Hidup ngekos itu banyak suka dukanya. Sukanya, kalian bisa hidup mandiri, banyak kenalan, bisa aktif organisasi tanpa repot pulang cepet, dan bisa makan mie instan sepuasnya. Dukanya, kalian harus ekstra mengatur berbagai hal, mulai dari rindu yang membara kepada orang tua, masak sendiri, nyuci sendiri, makan sendiri, mandi sendiri, dan tidur pun sendiri. Tapi, nilai tambah buat kalian anak kos adalah kalian dididik untuk menjadi manajer terbaik untuk keberlangsungan hidup kalian guys!

Namun, sering kali anak kos mengeluhkan keuangannya yang dirasa nggak cukup buat kebutuhan kuliah dan sehari-hari. Sebenarnya sih bukan nggak cukup, tapi emang kalian aja yang belum bisa mengatur keuangan kalian dengan baik. Mengatur keuangan untuk kebutuhan kita selama jauh dari orang tua itu penting dan harus benar-benar tau triknya, jadi nggak repot lagi telepon mama papa tiap hari cuma buat ngasih tau kalau kalian butuh uang.

 

Masak Sendiri

Buat kebanyakan anak kos, nilai tambah mereka setelah menikah adalah jago masak. Yap, masak air sampai panci gosong, mie instan, dan masak nasi. Ya setidaknya punya keahlian masak lah ya. Nah, dengan metode masak sendiri, kalian bisa berhemat puluhan ribu bahkan ratusan ribu per bulannya. Coba aja kalau nggak percaya. Kalian masak nasi bisa buat tiga kali makan, pakai tempe goreng, pakai telor goreng, atau sambel-sambelan, kalau dihitung dari kuantitasnya bisa buat tiga kali makan. Tapi kalau beli? Cuma sekali makan tapi dengan biaya yang sama.

 

Beli Pakaian Cowok

Kalau tips ini dikhususkan buat kaum hawa. Kaum hawa ini termasuk kaum yang sangat memperhatikan penampilan, jadi ada macem-macem bajunya dengan berbagai tipe, dari mulai baju buat kuliah, baju buat main, baju buat masak, baju buat mandi, dan baju buat tidur. Bayangkan, mereka sehari bisa pakai empat jenis baju. Sementara cowok? Kuliah, main, sampai tidur bajunya cuma itu aja yang dipakai. Baju-baju cewek umumnya mahal-mahal, sementara cowok? Kaos oblong 15 ribuan pun jadi. Nah, buat kalian kaum hawa, beli baju cowok aja buat menghemat anggaran beli baju baru, soalnya selain nyaman, juga nggak perlu ribet ikat sana ikat sini, cuma tinggal dipakai dan bisa melenggang kemanapun kalian mau.

advertisement

 

Makan Sebelum Belanja

Ini juga salah satu kebiasaan para wanita: Belanja! Cewek kalau udah masuk mall, matanya udah jelalatan, nggak tahan beli ini itu, padahal mereka juga butuh beli kebutuhan primer lain. Nggak cuma cewek, sekarang cowok jadi tertular kebiasaan para kaum hawa. Cowok juga mulai banyak yang tukang belanja; dari belanja celana dalem, baju, kaos, kemeja, sepatu, sepatu futsal, sepatu berkuda, sepatu kayu, sepatu boots, minyak rambut, minyak kumis, minyak jenggot, dan lainnya. Perlu kalian ingat, sebelum belanja, usahakan uangnya disisihkan buat kebutuhan lain dulu: makan! Percuma kan kalau kalian belanja buat ganteng-gantengan tapi perut kelaperan dan minta makan sama temen, jadinya ganteng-ganteng tukang minta dong!

 

BACA JUGA: Nikmatnya Ngekos, Bahagianya PP, Enak Mana?

 

Minum Banyak Air

Buat kalian yang biasanya melaksanakan puasa sunah buat menghemat, bahkan sampai puasa setiap hari satu semester penuh, coba sekarang pakai metode lain buat menghemat. Puasa memang biasa dilakukan mahasiswa ngekos buat menekan biaya makan. Nah, sekarang coba deh ganti cara, kalian banyakin minum air putih aja buat menekan rasa lapar. Kalau yang biasanya cuma dua liter aja sehari, sekarang jadiin lima-delapan liter sehari. Pastikan perut kalian sudah terisi penuh dan jadi manusia gelonggongan. Yakin deh, kalian nggak bakal laper, paling kembung.

advertisement

 

Biasakan Jalan Kaki

Duh, anak ngekos kalau ngekosnya berjarak berkilometer dari kampus, mendingan nggak usah ngekos deh. Buat apa kalian ngekos tapi jarak ke kampus sama aja kaya naik angkot tiga kali? Coba cari kosan yang deket sama kampus, jadi kalau kuliah tinggal jalan kaki aja ke halte bikun terdekat atau naik spekun yang tersedia. Biasakan jalan kaki, selain menghemat pengeluaran transport, bisa juga buat olahraga gratis!

 

Beli Buku Bekas

Ini biasanya yang dijadikan alasan para mahasiswa ngekos buat minta uang tambahan: beli buku buat kuliah. Sering kali memang dosen menyuruh kita untuk membeli buku-buku yang menjadi acuan belajar kita di kelas. Mending kalau itu bukunya tipis dan murah, kalau tebel kan pasti mahal. Untuk itu, cobalah untuk membeli buku-buku itu di toko buku bekas, entah itu tangan kedua, ketiga, keempat atau kesepuluh, asalkan masih layak dan masih bisa dibaca, beli aja! Pasti lebih murah 2-3 kali lipat dari harga barunya.

 

Cari Diskon untuk Pelajar

Kalau bosan makan masakan sendiri yang rasanya asin semua itu, coba deh keluar tapi cari yang menyediakan diskon untuk mahasiswa yang beli. Kalian juga bisa jalan-jalan atau naik angkutan umum yang memiliki kebijakan diskon buat mahasiswa. Dijamin kalian bakal lebih bahagia, apalagi kalau cewek, diskon serasa surga. Kamu cewek dan mahasiswa? Beuh, udah pasti dijamin serasa orang paling bahagia di dunia.

 

BACA JUGA: Kosan Kamu Terus Berantakan? Ini Langkah Bersih-bersih yang Harus Kamu Lakuin

 

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakuin untuk menghemat keuangan kamu ketika jauh dari orang tua semasa kuliah. Bagikan artikel ini di akun Facebook, Twitter, dan Line kamu biar anak-anak kos lainnya bisa menerapkan tips-tips tadi agar bisa survive selama ngekos!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (67%)
  • 😍 (33%)
  • 😒 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)