Mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi kamu ngerjain  tugas kuliah pake laptop. Jadwal yang padat membuat kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaan di mana saja dan kapan saja. Termasuk menggunakan laptop pada saat makan siang di kantin, di kosan, tak jarang kalau kepepet kamu kepaksa buka laptop di halte atau bahkan di dalam mobil.

Di saat mendesak tersebut, tentunya, kamu harus memangku laptop agar bisa mengerjakan tugas tersebut. Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan memangku laptop dapat mengurangi kualitas sperma atau bahkan menyebabkan impotensi dini?

Sebuah grup peneliti dari Argentina mempublikasikan sebuah jurnal bertajuk Fertility and Sterility, yang menyebutkan bahwa betapa berbahayanya radiasi eletromagnetik yang dihasilkan oleh wifi dari laptop kamu. Penggunaan laptop yang tersambung dengan internet menggunakan wifi akan menghasilkan radiasi yang dapat mengurangi kualitas sperma, bahkan membunuhnya, bila kamu terlalu sering dan lama menggunakan laptop dekat dengan organ intim kamu. Nah, loh!

Ngerjain tugas posisi begitu emang nyaman banget.  (Sumber:)

Ngerjain tugas posisi begitu emang nyaman banget. (Sumber:Photo Credit: crowderb via Compfight cc)

Rusaknya sperma bila terkena paparan radiasi elektromagnetik tersebut dapat berpengaruh pada DNA yang dibawa oleh bayi yang dikandung oleh pasangan kamu di saat dia hamil. Itu pun, jika-nanti-suatu-saat-kamu-menikah-dan-punya-pasangan-hidup.

Kalau jomblo dan nggak kepengen nikah sih yaa.. bukan nggak apa-apa juga. Mengingat kesehatan reproduksi juga berperan penting lho terhadap perkembangan kesehatan bagian tubuhmu yang lain. Jika organ intim kamu gampang melemah, maka badan kamu pun juga akan cepat lesu dan tidak bersemangat. Akhirnya, kuliah kamu pun jadi tidak seseru hari-hari biasa. Nggak enak kan, saat kamu cuma bisa duduk di pinggir lapangan di saat kamu lihat teman-teman kamu asik main basket atau nge-goal-in bola.

Hubungan antara kualitas sperma dengan tingkat intelegensi seorang pria pernah dilakukan di University of New Mexico pada tahun 2008. Menurut penelitian tersebut, kualitas sperma yang kurang baik bisa menjadi indikator adanya penurunan fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan verbal dan aritmatika.

advertisement

Hubungan ini terungkap saat peneliti memeriksa sampel air mani dari 425 veteran perang Vietnam di AS yang terkena dampak Agent Orange, senyawa kimia berbahaya yang digunakan untuk melumpuhkan gerilyawan. Selain mendapati penurunan jumlah sel sperma dalam air mani, peneliti juga mendapati bahwa kecerdasan para veteran menurun.

Kayaknya posisi paling aman emang kayak gini deh (Sumber:)

Ada meja, tapi laptop tetep di paha. (Sumber:Photo Credit: jasonEscapist via Compfight cc)

“Sperma dan kecerdasan sama-sama berhubungan dengan kebugaran fisik sehingga masuk akal jika di antara keduanya ada saling keterkaitan. Meski memang tak terlalu signifikan, terbukti ada keterkaitan,” ungkap salah satu peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut, Geoffrey Miller—seorang psikolog dari University of New Mexico.

Memang masih terdapat banyak opini mengenai dampak radiasi dari penggunaan wifi ini karena banyak gadget ber-wifi yang juga sering diletakkan dekat dengan organ intim, seperti telepon selular di saku celana bawah. Namun, selama hal ini masih diperbincangkan, produsen laptop, smartphone, dan komputer tetap saja mendulang keuntungan dari hasil penjualan tanpa membuktikan faktor keselamatan dalam menggunakan perangkat tersebut.

Nah, gimana nih sama kamu? Sudahkah kamu peduli dengan kualitas kesehatan kamu? Karena kalau kata adagium berbahasa Latin mengatakan “mensana in corpore sano” yang artinya “di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”.

Gimana menarikkan artikel di atas? Dan ini salah satu artikel yang membahas tentang kesehatan juga yang pernah ditulis di AnakUI.com: Fakta-fakta Salah Kaprah Tentang Mie Instan

advertisement

Pengen hidup sehat? Yuk, bagikan tulisan ini ke teman-teman kamu lewat Facebook, Twitter atau LINE!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😮 (67%)
  • 😡 (33%)
  • 😭 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😊 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😍 (0%)