Teknik komputer adalah salah satu disiplin ilmu dan teknik yang mengintegrasikan beberapa bidang teknik elektro dan ilmu komputer yang dibutuhkan untuk mengembangkan hardware dan software komputer.

Teknik Komputer

Computer Engineering

Teknik komputer terlibat dalam banyak aspek hardware dan software komputer, dari desain individu mikroprosesor, komputer pribadi dan superkomputer, sirkuit desain. Bidang teknik ini tidak hanya berfokus pada bagaimana sistem komputer sendiri bekerja, tetapi juga bagaimana mereka mengintegrasikan ke dalam gambaran besar.
Teknik komputer mempersiapkan mahasiswa agar dapat memahami dan merancang sistem komputer secara menyeluruh, mencakup piranti keras (hardware), piranti lunak (software), dan jaringan komputer (network), yang selanjutnya akan diterapkan di bidang teknologi informasi, misalnya perancangan perangkat komputer yang bersifat pintar (intelligent), bergerak, dan mudah dibawa (mobility), serta dapat terhubung ke jaringan luas (connectivity).

Microprocessor

Microprocessor

Mahasiswa teknik komputer lebih banyak mempelajari perancangan sistem perangkat keras digital, termasuk komputer dan sistem telekomunikasi. Perangkat lunak tetap dipelajari, namun fokusnya terletak pada interaksi dengan perangkat keras. Teknik komputer bisa untuk penelitian Robotika, yang sangat bergantung pada menggunakan sistem digital untuk memantau dan mengontrol sistem listrik seperti motor, komunikasi, dan sensor.

Gladiatos Tim Robotika UI

Gladiatos Tim Robotika UI

Teknik komputer UI adalah salah satu program studi di Departemen Teknik Elektro (DTE), selain teknik elektro. Dimana, DTE didirikan bersamaan dengan berdirinya Fakultas Teknik pada 27 November 1964. Pada awalnya bernama “Jurusan Listrik”, yang terdiri atas dua bidang: Tenaga Listrik dan Elektronika &  Telekomunikasi. Sejak 1984, “Jurusan Listrik” diubah menjadi “Jurusan Elektro”, dan menjadi Departemen Teknik Elektro pada 2004.

Pada kala itu, masih terdapat 5 peminatan, yaitu teknik tenaga listrik, tenik kendali, teknik komputer, teknik elektronika, dan teknik telekomunikasi. Namun sejak 2006, peminatan Teknik Komputer berdiri sendiri menjadi program studi baru yakni: program studi Teknik Komputer. Ada 3 peminatan yang dipelajari, yaitu  Embedded System, Computer Networks, dan Multimedia Technology.

Ikatan Mahasiswa Elektro UI

Ikatan Mahasiswa Elektro UI

1. Embedded System

Untuk mahasiswa yang tertarik pada pembuatan produk berbasis sistem embedded yang bersifat intelligent atau mobile, baik untuk keperluan perusahaan ataupun pribadi, dengan memerhatikan nilai ekonomi dan kecanggihan produk. Sistem embedded ini dapat berupa Microcontroller 8-bit dan Microprocessor sederhana sampai dengan kompleks dan penggunaan operating system khusus.

advertisement
Motherboard

Motherboard

2. Computer Networks

Secara sederhana, jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Computer Networks

Computer Networks

3. Multimedia Technology

Multimedia adalah penggabungan beberapa buah media yang berlainan dalam sebuah program interaktif. Teknologi multimedia memberi pengenalan tentang berbagai jenis media (teks, gambar, audio, dan video), definisi beserta karakteristiknya, cara penyimpanan, dan manipulasinya.

Multimedia

Multimedia

 

Apa saja yang dipelajari?

MPKT-B (Sains dan Teknologi), MPK Olahraga/Seni, MPK Bahasa Inggris, Kalkulus, Teknik Dijital + praktikum, MPKT-A (Sosial dan Humaniora), MPK Agama, Aljabar Linier, Fisika Dasar 1 + praktikum, Pengantar Teknik Komputer + praktikum, Fisika Dasar 2 + praktikum, Jaringan Komputer + praktikum, Dasar Rangkaian Elektronika, Perancangan Sistem Dijital, Dasar Teknik Elektro, Matematika Teknik 1, Statistik dan Probabilitas, Organisasi dan Arsitektur Komputer, Sistem Operasi, Matematika Teknik 2, Pemrograman Lanjut, Struktur Diskrit, Mikroprosesor dan Mikrokontroler + praktikum, Sistem Basis Data + praktikum, Rekayasa Perangkat Lunak, Sinyal dan Sistem, Keamanan Jaringan Komputer + praktikum, Pemrograman Berorientasi Objek + praktikum, Perancangan VLSI, Teknik Telekomunikasi + praktikum, Desain dan Manajemen Jaringan Komputer + praktikum, Sistem Embedded, Kerja Praktik, Interaksi Manusia dan Komputer, Pengolahan Citra, Teknologi Nirkabel, Rekayasa dan Kewirausahaan, Seminar, Manajemen Proyek Teknologi Informasi, Profesionalisme dan Etika dalam Teknologi Informasi, Teknologi Multimedia, Skripsi, Topik Khusus Teknik Komputer 1 (Jaringan Komputer dan Teknologi Multimedia), dan Topik Khusus Teknik Komputer 2 (Sistem Embedded).

Sumber: Academic Guidebook Fakultas Teknik UI 2012-2017

advertisement

 

Kolaborasi Program Studi Teknik Komputer dengan Institusi Lain

1. CISCO Networking Academy

CISCO Networking Academy

CISCO Networking Academy

2. CompTIA Academy

CompTIA Academy

CompTIA Academy

 

Prospek Karir Lulusan Teknik Komputer

hat tossing ceremony at graduation
Network Engineer, Network Administrator, Network designer, Software Embedded Programmer, Control System Engineer, Embedded System Engineer, R&D Engineer, Robotics Engineer, IT Consultant, Technopreuneur, Computer System Engineer dan Computer Engineering Lecturer.
a71d41faf28b05587e74340c335dc3e0

Prospek Gaji

Gaji rerata tahunan berdasarkan IT skills dan years of experience

Gaji rata-rata tahunan (IDR)

Gaji rerata tahunan (IDR)

Survey online ZDNet kawasan Asia pada Maret 2011-Maret 2012.

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2012/04/25/19130733/ini.daftar.gaji.pekerja.ti.di.indonesia.

 

Sekian review-nya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (62%)
  • 😊 (19%)
  • 😮 (6%)
  • 😆 (5%)
  • 😒 (4%)
  • 😡 (2%)
  • 😭 (2%)