Halo, kembali bersama saya Robi Erwin pariwis 2010. Iseng nulis lagi nih tentang tips dan trik internetan di hotspotan UI. Bagaimana dengan artikel sebelumnya? Semoga setiap artikel yang saya posting bisa berguna bagi kita semua. Pada kesempatan ini saya mencoba membahas tentang seberapa dahsyatnya internetan dengan hotspot UI.

Oke jika pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang bagaimana menggunakan yahoo messanger ketika berinternet ria dengan hotspot UI maka sekarang saya akan mebahas . Bagaimana menggunakan Internet Download Manager sebagai aplikasi untuk download mendownload. Yups caranya hampir sama dengan artikel yang saya maksud yang sudah saya bahas.

Bagi yang belum tau apa itu Internet Download Manager bisa langsung googling aja. Pasti tanpa googling dari nama aplikasinya saja kamu sudah bisa tau kegunaan dari aplikasi tersebut. Kenapa si dibahas cara pakainya toh saya juga sudah ngerti cara pemakaiannya? Eits sabar kaka saya cuma pengen berbagi saja, pada anakui.com juga tidak pernah dibahas tentang hal tersebut.

Ngga pakai lama deh saya juga lagi UAS nulis artikel ini. Kaka-kaka sekalian langsung saja download aplikasinya di www.internetdownloadmanager.com atau searching di google untuk download aplikasinya. Udah? Langsung instal di komputer kaka saja. Bagaimana caranya? Oke tinggal next-next saja kok nanti ada persetujuan tinggal agree-agree aja. Wkakaka kalau niat ya dibaca dulu persetujuannya.

Oh ya sebelumnya saya ingin memberitahu bahwa IDM adalah aplikasi shareware, apa tuh? Ya aplikasi boleh dipakai alias boleh digunakan Cuma-Cuma tapi ada batas waktunya. Tetapi ada juga pada masa trial tidak ada batas pemakaian akan tetapi tidak dapat menggunakan fitur secara keseluruhan. Ga enak donk kalau gitu? Ya, kalau mau tanpa trial bisa kaka sekalian membeli aplikasinya dan mendapatkan serial numbernya.

Beda sama freeware itu apa? Oke jelas beda karena freeware kita bebas memakainya tanpa ada batas-batasan tertentu seperti yang ada di shareware akan tetapi kita tidak diperbolehkan untuk otak-atik di aplikasi tersebut. Namun aplikasi open source kaka sekalian diperbolehkan untuk memodifikasi aplikasi yang terkait dan bebas menggunakannya. Loh kok saya melenceng dari pembahasan si? Hehe sekedar ingin mengingatkan saja jika nanti dalam penggunaan IDM kaka sekalian mendapati batas waktu selama 7 hari untuk masa pemakian aplikasi.

advertisement

Mari kita sama-sama lanjutnya pembahasan ini. Sekarang langsung koneksikan komputer Anda lewat hotspot UI. Terus coba download deh bisa ga dengan IDM? Bisa ga? Sudah pasti ngga bisa jawabannya. Loh kenapa? Karena kita belum melakukan penyetingan terhadap konektivitas dari aplikasi.

He’em oke2 langsung aja deh kita melakukan penyetingan coba buka aplikasi IDM yang sudah di install sebelumnya. Coba lihat gambar berikut ini.

Oke kita lakukan settingan proxy dan akun siak ng kita di aplikasi tersebut agar dapat dipakai.

advertisement

Coba lihat gambar diatas saya menggunakan akun siak ng saya dengan password siak ng juga di form password. Oh iya jangan lupa diberi tanda centang juga pada Use HTTP Proxy, Use HTTPS Proxy, Use FTP Proxy dengan 152.118.24.10 dengan port 8080 tentunya. Oke sehabis itu jika ada problem tetap tidak bisa mendownload coba jangan lupa mengintegrasikan IDM dengan browser yang kaka pakai pada tab General.

Haduh cape juga saya tulis artikel ini banyak sekali, dan akhirnya selesai juga . Oke coba download deh dengan IDM berapa kecepatan koneksi kaka sekarang? Cuma ingin berbagi cerita menarik dari sahabat penulis tentang koneksi dewa hotspot UI.

Wembris Isral/Pariwisata/2010 perharinya mendownload 210-300 MB,

Dwi Suryoto/Pariwisata/2010 perharinya bisa mendownload 1 Gb – 1, 5 GB per harinya,

Dan Saya(Robi Erwin Setiawan)/Pariwisata/2010 bisa mendownload perharinya 1,5-3 GB.

Itu berarti jika kapasitas harddisk saya adalah 80GB maka akan penuh kurang dari 3 bulan. Kecepatan yang pernah penulis rasakan untuk download adalah 0,5-1,5MB/sec. dan untuk upload kisaran 500Kb-1Mb/sec. ini untuk server IIX atau server lokal. Berikut gambar yang penulis ambil ketika mendownload salah satu OS linux selama berada di kampus UI kita tercinta di Gedung H FISIP UI Lat.4. Hehehe πŸ˜€

Saya bukan pengguna OS dari paman bill lalu bagaimana donk? Saya pecinta open source dari pinguin imut ,masa untuk windows aja yang dibahas?! Eits tenang untuk pecinta linux bisa merapat ke TeKaPe. Disini saya tidak akan membahasnya. Soal kualitas bagaimana? Tenang ga kaya IDM berbayar, ini gratis tis tis aplikasinya mantap dan kecepatan kita yang menentukan. Selanjutnya untuk OS linux baca disini.

Share donk pengalaman dahsyat kaka selama hotspotan di kampus kita tercinta. Oh ya kecepatan koneksi bisa makin gede lagi jika OS kita, kita tweak biar performa boost! hehe tapi bagaimana tweaking OS ga saya bahas disini. Artikel ini cuma informasi saja mengenai dahsyatnya koneksi di UI. Bayangkan kita punya mirror untuk linux dengan kecepatan segini. Buat informasi lebih lanjut bisa dilihat disini.

Penulis pernah berdiskusi tentang koneksi di UI dengan salah satu admin kambing UI. Beliau berkata bahwa beliau pernah mendownload hingga 6MB/Sec. wah bukan main angka sebesar itu. Kita patut bersyukur kita bisa kuliah di Universitas Indonesia. πŸ™‚ Komen, kritik, dan saran saya tunggu. πŸ˜€



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (60%)
  • 😆 (40%)
  • 😡 (0%)
  • 😭 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😊 (0%)
  • 😒 (0%)