Senin, 31 Oktober 2016, Program Vokasi UI baru saja merayakan ulang tahun yang ke-8. Sebagai rasa syukur dan bentuk “traktiran” dari Program Vokasi UI kepada mahasiswanya, diresmikan fasilitas baru, yakni gedung laboratorium dan ruang auditorium di aera Vokasi UI.

Peresmian dua fasilitas ini ditandai dengan penandatanganan prasasti  yang dilakukan di ruang auditorium oleh Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met. dan Direktur Pendidikan Vokasi UI Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA.

Penandatanganan prasasti gedung laboratorium dan ruang auditorium terbaru Vokasi UI via provokasi_ui

Penandatanganan prasasti gedung laboratorium dan ruang auditorium terbaru Vokasi UI via provokasi_ui

Ruangan auditorium ini berkapasitas 384 kursi dengan dominasi warna jingga, biru, dan hijau yang menggambarkan vokasi bangetlah pokoknya. Selain itu, di area gedung laboratorium juga sedang dibangun jalan, taman, kantin, serta lapangan basket dan voli.

Semua dibangun dengan harapan fasilitas ini akan menunjang kegiatan belajar mengajar mahasiswa Vokasi UI. Mengingat 80% merupakan kegiatan praktik yang menyebabkan adanya kebutuhan akan tenaga ahli, praktisi, dan profesional yang lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan dosen.

BACA JUGA: Ulang Tahun ke-66, Sejauh Mana Kamu Tau Tentang Kampus UI?

Kebutuhan operasional juga sangat besar dibandingkan dengan penyelenggaraan program reguler, karena setiap program jurusan mempunyai kebutuhan fasilitas praktek yang berbeda-beda. Namun, itu semua tidak menghalangi Vokasi UI untuk terus membuat prestasi. Sebagai bukti, saat ini dari 11 program studi yang ada, 4 di antaranya telah terakreditasi A.

advertisement

Di kalangan mahasiswanya, gedung vokasi yang telah ada akrab disebut dengan Gedung VA dan VB, ditambah satu gedung baru yang disebut sebagai VC.

Kalo menurut gue dengan adanya pembangunan itu bermanfaat banget sih, apalagi untuk pembangunan auditorium VC, karena sebelumnya vokasi kan belum punya. Dengan adanya VC, jadi lebih mudah bagi internal vokasi untuk menyelenggarakan acara, jadi gak usah minjem atau nyewa fasilitas dari fakultas di luar vokasi,jawab Muhammad Farhan, Vokasi Komunikasi 2014, ketika ditanya pendapatnya perihal fasilitas baru ini.

Muhammad Farhan atau yang biasa disapa dengan Awang ini juga mengatakan bahwa gedung VC yang juga memiliki ruang perkuliahan bisa membuat penempatan kelas lebih merata, jadi kegiatan perkuliahan bisa lebih efektif. Akan tetapi, sampai saat ini belum dipakai untuk kegiatan perkuliahan, hanya auditoriumnya saja yang baru sering digunakan.

Selain dua fasilitas yang sudah dibangun dan diresmikan ini, ada juga fasilitas lain yang sedang dibangun di Program Vokasi UI, yakni tempat uji sertifikasi.



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (71%)
  • 😡 (29%)
  • 😭 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)

advertisement