Kondisi perpolitikan nasional kini mulai memanas. Nasib Bibit & Chandra (Bichan) yg masih menggantung sejak ‘pidato’ presiden yg terkesan lepas tangan itu menimbulkan kecurigaan dlm diri penulis: Apakah hal ini sengaja dilakukan utk ‘buying time’ utk memperlambat Bichan kembali ke KPK?

Sejak awal Bichan lah sang inisiator pengusutan Century Gate yg merugikan negara hingga 5 trilyun rupiah ini. Dan karena kasus ini melibatkan petinggi-petinggi pemerintahan, diduga juga, pihak-pihak yg terkait pun berusaha keras agar kasus ini tidak diusut, salah satunya mungkin dgn kriminalisasi Bichan.

Partai Demokrat yg bergabung paling terakhir berniat untuk mengetuai pansus angket Bank Century ini. Hal tsb sangatlah tidak pantas! Semestinya posisi ketua diduduki oleh pihak yg semenjak awal memang komitmen mengusut kasus ini, bukan kepada ‘pahlawan kesiangan’!

Bila presiden memang tegas dan benar-benar komitmen utk mengusut Century Gate, yg dikatakan Jusuf Kalla sebagai BLBI jilid II, hendaklah beliau mengeluarkan Perppu yg mengizinkan KPK menelusuri dana PPATK, dan kembalikanlah Bichan pada posisinya semula.

Hal ini sangat kontras sekali saat beliau mengeluarkan Perppu pengganti ketua non aktif KPK. Saat itu beliau sangat cepat dan cekatan sekali mengeluarkan Perppu, seolah dgn maksud menjemput dgn cantik bola yg dioper Polri dan Kejagung.

Dari hasil audit BPK telah jelas bahwa ada indikasi tindakan kriminal tanpa dasar hukum yg jelas mengenai penyelamatan Bank Century. Dan argumen resiko sistemik pun tdk berdasar pada data-data keuangan yg valid, dan alasan psikologis akan terjadi rush dana di perbankan masih bisa diperdebatkan oleh ahli-ahli ekonomi lain. Hal yg jelas dan tdk bisa diperdebatkan adalah data mengenai aliran dana penyelamatan ini dari PPATK.

advertisement

Dan sejauh ini penulis tidak melihat terlalu banyak suara2 kritis dari mahasiswa UI mengenai topik ini. Penulis hanya melihat dan mendengarnya dari KOMPAK dan rekan-rekan twitter lain yg kecewa thp pemerintahan incumbent.

Padahal melihat dr sejarah, pergerakan mahasiswa memiliki efek yg sangat besar terhadap perubahan di negeri ini. Ketika mahasiswa sudah menjadi tidak kritis dan atau sudah ditunggangi oleh kepentingan partai (apa ada kaitannya dgn partai tertentu yg sudah menjadi koalisi pemerintah??), atau banyak mahasiswa sekarang yg menjadi fans ‘fanatik’ SBY, bagaimana kita bisa mengawal dgn efektif kasus Bank Century ini yg menurut penulis adalah kunci utama membongkar keborokan dan kemunafikan yg ada di negeri ini, mengingat sudah byk upaya yg dilakukan pihak yg terlibat utk mengalihkan perhatian masyarakat akan kasus ini.

Namun kami tidak bodoh! Masyarakat sekarang sudah cerdas. Hanya saja utk kali ini dirasa kurang, karena sedikitnya mahasiswa-mahasiswa kritis yg ikut bersuara.



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)