10 Karya Arsitektur Terpopuler di Dunia

anakui.com – Dunia ini penuh dengan Arsitektur Terpopuler  dan memukau, mulai dari monumen klasik hingga corak arsitektur modern. Jika anda ingin tau 10 karya bangunan paling menakjubkan tersebut, cukup baca melalui catatan berikut :

  1. Colosseum (Roma, Italia)

Amfiteater di tengah kota Roma merupakan contoh sangat baik dari pencapaian Arsitektur Terpopuler Roma kuno. Coliseum (Colosseum) dibangun 72 Masehi lalu selesai pada 80 M. Gedung tersebut digunakan terutama untuk pertarungan gladiator, warga tidak susah menyaksikannya sehingga pertarungan gladiator menjadi salah satu atraksi paling populer di Roma.

  1. Museum Guggenheim Bilbao (Bilbao, Spanyol)

Museum ini dirancang oleh arsitek Amerika Frank Gehry dan dianggap sebagai salah satu bangunan terpenting abad ke-20. Desain kontemporer pemenang penghargaan menampilkan eksterior berlapis titanium dengan lekukan yang menangkap cahaya secara spektakuler. Museum tersebut menarik sekitar satu juta wisatawan setiap tahun sehingga berkontribusi banyak pada perekonomian Bilbao.

  1. Taj Mahal (Agra, India)

Taj Mahal adalah Situs Warisan Dunia UNESCO, salah satu contoh arsitektur Mughal paling mengesankan dan mengekspresikan cinta. Arsitektur Terpopuler Taj Mahal dibangun sebagai mausoleum untuk istri kaisar Mughal Shah Jahan di kota Agra setelah melahirkan. Monumen marmer putih merupakan perpaduan sempurna antara gaya arsitektur Persia, Turki, dan India, serta selesai dibangun tahun 1653.

  1. Sydney Opera House (Sydney, Australia)

Sydney Opera House adalah ikon Australia, bentuknya mirip kerrang, menggabungkan ruang pertunjukan dan restoran. Ikon tersebut dirancang oleh Jørn Utzon, ia kurang dikenal sampai akhirnya memenangkan kompetisi desain gedung opera pada tahun 1957.

  1. Piramida Giza (Mesir)

Piramida dan Sphinx yang terkenal terletak di luar Kairo, di situs arkeologi Giza Necropolis. Piramida terbesar dari ketiganya dikenal dengan Piramida Agung Giza (Piramida Khufu) dan merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia kuno yang tersisa. Mahakarya teknologi dunia kuno ini masih menarik wisatawan hingga sekarang.

  1. Sagrada Familia (Barcelona, ​​​​​​​Spanyol)

Mahakarya satu ini masih proses penyelesaian. Pembangunan katedral Katolik Roma ini, dirancang oleh Antoni Gaudí yang berbakat, dimulai tahun 1882 dan diharapkan selesai tahun 2026. Dalam desainnya, Gaudí menciptakan mahakarya dengan memadukan gaya modernis khasnya dengan gaya Gotik dan Art Nouveau.

  1. Pantheon – Roma, Italia

Roma adalah rumah bagi banyak pencapaian desain dan arsitektur yang memukau, tidak terkecuali Pantheon. Kubah indah “Kuil Para Dewa” dibangun sekitar tahun 126 Masehi dan memiliki kubah beton bertulang terbesar di dunia.

  1. Menara Petronas (Kuala Lumpur, Malaysia)

Menara Petronas adalah landmark ikonik Kuala Lumpur yang menyandang predikat gedung tertinggi di dunia sejak tahun 1998 hingga 2004. Menara setinggi 170 meter ini dirancang oleh orang Argentina kemudiana dirancang oleh arsitek Amerika César Pelli dan memiliki jembatan penghubung kedua bangunan.

  1. Menara Miring Pisa (Pisa, Italia)

Menara Miring Pisa merupakan struktur yang luar biasa dan paling terkenal dengan kemiringannya. Menara terletak di Pisa dan proses pembangunannya butuh 200 tahun setelah konstruksi dimulai tahun 1173. Kemudian Menara mengalami renovasi besar-besaran lalu dibuka kembali tahun 2001.

  1. Katedral St. Basil (Moskow, Rusia)

Katedral ini didesain dengan visual warna-warni dan merupakan landmark terkenal serta antraksi paling popular yang terletak di pusat kota Moskow. Dirancang oleh arsitek Postnik Jakovlev, kubah bulat, paku runcing, dan menara poligonal membentuk mahakarya yang unik. Katedral sekuler dibangun antara 1554-1560 dan merupakan bagian dari Kremlin Moskow dan Situs Warisan Dunia UNESCO Lapangan Merah.

Leave a Comment