Kamu adalah orang yang suka membaca karakter manusia? Menyukai dunia training? Atau tertarik pada perkembangan anak dan ingin bekerja di area itu? Semua ilmu dan keterampilan untuk bekerja di area tersebut bisa kamu dapatkan di Jurusan Psikologi Universitas Indonesia.

Sekilas Tentang Jurusan Psikologi UI

Sekilas Tentang Program Studi Psikologi via ciputranews

Sekilas Tentang Program Studi Psikologi via ciputranews

Fakultas Psikologi UI ini bisa dibilang sebagai Fakultas Psikologi yang istimewa. Kenapa? Karena Fakultas Psikologi UI merupakan Fakultas Psikologi Pertama di Indonesia dan sekarang menjadi acuan untuk pengembangan fakultas psikologi lainnya di Indonesia. Proses pembelajaran di Fakultas Psikologi UI menggunakan teknik terkini yang membantu mahasiswa mengoptimalkan dan merealisasikan potensi dirinya lewat pembelajaran melalui metode student-centered learning, collaborative learning, dan problem-based learning.

BACA JUGA: Efek Buruk Penggunaan Earphone Pas Belajar

Di Fakultas Psikologi UI, mahasiswa dapat memperoleh gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) setelah menempuh perkuliahan selama empat tahun. Untuk mendapatkan gelar psikolog, seorang sarjana psikologi harus melanjutkan ke jenjang S2 Program Master Psikologi.

Program Studi (prodi) atau jurusan psikologi dibuka pada pada kelas Reguler dan Paralel. Jalur masuk kelas reguler lewat SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel, melalui SIMAK-UI dan PPKB.

 

advertisement

Bagaimana Perkuliahan di Jurusan Psikologi UI?

Bagaimana Perkuliahan di Prodi Psikologi? via bempsikologi

Bagaimana Perkuliahan di Prodi Psikologi? via bempsikologi

Program Studi Psikologi di S1 tidak memiliki peminatan. Peminatan baru kamu temui ketika kamu melanjutkan studi ke program S2 Psikologi.

Adapun contoh-contoh mata kuliah yang akan temui di perkuliahan S1 nanti adalah sebagai berikut.

  1. Analisa Jabatan dan Beban Kerja (P) (PSPS605474)
  2. Asesmen Psikologis (PSPS605324)
  3. Bimbingan Pendidikan (P) (PSPS603262)
  4. Coaching, Mentoring, dan Counseling (PSPS604467)
  5. Dasar-dasar Intervensi Psikologi (PSPS605021)
  6. Dinamika Kelompok (PSPS604669)
  7. Diri dan Kehidupan Sosial (P) (PSPS603665)
  8. Disain Alat dan Kondisi Kerja (P) (PSPS606490)
  9. Filsafat Psikologi (PSPS603008)
  10. Identifikasi & Pengembangan Kreativitas (P (PSPS606280)
  11. Kesehatan Mental (PSPS605526)
  12. Kesehatan Mental Komunitas (PSPS606535)
  13. Kesulitan Belajar (P) (PSPS606281)
  14. Konstruksi Alat Ukur Psikologi (PSPS607338)
  15. Kuliah Kerja Nyata (UIGE600999)

Seperti di fakultas lain, kamu harus menempuh setidaknya 144 SKS untuk dapat lulus dari Prodi Psikologi ini. Dan mata kuliah di atas adalah beberapa di antaranya.

 

Ke Mana Setelah Lulus dari Psikologi UI?

Ke Mana Setelah Lulus dari Prodi Psikologi UI? via andraseptian

Ke Mana Setelah Lulus dari Prodi Psikologi UI? via andraseptian

Jangan pernah khawatir akan menjadi pengangguran selepas lulus dari Prodi Psikologi. Banyak bidang yang menjadi lahan kerja lulusan Prodi Psikologi, antara lain bidang penelitian, sumber daya manusia (sdm), pemasaran, jurnalistik, periklanan, lembaga swadaya masyarakat, pelatihan (training), hubungan masyarakat, pendidikan, sosial dan masih banyak lagi.

Ada pun beberapa profesi yang dapat dimasuki oleh lulusan Prodi Psikologi antara lain:

advertisement

  1. Compensation and Benefit officer. Area kerjanya berkaitan dengan Payroll dan Penggajian karyawan, termasuk bonus.
  2. Recruitment officer. Mengurusi perekrutan mulai dari menetapkan kualifikasi yang harus dipenuhi pelamar hingga ke tanda tangan kontrak.
  3. Organization Development (OD) officer. Area kerjanya berkaitan dengan pengembangan organisasi.
  4. Training and Development (TD) officer. Area kerjanya berkaitan dengan peningkatan kompetensi karyawan dan program pengembangan karyawan.
  5. Konselor, baik untuk personal maupun perusahaan.
  6. Jika kamu tertarik untuk menjadi psikolog, kamu harus meneruskan pendidikan hingga S2 Psikologi dan mendapatkan gelar Psikolog. Banyak bidang yang membutuhkan psikolog, temasuk lembaga pemerintah, militer, dan swasta.
  7. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus. Saat ini pemintaan terhadap Terapis Anak Berkebutuhan Khusus cukup tinggi seiring mulai banyaknya sekolah yang menerima anak-anak berkebutuhan khusus.
  8. Trainer. Ingin seperti Mario Teguh? Mungkin ini adalah pekerjaan yang cocok untuk kamu. Ilmu untuk membaca karakter dan melejitkan potensi akan sangat berguna ketika kamu memilih profesi ini.
  9. Konselor karie Banyak dari kita yang mungkin asing mendengarnya. Namun, seiring meningkatnya level kemakmuran dan gaya hidup, konselor karier diperlukan oleh orang-orang yang tetap menginginkan kariernya cemerlang dengan melaksanakan advise dari sang konselor dalam mempertimbangkan untuk menerima atau tidak menerima pekerjaan baru, teknik interview, atau bagaimana mengatasi tekanan saat menghadapi wawancara.
  10. Psikolog o Tidak begitu terdengar di negeri kita walau sudah menjadi pekerjaan yang umum di luar negeri. Namun belakangan ini, profesi tersebut mulai terlihat, terutama di cabang sepakbola. Tugas dari psikolog olahraga ini adalah membantu performance atlet dari sisi psikologi, seperti memberikan motivasi, meningkatkan kepercayaan diri, dan juga melakukan treatment ketika atlet cedera.

 

Selain UI, Universitas Mana yang Punya Jurusan Psikologi?

Selain UI, Universitas Mana yang Membuka Prodi Psikologi? via bempsikologi

Selain UI, Universitas Mana yang Membuka Prodi Psikologi? via bempsikologi

Selain di UI, universitas negeri di wilayah Jawa yang membuka Prodi Psikologi dengan akreditasi A adalah UNAIR, UGM, dan UNPAD. Sedangkan universitas swasta area Jabodetabek yang membuka Prodi Psikologi dengan akreditasi A adalah Universitas Gunadarma, Unika Atmajaya, YAI Persada, dan Universitas Tarumanegara (Untar).

 

Berapa Biaya Perkuliahan di Jurusan Psikologi UI?

Berapa Biaya Perkuliahan di Prodi Psikologi? via bempsikologiui

Berapa Biaya Perkuliahan di Prodi Psikologi? via bempsikologiui

Biaya S1 Reguler di Prodi Psikologi berkisar Rp100.000–Rp5.000.000 dengan skema BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). Biaya ini dibayarkan per semester dan tidak lagi dikenakan biaya SKS. Untuk S1 Reguler, sejak 2013 sudah tidak lagi membayar uang pangkal.

BACA JUGA: Menjadi Mahasiswa Non Reguler dan Perasaan Anak Non Reguler

Untuk S1 Paralel, besaran BOP adalah Rp8.500.000,00 per semester dan Rp11.000.000,00 untuk uang pangkalnya.

Apakah info di atas sudah cukup bagi kamu untuk membuat keputusan? Masih membutuhkan info lagi? Jangan ragu, datangi saja Fakultas Psikologi secara langsung dan cari tahu info yang kamu butuhkan di sana. Good luck ya!

Source:

http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-psikologi/program-sarjana-psikologi.html

http://dialog.ui.ac.id/id/browse/detil/01.00.08.01

http://www.tekun.info/20-peluang-pekerjaan-lulusan-psikologi/

http://ban-pt-universitas.blogspot.co.id/2015/05/universitas-ptn-pts-jurusan-psikologi-terbaik-di-indonesia.html



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (60%)
  • 😍 (17%)
  • 😮 (10%)
  • 😭 (7%)
  • 😡 (2%)
  • 😒 (2%)
  • 😆 (2%)