Seringkali semangat belajar kita sebagai mahasiswa seperti naik gunung turun gunung. Terkadang naik, berada di puncak lalu dengan cepat bisa saja turun dan berada di dasar terendah. Itu tentu saja wajar terjadi, namun jika yang terjadi adalah semangat belajar kita berada di dasar, gak naik-naik, maka tentulah harus dicari solusinya agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Mendongkrak semangat belajar memang gampang-gampang sulit, setiap orang tentu berbeda-beda caranya agar bisa meningkatkan semangat belajar. Berikut beberapa tips dan cara agar semangat dan kualitas belajar dapat terdongkrak:

1. Optimisme

Jika kita optimis dalam belajar, optimis bahwa yang kita pelajari dapat berguna kelak secara langsung maupun tidak langsung dapat berpengaruh drastis pada semangat belajar kita. Bagaimana tidak, bila kita bisa mengubah mind-set kita terhadap suatu pelajaran misalnya, bahwa pelajaran itu akan berguna kelak bagi kita sendiri apalagi bagi orang banyak, tentu kita akan berusaha keras mempelajari pelajaran itu.

2. Fokus dan konsentrasi

Dua hal ini merupakan dua sisi dalam mata uang, jika kita fokus terhadap suatu hal maka –disadari atau tidak– kita juga akan berkonsentrasi dalam hal itu. Dua hal ini penting dalam mendongkrak semangat belajar karena dengan berfokus dan konsentrasi terhadap suatu pelajaran, maka kita dapat mengerti topik pelajaran apa yang sedang kita bahas,  masalah apa yang sedang kita hadapi sehingga kita dapat member solusi bagi masalah tersebut. Hal tersebut tentu dapat memberi semangat baru dalam belajar.

advertisement

3. Efektivitas dan efisiensi

Dalam belajar, kita dituntut harus bersikap seefektif dan seefisien mungkin. Efektif dalam arti bahwa pelajaran tersebut memang pelajaran yang kita minati sehingga menjadi efektif ketika dipelajari. Efisien dalam arti metode dan waktu pembelajarannya. Tiga puluh menit yang efektif untuk menjawab sebuah soal misalnya, tentu jauh lebih efisien dibanding membaca 20 halaman sekaligus dalam waktu yang sama namun kita tidak mengerti apa yang sedang menjadi pokok permasalahan.

4. Kesehatan

Tentu saja faktor ini tidak bisa diabaikan! Men sana in corpore sano, pepatah lama dari Latin itu tentu saja mengingatkan kita semua betapa pentingnya kesehatan raga bagi kesehatan jiwa dan pikiran.

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh penting untuk menjaga vitalitas dan ketajaman pikiran, sehingga jika tubuh kita sehat dan bugar tentu pikiran kita terasa fresh.

Biasakan diri untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Tentu saja itu belum cukup, tambahlah dengan olahraga yang teratur dan gaya hidup sehat dengan tidak merokok, konsumsi kafein berlebihan, apalagi narkotika dan zat adiktif lainnya.

advertisement

Terkait dengan makanan, beberapa cemilan tertentu memang dapat memperbaiki mood dan konsentrasi dalam belajar misalnya cokelat. Cokelat mengandung glukosa dalam kadar yang tinggi sebagai sumber energi yang dapat langsung diubah. Selain itu, cokelat dapat menaikkan kadar serotonin, suatu neurotransmitter dalam otak yang dapat menimbulkan perasaan rileks. Maka, makan cokelat pada saat belajar dapat membuat kita rileks dan semakin semangat. Namun, tetap harus diingat karena cokelat banyak mengandung glukosa. Konsumsi yang berlebihan tentu dapat menaikkan berat badan. Jadi, jangan sampai ilmu dan berat badan kita bertambah sekaligus karena cokelat.

Dengan membiasakan diri hidup sehat tentu kesegaran pikiran akan terjaga dan dapat menambah semangat belajar kita setiap hari.

5. Komitmen

Sebagai mahasiswa tentu kita berkomitmen untuk menuntut ilmu sebaik mungkin di Universitas kita yang tercinta ini (baca: Universitas Indonesia). Dengan mengingat komitmen kita untuk selalu menuntut ilmu tentu kita dapat memahami makna ilmu yang kita pelajari sehingga bersemangat dalam mempelajarinya.

6. Motivasi

Berbagai motivasi membuat kita telah berada Universitas Indonesia ini dan motivasi itulah yang telah membuat kita bersemangat belajar dalam menempuh berbagai tes masuk Universitas ini. Jika kita merasa down dalam belajar, ingatlah kembali motivasi kita saat menghadapi tes masuk. Entah itu untuk membuat orang tua kita bangga, menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh atau ingin menjadi seseorang yang berguna bagi bangsa kita ini. Ingatlah motivasi-motivasi tersebut, sehingga kita bisa selalu mendapat spirit baru dalam mereguk indahnya ilmu di universitas kita tercinta ini.

Tips-tips di atas hanya beberapa tips yang mungkin dan semoga efektif bagi teman-teman mahasiswa sekalian.

Sebenarnya masih ada yang lain sih, tapi cukup itu saja dulu. Kalau ada tambahan, bisa ditanggapi..



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😮 (38%)
  • 😒 (31%)
  • 😆 (15%)
  • 😭 (8%)
  • 😊 (8%)
  • 😡 (0%)
  • 😍 (0%)