‘UI… kepal jari jadi tinju, UI UI kampusku bersatu almamaterku, UI!’

Hayo siapa yang cengar cengir bacanya?

Yups, kalimat pekikan itu biasanya akan kita dengar ketika masih jaman maba. Biasanya Pak Dibyo bakal ngajak kita buat meneriakkan pekikan tersebut saat latihan paduan suara ataupun OKK.

Percaya atau nggak, pekikan tersebut bisa bikin kita semangat dan bangga banget bisa masuk UI loh!

Buat yang mager ikut kegiatan-kegiatan jaman maba, coba deh dipikirin ulang lagi.

Kenapa?

advertisement

Karena bakal membekas banget kenangan-kenangan jaman tersebut! Apalagi kalau fakultas kalian bukan tipikal fakultas yang rame atau cenderung sepi. Bakal kerasa banget deh bedanya!

Hmmm, kira-kira apa aja sih starterpack yang dibutuhin pas jaman maba?

 

BACA JUGA: Ini Beberapa Alasan Kenapa OKK Itu Penting Buat Maba!

 

Baju putih + rok/celana hitam

Kayak gini nih nanti outfit OBM kamu setiap hari (via dilakyuzizi_)

Kalau kalian ngeliat Balairung penuh sama warna putih hitam, bisa dipastikan kalian lagi ngeliat sekumpulan maba. Atau kalau kalian liat Balairung penuh dengan warna kuning kayak lautan minion… Yup, nggak salah lagi, kalian juga pasti lagi ngeliat sekumpulan maba, biasanya Balairung akan berubah jadi lautan minion kalau pas pembagian jakun dan wisudaan. Kalau jaman maba, baju putih dan celana hitam harus selalu ready nih karena akan ada beberapa agenda yang membutuhkan outfit tersebut.

advertisement

Selain itu kalian butuh keterampilan ekstra, salah satunya dalam hal mencuci pakaian!

Yups, kadang ada kegiatan yang terdiri dari beberapa rangkaian dan mensyaratkan untuk menggunakan kemeja putih. Mau nggak mau kalian harus bisa nyuci sendiri, soalnya mepet banget kalau di-laundry. Sebenarnya ini optional sih kalau emang kalian nggak punya baju cadangan atau kalau kalian nggak mau gatel-gatel plus kebauan gara-gara pake baju yang sama tanpa dicuci. Yha tau sendiri lah pasti bakal banyak gerak dan keringatan kalau ada kegiatan jaman maba.

 

Gunting, penggaris, cutter

Awas, benda tajam! (via sahabatquiltindonesia)

Eits jangan berfikiran negatif dulu ya, barang-barang ini jangan digunakan dengan cara yang salah. Pada jaman maba, biasanya maba akan disibukkan untuk membuat name tag, note book, dan sebagainya. Apalagi kalau name tag-nya harus dianyam, wah sengsara banget kalo nggak punya benda-benda ini.

“Kan bisa minjem temen”

Yakin temen kalian mau minjemin? Ya minjemin sih, tapi yakin kalian mau sabar nungguin dia kelar ngebuat jarak per sekian mili meter?

 

Tali kur

Tali kur (via ngapakers)

Tali kur? Buat apa?

Pas OKK, nantinya kalian bakal diinstruksikan untuk menggunakan tali kur sebagai tali kacamata kalian. Esensinya, tentu bukan kepingin membuat kalian jadi aneh, tapi untuk kebaikan kalian loh. Karena pada masa-masa itu, kalian bakal bergerak lebih aktif dan Balairung bakal dipenuhi sama maba-maba, kalau kalian kesenggol ataupun buru-buru otomatis kacamata kalian bakal memiliki peluang untuk jatuh.

Nah, dengan adanya tali ini maka kacamata kalian bakal aman! Karena walaupun jatuh, tetap bakal menggantung di leher kalian! Selain itu, kalau tiba-tiba tali sepatu kalian hilang juga bisa dipake loh tali kur ini, atau misalnya gesper kalian hilang pun juga bisa digunakan si tali kur ini!

 

Waktu dan tenaga

Harus tetap semangat ya! (via genmuda)

Bukan rahasia umum lagi kalo jaman maba kalau waktu kalian bakal menjadi padat. Ngerjain tugas OKK univ lah, tugas ospek fakultas lah, atau mungkin osjur. Ditambah lagi kalian juga bakal ditugasin berbagai tugas mata kuliah yang lumayan banyak. Apalagi biasanya tugas di kuliahan itu beda sama masa-masa sekolah.

Kalau dulu, paling kita ditugasin buat ngerjain sekian soal, atau bikin makalah akan sesuatu hal yang biasanya kita kerjain dengan full copas wikipedia.

Jaman kuliah, tugas yang diberikan lebih berbentuk analisis dan pemahaman atau eksplorasi lebih lanjut terkait tugas yang diberikan, dan kalian nggak bakal bisa lagi main copas full wikipedia, karena biasanya ada kriteria yang ditentukan oleh dosen secara khusus apa saja yang boleh dan direkomendasikan buat jadi sumber pembelajaran.

Jadi kalian harus siapkan waktu dan tenaga yang cukup ya! Kalau kalian merasa capek, tenang aja dulu. Sebentar doang kok masa-masa itu, abis itu kalian bakal ngerasain berbagai keseruan masa-masa kuliah!

 

BACA JUGA: Keseruan yang Cuma Bisa Kalian Rasakan saat Masih Menyandang Status Maba

 

Okay, segitu dulu yang bisa admin share di sini. Jangan lupa ya dipersiapkan semuanya supaya kegiatan maba kalian jadi lebih lancar tanpa hambatan!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (50%)
  • 😭 (25%)
  • 😡 (17%)
  • 😒 (8%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)