Pada kesempatan kali ini anakui.com ingin berdiskusi dan berbagi pendapat bersama teman-teman semua mengenai salah satu jenis mahasiswa.

Sebelumnya mungkin temen-temen udah pada tau mahasiswa itu banyak jenisnya, mulai dari yang aktivis dan organisatoris, mahasiswa yang apatis tapi ngegaul sana sini, sampai mahasiswa yang cuma fokus sama urusan akademisnya a.k.a akademisi. Nah inilah yang mau kita jadikan bahan diskusi online kali ini.

Menurut admin, mahasiswa yang tergolong akademisi dan ambisius itu memiliki banyak alasan mengapa ia melakukan hal yang demikian. Kira-kira kenapa ya?

 

1. Kuliah merupakan Hal yang Amat Berharga Baginya & Keluarganya

Tidak jarang bagi mereka yang memiliki kekurangan dalam hal finansial menganggap kuliah adalah hal yang langka dan berharga di keluarganya, oleh karena itu ia harus memaksimalkan kuliah untuk belajar, karena mungkin ada kesibukan dan tanggung jawab lain baginya untuk membantu nafkah keluarga. Walau sedikit di kampus yang mengetahui keberadaan mereka, di rumah mereka adalah harapan terbesar keluarganya untuk dapat bertahan.

advertisement

2. Tujuan Hidup

Tujuan dan cita-cita setiap orang pastilah berbeda-beda. Ada yang berusaha mati-matian masuk perguruan tinggi ternama benar-benar ingin belajar dan mengejar cita-cita mereka, dan ada pula golongan yang hanya sekedar gengsi, bahkan dia sendiri tidak paham nantinya akan mempelajari apa.

Mereka yang akademisi cenderung berjuang mati-matian untuk dapat berkuliah di tempat yang mereka inginkan, dan setelah mereka mendapatkannya, tentulah mereka juga harus berjuang mati-matian demi bertahan dan lulus dengan hasil memuaskan.

Bisa juga, tujuan mereka kelak memang menjadi dosen atau peneliti, atau akademisi dalam arti sebenarnya.

3. Tidak Tertarik Mengikuti Aktivitas Lainnya

Sesungguhnya hidup itu penuh dengan pilihan. Termasuk fokus di akademis. Nah ini juga menjadi alasan mengapa seseorang menjadi akademis, tidak tertarik mengikuti aktivitas lain seperti organisasi, entrepreneurship, dan sebagainya. Satu alasan simpel dan sederhananya adalah… “ya gue ga tertarik”. Minat, bakat, dan ketertarikan setiap orang memang berbeda-beda, dan sudah sepantasnya kita menghargai prinsip dan pilihan orang tersebut.

advertisement

Buat bahan awal diskusi, segini dulu dari admin mengenai mengapa beberapa mahasiswa memilih untuk menjadi fokus di akademisnya, karena pasti orang tersebut memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih jalan tersebut. Setiap orang pada dasarnya baik akan pilihannya masing-masing dan berhak sukses atas segala apa yang telah diusahakannya.

Jadi bagaimana pendapatmu tentang mahasiswa yang hanya fokus di dunia akademisnya?

Ditunggu komentarnya ya!

 


Artikel dengan judul [Diskusi] adalah artikel yang mengundang teman-teman semua untuk berbagi pendapat lewat kolom komentar. Yuk ramaikan kolom komentar dengan merbagi apa pendapat kamu tentang topik ini?

Kalau teman-teman punya topik yang bisa memancing diskusi seperti ini, tulis saja di anakUI.com ya!




Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (40%)
  • 😭 (20%)
  • 😮 (20%)
  • 😆 (20%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😊 (0%)