Kemarin dunia pendidikan di Indonesia kembali digoncang oleh hectic-nya para lulusan SMA berlomba-lomba untuk mendapatkan kursi di universitas idaman. Universitas Indonesia tentu nggak kalah rame dong. Ribuan calon mahasiswa baru kampus perjuangan ini beramai-ramai memperebutkan kursinya masing-masing. Sekarang pertempuran sengit itu telah usai. anakui.com mengucapkan selamat ya untuk kalian yang berhasil lolos dan diterima di UI. Bagi yang belum diterima cintanya, tetap semangat dan jangan menyerah! Masih banyak kesempatan menantimu.

Nah, bagi kalian yang berhasil memenangkan pertempuran dan resmi menjadi mahasiswa baru Universitas Indonesia, ini saatnya kamu kepo-kepo apa saja sih yang akan kalian hadapi ke depan sebagai MABA? Sama seperti kampus-kampus lainnya, UI tentu saja memiliki masa orientasi bagi para mahasiswa barunya. Tapi, ada beberapa hal dari ospek di UI yang nggak bisa kamu temui di kampus-kampus lain di Indonesia. Penasaran? Ini dia.

 

Orientasi Belajar Mahasiswa alias OBM

OBM itu seru loh, nambah teman baru! (via storyofvianindya)

OBM merupakan salah satu rangkaian acara awal dalam masa orientasi mahasiswa baru di Universitas Indonesia yang diselenggarakan selama 3 hari. Di OBM ini kamu akan dikenalkan mengenai metode-metode pembelajaran yang digunakan di UI. Mulai dari SCAL, CL (Collaborative Learning), PBL (Problem Based Learning), dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang penting ya, karena cara pembelajaran di UI memang berbeda dengan kampus-kampus lainnya apalagi dengan pembelajaran waktu masih SMA.

Selain itu, di dalam OBM ini kamu akan dikenalkan oleh berbagai fasilitas yang diberikan UI. Mulai dari SSO, webmail UI, SIAK-NG, SCeLe, dan banyak hal lainnya. Disini kamu juga akan diajak sedikit berkeliling UI untuk mengenali kampus barumu ini. Oh iya, biasanya yang membimbing jalannya OBM adalah para dosen, jadi selama OBM kalian sedikit banyak sudah bisa merasakan seperti apa kuliah itu. Eits, jangan tegang dulu! Di OBM ini kamu akan tetap have fun kok. Justru pada acara inilah kita bisa mendapat lebih banyak teman dari fakultas-fakultas lain karena dalam satu kelas akan terdiri atas mahasiswa dari berbagai macam fakultas di UI yang pastinya akan jadi seru banget dong untuk ajang berkenalan!

 

advertisement

BACA JUGA: Hal-Hal yang Akan Ngebedain Kamu di Kehidupan Kuliah dan SMA

 

Program Cinta Kampus (PCK)

Cintai kampusmu! (via univ_indonesia)

Nah, acara yang satu ini juga merupakan yang khas dari UI dan mungkin nggak bisa kamu temui di kampus lain. PCK ini merupakan acara yang seru dimana para mahasiswa baru akan terbagi ke dalam kelompok-kelompok besar yang terdiri dari berbagai fakultas. Nantinya setiap kelompok bertugas untuk membawa alat-alat kebersihan, ikan lele, serta burung. Wah buat apa ya kira-kira? Ternyata nantinya para mahasiswa baru akan bersama-sama diajak untuk berkeliling kampus UI hingga ke hutan UI sekaligus!

Dalam Program Cinta Kampus ini, para mahasiswa baru akan disosialisasikan mengenai APAR serta diajak untuk bersama-sama membersihkan lingkungan kampus. Selain itu, kita juga bersama-sama akan menerbangkan burung-burung yang sudah dibawa oleh tiap kelompok di dalam hutan UI untuk menjaga ekosistem yang ada. Begitu pula dengan ikan-ikan lele yang akan dilepaskan di danau-danau UI. Gimana, seru kan?

 

Paduan Suara

Kuning-kan Balairung! (via idntimes)

Ini nih yang paling khas dan nggak mungkin kamu dapatkan di universitas manapun. Paduan Suara para mahasiswa baru Universitas Indonesia ini memang sudah melegenda sejak dulu. Paduan suara ini akan memakan waktu latihan sekitar 1 bulan selama masa orientasi. Nantinya setiap mahasiswa baru akan mendapat giliran untuk mengiringi wisuda para lulusan UI ini. Sssttt… tahukah kamu? Ternyata hal ini memiliki makna filosofis tersendiri loh! Para mahasiswa baru yang mengiringi pelepasan para wisudawan UI ini melambangkan bahwa banyak yang pergi banyak pula yang datang untuk membangun bangsa ini. Jadi seperti menyerahkan kelanjutan ilmu dari para senior kepada para mahasiswa baru yang akan memulai kehidupan kampusnya.

advertisement

Walaupun bisa ditebak akan banyak anak mahasiswa baru yang mencoba mangkir dari latihan paduan suara yang cukup ketat ini. Namun, sebenarnya masa latihan ini merupakan momen yang tidak akan dilupakan oleh para mahasiswa UI. Kapan lagi merasakan bernyanyi dan bahkan berjoget bersama-sama dengan teman-teman satu angkatan kamu? Padahal setiap angkatan yang masuk di UI adalah sekitar 7000 orang. Wah seru banget tuh! Belum lagi kalau ada kejadian-kejadian lucu dan tak terduga yang terjadi selama latihan paduan suara ini berlangsung. Pokoknya, jangan sampai melewatkan sepak terjang menghadapi latihan paduan suara ini deh! Karena semua itu hanya terjadi sekali. Apalagi setiap kartu absen di latihan paduan suara tersebut merupakan tiket untuk mendapatkan jaket kuning idaman kamu.

 

Pak Sudibyo

Lagu andalannya Pak Dibyo (via ui_2013)

Siapa sih anak UI yang tidak kenal beliau? Nggak bisa dibohongi lagi kalau sosok bapak yang satu adalah orang yang akan selalu melekat di setiap benak para mahasiswa UI. Bapak Sudibyo yang merupakan dosen dari FISIP UI ini memang orang yang paling fenomenal dan legendaris di kalangan mahasiswa UI. Secara, beliau adalah dirijen dari paduan suara mahasiswa baru Universitas Indonesia sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Jadi, para alumnus UI yang terkenal sukses pun tentu masih mengingat bapak yang satu ini. Beliau merupakan orang yang sangat sabar dan berdedikasi dalam melatih para mahasiswa baru dalam memadukan suaranya. Kelihaiannya itu membuat beliau sempat tergabung dalam film dokumenter “The Conductors” bersama salah satu konduktor ternama Indonesia Adi M.S. Wow… keren kan! Udah nggak sabar dong ya untuk dilatih oleh beliau!

 

BACA JUGA: Keseruan yang Cuma Bisa Kalian Rasakan saat Masih Menyandang Status Maba

 

Itu tadi bocoran mengenai hal-hal yang hanya bisa kamu temui di ospek-ospek UI. Pasti makin nggak sabar nih untuk segera menjalani masa-masa awal menjadi mahasiswa UI dan mengenakan jaket almamater kuning yang keren itu. Nah, untuk tahu lebih jelasnya seperti apa sih rasanya ospek di UI, siapkan saja semua perlengkapan ospekmu matang-matang. Jangan sampai ada yang kena disiplin ya! Selamat menjalani masa orientasi! SEMANGAT!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😆 (56%)
  • 😭 (17%)
  • 😮 (17%)
  • 😒 (11%)
  • 😡 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😊 (0%)