Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin! Gimana nih kabarnya? Semoga makin lebar karena liburan banyak makan dan tidur ya, hehehe. Ya gak apa, nikmatin aja sebelum kembali stress dilanda tugas dan berbagai macam kegiatan perkuliahan yang bikin jenuh.

Nah, karena lagi liburan, temen-temen pasti males banget buat ngecek berita terbaru dan perkembangan tentang kampus tercinta ini, atau bahkan pernah denger, tapi cuma sebatas lewat aja. Kali ini anakui.com mau ngasih tau dua berita terbaru biar kamu gak ketinggalan dan biar kamu bangga banget udah menjadi bagian dari Universitas Indonesia!

BACA JUGA: Penghargaan Makara Utama Bidang Sosial Budaya untuk Ki Manteb Soedharsono

 

UI Jadi Satu-satunya Universitas di Indonesia yang Masuk ke THE Asia University Ranking

UI Jadi Satu-satunya Universitas di Indonesia yang Masuk ke THE Asia University Ranking via cs.ui.ac.id

UI Jadi Satu-satunya Universitas di Indonesia yang Masuk ke THE Asia University Ranking via cs.ui.ac.id

Wah, ternyata di tahun 2016 ini kampus kita tercinta berhasil menjadi perguruan tinggi pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang turut diperhitungkan oleh Times Higher Education bersama dengan lebih dari 200 perguruan tinggi yang tersebar di 22 negara di Asia.

Pemeringkatan ini didasarkan oleh Media Inggris Times Higher Education (THE) University Rankings 2016 yang baru saja merilis Asia University Ranking 2016 pada Selasa (21/6/2016). UI masuk ke dalam kelompok 181-190 Perguruan Tinggi terbaik di dunia, loh!

advertisement

Kalo kamu nanya peringkat pertama dan kedua dari THE University Ranking, sudah dapat dipastikan bahwa National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) adalah jawabannya! Yup, Singapura berhak berbangga hati telah menjadi negara primadona dalam pemeringkatan THE tahun ini. Bayangin! Dua perguruan tinggi sekaligus dan menduduki posisi pertama dan kedua!

Gak cuma ada urutan peringkat aja loh, ternyata didata juga negara yang perguruan tingginya paling banyak masuk ke dalam pemeringkatan THE. Bayangin! 39 perguruan tinggi! Banyak banget, kan? Ini dia, Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang. Selanjuntya juga ada Taiwan dan Korea Selatan yang berhasil ngeborong 24 perguruan tingginya masuk ke dalam pemeringkatan THE Asia.

Pemeringkatan THE ini gak asal menilai loh. Mereka menitikberatkan pada indikator riset yang dilakukan oleh sivitas akademika universitas. Terdapat 5 kelompok besar indikator kinerja universitas yang dikalibrasi ulang untuk mencerminkan atribut sistem pendidikan tinggi di Asia, yakni Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar) – 25%; Penelitian (jumlah, reputasi) – 30%; Sitasi Penelitian – 30%; Cakupan Internasional (staf, mahasiswa dan riset) – 7,5% dan Kerja Sama Industri – 7,5%.

Kalo kamu kepo dan penasaran mengenai pengumuman resminya, langsung aja meluncur ke https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2016 .

 

Di Asia, Peringkat UI Naik ke Posisi 67 berdasarkan QS University Ranking 2016

Peringkat UI Naik berdasarkan QS University Ranking 2016 via accountingconference

Peringkat UI Naik berdasarkan QS University Ranking 2016 via accountingconference

Gak cuma via THE aja nih UI menorehkan prestasinya yang membanggakan, di QS University Ranking 2016 juga UI meraih pencapaian baru tahun ini. Peringkat UI di Asia naik 12 poin, dari posisi 79 ke posisi 67.

advertisement

Eits, belum selesai sampe situ aja, QS University Ranking juga menyebutkan bahwa UI di Indonesia masih menduduki peringkat pertama! Wow banget gak, tuh?

Berdasarkan hasil kalkulasi yang dilakukan tim QS, UI unggul pada Kualitas Tenaga Pendidik, Reputasi Akademis, Jumlah Tenaga Pendidik Asing di UI serta Kegiatan Belajar-Mengajar di setiap fakultas.

Selain itu, indikator lain yang berhasil dipenuhi diantaranya terdapat peningkatan dalam publikasi jurnal, pengelolaan sumber daya manusia di tingkat universitas maupun fakultas, serta tata kelola organisasi yang mencakup budaya, kebiasaan, kebijakan dan upaya internasionalisasi komunitas mahasiswa maupun tenaga pendidik.

Semoga kedua berita di atas dapat membangkitkan semangat, rasa bangga, dan rasa syukur kamu karena telah menjadi bagian dari civitas academica Universitas Indonesia, ya! Percayalah, dari sekian banyak kekurangan kampus kita ini, tentu tersimpan banyak prestasi dan pencapaian-pencapaian membanggakan yang telah dihasilkan.

Referensi: ui.ac.id

 



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (69%)
  • 😊 (13%)
  • 😡 (6%)
  • 😒 (6%)
  • 😮 (6%)
  • 😆 (0%)
  • 😭 (0%)