Cukup tiga tahun saja untuk momen putih abu-abu kamu. Bahkan seharusnya satu tahun sebelum kelulusan Sekolah Menengah Atas, kamu harus mulai memikirkan mau ke mana kamu nanti? Tolong jangan tanyakan pada Dora, karena Dora dengan petanya tidak akan mampu mengantarkanmu ke jurusan yang kamu inginkan di universitas idaman kamu (baca: Universitas Indonesia).

 

Deskripsi Umum Jurusan Sistem Informasi

Deskripsi Umum Jurusan Sistem Informasi

Deskripsi Umum Jurusan Sistem Informasi

Dunia di sekeliling kita sekarang ini sungguh modern, teknologi informasi hampir merambahi semua bidang. Sistem informasi adalah keterkaitan antara aktivitas manusia dengan proses algoritma, data, dan teknologi. Sistem ini berkembang dengan sangat cepat dalam bidang pendidikan, manajemen, bisnis, dan bidang lainnya. Dengan kebutuhan yang meningkat, maka diperlukan banyak sumber daya manusia yang paham dan menguasai bidang ini.

Universitas Indonesia adalah salah satu tempat terbaik yang memiliki program studi Sistem Informasi. Program Studi Sistem Informasi ini berada di Fakultas Imu Komputer. Biasanya disingkat menjadi Fasilkom UI, inilah tempat di mana para sarjana Sistem Informasi dicetak untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang profesional.

Jurusan ini memiliki tiga jenis program, yaitu program S1 kelas regular, program S1 kelas paralel, dan S1 ekstensi bagi yang telah menyelesaikan D3. Kelebihan program S1 kelas paralel adalah kelas yang tidak memberikan batasan tahun kelulusan SMA/sederajat. Jadi buat kamu yang merasa terlambat dan berumur, jangan malu untuk mengejar passion kamu di dunia Sistem Informasi. Namun, sayangnya mahasiswa pada program ini tidak berhak mengajukan beasiswa atau pun sistem biaya pendidikan berkeadilan.

 BACA JUGA: Pengen Kuliah di Fasilkom UI? Baca Dulu Tulisan Ini

advertisement

 

Jurusan Sistem Informasi Ini Cocok Bagi Kamu yang...

Jurusan ini cocok untuk kamu yang... via cs.ui.ac.id

Jurusan ini cocok untuk kamu yang… via cs.ui.ac.id

Nah, buat kamu sangat menyukai dunia gadget dan segala teknologi dan aplikasinya, jurusan Sistem Informasi ini cocok sekali buat kamu.

 

Mata kuliah, Kurikulum, dan Peminatan Jurusan Sistem Informasi

Mata kuliah, Kurikulum, dan Peminatan

Mata kuliah, Kurikulum, dan Peminatan via ririsatria40

Kurikulum yang diajarkan dalam jurusan ini adalah dasar ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi informasi dalam sebuah organisasi. Menyeimbangkan aspek pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan sistem Informasi dalam manajemen sebuah organisasi. Kuliah dasar yang diberikan kepada mahasiswa bertujuan untuk meningkatakan kemampuan membuat dan menulis program, juga mempelajari komponen sistem informasi, seperti basis data, jaringan komputer, sistem operasi dan aplikasi. Untuk memperkaya soft skill mahasiswa, pengetahuan tentang manajemen juga diberikan. Karena hubungan antara manajemen dan ilmu Sistem Informasi ini seperti sepasang kekasih yang tak bisa dilepaskan dalam sebuah rumah tangga organisasi.

Selain mata kuliah dasar, ada juga mata kuliah peminatan yang terbagi dalam dua bidang. Pertama, bidang minat Teknologi Informasi bagi kamu yang suka mengeksplorasi dunia komputer, seperti konfigurasi, manajemen sistem server, instalasi, pengelolaan basis data, audit sistem informasi dan teman-temannya. Kedua, bidang minat sistem Enterprise yang bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan mengelola Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis, seperti e-commerce, integrasi aplikasi, business intelegence dan lainnya.

Mahasiswa juga masih diberikan kesempatan untuk mengambil beberapa mata kuliah, baik di dalam atau pun di luar Fakultas Ilmu Komputer UI. Bukan hanya belajar dan mendapatkan nilai yang baik dalam setiap mata kuliah, para mahasiswa juga akan dibekali dengan beragam soft skill yang akan membantu saat menjalani dunia kerja. Seperti ilmu komunikasi, bekerja dalam kelompok, mampu menulis karya ilmiah, dapat berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki etika yang baik dalam setiap proses kegiatan belajarnya.

advertisement

Seperti biasanya, mahasiswa Fasilkom UI tingkat sarjana menyelesaikan perkuliahan dalam waktu 4 tahun dengan jumlah total 144 Satuan Kredit Semester (SKS) yang dapat kamu lihat rinciannya di sini (http://www.cs.ui.ac.id/id/reguler-dan-paralel-sistem-informasi/#subpage-2188). Setelah itu, di belakang nama kamu akan disematkan gelar Sarjana Komputer (S. Kom). Wah, asik ya!

 

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

prospek kerja setelah wisuda via ririsatria40

prospek kerja setelah wisuda via ririsatria40

Nah, inilah yang pasti kamu cari. Menjadi apakah lulusan program studi Sistem Informasi? Banyak, Banyak sekali. Mengingat hampir semua bidang pekerjaan memerlukan sistem Informasi, maka kesempatan kamu untuk diterima perusahaan juga tinggi. Dengan berbekalkan ilmu dan soft skill yang telah kamu pelajari, kamu sangat layak untuk mengisi posisi penting dalam dunia yang berkaitan dengan sistem informasi. Beragam perusahaan nasional hingga internasional yang bergerak di bidang perbankan, pendidikan, telekomunikasi, industri perangkat lunak, jasa konsultan, teknologi informasi, dan masih banyak lagi. Posisi yang bisa ditempati misalnya, IT consultant, system analyst, IT manager, web developer, system integrator, database administrator, researcher. Kalau kamu juga ingin melanjutkan kuliah hingga ke jenjang S2 dan S3 lalu menjadi dosen pun masih banyak peluang, lho. Atau pun, setelah kuliah langsung menikahi sang pujaan hati lalu merintis bisnis dalam bidang IT juga prospektif. Jangan khawatir, selama kamu optimis dan berusaha keras akan selalu ada masa depan yang cerah.

 

Kampus Lain dengan Jurusan Sistem Informasi Juga

Binus, salah satu universitas yang punya jurusan sistem informasi via http://sis.binus.ac.id/

Binus, salah satu universitas yang punya jurusan sistem informasi via http://sis.binus.ac.id/

Selain Universitas Indonesia, ada beberapa universitas negeri dan swasta yang juga memiliki program studi Sistem Informasi. Inilah daftar universitas negeri di Jawa Barat buat kamu yang ga mau jauh-jauh dari Jakarta, yaitu:

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Selain itu, daftar universitas swasta yang memiliki program studi Sistem Informasi adalah:

  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Bina Nusantara.

 

Biaya Kuliah Jurusan Sistem Informasi

Berapa biaya kuliah di Sistem Informasi UI? via ririsatria40

Berapa biaya kuliah di Sistem Informasi UI? via ririsatria40

Biaya kuliah yang harus disiapkan jika kamu masuk ke jurusan Sistem Informasi berbeda setiap program. Biaya Operasional Pendidikan (BOP) untuk sarjana program regular setiap semesternya adalah Rp7.500.000,00 sarjana program pararel setiap semesternya adalah Rp8.000.000,00 dan untuk program ekstensi adalah Rp10.000.000,00 setiap semesternya. Untuk lengkapnya boleh klik di sini (http://www.ui.ac.id/akademik/biaya-pendidikan.html). Hanya mahasiswa program regular saja dapat mengajukan keringanan biaya BOP ke Direktorat Kemahasiswaan. Syarat dan ketentuan berlaku, ya. Program ini juga dinamakan Program Biaya Pendidikan Berkeadilan. Universitas Indonesia juga menyediakan banyak beasiswa untuk mahasiswa reguler, kamu juga boleh mencicil sesuai prosedur yang berlaku, dan bahkan Universitas yang kece badai ini menyediakan bantuan bagi mahasiswa yang kurang mampu. Don’t worry, be happy!

Jadi gimana, pengen apa pengen banget masuk ke jurusan Sistem Informasi UI?

 

http://ban-pt-universitas.blogspot.my/2015/04/universitas-jurusan-komputer-teknik-informatika-terbaik-di-indonesia.html

http://www.ui.ac.id/



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (71%)
  • 😆 (11%)
  • 😊 (6%)
  • 😭 (5%)
  • 😒 (3%)
  • 😡 (2%)
  • 😮 (1%)