Apa yang terlintas dalam pikiran kamu ketika mendengar kata manajer? Esmud ganteng, wangi yang full-branded stuff seliweran di mal-mal Jakarta? Cowok klimis dengan jas mahal yang berbicara sambil berdiri di depan banyak orang yang duduk memerhatikannya? Atau bapak-bapak yang sibuk memberikan arahan kepada beberapa orang (yang kelihatannya adalah bawahannya)? Atau kamu punya gambaran lain tentang seorang manajer?

BACA JUGA: Cara Melamar Pekerjaan ke Banyak Perusahaan dengan Efisien

Well, bagaimana pun gambarannya, kalau ditanya “Mau nggak jadi manajer?” Siapa yang bisa nolak? Kalau ada yang jawab “Nggak,” itu pasti jawabannya belum lengkap. Lengkapnya… “Nggak nolak!”

Iyalah… siapa sih yang nggak mau jadi manajer? Gaji oke, pekerjaan bergengsi pula. Bisa jadi salah satu pekerjaan yang efektif untuk memikat “calon.” Setuju?! Setuju saja lah.

BACA JUGA: RAHASIA! Trik Gaji Minimal 20 Juta Freshgraduate

Satu hal yang pasti, untuk menjadi seorang manajer, kamu harus menguasai ilmu manajemen. Nah, untuk kamu yang bercita-cita menjadi manajer atau menyukai ilmu manajemen, di UI ini kamu berkesempatan untuk merasakan belajar manajemen di sekolah bisnis terbaik di Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (dulunya bernama Fakultas Ekonomi UI).

advertisement

Belajar manajemen di sekolah bisnis terbaik di Indonesia? Yupz! Kamu benar! Itu adalah program studi Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Ingin tahu lebih jauh? Silakan scroll-down, Gan!

 

And this is it, Jurusan Manajemen FEBUI!

Program Studi Manajemen FEBUI via

Program Studi Manajemen FEBUI via febui

Program studi (Prodi) atau jurusan Manajemen merupakan salah satu dari tiga prodi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Dengan akreditasi A, prodi di FEBUI tentunya menjanjikan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan praktisi dan ahli manajemen yang berkualitas.

Prodi Manajemen ini memiliki cabang peminatan yang dikenal dengan nama konsentrasi. Konsentrasi yang terdapat di Prodi Manajemen saat ini adalah Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, serta Organisasi dan Operasi. Setiap tahunnya, prodi ini membuka jalur masuk melalui mekanisme jalur undangan (SNMPTN) dan jalur tertulis (SBMPTN dan SIMAK-UI). Kuota yang didapatkan jalur undangan sama besarnya dengan kuota jalur tertulis (50:50). Seperti prodi lainnya, Manajemen FEBUI memiliki beban studi 144 SKS dan dapat ditempuh dalam waktu minimal 7 semester.

BACA JUGA: Beginilah Rasanya Kalau Kamu Kuliah di Jurusan Sastra

Untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya (dan tentunya kualitas lulusannya nanti), jurusan Manajemen FEBUI telah beberapa kali mengikat kerja sama dengan institusi pendidikan di luar negeri, di antaranya dengan University of Adelaide (untuk program Dual Degree di tahun 2008) dan National University of Singapore (untuk International Joint Research pada tahun 2007-2009). Selain itu di tahun 2008, Prodi Manajemen ini mengadakan kerja sama dengan beberapa BUMN, seperti Bank Indonesia, BNI, Angkasa Pura I, dan Pertamina untuk mengirim mahasiswanya ke institusi-institusi tersebut.

advertisement

Dan di tahun 2015 ini, PT Bank DBS Indonesia, Fakultas Ekonomi, dan Universitas Indonesia menyepakati kerja sama dalam mata kuliah Manajemen Perbankan yang bertujuan untuk mencetak bankir andal. Perkuliahannya akan dimulai pada semester genap 2015. Modul mata kuliah tersebut disusun bersama-sama antara pihak DBS dan FEBUI dengan komposisi 50 persen teori dan 50 persen sisanya berasal dari pengalaman praktisi perbankan. Mata kuliah ini dibuka tidak hanya untuk Prodi Manajemen, namun jika kamu kuliah di Manajemen, tentunya mata kuliah ini akan dapat menjadi tambahan amunisi ampuh untuk memperkuat kompetensi kamu.

 

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan Jurusan Manajemen 

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan via youtube

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan via youtube

Ngomong-ngomong soal mata kuliah, di prodi ini (seperti juga di prodi lainnya) ada mata kuliah wajib dan mata kuliah konsentrasi (sebut saja begitu).

Mata kuliah wajib itu adalah mata kuliah yang wajib diambil oleh semua mahasiswa FEBUI, terlepas dari prodinya (jadi, Prodi Manajemen juga wajib untuk mengambil mata kuliah ini). Mata kuliah tersebut, antara lain Pengantar Akuntansi 1, Pengantar Akuntansi 2, Pengantar Bisnis, Pengantar Ekonomi 1, dan Pengantar Ekonomi 2.

BACA JUGA: 5 Tips Mendapatkan Buku Kuliah Murah, bahkan Gratis!

Sedangkan untuk mata kuliah konsentrasi, yang diambil tentunya sangat berkaitan dengan konsentrasi yang diambil. Misalnya kamu mengambil konsentrasi keuangan, maka kamu kemungkinan besar akan bertemu dengan Analisis Laporan Keuangan, Analisis Multivariat dan Analisis Sekuritas. Begitu juga jika kamu mengambil konsentrasi pemasaran, beberapa mata kuliah yang akan kamu temui adalah Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Internasional, Pemasaran Jasa, dan Praktikum Riset Pemasaran.

Bingung nggak lihat judul-judul mata kuliah itu? Nggak lah ya?! Semua itu kan ditempuh dalam waktu minimal 7 semester. Nggak berat lah, selama kamu memang suka belajar di jurusan Manajemen. Lagi pula, perjalanan panjang nanti akan terbayar begitu kamu lulus dari Prodi Manajemen ini.

 

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Gimana prospek kerja dari prodi feb ui? via businessenvironment

Gimana prospek kerja dari prodi feb ui? via businessenvironment

Terus, begitu lulus dari Manajemen, mau kerja apa? Memangnya bisa jadi manajer hanya dengan berbekal lulusan S1? Weits! Jangan salah. Lulusan Manajemen itu memiliki prospek kerja yang sangat luas. Ilmu manajerial yang didapatkan di Prodi Manajemen memungkinkan lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang, terutama untuk program Management Trainee (sebagai fast-track ke posisi manajemen perusahaan) yang biasanya dibuka oleh perusahaan-perusahaan multinasional atau pun BUMN.

Tentunya perusahaan-perusahaan tersebut lebih menyukai pelamar yang memahami dunia manajemen. Di sinilah letak kekuatan lulusan jurusan Manajemen. Dan seandainya kamu tidak tertarik untuk menjadi pekerja atau memilih untuk menjadi wirausahawan, maka kuliah di jurusan ini akan sangat membantu kamu nantinya. Ya, karena ilmu manajerial yang didapatkan di bangku kuliah akan sangat membantu kamu membangun bisnis dan mengembangkannya.

 

Kampus Lainnya dengan Jurusan Manajemen

Kampus lainnya, selain di UI via wikipedia

Kampus lainnya, selain di UI via wikipedia

Selain di UI, jurusan Manajemen juga terdapat di banyak universitas negeri. Banyak juga universitas negeri yang memiliki jurusan Manajemen dengan akreditasi A. Beberapa di antaranya adalah IPB, ITB, UNAIR Surabaya, Universitas Brawijaya, UNDIP, UGM, Universitas Jember, Unsoed, Unpad, UNS Surakarta, UIN Syarif Hidayatullah, dan UPN Veteran Jogjakarta.

Untuk universitas swasta wilayah Jabotabek, Prodi Manajemen dengan akreditasi A ada di BINUS, Indonusa Esa Unggul, Universitas Islam Bandung, Universitas Islam Jogjakarta, UNIKA Atmajaya, UNIKA Parahiyangan, Universitas Mercu Buana, Universitas Nasional, Universitas Pancasila, Untar dan TRISAKTI.

 

Biaya Kuliah Jurusan Manajemen di FE UI

Biaya kuliahnya pun terbilang terjangkau via uiupdate

Biaya kuliahnya pun terbilang terjangkau via uiupdate

Lalu bagaimana soal biaya? Tenaaang. Biaya kuliah di PTN nggak mahal kok. Terlebih lagi UI telah menetapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Lewat UKT ini, mahasiswa cukup membayar satu kali setiap semester tanpa uang pangkal. Untuk Prodi Manajemen, UKT yang ditetapkan per semesternya adalah Rp5 juta.

Selain itu, ada keringanan pembayaran SPP hingga Rp0, alias gratis, untuk mahasiswa yang memang benar-benar tidak mampu. Semoga info di atas cukup membantu kamu yang tertarik untuk ke Manajemen. Kalau masih ada informasi yang kurang jelas, datangi saja FEBUI langsung. So, happy hunting!

Source:

http://ber-bagi-ilmu.blogspot.co.id/2010/01/mengenal-jurusan-manajemen-feui.html

http://universitas-di-indonesiaa.blogspot.co.id/2015/06/jurusan-manajemen-terbaik-di-universitas-negeri-swasta.html

http://www.ui.ac.id/akademik/biaya-pendidikan.html

 



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (72%)
  • 😆 (10%)
  • 😭 (5%)
  • 😒 (4%)
  • 😮 (4%)
  • 😊 (4%)
  • 😡 (2%)