Kalau berbicara tentang fasilitas di UI, sudah tentu sepuluh jempol siap diacungkan. Eh, kalian cuma punya 2 jempol ya? Ya sudah, angkat dua-duanya deh.

Sobat Anak UI, ngomong-ngomong soal ujian nih, biasanya mahasiswa Universitas Indonesia punya persiapan yang matang-matang dan unik untuk diri mereka sendiri lho, bukan hanya mental dan fisik tapi juga kesiapan belajar dan sarana belajar yang dapat mendukung. Maklum lah, kampus yang terkenal dengan slogan Veritas, Probitas, dan Iustitia ini memiliki mahasiswa yang terkenal genius, kreatif, unik dan fokus pada orientasi masing-masing individu. So, setiap individu bakal punya cara tersendiri untuk memaksimalkan kemampuan mereka sebelum bersaing pada ujian nanti.

Kamu tahu nggak sih ternyata selama masa ujian semester berlangsung, fasilitas-fasilitas dilingkungan kampus Universitas Indonesia dalam sekejap dialihfungsikan? Dialihfungsikan oleh siapa? Rektor? Dosen? Pegawai UI?

Bukan! Fasilitas-fasilitas tersebut secara tidak langsung dialihfungsikan oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Indonesia sendiri untuk kegiatan belajar mereka selama masa ujian berlangsung. Kenapa demikian, bagaimana bisa? Pasti kamu punya banyak pertanyaan. Untuk lebih jelasnya, yuk diintip beberapa tempat-tempat tersebut dibawah ini.

 

BACA JUGA: 

advertisement

 

Kantin dan Lobi Asrama Universitas Indonesia

Wah kantinnya luas dan pewe banget kan keliatannya? (via asrama.ui.ac.id)

Hayo, siapa yang bukan anak Asrama UI tapi sering berkunjung ke Asrama UI untuk kerja kelompok, tutor, diskusi dan mentoring? Pasti banyak diantara kalian yang pernah, ya kan? Asrama Universitas Indonesia ini memang memiliki kantin yang cukup nyaman lho, makanan di sana terkenal murah-murah dan enak-enak, memiliki fasilitas makan yang memadai dan wifi yang on hampir 24 jam.

Di zona-zona fokus seperti zona ujian sekarang, Asrama UI sering dijadikan perkumpulan para mahasiswa untuk sharing materi kuliah, baik itu di kantin yang seharusnya menjadi tempat makan, atau di lobi. Biasanya, sih, kalau kantin sudah kepenuhan, spot kedua yang dijadikan alternatif adalah daerah lobi. Kanan kiri mahasiswa, depan belakang mahasiswa, padat merayap oleh himpunan mahasiswa.

Lobi Asrama UI seringkali dijadikan tempat mahasiwa duduk-duduk membentuk lingkaran untuk berdiskusi lho. Bukan hanya itu, saking nggak ada tempat lain untuk bisa belajar, terkadang beberapa mahasiswa sampai rela berdiskusi di selasar-selasar. Maksa banget, ya? Itulah keunikannya. Selain itu, fasilitas yang menjamin kenyamanan di sini juga adalah pusat pemberangkatan dan pemberhentian bus kuning. Bus kuning biasa beroperasi dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam di hari Senin-Jumat dan jam 7 pagi sampai jam 5 sore dihari Sabtu. Nah, hal tersebutlah yang kerap kali dijadikan alasan para mahasiswa untuk belajar di Asrama Universitas Indonesia. Selain nyaman, wifi aman, transportasi terjamin. Wah, patut dicoba nih!

 

Selasar Perpustakaan UI

Ada yang pernah nekat belajar di depan gate in? (via elibrary.bsi)

Tempat kedua adalah selasar perpustakaan Universitas Indonesia. Tahu nggak sih, pada musim ujian ini, kegiatan belajar atau berdiskusi bukan hanya dilakukan di dalam perpustakaan saja lho, tapi juga di selasar-selasar Perpusat contohnya di selasar pintu masuk, di depan Bank Mitra UI, di depan kantor pos, bahkan pintu keluar di dekat Restoran Korea. Kalian pasti sering melihat perkumpulan-perkumpulan mahasiswa yang duduk di spot-spot tersebut, bukan? Nah, itu sebagai bukti kalau mahasiswa UI menyambut antusias musim ujian mereka.

advertisement

Lingkungan Perpustakaan Universitas Indonesia memang tidak hanya menyediakan fasilitas berskala besar sampai berskala kecil, tapi juga menyediakan fasilitas tambahan yang mungkin tidak semua orang dapat terpikir sampai kesana. Contohnya saja dapat dilihat dari kebersihan dan keluasan lantai di Perpustakaan Universitas Indonesia. Untuk apa tepatnya kita bisa lihat pada masa ujian, lantai-lantai tersebut sangat berguna untuk mahasiswa ketika belajar bersama, tutor, sharing dan mentoring.

 

Bis Kuning

Belajar di Bikun asik juga.

Tempat yang selanjutnya adalah Si Kuning tanpa tanda jasa. Hujan angin selalu ada, badai petir setia bersama. Itulah Bis Kuning Universitas Indonesia. Lah kok puitis banget?

Karena kesibukan yang padat, belum sempat belajar dan terlambat masuk kelas, terpaksa Bis Kuning ini jadi tempat andalan untuk belajar kilat. Hayo siapa yang pernah bahkan sering belajar atau membaca dalam Bis Kuning? Sadar nggak sih secara nggak langsung kamu salah satu mahasiswa yang telah mengganti fungsi bus ini menjadi fungsi yang lain, yaitu tempatmu belajar. Namun, hal tersebut sangatlah wajar dan memang sering dilakukan.

Pada masa ujian, biasanya bus kuning tercinta ini akan dipenuhi mahasiswa UI yang membawa note berupa secarik kertas ataupun potokopian temennya untuk bekal pembelajaran mereka sebelum ujian dimulai. Selain itu, beberapa mahasiswa kadangkala melakukan diksui kecil. Tidak peduli dalam posisi duduk atau berdiri, berdesak-desakan atau tidak, para mahasiswa ini masih bisa fokus lho, keren, ya? Secara, Anak UI gitu lho. Melihat gerak-gerik mahasiswa tersebut, sopir bus kuning sendiri kadang cepat tanggap dan maklum. Mereka menghargai para mahasiswa dengan cara mereka sendiri, yaitu mematikan musik di dalam bus demi tercapainya pemahaman para mahasiswa sebelum ujian.

 

Kamar Mandi/Toilet

Belajar sepi sendiri. (via fisip.ui.ac.id)

Selanjutnya adalah kamar mandi maupun toilet. Percayalah pasti kalian pernah melihat seseorang masuk ke dalam toilet sambil membawa buku dan catatan. Ngapain? Jelas belajar. Di dunia ini, bahkan di Universitas Indonesia sendiri ada juga lho beberapa mahasiswa yang memang lebih fokus belajar di tempat-tempat sepi seperti misalnya kamar mandi atau toilet. Terutama toilet Universitas Indonesia yang kenyamanannya terjamin. Selain bersih, rapih juga strategis. Asal jangan pas ujian aja ke toilet terus buka hape. Hehe.

Mahasiwa yang senang belajar di kamar mandi cenderung menyukai ketenangan, suka menyendiri dan tidak ingin proses belajarnya terganggu oleh suara siapapun terkecuali suara air. Memasuki masa ujian, biasanya mahasiswa yang belajar di kamar mandi akan memilih waktu pada siang dan sore hari. Gila, di kamar mandi ngapain aja? Biasanya, proses belajar di kamar mandi hanya untuk mata kuliah berbasis pemahaman dan hafalan saja, kok. Keheningan dan ketenangan di kamar mandi itu sendiri dapat mendukung cepatnya daya tangkap otak. Well, kalau kalian ingin mencoba seperti mereka, pastikan kamar mandi di rumah atau kos kalian bersih, ya!

 

BACA JUGA: Ini Dia Tipe-tipe Mahasiswa Saat Menghadapi UAS, Kamu Termasuk yang Mana?

 

Nah, itulah beberapa dari fasilitas di Universitas Indonesia yang secara tidak langsung dialihfungsikan oleh para mahasiswanya untuk kegiatan belajar mereka saat masa ujian. Unik dan bermacam-macam, ya, cara setiap orang untuk belajar? Kamu ingin mencobanya? Jika iya, selamat mencoba. Jangan lupa juga share ke temen-temen kamu informasi ini biar kamu bisa beramai-ramai mencoba. Selamat Ujian!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😮 (100%)
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😊 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😍 (0%)