Setelah lulus sekolah atau kuliah, hal yang paling penting dan menjadi agenda utama bagi seorang fresh graduate adalah mencari pekerjaan. Namun sayangnya, kurangnya persiapan dalam melamar pekerjaan sering kali mengakibatkan mereka untuk melamar pekerjaan di banyak perusahaan tanpa mengetahui jenis pekerjaan yang ditawarkan terlebih dahulu.

Permasalahan yang sering terjadi bagi seorang fresh graduate adalah lebih memilih untuk mendapatkan pekerjaan secepat mungkin daripada menentukan pilihan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya informasi tentang lowongan pekerjaan, keterbatasan informasi tentang jenis pekerjaan tersebut, dan kurangnya informasi tentang company profile.

Proses melamar pekerjaan yang tidak sistematis dan tidak terarah ini cenderung menghabiskan banyak biaya waktu. Melamar pekerjaan membutuhkan banyak biaya, seperti fotokopi berkas kelengkapan lamaran, pasfoto, biaya perangko dan pos, dan biaya transport. Melamar pekerjaan merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah. Banyak jobseekers yang menunggu waktu berhari-hari, bahkan berbulan-bulan untuk medapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, informasi mengenai perusahaan dan jenis pekerjaan yang ditawarkan harus dipelajari terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan.

Melamar pekerjaan ibarat memperebutkan satu kursi dan bersaing dengan puluhan dan bahkan ratusan pesaing. Oleh karena itu, kita harus memiliki cara yang sistematis dan teratur agar dapat mengefisienkan waktu dan biaya dalam mendapatkan posisi tertentu. Berikut beberapa tips cara melamar pekerjaan di banyak perusahaan dengan efisien.

Siapkan CV kamu sebaik-baiknya (lihat contoh CV bahasa inggris), siapkan surat lamaran pekerjaannya (yang ini contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris),

1. Mengirim lamaran pekerjaan melalui e-mail

kirim lewat email. (Sumber:)

kirim lewat email. (Sumber:Photo Credit: 13121982.owen.jeffers.sheer via Compfight cc)

Sekarang, sudah banyak perusahaan yang menggunakan alternatif alamat menggunakan e-mail. Pengiriman lamaran pekerjaan menggunakan email lebih efisien dan lebih cepat. Selain itu, mengirim surat lamaran menggunakan email juga tidak membutuhkan banyak biaya. Kemudahan lain yang bisa didapatkan adalah beberapa perusahaan akan melakukan sistem otomatis untuk membalas e-mail kita sebagai notifikasi bahwa e-mail telah diterima.

advertisement

Pada awalnya, mungkin kita akan mengeluarkan sejumlah biaya scan untuk membuat softcopy dokumen, misalnya ijazah, transkrip nilai, KTP, dan beberapa dokumen lain. Namun biaya sekali scan ini dapat kita pakai untuk mengirim beberapa lamaran pekerjaan.

 

2. Melamar pekerjaan lewat situs web penyedia lowongan pekerjaan

Melalui situs web penyedia lowongan pekerjaan

Melalui situs web penyedia lowongan pekerjaan. (Sumber:Photo Credit: IlocosNorte via Compfight cc)

Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, telah banyak tersedia jasa penyedia lowongan pekerjaan. Beberapa diantaranya adalah jobstreet, jobsdb, jobdesk dan lain sebagainya.

Kelebihan situs web penyedia lowongan pekerjaan ini adalah calon pelamar diwajibkan mengisi informasi pribadi dan informasi pendukung secara lengkap, tidak lupa lengkap dengan foto sang calon pelamar. Usahan untuk memilih foto yang formal dengan pose terbaik. Kesan pertama yang baik akan menghasilkan reaksiyang baik pula.

Setelah itu, kita juga disarankan untuk mengisi kolom resume.Pada kolom ini,kita sebaiknya mengisi latar belakang pendidikan, kelebihan, serta softskill yang kita miliki. Selain itu, kita juga dapat memilih bidang pekerjaan yang kita inginkan. Apabila kita berlangganan updatedari situs web tersebut, kita akan mendapatkan email notifikasi lowongan pekerjaan yang tersedia, yang sesuai dengan bidang yang kita pilih sebelumnya. Dan untuk melamar pekerjaan tersebut, kita hanya perlu melamar melalui akun yang kita buat.

 

advertisement

3. Melamar pekerjaan lewat media sosial

Linkedin juga bisa dipake buat ngelamar kerjaan. (Sumber: linkedin.com)

Linkedin juga bisa dipake buat ngelamar kerjaan. (Sumber: linkedin.com)

Beberapa perusahaan kini juga telah memperluas jaringannya melalui media sosial. Salah satu media sosial profesional yang sering dipakai dalam hubungan pekerjaan adalah LinkedIn.

Media sosial ini memiliki kelebihan dibandingkan yang lainnya. Terdapat kolom resume, softskill, latar belakang pendidikan, prestasi yang pernah diraih, kemampuan bahasa, dan lain sebaginya, yang dapat dengan mudah ditampilkan kepada koneksi yang terhubung dengan kita. Sehingga LinkedIn lebih seperti rangkuman lengkap tentang kita secara profesional. Beberapa perusahaan juga telah bergabung dalam media sosial yang satu ini, dan tak jarang mereka menyebarkan informasi lowongan pekerjaan melalui postingan di LinkedIn. Untuk melamar pekerjaan, kita cukup mengirimkan pesan langsung ke akun LinkedIn perusahaan tersebut.

 

4. Melamar pekerjaan melalui situs resmi perusahaan yang dituju

Melalui situs resmi perusahaan yang dituju. (Sumber: Chevron)

Melalui situs resmi perusahaan yang dituju. (Sumber: Chevron)

Hampir setiap perusahaan saat ini telah memiliki situs web resmi sendiri. Hal ini memudahkan para calon pelamar pekerjaan yang memang ingin bekerja di perusahaan tersebut. Contoh perusahaan yang menyediakan sistem rekrutmen di situs webnya adalah Chevron Indonesia,  Telkom Indonesia, ZaloraTraveloka, dan banyak yang lainnya.

Kelebihan dari mendaftar langsung ke situs resmi perusahaan adalah kita dapat melihat company profile terlebih dahulu, produk yang mereka buat, dan informasi terkait lowongan pekerjaan yang tersedia. Biasanya, untuk pekerjaan di situs resmi perusahaan, kita cukup mengisi formulir online yang disediakan oleh situs tersebut. Setelah mendaftar, kita akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail. Informasi lebih lanjut mengenai lolos atau tidaknya kita pada seleksi tahap awal, akan diinformasikan pula melalui email.

 

5. Melamar pekerjaan lewat jobfair atau carier expo

Ikut jobfair. (Sumber:)

Ikut jobfair. (Sumber:Photo Credit: USAG-Humphreys via Compfight cc)

Hampir setiap minggu di setiap kota di Indonesia diadakan jobfair atau carier expo, tempat beberapa perusahaan turut serta mencari calon pelamar terbaik. Beberapa jobfair ada yang diselenggarakan secara gratis, namun juga ada yang dipungut biaya. Biaya untuk sekali masuk ke dalam areal jobfair biasanya dipatok antara Rp25.000 sampai dengan Rp50.000. Dengan biaya sekian kita memiliki kesempatan untuk memasukkan berkas lamaran pekerjaan kita ke beberapa instansi atau perusahaan yang ikut serta dalam jobfair tersebut.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti jobfair adalah berpakaian sopan dan rapi layaknya pencari kerja, serta mempersiapkan berkas lamaran kerja sebanyak-banyaknya. Karena kita belum tahu, lowongan pekerjaan apa saja yang akan tersedia di stan-stan perusahaan yang mengikuti jobfair. Dengan mendatangi jobfair, kita memiliki kesempatan untuk melamar berbagai posisi yang ditawarkan di beberapa perusahaan, pada satu tempat dan satu waktu, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Oleh karena itu, persiapkan diri dan berkas-berkas lamaran pekerjaan sebelum mengikuti jobfair.

Kamu bisa melihat jadwal job fair yang ada di seluruh Indonesia lewat halaman ini.

 

6. Mengikuti informasi terkini di Job Placement Center universitas

Mengikuti informasi terkini di Job Placement Center universitas. (sumber: cfc.ui)

Mengikuti informasi terkini di Job Placement Center universitas. (sumber: cfc.ui)

Beberapa universitas saat ini sudah memiliki Career Center atau Job Placement Center yang telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia. Contohnya adalah Career Development Center Universitas Indonesia (UI)Institut Teknologi Bandung (ITB) Career Center, dan sebagainya. Cek apakah kampusmu punya yang seperti ini.

Kelebihan melamar pekerjaan melalui Career Center atau Job Placement Center salah satunya adalah pesaingnya lebih sedikit karena hanya sebatas lulusan dari universitas yang sama dengan kita. Selain itu, informasi mengenai posisi yang ditawarkan biasanya akan diinformasikan secara jelas oleh pihak Career Center atau Job Placement Center melalui situs web, atau ditempelkan di papan pengumuman.

Selain itu, adanya Career Center atau Job Placement Center membantu perusahaan untuk melakukan seleksi langsung terhadap lulusan terbaik dari universitas kita dengan mengadakan Campus Hiring. Kelebihan mengikuti Campus Hiring adalah kita akan bertatap muka langsung dengan pihak HRD atau bahkan manajer bidang tertentu dari suatu perusahaan untuk seleksi karyawan baru. Dengan mengikuti Campus Hiring, kita cukup menghemat biaya dan tenaga karena tidak dipungut biaya dan sistemnya adalah one stop selection, atau seleksi dari awal hingga akhir dalam satu hari yang sama di tempat yang sama.

Demikianlah cara pintar untuk melamar pekerjaan dengan efisien dan hemat biaya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu-kamu yang membutuhkan. Happyhunting” and good luck!

 



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (33%)
  • 😭 (31%)
  • 😡 (10%)
  • 😒 (7%)
  • 😆 (6%)
  • 😍 (6%)
  • 😮 (5%)