Maba (mahasiswa baru) merupan sebuah tingkatan yang harus dilalui seorang mahasiswa ketika baru memasuki dunia kampus. Pada masa-masa ini, kalian bakal ngerasain gimana rasanya dibimbing untuk dapat melewati masa transisi tersebut. Kuliah beda loh sama sekolah, di masa ini kalian udah dianggap dewasa dan bisa bertanggungjawab atas diri kalian sendiri. Contoh kecilnya pas lagi bagi-bagi laporan hasil belajar, jaman sekolah dulu rapor kalian akan diambil oleh orangtua. Tapi beda sama kuliah, orangtua kalian nggak punya password SIAK kalian buat bisa liat nilai-nilai kalian kan? Ya… kecuali kalau kalian emang ngasih ke mereka sih.

Berikut ini admin punya beberapa list hal yang biasanya dilakukan saat masa-masa maba. Mau tau apa aja? Yuk cekidot gaes!

 

Ngajak foto bareng

Sekalian aja yang cakeup fotonya! (via sscbintaro)

Yups, manfaatkanlah tugas-tugas saat menjadi maba-mu sebaik mungkin. Jaman-jaman maba pasti kan disuruh tuh buat kenalan sama teman-teman seangkatan, dan terkadang kalian ditugasin juga buat foto bareng.

Pada masa ini kalian nggak bakal merasa malu buat minta id line, nomor telepon, ataupun foto bareng.

Karena emang tugasnya kayak gitu.

advertisement

Kalau kalian foto bareng, coba deh diniatin dikit jangan asal foto bareng doang buat menuhin tugas, siapa tau nantinya dia itu pendamping kalian di masa depan, hehe. Lumayan kan bisa punya foto before – after yang ala-ala gitu.

 

Acara angkatan

Taman Lingkar UI, tempat paling asik buat ngumpul angkatan (via vaui2014)

Jaman-jaman maba pasti lagi anget-angetnya deh sama teman-teman seangkatan. Entah foto seangkatan, entah bikin boomerang seangkatan, atau bikin akun-akun media sosial terkait angkatan. Nah selain itu biasanya kalian bakal ditugasin untuk membuat acara angkatan gitu, dan butuh persiapan yang cukup matang.

Mungkin yang sering ikut panitia acara-acara gitu udah terbiasa kali, ya? Dan bagi yang belum terbiasa bisa belajar banyak hal dari sini. Mulai dari sini kalian akan melihat tipikal-tipikal teman yang ada di sekitar kalian. Ada yang emang enak diajak kerjasama, ada yang malesin, ada juga yang kalian harapkan agar nggak bakal kerja lagi bareng mereka.

Kenapa hal ini cuma bisa dilakuin saat masih maba?

Hmmm, biasanya pada tahun-tahun berikutnya teman-teman di angkatan kalian bakal sibuk sama kegiatannya masing-masing, dan mulai mengelompokan diri masing-masing juga. Jadi biasanya acara angkatan bakal lancar dan seru banget pas masih maba, atau mungkin pas udah lulus.

advertisement

 

BACA JUGA: Tujuh Tipe Maba di Universitas Indonesia, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

 

Jalan dari Kutek ke Balairung

Jalan kaki dari Kutek ke sini oagi-pagi masih seger kok… (via mapio)

Mungkin ada beberapa orang yang emang sering jalan dari Kosan ke Balairung, yang kosannya di Pocin atau Barel kali ya. Tapi, bagi yang ngekosnya di Kutek pasti hal ini bener-bener wow banget.

Ya… gimana nggak? Jauh juga gaes Kutek-Balairung.

Buat persiapan aja, biasanya pas OKK nanti mahasiswa yang kost di Kutek dan ingin menuju Balairung udah disambut sama kakak-kakak panitianya di gerbang Kutek, dan diberikan arahan jalan dari Kutek menuju Balairung melewati FT, FIB, dan lainnya. Tapi tenang, nggak berasa kok! Kan banyak yang jalan juga. Keuntungannya, kalian bisa sekalian bertemu teman-teman baru, olahraga pagi, dan tentunya irit ongkos.

 

Melepaskan ikan di danau UI

IIIKANKUUU (via k3l.ui)

Sering kepikiran nggak, kok banyak ya orang yang mancing ilegal di danau UI, padahal airnya keruh gitu, emang ada ya ikan yang hidup di situ? Ikan dari mana?

Eits, jangan bingung.

Masih inget nggak Program Cinta Kampus yang kalian lakuin pas jaman maba? Nah kegiatannya kan amat beragam, mulai dari bersih-bersih lingkungan UI, melepas burung, melepas ikan, dan sebagainya. Pokoknya yang bisa menggambarkan kecintaan kalian sama UI deh!

Nah ya itu tadi, melepas ikan… mungkin aja itu ikan yang dipancing berasal dari kegiatan PCK?

 

Latihan padus

Balairung digoyang! (via litalittut)

“Universitas Indonesia, Universitas kami… Ibukota Negara pusat ilmu budaya bangsa!”

“Laa la la la la la laa kalau tidak karena awan, jiwa manis indung di sayang…”

Hayooo, yang udah angkatan atas kangen nggak tuh nyanyiin lagu-lagu itu?

Yups, nantinya sebagai maba hari-hari kalian akan diwarnai dengan latihan padus. Kalau kalian mager, coba diasikin aja. Nanti bakal kangen deh pasti sama masa-masa ini.

 

BACA JUGA: Maba UI for Dummies: Ceklis Persiapan Setiap Mahasiswa Baru UI

 

Okay, segitu dulu yang bisa admin share. Hm, sebenarnya sih ada beberapa yang bisa kalian lakukan meskipun bukan pas jadi maba, tapi kemungkinan besar hal-hal di atas bakal kalian lakukan pas jadi maba!

So? Mahasiswa Baru UI, udah siap kah melakukan hal-hal tersebut?



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😆 (38%)
  • 😍 (25%)
  • 😭 (25%)
  • 😊 (13%)
  • 😡 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😒 (0%)