Sebagai mahasiswa yang aktif dalam ragam kegiatan kampus, meningkatkan kualitas akademik tentu saja menjadi salah satu prioritas utama. Dengan dosen yang super duper killer, tugas kuliah yang seringkali harus diselesaikan dengan begadang-begadang, dan kesibukan di luar kelas yang tak menentu, membuat kamu-kamu yang masih aktif jadi mahasiswa kesulitan untuk menemukan formula tepat untuk menjadi mahasiswa teladan.

Tapi tenang, kali ini anakui.com akan mengulas beberapa jurus rahasia yang bisa bikin IPK kamu naik! Apa aja sih rahasianya? Yuk simak, di bawah ini!

BACA JUGA: Sering Mangku Laptop Pas Ngerjain Tugas Bisa Bikin Impotensi Loh

Cobain Audio-learning

 kamu bisa rekam penjelasan dosen kamu di kelas, lalu dengarkan lagi di kosan via ipivs

kamu bisa rekam penjelasan dosen kamu di kelas, lalu dengarkan lagi di kosan via ipivs

Metode ini cocok banget buat kamu yang punya karakter belajar auditory, alias lebih nyambung kalau belajarnya dengan mendengarkan dosen ngomong. Tipe yang satu ini, kalau baca buku bakal keras-keras supaya masuk ke kupingnya sendiri. Tipe ini akan memahami suatu studi jika didiskusikan atau didengarkan dengan seksama.

Meski demikian, sebuah penelitian dari Michigan State University menunjukkan bahwa metode belajar dengan mendengarkan atau dikenal dengan audio-learning juga dapat meningkatkan efektivitas belajar baik bagi mahasiswa yang memiliki karakter auditory maupun non-auditory.

So, kalau kamu pengen cobain gaya belajar baru yang mungkin lebih efektif, kamu bisa rekam penjelasan dosen kamu di kelas, lalu dengarkan lagi di kosan atau di rumah secara berulang-ulang. Lagipula, cara ini bakal efektif banget kalau dosen kamu adalah tipe-tipe dosen yang suka ngeyel dan teriak “Ah, perasaan saya jelasinnya gak gitu! Ngarang kamu!”

advertisement

 

Isi Catatan Kamu dengan Tinta Berwarna

Isi Catatan Kamu dengan Tinta Berwarna via

Isi Catatan Kamu dengan Tinta Berwarna via Photo Credit: gregor.zukowski via Compfight cc

Michael Tipper, salah seorang peneliti cara kerja otak pernah menulis sebuah jurnal yang menunjukkan bahwa otak manusia dapat merespons lebih baik tulisan-tulisan atau karya visual yang terdiri lebih dari 3 warna. Dan warna dasar yang paling mudah diingat otak kita adalah Red, Green, dan Blue (RGB).

Dengan mencatat materi kuliah di catatan kamu dengan tinta warna-warni yang pulpennya bisa kamu beli di toko buku favorit, niscaya, kamu dapat mengingat materi kuliah dengan lebih mudah! “Oh iya, gue ingat, teori si anu kan gua tulisin pake tinta merah.” – gak percaya? Cobain aja 😉

 

Tulis Ulang Catatan Kamu dengan Metode MindMap

Tulis Ulang Catatan Kamu dengan Metode Mind-Map via ganesha-operation

Tulis Ulang Catatan Kamu dengan Metode Mind-Map via ganesha-operation

Salah satu peneliti cara kerja otak lainnya, Tony Buzan telah mengeluarkan metode efektif lainnya untuk meningkatkan performa otak manusia dalam mengingat hal, yakni dengan metode mind-map.

Metode mind-map adalah suatu metode dimana kamu mencatat setiap hal dengan cara yang lebih ilustratif. Nah, daripada bingung, kamu bisa simak bagaimana si Tony Buzan mendemonstrasikan mind-map dalam video Tedx berikut ini:

advertisement

https://www.youtube.com/watch?v=nMZCghZ1hB4

 

Tepat Waktu

Dan yang paling penting, jangan sampe telat waktu kuliah via

Dan yang paling penting, jangan sampe telat waktu kuliah via commdept

Nah, ini dia yang paling menantang. Tepat waktu. Bagi kebanyakan mahasiswa tepat waktu untuk hadir di kelas adalah hal yang paling…. ehm… paling menantang. Bayangin, abis begadang ngerjain tugas, tidur pukul 4 pagi lalu harus di kelas lagi pukul 8 pagi? Oh, God!

Salah satu yang seringkali bikin kita-kita para mahasiswa susah untuk tepat waktu atau bahkan hadir stand by sebelum kelas dimulai adalah sulitnya membiasakan diri bangun pagi. Kadang alarm sudah dipasang, tapi begitu bunyi, kita cuma pencet snooze, lalu bobok unyu lagi. Huft…

Tapi tenang, kali ini, coba sebelum tidur, kamu set alarm di jam kamu ingin bangun, misal pukul 6 pagi, lalu taruh alarm handphone kamu di gelas, letakkan di dekat kasur. Dijamin besok paginya kamu akan terbangun pagi dengan 2 kemungkinan:

Kebangun karena suara  alarmnya mendadak kenceng atau….

Kebangun karena gelasnya pecah kesenggol tangan kamu yang digerakin sama setan mager. :p

But, seriously, cara ini super duper efektif buat bikin kamu tepat waktu hadir di kelas!

Nah, itu dia tadi 4 jurus rahasia yang perlu kamu terapkan supaya IPK kamu bisa naik drastis di semester ini. Kamu punya jurus rahasia lain? Atau kamu ingin sampaikan jurus jitu ini ke temen kamu yang kamu rasa cucok banget buat dipraktekin?

Yuk, share artikel ini lewat Facebook, LINE atau Twitter kamu sekarang!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😆 (59%)
  • 😊 (14%)
  • 😭 (9%)
  • 😒 (9%)
  • 😮 (5%)
  • 😍 (5%)
  • 😡 (0%)