Dalam bagian sebelumnya kita sudah mengupas tuntas metode belajar Bahasa Korea melalui Drama Korea . Namun, jika Anda yang memang benar-benar ingin menguasai bahasa Korea secara fasih atau untuk kebutuhan khusus, seperti ingin mengambil pendidikan ataupun kerja di Korea Selatan maka dibutuhkan sertifikat yang menyatakan kemampuan Bahasa Korea anda. Sertifikat tersebut dapat anda peroleh jika anda menempuh pendidikan secara formal atau nonformal dari lembaga yang menyediakan kurusus Bahasa Korea.

Jika zaman dahulu Anda akan merasa kesulitan untuk menemukan kursus bahasa Korea. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir. Akibat trend yang dibawa oleh K-Pop dan K-Drama, kuruus Bahasa Korea menjamur di seluruh pelosok tanah air dan utamanya terdapat banyak di Ibu Kota. Kursus bahasa Korea di Jakarta cukup banyak diminati oleh remaja ataupun orang yang memerlukan pelatihan khusus dengan kebutuhan tertentu. Tentunya meskipun banyak tempat kursus bahasa Korea di Jakarta dengan metodenya yang beragam, kita tidak serta merta dapat langsung memutuskannya. Diperlukan banyak pertimbangan, mengingat seorang pendidik bahasa Korea masih sangat minim di Indonesia. Tentunya Anda tidak mau kursus yang Anda jalani bertahun-tahun dengan biaya yang banyak dikeluarkan tapi tidak membuahkan hasil yang manis, bukan?

Beberapa pertimbangan dalam memilih kursus Bahasa Korea adalah kompetensi pengajar, pencapaian lulusan, dan pengakuan dunia internasional itu sendiri terhadap kursus Bahasa Korea tersebut. Melalui artikel ini, berdasarkan pertimbangan tim kami. Kami akan memberikan saran beberapa kursus bahasa Korea di Jakarta yang sudah sangat teruji di ketiga aspek tersebut. Sehingga tidak perlu diragukan lagi. Kursus bahasa Korea ternama di Jakarta antara lain adalah Areka Center Jakarta, Namsan Course, danKorean Cultural Center.

Areka Center Jakarta

Areka Center Jakarta (Sumber: kursusbahasakorea2)

Areka Center Jakarta (Sumber: kursusbahasakorea2)

Areka Center Jakarta adalah salah satu kursus bahasa Korea yang teruji dan terpercaya di Jakarta. Areka Center Jakarta menawarkan kelas intensif untuk program EPS-Topik dengan lama belajar selama satu bulan mulai dari hari Senin sampai Jumat dari pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB. Kemudian ada kelas intensif untuk program Topik Umum dengan lama belajar selama satu bulan, mulai dari Senin sampai Jumat dari pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB dengan biaya sebesar Rp2.500.000,00.

Selain itu ada pula kelas Reguler Weekday dan Weekend dengan lama belajar sekitar tiga bulan dan dua kali pertemuan dalam seminggu dengan durasi tiga jam dalam satu kali pertemuan. Dengan membayarkan sebesar Rp2.000.000 Anda dapat memilih tiga kelas pembelajaran yang meliputi kelas pagi (09.00-12.00 WIB), kelas siang (13.00-16.00 WIB), dan kelas malam (19.00-21.30 WIB). Untuk memulai kursus anda harus membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,00 dan membawa fotocopy KTP atau ijazah dan pas photo ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar.

 

advertisement

Namsan Course

Namsan Course (Ogahrugi)

Namsan Course (Ogahrugi)

 

Namsan Course terletak di Jalan Cempaka Putih Raya No. 116 C, Jakarta Pusat dan hanya satu-satunya di Jakarta. Dengan bergabung di Namsan Course Anda dapat memilih empat pilihan jadwal kelas, yaitu Senin dan Rabu, Selasa dan Kamis, Sabtu dan Minggu. Kelas baru akan dibuka jika kuota telah mencapai 7 orang.

Namsan Course tergolong unggul karena mengadopsi kurikulum dari Seoul University, serta materi dari Ganada Korean language Institute dan Yonsei University, Kursus dengan waktu yang relatif singkat dengan 4 level tahap elementary yang ditempuh selama 8 bulan sudah bisa berbahasa Korea dan bercakap-cakap langsung dengan orang Korea. Staf pengajar lulusan universitas terbaik juga berpengalaman mengajar bahasa Korea dan suasana belajar yang menyenangkan.

Untuk tingkatan elementary biaya yang ditawarkan relatif murah, mulai dari Rp1.200.000,00 sampai Rp1.400.000,00. Pada akhir pendidikan juga akan mendapatkan sertifikat dan selama pendidikan akan mendapatkan modul dan mengikuti progres test secara gratis. Namun, untuk setiap kali kenaikan ada biaya sebesar Rp150.000,00 yang perlu dibayarkan dan untuk memulai pendidikan cukup membayar uang pendaftara sebesar Rp200.000,00. Pada level tiga dan empat juga akan dihadirkan native teacher dari Korea. Di setiap sesinya juga akan ada pembahasan mengenai K-Pop dan Hallyu. Selain itu ada juga kelas memasak makanan Korea dan masih banyak lagi.

 

Korean Cultural Center

Korean Cultural Center (Sumber: jaff-filmfest)

Korean Cultural Center (Sumber: jaff-filmfest)

Korean Cultural Center adalah salah satu pilihan baik untuk memulai belajar bahasa Korea. Korean Cultural Center tidak hanya menyediakan program kursus bahasa Korea tetapi juga kegiatan lainnya seputar kebudayaan Korea.

advertisement

Korean Cultural Center berlokasi di Equity Tower 17th FI, SCBD Lot 9, Jalan Sudirman Kav 52-53 Jakarta. Anda bisa menghubungi langsung ke (62-21) 2903-5650 atau dengan email kccindonesia@hotmail.com. Banyak sekali kelas bahasa Korea yang ditawarkan. Untuk informasi lebih lanjut kita bisa langsung membuka website id.korean-culture.org. Website tersebut tidak hanya memuat informasi seputar kursus Bahasa Korea tetapi juga segala sesuatu tentang kebudayaan Korea.

Namun, disini kelas tidak dibuka setiap bulan. Makanya, kita harus rajin dan rutin memeriksa website tersebut atau menghubungi kontak yang tertera agar tidak kelewatan informasi penting. Selain bisa mendapatkan dengan harga murah Korean Cultural Center juga menawarkan pengajar yang berkompeten.

 

Lembaga Bahasa Internasional FIB UI

logo LBI UI

Kampus kita tercinta juga punya tempat kursus bahasa korea, tepatnya di Lembaga Bahasa Internasional (LBI) di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, FIB UI Depok, maupun di LBI Salemba. Tersedia kelas bahasa korea dasar (1, 2, 3), dan kelas bahasa korea madya/mahir (1, 2, 3) untuk mengakomodasi tingkat kemahiran kita.

Jadwalnya Sabtu, 08:30 – 13:00 untuk LBI UI Depok. Jadwal untuk LBI Salemba sedikit berbeda, yaitu KD-2 : Selasa & Kamis, 17:00 – 19:00 dan KD-3 : Selasa & Kamis, 19:00 – 21:00.

Durasi kursus adalah 13 minggu per tingkat, dengan biaya untuk kursus tingkat dasar : Rp1.350.000,- per tingkat dan tingkat madya : Rp1.450.000,- per tingkat.

Informasi selengkapnya bisa menghubungi LBI UI dengan alamat:
Gedung X Lt.1
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya,
Kampus UI Depok,
Depok 16424.
Tel.(021) 786 4075, 788 49082
Fax. (021) 7884 9085

Kita sudah mengetahui, betapa banyaknya kursus bahasa Korea di Jakarta seiring dengan budaya Korea yang sedang menjadi trend di Indonesia. Oleh karena itu, dengan harapan besar bahwa informasi di atas akan memberikan manfaat lebih agar bagi Anda yang ingin mengambil kursus bahasa Korea di Jakarta dapat memahami beberapa tips dan trik dari kami sehingga Anda tidak salah pilih lembaga kursus.



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (74%)
  • 😊 (13%)
  • 😭 (4%)
  • 😡 (2%)
  • 😮 (2%)
  • 😆 (2%)
  • 😒 (2%)