Bercita-cita menjadi diplomat atau konsulat yang mewakili kepentingan Indonesia di dunia luar? Ingin bekerja di lembaga swadaya masyarakat asing (International NGO)?

Ingin bekerja sekaligus berkesempatan melakukan kunjungan ke luar negeri sebagai bagian dari pekerjaan kamu? Mungkin kamu harus menengok jurusan yang satu ini: Hubungan Internasional FISIP UI.

Sekilas Tentang Jurusan Hubungan Internasional

Bagaimana Perkuliahan di Prodi Hubungan Internasional? via hmhiui

Bagaimana Perkuliahan di Prodi Hubungan Internasional? via hmhiui

Program Studi (atau prodi) Hubungan Internasional FISIP UI merupakan salah satu jurusan yang di kampus oleh FISIP UI. Dengan akreditasi A, prodi ini memberikan pengajaran berkualitas tentang cara memahami, menjelaskan, dan menganalisa berbagai fenomena hubungan internasional, dan membantu pihak-pihak yang terkait untuk terhubung dan bekerja sama sehingga tercapai kerja sama internasional dan perdamaian dunia. Dengan pemahaman atas masalah dan fenomena internasional ini, lulusan Prodi Hubungan Internasional diharapkan dapat ikut serta berperan aktif di dalam profesi yang terkait dengan bidang ini, baik di sektor pemerintahan, riset, pendidikan, dan sektor lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional.

BACA JUGA: Jangan Kuper di Pergaulan Internasional, Ini Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Karena itulah Prodi Hubungan Internasional banyak memberikan keterampilan untuk berinteraksi dalam pergaulan internasional yang menyangkut hubungan antarnegara. Pada cakupan yang lebih dalam, pergaulan Internasional ini menyentuh interaksi di antara organisasi internasional dan perusahaan multinasional. Prodi Hubungan Internasional FISIP-UI hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota 50% berasal dari jalur undangan atau SNMPTN, dan 50% sisanya berasal dari jalur ujian tulis atau SBMPTN dan SIMAK-UI.

 

advertisement

Bagaimana Perkuliahan di Jurusan Hubungan Internasional?

Dua Mahasiswa HI peraih penghargaan “Best Diplomacy Award” dalam Harvard World Model United Nations via indonesiaproud

Dua Mahasiswa HI peraih penghargaan “Best Diplomacy Award” dalam Harvard World Model United Nations via indonesiaproud


Kurikulum yang dikembangkan di Prodi Hubungan Internasional utamanya memberikan pemahaman mendalam tentang Diplomasi dan Analisis Politik Luar Negeri, Teori Ekonomi Politik Internasional, Isu-isu Keamanan Transnasional, dan Kebijakan Luar Negeri Indonesia.

Total SKS yang harus diambil untuk menyelesaikan prodi ini adalah minimal 144 SKS yang dapat dicapai dalam waktu 8-12 semester.

Berikut adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu temui jika kamu masuk ke Prodi Hubungan Internasional:

  1. Colloquium (JTBTS) (SPIH600017) =>Mata kuliah ini dapat dianggap sebagai mata kuliah pengganti skripsi, karena wajib diambil oleh mereka yang memilih jalur tamat belajar tanpa skripsi (JTBTS). Pada mata kuliah ini, mahasiswa dituntut untuk mempresentasikan inovasi pemikiran dan keahliannya berdasarkan mata kuliah yang telah diambil. Syarat untuk mengambil mata kuliah ini adalah minimal telah menyelesaikan 110 SKS.
  2. Dinamika Asia Tenggara dan Asia Timur (SPIH600030) => Mata Kuliah ini membahas faktor yang memengaruhi dinamika kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur, terutama dalam bidang politik, ekonomi, dan keamanan.

Seperti halnya dengan Asia Tenggara dan Asia Timur, nantinya kamu pun akan bertemu dengan mata kuliah yang mendiskusikan dinamika kawasan seperti berikut ini:

– Dinamika Kawasan Amerika (SPIH600036)

– Dinamika Kawasan AsSel dan AsTeng (SPIH600039)

advertisement

– Dinamika Kawasan Eropa (SPIH600037)

– Dinamika Kawasan Timur Tengah dan Afrika (SPIH600019)

-Dinamika Pembangunan di Asia Timur (SPIH600041)

Selain membahas dinamika kawasan, kamu juga membahas pergaulan internasional dari sisi kekuatan ekonomi, politik, dan keamanan. Isu-isu terkini akan masuk di dalam diskusi. Karenanya, prodi ini sangat cocok untuk kamu yang suka mengikuti berita internasional terkini, memiliki cara pandang yang kritis, dan yang bisa memberikan informasi dengan cara diplomatis.

 

Ke Mana Setelah Lulus dari Jurusan Hubungan Internasional?

Ke Mana Setelah Lulus dari Prodi Hubungan Internasional? via hmhiui

Ke Mana Setelah Lulus dari Prodi Hubungan Internasional? via hmhiui

Setelah semua diskusi kuliah tentang dinamika wilayah, kemanakah kamu setelah lulus dari Prodi Hubungan Internasional? Well, banyak sekali pilihannya. Beberapa profesi di bawah ini adalah contohnya.

  • Duta besar: Salah satu profesi dari diplomat, dan yang paling terkenal, duta besar, berada di bawah Kementerian Luar Negeri. Seorang duta besar harus dapat memahami isu-isu internasional, khususnya bagi negara yang diwakillinya. Diskusi dan pemahaman dinamika wilayah pada mata kuliah Hubungan Internasional di atas akan membekali kamu untuk dapat menjadi duta besar yang benar-benar dapat menjalankan tugasnya.
  • International officer: Merupakan orang yang bekerja khusus untuk menangani kasus atau permasalahan internasional. Seorang International Officer dapat bekerja di beberapa institusi, seperti Kementerian Luar Negeri, Kedutaan besar, Konsulat, Atase ataupun LSM asing (atau yang dikenal dengan nama INGO–International Non-Governmental Organization). Posisi sangat ideal untuk ditempati oleh lulusan Prodi Hubungan Internasional yang dapat mengintegrasikan seluruh materi dalam perkuliahan dan menuangkannya menjadi tindakan nyata.
  • Peneliti: Meneliti isu-isu internasional. Bekerja untuk mendapatkan solusi dari masalah internasional yang ada. Seorang lulusan Prodi Hubungan Internasional yang memahami hukum internasional dan kasus-kasus yang sedang Internasional hot topics memiliki keterampilan untuk meneliti permasalahan internasional dan menjadikannya cocok untuk posisi ini.
  • Politisi: Selalu peka dan dituntut aktif terhadap isu-isu politik yang erat kaitannya dengan persoalan negara, membuat seorang lulusan Hubungan Internasional memiliki kemampuan politik yang baik.
  • Jurnalis/wartawan: Menjadi jurnalis atau wartawan berarti mewajibkan diri untuk selalu berpikir kritis, analitis, dan mengetahui perkembangan dunia terkini. Sikap tersebut merupakan sikap yang sewajarnya ada dalam diri lulusan Prodi Hubungan Internasional, dan karenanya menjadikan pekerjaan ini sebagai salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan Prodi Hubungan Internasional.
  • Akademisi/dosen: Bila kamu benar-benar menguasai segala hal yang berkaitan dengan teori ataupun praktik dari suatu bidang keilmuan, kamu tentu akan memiliki peluang sebagai seorang akademisi atau tenaga pengajar atau dosen. Jika kamu benar-benar menyukai segala hal yang berkaitan dengan teori dan praktik pada ilmu Hubungan Internasional, dan kamu suka membagikan ilmu kamu, maka menjadi dosen pada Prodi Hubungan Internasional adalah pekerjaan yang cocok untuk kamu.

Selain di atas, tentu masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan yang dapat dijalani oleh lulusan Hubungan Internasional. Semua pekerjaan yang berkaitan dengan interaksi internasional dan berpotensi untuk bersentuhan dengan hukum internasional adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan prodi ini.

 

Selain UI, Universitas Mana yang Membuka Jurusan Hubungan Internasional?

Selain UI, Universitas Mana yang Membuka Prodi Hubungan Internasional? via hmhiui

Selain UI, Universitas Mana yang Membuka Prodi Hubungan Internasional? via hmhiui

Selain di UI, beberapa universitas negeri yang membuka Prodi Hubungan Internasional dengan akreditasi A adalah UNAIR, UGM, UI, UNEJ, UNPAD dan UIN Hidayatullah. Sedangkan universitas swasta wilayah Jabotabek yang membuka Prodi Hubungan Internasional dengan akreditasi A, dapat ditemui diIISIP dan Universitas Moestopo.

 

Berapa Biaya Perkuliahan di Jurusan Hubungan Internasional?

Berapa Biaya Perkuliahan di Prodi Hubungan Internasional? via hmhiui

Berapa Biaya Perkuliahan di Prodi Hubungan Internasional? via hmhiui

Seperti S1 Reguler jurusan sosial lainnya, biaya kuliah untuk S1 Reguler Prodi Hubungan Internasional berkisar antara Rp100.000,00 – Rp5.000.000,00 yang dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). Biaya ini hanya dibayarkan sekali tiap semester tanpa tambahan biaya SKS.

Gimana? Pasti makin tertarikkan dengan Prodi Hubungan Internasional? Jika ada yang ingin kamu tanyakan, jangan ragu-ragu untuk datang langsung ke Prodi Hubungan Internasional FISIP-UI. Good luck, ya!

Source:

http://www.jurusankuliah.info/2015/02/prospek-kerja-jurusan-hubungan-internasional.html

http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-ilmu-sosial-dan-ilmu-politik/s1-ilmu-hubungan-internasional.html



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (76%)
  • 😊 (9%)
  • 😭 (5%)
  • 😮 (3%)
  • 😒 (2%)
  • 😡 (2%)
  • 😆 (2%)