Sudah baca berita? Sudah tahu hasilnya?

Yups! Betul sekali. Di tahun 2017 ini Universitas Indonesia (UI) kembali menjadi kampus terbaik nomor 1 di Indonesia diikuti oleh ITB dan UGM pada urutan kedua dan ketiga versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangking baru-baru ini. Nah, kira-kira nih sobat tahu nggak sih ternyata meskipun mempertahankan posisinya di peringkat dunia sebagai kampus terbaik nomor 1 di Indonesia, UI, kampus tercinta kita ini punya saat up and down-nya yang mungkin belum kalian ketahui dalam kancah persaingan internasional dengan universitas di seluruh dunia. Tak tahu maka tak sayang. Berikut ini adalah perjalanan kampus kita tercinta dari beberapa tahun kebelakang sampai sekarang. Yuk dicek!

 

1. Tahun 2010: 236 di Dunia dan Satu-Satunya dari Indonesia

Setelah melakukan evaluasi terhadap sekitar 600 perguruan tinggi terbaik dunia, QS mengeluarkan hasil penilaiannya pada September 2010. UI menempati peringkat 236 dengan skor 42,90 dan jadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk 300 besar universitas terbaik dunia. Bahkan, UI mengalahkan University of Humburg lho. Berdasarkan QS World University Ranking ini pula, UI menduduki peringkat 6 universitas terbaik di Asia Tenggara dan peringkat 40 di Asia. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, Universitas Indonesia menempati posisi pertama universitas terbaik versi QS World University Rangking.

 

2. Tahun 2011: 217 di Dunia, melejit!

Menginjak tahun 2011, penilaian QS World University Ranking dikeluarkan pada 5 September 2011. Dan tahukah kalian kampus kita telah melejit cukup baik dari sebelumnya 236 menjadi peringkat 217 dengan skor 45,10 diantara jajaran universitas terbaik dunia versi QS. Peningkatan yang signifikan terlihat pada publikasi jurnal UI yang mencapai angka 200%. Keren bukan? UI sendiri tahun 2011 sudah bisa mengungguli University of Technology di Sydney, Australia lho. Meskipun begitu, peringkat UI di Asia turun 10 poin menjadi 50.

advertisement

 

3. Tahun 2012: 273 di Dunia, yah 🙁

Pada tahun 2012, berdasarkan QS World University Ranking, UI mengalami penurunan peringkat di Asia menjadi 59 dari tahun sebelumnya dengan skor 59,68. Dana riset UI tahun 2012 ini mencapai Rp 18,29 miliar lho. Untuk peringkat dunia sendiri, Kampus Perjuangan mengalami penurunan cukup signifikan dari 217 menjadi 273 didunia. Tapi, UI masih mempertahankan posisinya sebagai universitas terbaik utama di Indonesia versi QS.

 

4. Tahun 2013: 309 di Dunia, kamu kenapa?

Hasil resmi daftar dari QS dikeluarkan pada hari Selasa, 10 September 2013. Sayangnya, peringkat UI mengalami penurunan lagi dari peringkat 273 menjadi 309 dengan skor 39,40 didunia dan 59 menjadi 64 di Asia versi QS. Seperti yang diungkapkan Kepala Kantor Internasional UI pada masanya, Bapak Junaidi, penurunan peringkat UI dari tahun ke tahun kemungkinan karena universitas lain di luar Indonesia yang bermetamorfosis lebih baik. Dapat kita simpulkan, hipotesis Bapak Junaidi menandakan kalau persaingan UI dikancah internasional semakin ketat ditahun 2013 dan tentu pada tahun-tahun yang akan datang.

 

BACA JUGA: Status UI Sebagai PTN-BH, Apa Sih Maksudnya?

advertisement

 

5. Tahun 2014: 310 di Dunia, turun satu tangga

Di posisi berapakah UI pada tahun ini? Hayo siapa yang tahu?

QS World University Ranking mengeluarkan daftar peringkat universitas pada hari Selasa, 9 September 2014. Tahun ini ada 9 PTN yang masuk penilaian dan ranking tertinggi masih diraih oleh kampus tercinta kita, Universitas Indonesia. UI, pada tahun 2014, menempati posisi 310 dengan skor 40,9 dari sebelumnya peringkat 309 dunia. Di Asia sendiri UI turun dari 64 menjadi 71 versi QS, menyusul ITB dan universitas lain di Indonesia.

 

6. Tahun 2015: 358 di Dunia, mulai panik

Di tahun ini, apakah kampus kita kembali mengalami penurunan?

Tahun 2015, UI berada diperingkat 79 dalam pemeringkatan “Top 100 of the 2015 QS University Ranking for Asia”. Artinya, UI turun sebanyak 8 poin. Sedangkan secara global, peringkat UI turun untuk ketiga kalinya dari 310 menjadi 358 dari total perguruan tinggi dunia. Mengacu pada QS, UI sebenarnya mengalami penurunan pada reputasi akademik dengan peringkat 225. Meskipun demikian, kampus kita ini unggul telak lho diindikator Reputasi versi Karyawan yang menempati posisi 217. Karyawan UI keren dong!

Adanya penurunan peringkat UI di tahun ini mendorong Kampus Perjuangan kita untuk kembali memperbaiki berbagai faktor lagi seperti data, masalah dosen dan mahasiswa serta jumlah publikasi jurnal. UI benar-benar semangat berbenah diri dari tahun ketahun, lho. Keren kan? Panutan banget buat kalian-kalian yang SIAK-nya nggak ramah-tamah, jangan pasrah tapi teruslah berbenah. UI aja bisa, kenapa kita nggak?

 

7. Tahun 2016: 325 di Dunia, kembali bangkit!

Hasil penilaian QS World University Ranking keluar pada hari Selasa, 6 September 2016. Dan, kampus kita mengalami peningkatan hebat di tahun ini. Dari 3800 perguruan tinggi dunia, peringkat UI menjadi 325 yang semula 358. Kenaikan tersebut cukup tinggi karena di tahun-tahun kebelakang, UI banyak mengalami penurunan. Sementara peringkat UI di Asia versi QS juga meningkat dari yang awalnya 79 menjadi 67.

Di tahun 2016 ini, UI gencar-gencarnya melaksanakan konferensi internasional lho dan menjadi tuan rumah dari sebanyak 24 konferensi internasional. Hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk kembali berbenah diri, Sobat. Terlepas dari apa yang telah dicapai Sang Kampus Perjuangan selama ini.

 

8. Tahun 2017: 277 di Dunia dan Nomor Satu di Indonesia!

Dan tibalah kita pada tahun 2017, dimana UI kembali menyandang status kampus nomor 1 di Indonesia versi QS World University Ranking. Bahkan di tahun ini UI masuk jajaran 300 besar universitas terbaik dunia dengan peringkat yang sangat baik dari 325 menjadi 277. Selain UI, ITB dan UGM juga berhasil memperbaiki posisi mereka dengan cukup baik. Hal ini menunjukkan kalau kualitas pendidikan di Indonesia nggak kalah dengan negara lain.

Ngomong-ngomong tentang QS, ada 9 indikator yang digunakan QS untuk menilai/mengevaluasi prestasi universitas lho, seperti; kualitas penelitian, rasio mahasiswa terhadap staf pengajarnya, hasil penelitian yang dikutip, kesiapan lulusan masuk dunia kerja, publikasi staf pengajar, pertukaran mahasiswa (masuk/keluar negeri), jumlah mahasiswa asing dan jumlah dosen mengajar keluar negeri. Nah, untuk tahun ini sendiri QS melakukan pemeringkatan terhadap 959 universitas di 84 negara di dunia.

 

BACA JUGA: 5 Hal ini Otomatis Mengingatkan Kamu akan Universitas Tercinta

 

Itulah perjalanan panjang Sang Kampus Perjuangan. Wah nggak terasa beberapa menit baca artikel ini kita udah kayak menjelajah waktu ya, sobat. Bagaimana perasaan kalian sebagai pemegang yellow jacket setelah melihat perjalanan kampus kita selama lebih dari 5 tahun? Semoga kalian tergerak untuk terus bekerja keras walau badai menghadang, walau angin topan menerjang. Eits sebelum kita berpisah, ada baiknya kalian ciwi-ciwi dan cowo-cowo berbagi bahagia dan motivasi lewat info ini keteman-teman. Share dimanapun dan ke siapapun. Ke anak UI boleh, anak kampus lain boleh, dosen juga boleh (takutnya ada yang belum tahu), kenenek kakek buyut kalian di kampung juga boleh (mumpung lagi liburan). Sampai ketemu di lain kesempatan!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (80%)
  • 😭 (10%)
  • 😮 (10%)
  • 😡 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😊 (0%)