Rumah Pintar ini wujud rasa terimakasih yang sebesar-besarnya dari kami Paguyuban KSE UI atas rejeki dan semua kesempatan yang telah diberikan kepada kami. Cita-cita kami sederhana, menunjukkan kepada “mereka” tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa terjadi jika tekad itu kuat seperti keinginan kita untuk dapat menghirup udara bebas saat berada dalam keadaan kritis (Hari Subagya, Trainer People Develop People). Semua keterbatasan yang kami punya tidak akan pernah membuat mimpi-mimpi kami untuk menyebar dandelion-dendelion tersebut menjadi terbatas pula.

Dream Believe and make it Happen – Agnes Monica

RUPIN atau Rumah Pintar adalah sebuah program kerja yang dibentuk oleh Paguyuban KSE UI (sebuah perkumpulan mahasiswa penerima beasiswa dari Yayasan Karya Salemba Empat). sebenarnya RUPIN ini dibentuk dengan konsep dan cita-cita yang sangat sederhana. RUPIN adalah wujud rasa terimakasih saya dan temen-temen penerima Beasiswa KSE UI terhadap para donatur yang telah dengan sangat baik memberikan sedikit penghasilan mereka untuk memastikan kami bisa berkuliah tanpa pusing memikirkan biaya.

Kami merasa terpanggil untuk meneruskan kebaikan yang mereka lakukan seperti filosofi bunga Dandelion. Anda tahu bunga dandelion? Yaa, bunga dandelion merupakan bunga yang sangat indah yang memilki filosofi yang sangat unik. setiap bagian dari bunga dandelion yang tertiup oleh angin dan terbawa hingga jauh entah kemana akan menjadi bunga dandelion baru dan begitu seterusnya. makna tersebutlah yang ingin kami ambil, kami ingin meneruskan kebaikan para donatur dalam bentuk yang lebih nyata dan lebih dari sekedar rasa terimakasih.

Melalui filosofi tersebut kami mengusung cita-cita yang juga sederhana. kami hanya ingin adik-adik kami (mampu secara akademis tapi tidak mampu untuk mengikuti bimbingan belajar karena keterbatasan biaya) yang sedang duduk di bangku sekolah menengah umum memiliki cita-cita untuk bisa masuk perguruan tinggi. kami berpikir, setidaknya mereka memiliki keinginan untuk bisa masuk perguruan tinggi, karena jika sudah memiliki keinginan yang kuat, saya yakin dan percaya selanjutnya akan diikuti oleh tekad dan semangat yang luar biasa.

RUPIN sudah berjalan dalam kurun waktu satu tahun. dalam satu tahun perjalanannya ada banyak hal yang RUPIN berikan kepada kami. banyak pelajaran dan pengalaman yang sangat mahal yang kami dapatkan dengan “gratis”. karena denga RUPIN

advertisement

kami belajar untuk menebar kebaikan

kami belajar bertanggung jawab

kami belajar memotivasi orang lain

kami belajar untuk saling menguatkan satu sama lain

kami belajar bagaimana indahnya hidup dengan saling berbagi kebaikan

kami belajar menjadi pribadi yang profesional

advertisement

kami belajar bagaimana menghargai orang lain

dan dengan RUPIN kami belajar untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur atas nikmat yang terkadang sering terlupakan.

RUPIN angkatan pertama berhasil mengantarkan 15 dari total 25 peserta RUPIN masuk ke PTN impian mereka dan 7 diantaranya berhasil masuk ke Universitas Indonesia. Untuk RUPIN angkatan kedua yang sedang berjalan (30 peserta), sudah berhasil mengantarkan 6 adik-adik SMA menjemput impian mereka di Fakultas yang mereka inginkan melalui jalur SNMPTN Undangan dan 24 adik-adik lainnya sedang harap-harap cemas menunggu hasil SNMPTN Tertulis. Semoga mereka diberikan hasil yang baik. Berikut lima Mahasiswa Baru UI dan satu mahasiswa baru UGM

1. Vania Ayu Utami: Sastra Inggris – Prodi Inggris FIB UI
2. Putri Lulanti: Akuntansi – FE UI
3. Tira Kurnia: Teknik Metalurgi – FT UI
4. Ayudhya Arlandita: Teknik Fisika – FT UGM
5. Alifah Shabrina Salistya: Kesejahteraan Sosial – FISIP UI
6. Gita Lestari : Teknik Lingkungan – FT UI

Video SSR RUPIN PAGUYUBAN KSE UI

Cerita Lain tentang RUPIN: Kabisat, RUPIN dan Hati RUPIN dan Pohon Harapan

Reni Rahmahidayani 

Sekretaris Paguyuban KSE UI 2211-2013



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (50%)
  • 😍 (50%)
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😒 (0%)