Setiap kampus, lembaga, hingga tempat-tempat yang terkenal pasti memiliki landmark atau icon tersendiri yang sangat identik dengan tempat tersebut. Seperti Paris yang terkenal dengan Menara Eiffel, Negeri Belanda dengan kincir angin dan bunga tulipnya, serta Inggris Raya dengan seragam para prajurit kerajaan-nya. Ternyata, eh, ternyata Universitas Indonesia ternyata juga memiliki banyak ikon yang UI banget loh! Apa saja ya?

 

Makara

Makara UI dan warna-warni di Jakun (via suaramahasiswa)

Apa sih makara itu? Makara adalah logo dari Universitas Indonesia itu sendiri. Berbeda dengan logo-logo di universitas lainnya yang biasanya tidak bernama, sebutan makara itu sendiri lah yang menjadi ikon atau trademark dari UI. Jadi disebutnya makara bukan logo UI, walaupun sesungguhnya makara adalah logo UI itu sendiri. Padahal biasanya setiap logo baik di fashion, lembaga, organisasi tidak memiliki nama khusus dalam menyebutnya. Nah, itulah yang membuat makara ini iconic banget di UI.

 

Jaket Kuning atau Warna Kuning

“Wah, kuning-kuning! Anak UI ya!”

advertisement

Pasti pernah dong mendengar, celetukkan seperti itu. Yap, universitas satu ini memang memiliki warna identitas yang cukup cetar membahana sehingga mudah diingat oleh orang-orang. Maka tidak heran kalau UI juga dijuluki sebagai kampus kuning. Walaupun warna kuning ini memang sangat jarang digunakan baik sebagai sebuah identitas suatu lembaga maupun sebagai warna pakaian yang biasa dipakai orang-orang, justru karena UI orang-orang jadi begitu mendambakan untuk memakai jaket kuning loh.

Tapi maksudnya jaket kuning almamater UI loh ya, bukan jaket kuning beli di toko. Uniknya lagi tentang jaket kuning alias jakun, warna makara yang tertempel di setiap jakun berbeda-beda lho, sesuai dengan warna fakultas masing-masing. Hal ini semakin membedakan jaket almamater UI dengan universitas-universitas lain yang biasanya tidak dibedakan warna logonya.

 

BACA JUGA: Jakun Itu Dipake Buat Apa Aja Sih?

 

Gedung Rektorat

advertisement

Kalau kamu kamu sering melihat gambar di internet terutama gambar para wisudawan UI pasti kamu akan melihat gedung tinggi berundak dengan makara besar terpampang di sana. Nah, itu dia yang dinamakan gedung rektorat UI. Gedung ini memang sudah langganan menjadi photobooth para wisudawan maupun mahasiswa (bahkan visitor sekalipun). Secara, gedung ini memang UI banget. Gedung ini sebenarnya merupakan kantor dari rektorat UI itu sendiri, namun dengan desainnya yang megah dan UI banget (karena ada makara-nya) jadi cocok banget deh buat foto-foto.

 

Danau UI

Indah banget ya? (via nuansadepok)

Universitas di Indonesia mana lagi yang punya enam buah danau? Hanya UI dong yang punya. Hal itulah yang membuat danau UI ini menjadi ikon tersendiri dari UI.  Akan tetapi, di danau UI ini kita tidak diizinkan untuk berenang, memancing, ataupun bermain-main karena ini kan daerah kampus bukan kawasan rekreasi hehehe. Jadi, cukup dipandang saja ya dan dinikmati keindahannya. Seperti gebetan kamu yang kamu kagumi dari jauh itu *eh.

 

Perpustakan Pusat

Tahukah kamu bahwa perpustakaan pusat Universitas Indonesia ini merupakan yang terbesar kedua di Asia Tenggara? Wah, keren ya! Tentu saja, dong! Selain gedungnya yang besar, perpustakaan UI ini juga didesain dengan unik dan megah. Ditambah lagi perpustakaan bernama Crystal of Knowledge ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas canggih. Bayangkan saja setiap gadget yang tersedia sebagai fasilitas perpustakaan merupakan keluaran perusahaan teknologi ternama yaitu Apple. Belum lagi dengan fasilitas-fasilitas lain seperti Strabucks, Books&Beyond, Kantor Pos, Bank BNI, dan lain sebagainya. Wah, itu perpustakaan atau mall ya? Pastinya sih kamu jadi tidak akan bosan untuk berlama-lama di sana. Hal itu pun sanggup mematahkan stigma bahwa perpustakaan adalah tempat yang membosankan. Ah, it’s a big NO lah ya untuk Perpusat UI.

 

BACA JUGA: Lima Kenangan yang Selalu Diingat di Indomaret Perpusat UI #ByeSnackMurah

 

Kelima ikon tadi hanyalah beberapa dari berbagai hal unik yang bisa kamu temui di UI. Nah, kalau penasaran mendingan main-main ke UI sambil mengeksplor lebih jauh tentang UI. Kali aja ketemu sama orang unik yang mengikat hati, anak UI lagi. Jadinya sambil menyelam minum air deh!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)