Senin, 4 Oktober 2016 lalu, acara yang merupakan pesta keilmiahan terbesar mahasiswa di UI telah resmi dibuka. Yup, Olimpiade Ilmiah Mahasiswa Universitas Indonesia atau yang biasa disingkat menjadi OIM UI ini merupakan kompetisi terbesar dalam bidang keilmiahan yang melibatkan seluruh fakultas di UI untuk unjuk gigi dan memperlihatkan kemampuan kontingen-kontingen terbaiknya.

Nah, kali ini pihak anakui.com ingin memberikan ke teman-teman semua, kira-kira kayak apa sih OIM UI 2016 ini? Langsung dari Project Officernya loh, Saffanah Marietta, yang hangat disapa dengan Seffin. Langsung aja dibaca yok!

oimui

Seperti yang kita tau sendiri bahwa OIM merupakan lomba keilmiahan terbesar tingkat UI. Pada acara ini, terdapat berbagai jenis lomba yang diikutsertakan, di antaranya adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Quiz, Poster Inspiratif, dan masih banyak lagi!

Kalau kamu bertanya apa yang akan berbeda dari OIM UI tahun lalu dengan tahun sekarang, nih kita kasih tau sedikit biar gak penasaran-penasaran banget. Jadi, OIM UI tahun ini ingin memberikan kesan yang beda bagi kegiatan keilmiahan; bahwa keilmiahan itu gak melulu dikorelasikan dengan sesuatu yang nerdy, geeky, dan serem-serem serius gitu. Makanya, acara yang memiliki tagline “Challange Your Imagination” ini, design secara umumnya lebih ke colorfull dan menarik lucu-lucu gitu kalo temen-temen sendiri perhatiin.

myhome

Sumber: Official Account OIM UI 2016

Meski di awal kepanitiaan sempat terkendala perihal dana, hal itu tidak meruntuhkan semangat Seffin beserta panitia lainnya untuk totalitas dalam menyelenggarakan acara ini. Seffin memiliki target dan capaian tersendiri bahwa OIM tahun ini harus memiliki banyak penonton di tiap lombanya. Jadi sebisa mungkin panitia menyediakan ruangan lomba yang memadai agar supporter dari tiap kontingen juga bisa banyak, apalagi untuk lomba-lomba tertentu. Contohnya aja nih, OIM Quiz diadakan di Annex Balairung agar penonton lomba ini juga bisa tertampung banyak, mengingat nonton OIM Quiz ini seru dan bikin geregetan banget loh, kamu harus nyobain! Selain itu, pertanyaan-pertanyaannya juga menambah wawasan kita banget. Asyik kan nambah wawasan dengan cara yang fun?

advertisement

Oh iya, kamu pasti pernah dong sesekali mikir, abis OIM UI, terus pemenang-pemenangnya akan dibawa ke mana ya? Nah, kalo masalah ini, Seffin menjawab dengan tegas bahwa pemenangnya gak akan dibawa ke mana-mana.

“Sebenernya kita ada juga lomba ilmiah antar-Universitas, yaitu PIMNAS. Tapi sayangnya, OIM UI dan PIMNAS ini gak in line jadwalnya, jadi akan susah kalo misalkan kontingen yang menang di OIM dilanjutkan ke tingkat PIMNAS. Lagipula, PIMNAS juga udah ada wadahnya sendiri untuk menjaring kontingen-kontingennya. Kesimpulannya, OIM UI ini pure untuk seru-seruan dan mencari experience baru serta ajang unjuk gigi antar-fakultas di UI,” jawab Seffin.

myhome_0

Sumber: Official Account Line OIM UI 2016

Ada lagi yang beda dari OIM UI tahun ini. Kalo biasanya opening OIM UI ada ceremonial dan paradenya, berbeda dengan sekarang. Rencananya, ceremony dan Parade OIM UI 2016 akan digabung bersamaan dengan dua kompetisi besar nan bergensi di UI lainnya; OLIM UI dan UI AW. Gak sabar kan betapa meriah dan ramenya acara ini nanti? Datang dan saksikan sendiri tanggal 14 Oktober 2016 di Rotunda Universitas Indonesia!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)