Hai Mutiara Indonesia, sudah siapkah menjadi bagian dari Kampus Perjuangan? Harus siap dong, karena kalian adalah orang-orang yang dipilih UI dari sekian banyak pendaftar di seluruh Indonesia.  Kalian sebentar lagi akan disuguhkan rangkaian acara mahasiswa baru dari OBM, ospek universitas, ospek fakultas sampai ospek jurusan yang tentunya seru abis. Eits, tapi kalian tahu nggak sih terkadang ada saja hambatan saat kita mempersiapkan diri buat menghadapi rangkaian acara itu? Kendalanya bisa dari jauh-jauh hari bahkan yang sifatnya spontan seperti satu atau dua jam sebelum menghadapinya. Dan jelas banget itu bikin kamu telat. Mutiara Indonesia nggak boleh telat dong, ya nggak? Nah, apa aja hambatan itu dan gimana cara mengatasinya, yuk kita intip!

 

Tidur larut malam

Santai aja, jangan sampe kepikiran banget. (via huffingtonpost)

Ciri anak SMA saat pertama kali akan menghadapi OBM atau Ospek adalah sehari sebelumnya merasa gugup dan banyak memikirkan situasi yang akan terjadi nanti. Contohnya, gegana (gelisah galau merana), mikirin gimana kalau kamu nggak bisa menghadapi seluruh rangkaian acara dengan baik, ketidakpercayaan diri untuk berinteraksi, takut nggak dapet temen, dan muasih buanyak lagi sehingga hal-hal tersebut membuatmu terus berpikir berlarut-larut bahkan sampe nggak bisa tidur.

Kamu tipe orang yang seperti itu?

Percayalah, OBM dan Ospek tidak seperti yang kamu bayangkan. Kita nggak lagi tes SBMPTN atau SIMAK UI kok, kita tuh bakalan seru-seruan, jadi jangan gugup atau terus kepikiran apalagi sampai kamu tidur terlalu larut. Rileks aja dan pikirkan hal menyenangkan misalnya saat-saat dimana kamu bakalan punya teman yang kocak, kenalan sama cogan atau cetik (cewe cantik) anak FT, FH, FK dan yang pasti ketemu dosen-dosen keren dengan seabrek cerita seru dan pengalaman. Nah, coba pikirkan hal itu dan bangunlah semangat. Mutiara Indonesia harus percaya diri dan siap menghadapi apapun tantangannya.

 

advertisement

Makan masakan pedas di malam hari

Makan pedes-pede gini emang enak sih… Asal nggak malem-malem dan besoknya harus bangun pagi. (via aminoapps)

Ini hambatan yang kedua. Buat yang suka banget sama masakan pedas, usahakan saat masa masa kegiatan maba kayak begini dikurangin dulu ya. Kenapa? Karena saat kamu makan masakan pedas secara berkesinambungan apalagi saat malam hari, maka sisa metabolismenya bakal dibuang pada esok hari. Dan pernahkah kamu tahu kapan dan jam berapa sisa metabolisme itu dibuang? Nggak, kan? Nah, gimana jadinya kalau pas kamu mau berangkat OBM atau Ospek tiba-tiba perutmu sakit luar biasa sampe bikin kamu keringet dingin? Tentu kamu akan mengeluarkan sisa metabolisme itu kan? Kalau kamu bukan orang yang sengaja telat-telatan, kamu nggak akan kesiangan kalau cuma sekedar duduk di kamar mandi 5-10 menit saja. Tapi kalau kamu termasuk orang yang molor, otomatis kamu bakalan kesiangan. Jadi, kurang-kurangin dulu hobi cabainya karena selain nggak sehat, itu juga bakal menghambatmu menghadapi masa-masa kegiatan mahasiswa baru.

 

BACA JUGA: Beberapa Poin yang Harus Kamu Perhatiin Sebelum Mengikuti OBM

 

Sarapan Bersama Handphone

Jangan sarapan sambil main handphone ya, apalagi sarapan pake handphone. (via inglesnoteclado)

Apakah kalian sering melakukannya? Hindari hal fatal ini, ya. Bukan hanya pada saat OBM atau Ospek, tapi juga pada keseharian. Waktu sarapan adalah untuk sarapan, waktu tidur adalah untuk tidur, waktu handphone adalah untuk handphone, tapi waktu sarapan bukanlah untuk handphone.  Saat sarapan, sesibuk apapun kamu atau sepanik apapun kamu, usahakan handphone-mu disimpan terlebih dulu. Hindari penggunaan handphone secara berlebihan biar kamu nggak kehilangan waktu yang percuma dan biar nggak terlambat gara-gara sarapan bersama handphone.

 

advertisement

Telat Mikir

Jangan lama-lama mikirnya! (via blog.jaringanhosting)

Sepatu yang biru hitam atau yang abu hitam, ya?

Ikat rambut warna pink atau yang merah, ya?

Kerudung segiempat atau yang pashmina, ya?

Rok rampel atau celana bahan, ya?

WARNING keras! Hindari semua pertanyaan yang sejenis dengan pertanyaan diatas kalau kamu nggak mau telat. Ayolah, karena semakin lama kamu berpikir, semakin banyak waktu yang terbuang.  Siapkanlah pakaian di malam hari sebelum tidur, biar ketika kamu mau berangkat OBM atau Ospek nggak ribet lagi pilih-pilih pakaian. Dan untuk sepatu, percayalah semahal apapun harganya atau sekeren apapun jenisnya kebanyakan orang nggak bakal terlalu memperhatikanmu. Kecuali kalau sepatumu warnanya merah terang, karena itu melanggar aturan yang ditetapkan untuk maba.

 

Nada alarm yang melow

Tuh kan telat. (via chicagoent)

Kalau kamu tipe orang yang nggak bisa bangun tanpa alarm, maka hindari nada alarm yang melow and slow saat masa-masa kegiatan mahasiswa baru. Meskipun kamu pasang alarm sebanyak 10 kali berselang 2 menit, kalau nada alarmnya melow and slow nggak akan ada pengaruhnya. Pasanglah yang bener-bener rock atau seenggaknya nge-beat sampe bikin kamu melek. Jangan pasang lagu Titanic atau Beauty and Beast karena itu malah buat kamu makin lelap tidur atau bahkan sampe bermimpi indah. Tahu-tahu kesiangan terus nanti pas OBM atau Ospek ditanya kenapa terlambat?

Jawabnya “alarm saya nggak bunyi”

(geleng-geleng kepala) (cakar tembok)

 

BACA JUGA: 5 Jenis Pertanyaan yang Bisa Kamu Tanyakan Pada Sesi Tanya Jawab Kelas dan Cara Praktis Membuatnya

 

Nah, adik-adikku yang manis dan polos-polos, itulah beberapa hal yang harus kamu hindari saat akan menghadapi serangkaian kegiatan maba. Fighting! Karena seluruh rangkaian kegiatan maba sangat sangat bermanfaat buat kamu saat benar-benar kuliah nanti. So, nikmati dan jalani sepenuh hati, Mutiara Indonesia. Dan jangan lupa share kuy, biar temen-temen kamu pada nggak telat gara-gara 5 hal di atas.



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😆 (40%)
  • 😭 (33%)
  • 😡 (13%)
  • 😒 (7%)
  • 😍 (7%)
  • 😮 (0%)
  • 😊 (0%)