Jika pada artikel sebelumnya lebih menekankan pada peningkatan semangat belajar, maka pada artikel kali ini akan dibahas lebih kepada peningkatan kualitas belajar dalam rangka meraih kesuksesan. Belajar merupakan suatu proses yang berkelanjutan dan selalu berkembang tergantung pada kemampuan dan kemauan (skill and will) si pembelajar.

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kualitas belajar. Perlu diingat bahwa hal-hal dibawah ini hanyalah opini penulis dan cara setiap orang untuk meningkatkan kualitas belajar berbeda-beda.

7. Etika

Sama halnya seperti semua yang kita lakukan, belajar pun ada etikanya. Hendaknya proses belajar yang kita lakukan tidak mengganggu orang lain. Misalnya ada beberapa orang yang jika menghafal sesuatu harus menyebutkan dengan suara yang cukup lantang. Mungkin hal itu akan efektif bagi orang tersebut, namun jika hal itu dilakukan di tempat yang cukup umum sehingga mengganggu ketenangan dan kenyamanan orang sekitar sebaiknya hal itu dihindari. Mungkin jika dilakukan di kamar dimana tak ada lagi orang yang mendengar selain kita hal itu sah-sah saja dilakukan.

Etika belajar yang lain ialah kedislipinan yang berkaitan erat dengan waktu. Belajar memang penting, namun jika kita terus belajar hingga lupa akan hal-hal lain seperti makan misalnya, hal itu tentu tidak sehat dan efektif. Belajarlah pada waktunya dan berhenti pada waktunya. Jangan sampai menguras tenaga dan pikiran untuk belajar. Mungkin hal ini sering diterapkan pada SKS (Sistem Kebut Semalam) jika ada ulangan mendadak padahal kita belum mengetahui materinya. Hal itu tidak efektif, malah membuat kita lelah karena kurang istirahat.

Secara personal kita dapat menentukan sendiri kapasitas kita dalam belajar, sejauh mana kemampuan kita dan hal-hal apa saja yang telah kita ketahui sehingga berlaku etis dalam belajar dapat kita raih.

advertisement

8.  Tindakan yang nyata

Aspek ini merupakan aspek penting dalam penigkatan kualitas belajar sekaligus sebagai tujuan akhir kita dalam mempelajari sesuatu. Bertindak secara nyata dari apa yang telah kita pelajari merupakan proses pembelajaran yang paling efektif. Di dalam melakukan hal yang telah kita pelajari sering kita menemui bahwa di dalam hal yang kita lakukan seringkali ada hal baru yang belum kita pelajari sehingga proses belajar tak berhenti sampai di situ. Ini merupakan hal yang baik karena ini juga menumbuhkan kesadaran bagi kita, para mahasiswa untuk terus menuntut ilmu karena semakin digali semakin banyak hal baru yang bisa kita dapat dari belajar.

Tak hanya itu, aspek ini menjadi penting karena bertindak secara nyata dalam proses pembelajaran membawa banyak efek secara positif. Tindakan yang nyata membawa kita pada kesuksesan dan keadaan yang lebih baik. Tentu saja kegagalan akan sering ditemui, namun seperti yang telah sering kita dengar: kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Kegagalan tersebut dapat membuat kita belajar semakin tekun dan cermat pada kesalahan sebelumnya. Seperti banyak pepatah mengatakan: “belajarlah dari kesalahan” dan atau “pengalaman adalah guru terbaik”.

9. Doa

Selain dari usaha kita semua itu, ada satu hal yang tak kalah pentingnya: doa. Berdoa kepada Tuhan atas apa yang telah kita lakukan dalam belajar bertujuan agar apa yang telah kita lakukan dapat bermanfaat baik diri kita sendiri maupun orang lain. Berdoa membuat kita ikhlas atas apa yang telah kita raih dengan belajar dengan demikian niat baik dan sikap ikhlas dalam belajar akan senantiasa tumbuh. Dengan berdoa kita juga diberi ketenangan, semangat baru dan harapan-harapan indah dalam menjalani proses belajar.

Bahkan dalam Islam, banyak anjuran untuk berdoa sebelum memulai belajar, yang mengesankan betapa pentingnya arti proses belajar. Doa itu adalah: “Robbi zidni ilman, wa arzuqni fahman”. Ya Tuhanku berikanlah ilmu padaku dan tambahkanlah padaku pemahaman yang baik, kira-kira begitulah artinya. Doa tersebut memberi pelajaran bahwa ilmu dan pemahaman semua datang dari Tuhan dan sudah sepatutnya kita semua meminta dan memohon dari-Nya.

advertisement

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa sekalian dan dapat membuat teman-teman semua bersemangat dan selalu optimis dalam belajar dan menggapai cita-cita. Setiap kali kita belajar kita telah membangun satu anak tangga menuju cita-cita dan kesuksesan kita setinggi bintang di langit. Seperti yang sering kita lihat pada sampul buku atau gambar-gambar di dinding sewaktu kita SD dulu, “Gapailah cita-citamu setinggi bintang di langit”. Satu-satunya cara untuk menggapainya adalah belajar.

Selamat belajar teman-teman dan semoga sukses!!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (100%)
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)