Tiga perguruan tinggi negeri di Indonesia masuk peringkat 100 terbaik Asia versi Times Higher Education (THES). Universitas Indonesia berada di peringkat ke-50, Universitas Gajah Mada pada peringkat ke-63, dan Institut Teknologi Bandung ke-80. Ada tiga pemeringkatan yang bereputasi internasional, yakni THES, Shangkai Jiao Tong University, dan Webometrics. THES menggunakan sembilan indikator dalam pemeringkatan perguruan tinggi di Asia, antara lain kualitas penelitian perguruan tinggi bersangkutan, rasio dosen dan mahasiswa, banyaknya penelitian yang dikutip, serta kesiapan kerja para lulusannya. Indikator lainnya, karya ilmiah fakultas, pertukaran mahasiswa di lingkup Asia, pertukaran mahasiswa dengan luar Asia, banyaknya mahasiswa internasional serta fakultas bertaraf internasional.

Dengan masuknya 3 universitas di Indonesia menjadi 100 besar Asia ini dapat dikatakan bahwa universitas di Indonesia cukup diakui eksistensinya bagi Asia dan jika ditelusuri lebih jauh berarti mahasiswa Indonesia dapat bersaing dengan mahasiswa lain dari negara-negara di Asia.

Terlepas dari pemeringkatan THES ini, beberapa waktu lagi pemeringkatan universitas di dunia versi webometrics juga akan keluar. Pemeringkatan yang berdasarkan akses digital universitas ini mendorong universitas untuk lebih meningkatkan konten digitalnya di dunia maya, tak terlepas universitas di Indonesia. Sebagai contohnya Universitas Indonesia saat ini sedang memacu civitas academika-nya untuk meningkatkan akses digital ke web UI. misal dengan memasang banner mahasiswa, dosen, staff, dan alumni Universitas Indonesia, atau dengan kegiatan Aku Cinta UI, serta adanya blog multiuser mahasiswa Universitas Indonesia.

Semangat untuk memperoleh hasil yang lebih baik tidak hanya muncul dari pimpinan Universitas Indonesia, tetapi juga berasal dari mahasiswa. Hal tersebut dapat terlihat aktifkan gerakan maya mahasiswa dengan adanya portal mahasiswa anakUI.com dan dilengkapi dengan adanya blog aggregator mahasiswa UI yang menjadi tempat berkumpul komunitas Blogger UI. Gerakan maya mahasiswa yang bertujuan untuk membantu universitas ini, mengharuskan para anggotanya untuk memasang banner universitas Indonesia yang linknya menuju website UI.

sumber : kompas, edisi senin 25 mei 2009 hal.12 dengan perubahan



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)

advertisement