Mungkin istilah UKT atau Uang Kuliah Tunggal merupakan istilah yang udah gak asing lagi bagi kamu mahasiswa UI yang sering mantengin sosial media. Yup, isu-isunya sih biaya UKT di UI akan naik seperti yang heboh dibahas tempo hari. Mahasiswa dari berbagai fakultas pun yang menolak kebijakan ini tidak bisa hanya tinggal diam. Mereka membuat aliansi atau gerakan intelektual untuk menolak rencana tersebut, yang sekarang familiar disebut dengan UI Bersatu.

Respons dari masing-masing individu pun berbeda-beda terkait kenaikan UKT ini. Ada yang ikutan bergerak, ada yang apatis nunggu keputusan dan iya-iya aja, dan ada pula yang cuma ngompor-ngomporin. Kalo anakui.com? Ya, ambil hikmahnya aja, bersyukur karena masih ada hal-hal yang gak akan berubah meskipun biaya UKT akan naik. Apa aja tuh? Ini dia!

BACA JUGA: Katanya UI Butuh Duit? Mahasiswa Lakukan Seruan Aksi

 

Gedung Rektorat Gak Akan Pindah

Gedung Rektorat Gak Akan Pindah via zulfikri

Gedung Rektorat Gak Akan Pindah via zulfikri

Gedung rektorat yang merupakan dinasti dari Pak Rektor dan juga merupakan salah satu ikon dari Universitas Indonesia itu sendiri gak akan pindah meskipun UKT naik. Ya, kali dipindahin ke samping Istana Bogor.

 

advertisement

Warna Jakun Tetep Kuning

Warna Jakun Tetep Kuning via ageoftreasure

Warna Jakun Tetep Kuning via ageoftreasure

Karena kuning merupakan ciri khas dari UI, maka jelas jakun gak berubah warnanya jadi lebih elegan—gold or silver, misalnya. Ya, kali gitu yang bayar UKT paling mahal nanti dapet Jakun Gold Edition. Kan bangga bisa pamer. Kecuali jakun yang ada di leher, bisa aja kalo kamu nelen gincu, nanti berubah jadi warna merah. Meskipun saya sendiri gak tau jakun yang di leher itu warna apa.

 

Di Halte Vokasi, Bikun Langsung Kosong

Di Halte Vokasi, Bikun Langsung Kosong via jazzyputri

Di Halte Vokasi, Bikun Langsung Kosong via jazzyputri

Ah, fenomena pagi hari yang gak bisa terlewatkan. Kalo gue jadi anak Vokasi yang gak bawa kendaraan pribadi pasti bingung juga sih buat sampe ke kampus yang cepet gimana. Dari stasiun UI, mau jalan, kaki sampe sana bisa copot. Mau ngojek, tau sendiri mahalnya ojek UI kayak gimana. Pilihannya ya kalo gak make ojek ojek gaul itu ya naik bikun. Tapi enakan bikun sih ya. Gratis. UKT naik gak akan bisa menciptakan teleport bagi mahasiswa UI biar bisa langsung nyampe kampusnya masing-masing ketika ngedip.

 

MUI Tetep Asik Buat Tiduran

Selain buat ibadah, MUI tetep asik buat tiduran via mtqmn14

Selain buat ibadah, MUI tetep asik buat tiduran via mtqmn14

Yak. Buat kamu yang pernah duduk duduk sante di MUI pasti pernah merasakan sensasi sepoi sepoi dan nikmatnya karpet MUI. Gokil gak, tuh? Ah, gak usah muna deh. Kamu pasti pernah pura-pura gak baca kalo gak boleh tiduran di lantai, padahal paham betul itu larangan. Iya, makanya gue seringnya tidurnya di karpet bukan di lantai. DI KARPET. HEHEHE. Yang bikin peraturan perhatian ya, takut yang boboan masuk angin kali ya. Harapan buat kamu, mungkin UKT naik bisa nih MUI ditambahin AC biar lebih asoy. Ah tapi naik gak naik, MUI tetep pewe kok.

 

advertisement

Mainnya ke Margo Margo juga

Yaelah, mainnya tetep ke Margo pasti via bioskop21

Yaelah, mainnya tetep ke Margo pasti via bioskop21

Mau UKT naik kek, mau tetep kek, tetep aja anak UI mah mainnya ke Margo Margo juga. Mana lagi pusat penghiburan diri paling lengkap selain Jalan Raya Margonda dan sekitarnya di kala tugas-tugas kuliah melanda dan bosen menyiksa? Godaan akan tetap ada, Nak.

 

Kamu Tetep Jomblo

Kamu Tetep Jomblo via kuliahabroad

Kamu Tetep Jomblo via kuliahabroad

UKT naik pun gak akan bisa bikin status kamu berubah layaknya SIAK yang tadinya empty menjadi not published. Begitu pula status kamu, gak akan berubah dari jomblo menjadi in a relationship. Kalo Pak Rektor bikin paket UKT paling mahal tapi bonus pasangan sih, ya masih bisa mikir-mikir deh.

Nah, itu dia kira-kira hal-hal yang akan tetap jika biaya UKT ditetapkan naik. Mau naik mau nggak, ambil hikmahnya aja. Kalo tetep, ya jadiin buat evaluasi dan bersyukur aja karena gak jadi naik, jadi bisa menghargai uang dan kerja keras ortu kita. Kalo naik, yaudah mau diapain lagi. Tinggal usaha kita aja yang harus maksimal agar biaya kuliah itu gak sia-sia dan manfaatin fasilitas yang ada semaksimal mungkin.

Tulisannya enak dibaca sambil makan nasi goreng. Garing.

 



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😆 (65%)
  • 😒 (18%)
  • 😊 (5%)
  • 😮 (5%)
  • 😡 (3%)
  • 😭 (3%)
  • 😍 (3%)