Buat kalian yang seneng berselancar internet menggunakan jaringan kampus mesti bersiap-siap nih, guys! UI bakal menjadwalkan pemeliharaan Jaringan Universitas Indonesia Terpadu (JUITA) dan server infrastruktur JUITA bulan ini.

Anyway, kalian tau nggak sih apa itu JUITA?

JUITA itu apa sih?

Jaringan Universitas Indonesia Terpadu atau biasa disingkat JUITA merupakan jaringan komputer yang dimiliki UI, yang dulunya bernama UInet. UInet diawali dengan dipasangnya kabel RG-8 (thick ethernet) pertama, yang berpusat di gedung Pusat Ilmu Komputer UI pada 1984. Sempat menerima donasi sebuah VAX-11/750 yang kemudian menjadi server UUCP di UI bernama Indovax pada 1985. Sekarang, JUITA sudah dikelola lebih baik dan menggunakan serat optik sebagai media transmisinya.

JUITA menghubungkan hampir semua lokasi di kampus makara Salemba dan Depok. Dulu, JUITA hanya digunakan sebagai keperluan dan penelitian internal kampus, tapi sekarang kita lega karena JUITA sudah bisa diakses untuk komunikasi data dan informasi. Kita patut berbangga dengan adanya jaringan internet luas yang diberikan kampus kepada kita sebagai fasilitas pendukung pembelajaran nih, guys. Jarang lho kampus di Indonesia yang punya akses luas dengan server yang memadai seperti kita.

Tujuan UI memberikan fasilitas itu agar informasi dari dalam dan luar kampus bisa tersebar cepat, meningkatkan keterpaduan pengelolaan sistem informasi manajemen di lingkungan kampus, dan meningkatkan pemanfaatan fasilitas/sumber daya komputasi yang dimiliki guna dipakai bersama seara efisien. Fasilitas dari JUITA awalnya hanya tiga, yakni email yang diakses melalui webmail UI, web browsing, dan transfer file. Namun, sejak 2004, layanan JUITA ditambah dengan adanya Hotspot UI, yang sekarang sudah mencakup lebih dari 150 area kampus loh guys!

Siapa aja yang bisa akses?

By the way, siapa aja sih yang bisa akses JUITA? Orang luar kampus bisa nggak? Pasti banyak yang bertanya-tanya, kan? Nah, untuk pemakai atau user dari JUITA ini antara lain, mahasiswa UI yang berstatus aktif dan terdaftar, pegawai dan staf kampus, dosen, dan bahkan TAMU UI! What? Kok bisa sih orang luar pakai JUITA? Yap, bisa, tapi dengan catatan, mereka punya kepentingan yang berhubungan dengan UI atau ada perlombaan yang diselenggarakan UI.

advertisement

Gimana cara dapat akunnya? Pemakai yang hendak meminta akun JUITA mesti mendapatkan rekomendasi dari pimpinan unit masing-masing. Setelah itu, mereka mesti mengisi formulir pendaftaran atau formulir registrasi ulang dan membayar iuran sesuai ketentuan berlaku. Masa keanggotaan JUITA berakhir ketika akhir semester berjalan dan apabila mahasiswa atau staf tidak lagi bekerja atau kuliah di UI. Kok agak ribet ya? Iya dong, kalau gak gitu akses jaringan kampus kita bakal digunain secara bebas dan berlebihan, yang pasti nggak efisien dan nggak sesuai dengan tujuan awal pembentukannya.

Kita wajib banget nih menjaga fasilitas satu ini, sebab dengan adanya fasilitas ini mahasiswa dan staf makara bisa dipermudah kalau ada informasi yang tersiar dari pusat. Sebagai bentuk keseriusan kampus memberikan fasilitas yang terbaik bagi para pejuangnya, UI bakal terus ikut melakukan pemeliharaan aset berharganya ini.

Kapan tuh pemeliharaannya?

Di bulan ini, Tim Network UI bakal melakukan penjadwalan pemeliharaan berkala terhadap JUITA. Diantaranya, upgrade router BGP akan dilakukan pada Kamis (29/12) mendatang pukul 17.00-20.00. Kegiatan pemeliharaan pertama itu, bakal berefek Intermitten pada koneksi internet. Sementara, pemeliharaan kedua bakal dilakuin pada Senin (9/1) mendatang pukul 17.00-selesai (estimasi delapan jam) yang bakal memiliki efek Intermitten koneksi internet dan terputusnya akses fakultas ke JUITA dan internet secara bergantian.

 

BACA JUGA: Dahsyatnya Kecepatan Download Koneksi Hotspot UI!

 

advertisement

Nah, dengan dilakukannya pemeliharaan secara berkala, akses JUITA diharapkan nggak bakal menemui masalah dan bakal lebih baik lagi untuk digunakan. Jangan lupa bagikan ke akun Facebook, Twitter, dan Line kalian agar semua anak UI nggak kaget lagi kalau tiba-tiba di tanggal itu akses internet terputus!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😡 (100%)
  • 😭 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)