Anda. Jika Anda merasa ia tidak tahu apa-apa dan terkesan mendiamkan Anda, itu tandanya ia sedang mengajari Anda untuk berpikir mandiri dan kritis. Ia ingin Anda mampu memecahkan permasalahan sendiri sebagai bekal setelah Anda lulus nanti dan menghadapi dunia luar yang lebih rumit. Setelah sidang skripsi, Anda kan mengerti sikap diam sang pembimbing dan akan berterima kasih padanya.

9.     Sesekali, tinggalkan skripsi Anda sementara. Pergilah bersenang-senang dengan teman-teman. Nonton film, main di Timezon, karaoke, pijat, pergi ke salon adalah beberap kegiatan yang dapat meringankan stres Anda.

10. Jangan larut sendirian dalam kegalauan skripsi Anda karena hal itu hanya membuat Anda semakin depresi. Berkumpul lah dengan teman-teman Anda yang juga sedang berjuang mengerjakan skripsi. Minta mereka membaca tulisan Anda dan mengomentarinya. Sebab terkadang kita tidak dapat melihat kelemahan skripsi sendiri sedangkan orang lain mampu melihatnya. Lakukan juga hal tersebut ke teman Anda, baca tulisannya dan berikan masukan padanya.

11. Jika Anda tinggal di tempat kos, sering-sering lah mengirimkan sms atau menelepon orangtua Anda. Minta doa restunya dan senangkan hatinya karena mendengar suara Anda. Doa orangtua untuk anaknya mendapat tempat khusus yang secepat kilat akan naik ke langit dan didengarkan Tuhan. Jika Anda tidak tinggal di kos dan tinggal di rumah bersama orangtua, sering-seringlah membuatkan minuman untuk mereka seperti jus, the, atau kopi. Ceritakan juga perkembangan skripsi Anda karena jauh dalam lubuk hati mereka juga turut galau memikirkan skripsi Anda.

12. Rutinlah berolahraga agar tubuh Anda terasa segar dan fit. Aktivitas mengerjakan skripsi yang hanya duduk sepanjang hari membuat tubuh Anda letih dan butuh peregangan. Lakukan peregangan ringan selama 5-10 menit ketika Anda baru bangun tidur. Jalan kaki, jogging, dan bersepeda adalah beberapa olahraga yang membuat Anda bugar kembali.

13. Selama mengerjakan skripsi, banyak-banyaklah bersedekah kepada fakir miskin. Hal itu akan membuat hati Anda terasa tentram dan lapang. Dan percayalah, Tuhan akan membalas kebaikan Anda berlipat ganda. Salah satunya dengan memudahkan Anda dalam mengerjakan skripsi serta diberikan kelancaran dalam berpikir.

14. Banyak-banyaklah berdoa dan beribadah kepada Tuhan. Sebab Ia lah yang Maha Memiliki Ilmu dan memohonlah agar diberi kemudahan dalam menerima ilmu dariNya.

15. Selalu berpikir dan berperasaan positif. Jika Anda percaya Anda bisa, maka Anda PASTI bisa! Percayalah pada diri Anda karena Anda adalah pribadi pilihan calon pemimpin bangsa. Jika saya bisa, mengapa Anda tidak? Semangat dan semoga sukses!!

Jakarta, 28 April 2011

Ranny Rastati

Alumni Sastra Jepang UI 2004

Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UI 2009

* Didedikasikan untuk pembimbing skripsi tercinta, Dr. Diah Madubrangti, M.Hum. Terima kasih atas segalanya, bu…