IYCS

Indonesia Young Changemakers Summit adalah konferensi yang mengumpulkan pemuda Indonesia, dari Aceh sampai Papua, yang TELAH atau sudah memulai INISIATIF PERUBAHAN yang bisa diukur dan telah memiliki dampak nyata bagi masyarakat, di berbagai bidang seperti Ekonomi, Sosial Budaya, Lingkungan, dan sebagainya. Diselenggarakan di Gedung Merdeka & Gedung Indonesia Menggugat, Bandung pada tanggal 11-13 Februari 2012.

TUJUAN:

  • Menyuarakan suara pemuda akan perubahan bangsa;
  • Menyebarluaskan semangat perubahan sehingga diharapkan beresonansi ke seluruh Indonesia menjadi sebuah gerakan baru;
  • Mewarnai masa depan Indonesia dengan Visi / Mimpi para pemuda yang telah berkarya nyata dan memimpin perubahan tersebut
  • Memfasilitasi masing-masing pemuda tersebut dengan kebutuhan untuk meluaskan gerakannya, membuatnya menjadi berkelanjutan, serta mempromosikannya;
  • Melakukan pemaknaan akan peran, posisi pemuda dalam konteks kebangsaan kini dan masa depan.

 

PESERTA:

Diikuti oleh 200-250 peserta yang terbagi dalah dua kategori yakni : SPEAKER dan OBSERVER. Peserta dipilih yang merepresentasikan berbagai bidang terkait perubahan yang diharapkan: misal Sospol, Ekonomi, Lingkungan, Budaya, Pendidikan, dll.
•    Speaker adalah peserta yang diseleksi berdasarkan nominasi dari berbagai sumber dengan kriterianya : Ia harus sudah memulai inisiatif perubahan yang berdampak serta berkelanjutan dan didukung oleh kelembagaan yang baik.
•    Observer adalah peserta yang megikuti pendaftaran dan diseleksi untuk mengikuti rangkaian IYCS (baik pemula/early stage atau organisasi volunterism based) yang potensial sebagai agen perubahan di masa depan.

 

PANITIA:

•     Panitia Pengarah (Steering Committee), IYCS dibantu dan diarahkan oleh : Anies Baswedan (Indonesia Mengajar), Sandiaga Uno (Indonesia Setara), Tri Mumpuni (IBEKA), Ridwan Kamil (IDBerkebun), dan Silverius Oscar Unggul (Telapak Foundation)
•    Panitia Pelaksana, IYCS bersifat non-profit dan dilaksanakan oleh para pemuda yang memiliki mimpi dan cita-cita untuk perubahan Indonesia kea rah yang lebih baik. Kepanitiaan ini bersifat kolaborasi dari berbagai organisasi dan komunitas pemuda yang diketuan oleh Goris Mustaqim. Organisasi yang terlibat antara lain : Asgar Muda, Global Peace Foundation, Hijabers Community, British Council, Garuda Youth Community, Indonesia Youth for SME, Koalisi Pemuda Hijau, TedX Bandung, dan lain sebagainya.

 

TEKNIS ACARA:

•    Jumat, 10 Februari 2012
OPENING dan RAMAH TAMAH serta sesi perkenalan antar peserta di Saung Angklung Udjo.

•    Sabtu, 11 Februari 2012, Gedung Merdeka.
PEMAKNAAN
Wahana untuk revisioning gagasan kepemudaan, pemaknaan akan peran, da peningkatan motivasi. Dimulai dengan pemutaran video tentang “Kebangkitan Pemuda Jilid 2.0”, Keynote Speech, Plenary Session, dan diskusi interaktif dengan tema “Menggagas Kolaborasi Pemuda Indonesia” dalam format diskusi open space.

•    Minggu, 12 Februari 2012, Gedung Indonesia Menggugat.
100 MIMPI PEMUDA dan SUMPAH PEMUDA 2.0
Puncak acara IYCS yaitu presentasi marathon oleh pemuda pilihan yang telah diseleksi oleh para steering committee. Para pemuda akan mempresentasikan mimpi perubahan dan tindakan nyata yang telah dilakukan dalam berbagai bidang. Acara akan ditutup dengan pembacaan manifesto sebagai ikrar bersama yang akan menjadi pegangan para pemuda tersebut dalam berkarya untuk Indonesia.

•    Senin, 13 Februari 2012
SERVICE PROJECT
Kunjungan ke berbagai tempat di Bandung dan sekitarnya sambil melaksanakan bakti sosial dalam suasana yang santai dan akrab. Acara ini bersifat opsional dan direkomendasikan untuk peserta yang berasal dari luar provinsi Jawa Barat dan sekitarnya.

Info lebih lanjut: