Wah, gak kerasa ya ternyata sebentar lagi UI dan beberapa kampus lainnya udah kedatangan dede-dede gemes lagi. Dan seperti biasa, banyak timbul pertanyaan dalam benak mereka, baik dari yang khawatir, penasaran, sampe pertanyaan-pertanyaan yang lebih baik gak usah dijawab, ngerasain sendiri lebih asik deh pokoknya. Biasanya, pertanyaan yang muncul adalah “Apa sih bedanya kuliah sama SMA?”

Dosennya? Tempatnya? Waktu belajarnya?

Ah, itu mah kita udah tau. Kali ini, anakui.com secara spesifik akan ngasih tau ke kamu-kamu semua kira-kira hal-hal apa aja sih yang akan ngebedain kehidupan kamu di kuliah dan di SMA? Yuk, baca aja biar gak penasaran!

BACA JUGA: Adik-adik SMA, Pahami Hal Ini Sebelum Masuk Dunia Perkuliahan

 

Muka Kamu: Tambah Tua

Saking pusingnya sama matkul, muka lama-lama jadi tua via reyocaesar

Saking pusingnya sama matkul, muka lama-lama jadi tua via reyocaesar

Kata orang, menjadi tua itu pasti, tapi dewasa itu pilihan. Gue tambahin: muka bertambah tua, ya pasti sekali. Iya, di kuliah ini kamu akan dihadapkan pada berbagai macam permasalahan real yang belum kamu dapati sebelumnya. Permasalahan-permasalahan inilah yang membuat kamu berpikir secara terus-menerus sehingga kamu menjadi tua sedikit demi sedikit dan lama-lama capek sendiri.

advertisement

Gak deng gak juga. Kalo kamu rajin ngerawat diri dan gak stress gitu aja, ketika dihadapkan pada berbagai permasalahan juga nanti muka kamu biasa-biasa aja. Muka mah gak ngaruh, yang penting sikap dan isi otak. Eaaa.

 

Status: Kemungkinan Kecil Berubah

Status: Kemungkinan Kecil Berubah via bacaanmenarik

Status: Kemungkinan Kecil Berubah via bacaanmenarik

Pertama, buat kamu yang jomblo dari dulu, silakan aja berharap di kehidupan kuliah ini status kamu akan berubah karena akan banyak juga ketemu orang baru, tapi admin gak janji banyak ya hehe soalnya ya gitu deh. Berharap sih boleh tapi jangan sedih kalo cuma bertepuk sebelah tangan.

Yang kedua, buat kamu yang lagi in relationship, jangan khawatir, justru kesibukan kesibukan di dunia kampus ini menjadi ajang pembuktian dan pembelajaran seberapa kuat rasa cinta kamu ke doi. Jarak dan waktu bukan penghalang, tapi justru pupuk sebagai rindu yang kelak menjadikannya tambah subur. Ea asik ga tuh?

 

Kerajinan: Mengurang Sedikit

Kerajinan masuk kuliah lama-lama berkurang karena fokus organisasi via ktfuiradhasarisha

Kerajinan masuk kuliah lama-lama berkurang karena fokus organisasi via ktfuiradhasarisha

Kalo dulu kamu di SMA kerjanya belajar, main, dan organisasi sesekali, di kuliah kamu akan dihadapkan pada berbagai macam kegiatan yang menggiurkan banget deh pokoknya, yang pastinya bikin kamu penasaran dan pengen ikut terus. Makanya, hal ini yang menyebabkan prioritas kamu yang katanya pertama a.k.a belajar agak berkurang sedikit demi sedikit sehingga yaaa “Males ah nanti aja nugasnya, nanti aja belajarmya, ah temen gue juga paling udah ngerjain, gue tinggal liat aja deh!”

advertisement

Gak ya kamu gak boleh gitu. Harus tetep ngimbangin akademik dan non-akademik biar jadi mahasiswa berprestasi hehe.

BACA JUGA: Ini Kata Mereka yang Suka Aktif di Organisasi

 

Pola Tidur: Tak Teratur

Pola Tidur: Tak Teratur via thicorakmeni

Pola Tidur: Tak Teratur via thicorakmeni

Jikalau saat di SMA kamu mempunyai jadwal yang tetap sehingga biasanya pukul 9 malam udah bisa tidur cantik, lain halnya dengan di dunia perkuliahan ini. Di dunia kuliah kamu akan terbiasa dengan pola tidur yang amburadul; tak teratur. Pokoknya bisa kamu tidur pukul 2 karena begadang ngerjain tugas, main-main doang, bahkan gak tidur sekalipun.

Karena ya kuliah gak kuliah sama aja kayak libur, kamu cuma belajar di bangku kuliah paling lama 6 jam, itu pun gak berurutan. Kalo sekolah kan bisa sampe 9 jam, belum lagi di tambah les sana sini. Di waktu-waktu luang perantara kuliah satu dengan yang lainnya itu kamu bisa main-main sampe puas.

Kalo yang kuliahnya regular; dateng pagi, pulang siang, abis itu langsung nongkrong. Itu kuliah apa anak teka? Yang paralel bangun siang, berangkat kuliah, pulang sorean dikit. Lha, itu kuliah apa bimbel?

 

Isi Dompet: Mepet-Mepet

Ya, makan satu lauk hal yang biasa via dedyalimmuzawwir

Ya, makan satu lauk hal yang biasa via dedyalimmuzawwir

Sebagai penyandang status-bukan-siswa-lagi, kamu juga pasti dituntut secara tidak langsung untuk mengatur keuangan kamu sendiri; mulai dari makan, jalan, ongkos, bensin, nongkrong, dan lain sebagainya. Banyak pengeluaran tak terduga yang akan mengacaukan neraca rencana kamu. Tinggal gimana kamu strict sama diri sendiri dan nempatin prioritas pengeluaran aja sih sebenernya, kan tiap orang beda-beda. Manjain diri itu perlu sesekali, asal jangan sampe nyiksa dompet aja. Ingat! Mahasiswa tetaplah mahasiswa. Gratisan adalah vitamin terbaik bagi dompet kamu.

Gimana? Udah tau dong sekarang selain tempat, seragam, dosen, SKS, jadwal kuliah, manajemen waktu, ternyata banyak juga hal-hal yang membedakan kuliah dengan SMA? Ya nikmatin aja, semua pasti ada masa-masa pahit dan manisnya kok. Karena serunya jadi mahasiswa itu tidak terulang dua kali!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (42%)
  • 😊 (26%)
  • 😆 (21%)
  • 😍 (5%)
  • 😡 (3%)
  • 😮 (3%)
  • 😒 (0%)