Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) mungkin terdengar sedikit asing di kalangan anak-anak mahasiswa universitas lain, tapi tidak untuk kampus kuning Universitas Indonesia. Secara akademik, UI sendiri sebenarnya terbagi ke dalam tiga rumpun ilmu besar yaitu saintek, soshum, dan kesehatan. Rumpun Ilmu Kesehatan ini memang sengaja dibedakan dengan ilmu saintek yang mana terdiri dari 5 fakultas kesehatan, yaitu: Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Ilmu Keperawatan. Kelima fakultas tersebut sekarang berkumpul di satu gedung besar RIK dan seringkali berintegrasi bersama dalam pembelajarannya.

Nah, kalau berkunjung ke gedung RIK otomatis kamu akan menemui anak-anak RIK dari berbagai fakultas. Hal itu tentunya tak jarang membuat kita susah membedakan dari fakultas mana mahasiswa itu berasal. Padahal itu cukup penting lho kalau misalkan kalian berniat untuk stalking cogan atau cecan (cewek cantik) RIK. Nah, anakui.com mau kasih bocoran tentang tipe-tipe anak RIK buat kamu berdasarkan hasil survey kecil beberapa anak ui.

 

Fakultas Kedokteran

Cadok (via bunchoffeeling)

Mahasiswa kedokteran di universitas manapun memang selalu jadi idaman di kampusnya, apalagi kalo FK UI. Nah anak FK di UI itu sebenarnya mudah banget lho untuk dikenali. Anak-anak FK ini biasanya selalu berpakaian rapi, celana bahan, tampilannya super bersih, dan biasanya selalu memakai name tag makara hijau di dada mereka. Udah kayak dokter-dokter di rumah sakit aja ya, gengs! Selain itu, anak FK itu selalu kelihatan yang paling rajin. Walau nggak semua anak FK itu bawa buku tebel, tapi at least gadget mereka berisi buku-buku anatomi dan lain sebagainya. Jadi, jangan heran kalau kebanyakan anak FK emang mukanya agak lebih serius dan kalem dari anak-anak fakultas RIK lainnya. Tapi jangan salah, banyak juga lho anak FK yang cerewet abis!

 

Fakultas Kedokteran Gigi

Mahasiswa FKG UI dengan alat-alat andalannya (via provoke-online)

Nggak kalah rajin dari anak FK, anak-anak FKG juga merupakan mahasiswa-mahasiswa terajin di RIK. Masih sama bersih dan rapinya, anak FKG memang lebih banyak senyum. Mungkin karna unjuk gigi kali ya (?) Nah, bedanya dengan anak FK, anak FKG biasanya lebih cengegesan. Tapi, mereka tetap jago dalam hal belajar dan menghapal anatomi, terutama anatomi mulut dan gigi. Memang seringkali cukup susah untuk membedakan anak FK dan FKG karena kebanyakan memiliki tipikal yang hampir sama.

advertisement

 

BACA JUGA: Artikel ini Membantu Kamu Menjawab Pertanyaan, “Anak FK Masih Sering Bolak-Balik Depok-Salemba nggak Sih?

 

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Teman-teman FKM UI dengan ciri khas warna ungu nya (via anakui.com)

Turun aksi? Anak FKM jagonya! Fakultas ungu ini memang agak sedikit berbeda dengan fakultas-fakultas lain di RIK. Mungkin karena ilmunya yang lebih sosial daripada fakultas-fakultas lainnya kali ya. Anak FKM yang mayoritas perempuan ini, dibandingkan dengan fakultas di RIK lainnya terbilang lebih santai. Tidak semua berpakaian rapi ala anak RIK yang diwajibkan menggunakan pakaian bahan. Kalau kamu main ke RIK dan menemukan anak-anak dengan bawahan jeans atau menggunakan kaos, sudah pasti itu anak FKM. Selain itu, biasanya anak FKM adalah para ukhti berhijab yang sholehah nan anggun. Anak FKM biasanya juga lebih berisik dibanding anak-anak RIK lainnya.

 

Fakultas Farmasi

Fakultas Farmasi Berprestasi (via uiupdate)

Butuh obat pelipur lara? Kalau ini cuma anak farmasi yang punya. Fakultas Farmasi ini bisa dibilang punya proporsi yang seimbang antara mahasiswa dengan mahasiswinya. Nah, anak farmasi ini juga terbilang anak-anak yang terlihat santai di RIK. Masih sesuai dengan penampilan anak RIK, anak farmasi biasanya selalu terlihat rapi. Sayangnya, anak-anak farmasi memang seperti jarang terlihat di kawasan RIK. Mungkin mereka sibuk mengobati hati yang terluka.

advertisement

 

Fakultas Ilmu Keperawatan

Kaka-kaka perawat FIK ramah-ramah banget ya (via okkmabimfikui2016)

Last but not least, fakultas yang siap merawatmu 24 jam setiap hari, yaitu Fakultas Ilmu Keperawatan. Fakultas yang mahasiswanya rajin bawa-bawa box P3K, alat-alat kesehatan, dll ini memang sedikit banyak mudah dikenali. Ngomong-ngomong, FIK ini jadi saingan FKM lho, karena sama-sama sedikit mahasiswa cowoknya. Nah, anak-anak FIK ini biasanya kalem-kalem dan sabar-sabar. Mungkin karena mereka nantinya akan menjadi perawat-perawat handal yang harus menghadapi kegalauan hidupmu kali ya.

 

BACA JUGA: Kira-Kira Seperti Apa ya Kalau Awkarin Beneran jadi Anak FKUI?

 

Itu tadi tipe-tipe anak RIK UI ala anakui.com. Satu hal yang paling gampang banget sih untuk membedakan anak RIK dengan fakultas-fakultas lainnya di UI adalah pakaian mereka yang rapi dan formal. Nah, sekarang pasti sudah bisa memastikan dong anak fakultas mana yang kalian incer tadi. Semoga tipe-tipe tadi mencerahkan pilihan anda ya! Happy stalking!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (67%)
  • 😭 (33%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)