Riset, makanan apa sih itu? Makanan yang lezat pastinya! Tanpa disadari, setiap saat kita melakukan riset lho. Contohnya, riset tentang bener gak sih kalau gw ganteng? *sandal melayang* Atau, riset tentang ini ayam goreng lebih enak dimakan pakai sambel ABCD atau sambel pecel? *tiba-tiba ngiler* Atau, riset tentang apa ya alasan sebenernya Superman pakai CD di luar? *tanya yang bikin Superman!* Dari hal-hal yang sederhana itu, tersimpan suatu makna, dengan riset, kita jadi tahu, yang sebelumnya kita tidak tahu. Bukan itu saja, masih banyak lagi yang bisa kita dapat dari riset, mau tau? Yuk simak hasil wawancara penulis dengan sumber-sumber yang semoga bisa dipercaya:

  1. Buat hidup. Ya emang mata pencaharian saya. – Peneliti di salah satu badan riset terkemuka di Indonesia
  2. Buat ibadah, syukur-syukur kalau riset ane bermanfaat bagi umat. Aamiiiinnn! – Peneliti yang notabene lulusan salah satu ponpes di Jawa Timur
  3. Biar bisa lulus, habisnya salah satu syarat kelulusan harus riset sih. – All Master’s students & PhD’ers in the world
  4. Biar bisa satu tempat kerja sama gebetan gw. – Peneliti yang terpeneliti
  5. Disuruh orang tua, jadinya pingin bikin orang tua seneng aja. – Peneliti Pemenang Anak Berbakti Award 2012
  6. Mengejar kepuasan jiwa syukur-syukur kalau raga juga. – Peneliti yang beranggapan kursi pijet elektrik, mesin pembuat kopi, kulkas penuh dengan snack serta in-house spa & sauna adalah syarat mutlak buat tempat riset
  7. Biar bisa bersaing dong sama negara-negara lain, dengan meneliti kan bisa menelorkan produk-produk unggulan level internasional, masa Indonesia mau jadi anak bawang terus. – Peneliti berdedikasi, yang cinta setengah mati, sama negeri Indonesia ini
  8. Buat menuhin CV, kan cool tuh kalo CV bisa berpuluh-puluh lembar penuh dengan publikasi-publikasi hasil penelitian gw. – Peneliti terobsesi
  9. Ngembangin bisnis, emang enak bisnis jalan di tempat gak ada inovasi. – Staf R & D salah satu perusahaan IT di India
  10. Jalan-jalan gratis! – Peneliti yang hasil publikasi penelitiannya sering keterima di konferensi-konferensi luar negeri

.: ^ :.

First Research

PS: Penulis juga menulis artikel ini di Kompasiana.



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)