Jurnalisme warga atau lebih dikenal dengan citizen journalism adalah berita yang dikirimkan warga kepada media tanpa adanya latar belakang jurnalistik (Kurniawan, 2007). Mengapa dikatakan tanpa latar belakang jurnalistik? Karena warga yang mengirimkan berita tersebut adalah seseorang yang terjebak dalam peritiwa yang tidak biasa sehingga orang tersebut secara spontan berperan sebagai reporter untuk mengabadikan peristiwa itu. Jadi, di mana pun, kapan pun, dan siapa pun bisa memberitakan peristiwa yang tidak biasa atau menraik yang dilihatnya agar diketahui oleh banyak orang.

Seiring dengan perkembangan zaman, jurnalisme warga juga semakin berkembang. Internet merupakan salah satu ‘fasilitas’ dalam melaksanakan citizen journalism ini. Tidak hanya itu, internet yang sebelumnya hanya dapat dioperasikan melalui komputer, sekarang dapat dioperasikan melalui telepon genggam atau biasa kita kenal dengan hand phone. Melalui koneksi internet di hand phone, seseorang dapat mengabarkan berita yang disaksikan bahkan dialaminya kepada banyak orang hanya dalam hitungan detik.

Jurnalisme warga atau citizen journalism sangat penting di kalangan mahasiswa agar mahasiswa dapat mengetahui kabar terkini. Saat ini mahasiswa sangat dekat dengan dunia internet dimana dapat memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan segala hal termasuk mendapatkan berita terkini. Selain itu, mahasiswa pun saat ini memiliki banyak fasilitas yang dapat membantu dalam melakukan citizen journalism ini, khususnya hand phone sehingga tanpa duduk manis di depan komputer, mahasiswa dapat membagikan berita dan memeroleh berita dengan cepat.

anakUI.com adalah salah satu citizen journalism dalam lingkup lokal. Artinya anakUI.com menjadi wadah mahasiswa UI dalam mengabarkan berita, khususnya yang terjadi di lingkungan UI sehingga masyarakat di dalam dan di luar UI dapat mengetahui peristiwa apa saja yang terjadi di dalam lingkup UI. anakUI.com mampu mempromosikan kegiatan mahasiswa yang berlangsung di UI sehingga banyak orang datang untuk melihat kegiatan tersebut. Peristiwa yang dikabarkan pun tidak hanya sebatas kegiatan yang ada di dalam UI, tetapi juga peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar UI seperti peristiwa pria yang tertabrak kereta di Stasiun UI.

Kesimpulannya, saat ini keberadaan anakUI.com sangat penting dalam memberitakan kabar tentang UI. Banyak mahasiswa berperan di dalamnya sehingga semakin banyak juga kabar yang dapat diberitakan. Oleh karena itu, anakUI.com harus terus berkembang agar semakin banyak orang yang mengenal.

Lomba anakUI.com berhadiah tiket Jakarta FantastiKpop ini didukung oleh Plasa.com. Informasi tentang konser dan pembelian tiket konser Jakarta FantastiKpop bisa dilihat di website ini: http://ticket.plasa.com/fantastikpop. Ayo ajak teman-temanmu penggemar KPOP buat nonton bareng!

advertisement

 

Referensi :

http://www.anakui.com/2010/06/29/ada-pria-terlindas-kereta-di-stasiun-ui/ (6 Juni 2011)

Kurniawan, Nunung. Jurnalisme Warga di Indonesia, Prospek dan Tantangannya. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 11, No. 2, Desember 2007: 71-78.



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)

advertisement