Kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia pada awal bulan lalu, menjadi kunjungan diplomasi pertama yang dilakukan Raja Arab setelah 47 tahun lalu. Membawa rombongan sebanyak 1.500 orang, Raja Salman dan rombongannya berkunjung ke beberapa tempat di Indonesia selama sembilan hari.

Kedatangannya ke Indonesia dikatakan sebagai momentum Raja Salman dalam berinvestasi di berbagai sektor industri di Indonesia. Dalam kunjungannya juga, Raja Salman ingin mengenalkan visi Arab 2030 untuk mengurangi ketergantungannya terhadap sektor minyak dan mengandalkan diversifikasi pendapatan ekonomi di sektor lainnya, antara lain kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pariwisata.

Dalam kunjungan itu pula, rombongan delegasi Raja Salman yang terdiri dari media-media Arab Saudi dan para akademisi melakukan kunjungan ke kampus makara Depok pada Jumat (3/3). Rombongan yang berkunjung ke UI di antaranya, Dr. Abdullah bin Fahd Al Hussein (Pemimpin Redaksi Koran Al Jazeera), Dr. Khaled Al Malik (Pemimpin Redaksi Koran Al-Madenah), Fahd Al-Aqlan (Pemimpin Redaksi Koran Okaz), dan sejumlah fotografer. Selain dari media, para akademisi dari Arab pun ikut berkunjung ke kampus terbesar di Indonesia ini.

 

BACA JUGA: Hasil Mufakat Bersama: Kelulusan 32 Mahasiswa Prodi Arab di Depan Mata

 

advertisement

Dalam kunjungan itu, para rombongan menuju ke tiga titik, yakni ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, dan Restoran Mang Engking. Para rombongan berbincang mengenai prodi Ekonomi Syariah yang merupakan salah satu prodi di FEB, dan berbincang dengan para mahasiswa di FIB yang berisi para mahasiswa Sastra Arab.

Di kampus makara, para pemimpin redaksi itu pun menyampaikan kepada para mahasiswa yang hendak mendalami ilmu di bidang media bahwa mereka disediakan tempat untuk magang di media di Arab Saudi, salah satunya Al Jazeera, tentunya dengan standar-standar tertentu. Pada kesempatan itu pula, UI dan Arab Saudi membuka peluang kerja sama di sektor pendidikan dan inovasi, guna menumbuhkembangkan kerja sama antar kedua negara, Indonesia dan Arab Saudi.

Selain, kunjungan rombongan Arab Saudi, Universitas Indonesia juga pernah dikunjungi pejabat-pejabat dari berbagai negara, salah duanya adalah Barrack Obama dan Ahmadinejad. Kedatangan mereka ke UI merupakan salah satu kegiatan selain sekadar kunjungan kenegaraan antara dua negara. Hal tersebut tentu menjadi kesempatan UI menjajaki kerja sama lebih lanjut dalam dunia pendidikan, seperti pertukaran pelajar dan kerja sama dalam berbagai bidang lain.

 

BACA JUGA: 4 Pertanyaan yang Biasa Ditanyakan di Wawancara Magang

 

advertisement

Nah, kalau ditawari magang dan pertukaran pelajar ke Arab Saudi, kalian mau tho? Biar sekalian bisa naik haji. Bagikan artikel ini ke akun Facebook, Twitter, dan Line kalian biar semua anak UI tau kalau kita dibukakan pintu untuk magang di Arab!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (75%)
  • 😒 (25%)
  • 😡 (0%)
  • 😭 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)