10 Pekerjaan Paling Banyak Dibutuhkan Pada Tahun 2025

AnakUI, penasaran dengan 10 pekerjaan yang dibutuhkan sampai lima tahun kedepan? Yuk simak isi artikel berikut ini.


0

Sudah satu tahun lebih Indonesia berjuang melawan pandemi covid-19, banyak sekali perubahan yang terjadi, tak terkecuali lapangan pekerjaan, AnakUI, berikut ini 10 pekerjaan yang dibutuhkan sampai lima tahun kedepan.

10. Pengacara

Pengacara, advokat atau kuasa hukum, dalam praktik dikenal juga dengan istilah Konsultan Hukum. Dapat berarti seseorang yang melakukan atau memberikan nasihat dan pembelaan “mewakili” bagi orang lain yang berhubungan (klien) dengan penyelesaian suatu kasus hukum. Istilah pengacara berkonotasi jasa profesi hukum yang berperan dalam suatu sengketa yang dapat diselesaikan di luar atau di dalam sidang pengadilan.

BACA JUGA: Magister Hukum Kenegaraan UI (Akhirnya Saya Kuliah Lagi)

9. Konselor kesehatan mental

Berada di rumah saja dalam waktu yang lama berdampak besar bagi kesehatan mental seseorang. Pembatasan dalam bersosialisasi pada awal pandemi menyebabkan stress, dan nantinya jika pandemi telah usai, banyak orang harus belajar bersosialisasi lagi seperti semula. Hal tersebut tidaklah mudah bagi sebagian orang dan menyebabkan kesehatan mentalnya terganggu, tak heran jika profesi ini cukup banyak dibutuhkan di masa sekarang dan di masa depan.

BACA JUGA: Gelar Psikolog Tuh Gimana Sih Dapetinnya?

8. Information security analyst

Di jaman yang serba canggih ini, peretasan amat banyak terjadi, mulai dari peretasan media sosial hingga data perusahaan. Maka tugas information security analysts di antaranya adalah merancang, melaksanakan, meng-upgrade, atau memantau langkah-langkah keamanan untuk melindungi jaringan komputer dan informasi dalam sebuah perusahaan atau institusi. Selain itu, tugasnya adalah memastikan kontrol keamanan dan kerahasiaan file digital dan infrastruktur elektronik vital perusahaan agar tetap aman.

7. Manajer sistem informasi dan komputer

Masih berhubungan dengan teknologi informasi, tugasnya mencakup dalam merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kegiatan di bidang-bidang seperti pengolahan data elektronik, teknologi informasi, sistem informasi, analisa sistem, dan pemrograman komputer untuk membantu efisiensi, efektifitas proses dan alur kerja perusahaan/organisasi melalui teknologi informatika. Selain itu, tugasnya melingkupi mengulas rencana proyek untuk merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan proyek-proyek teknologi informasi, dan mengelola sistem backup, keamanan dan sistem bantuan di bidang teknologi informatika.

6. Market research analyst

Market researcher bertugas melakukan penelitian pasar untuk menyediakan analisis bagi klien untuk menghasilkan produk. Jadi, seorang marketing research adalah pemberi masukan bagaimana kemudian produk yang diterima pasar. Seorang market researcher biasanya tergabung dalam sebuah perusahaan agency yang kemudian disewa langsung oleh klien. Mereka bertanggung jawab penuh menyajikan kebutuhan klien berdasarkan data hasil angket maupun wawancara.

5. Pelayanan Kesehatan

Permintaan SDM di bidang pelayanan kesehatan meningkat tajam pasca merebaknya virus covid-19. Sekarang pemerintah, NGO, dan pihak swasta menyadari betapa pentingnya memiliki SDM yang cukup dibidang pelayanan kesehatan. Bukan hanya dokter dan perawat loh ya, tetapi juga petugas yang menunjang kinerja dokter di bidang lain seperti sanitasi, radiologi, hingga administrasi rumah sakit.

4. Financial manager

Financial manager atau manajer keuangan memiliki tanggung jawab untuk membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan dengan memberi nasihat keuangan yang sesuai. Selain itu, seorang financial manager harus mengoperasikan roda kehidupan perusahaan seefisien dan se-efektif mungkin dengan menjalin kerjasama dengan manajer lainnya.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Untuk Menghemat Pengeluaran Kalian, Wahai Anak Kos!

3. General and operations manager

General manager memiliki beberapa fungsi yaitu, merencanakan langkah dalam mencapai tujuan perusahaan, mengatur, mengawasi, serta mengevaluasi. Selain itu seorang general managers dituntut untuk selalu adaptif dalam segala situasi dan kondisi.

2. Perawat

Pandemi masih belum usai, walaupun vaksin sudah tersedia jumlah orang yang terkonfirmasi positif terus meningkat, bukan hanya dokter saja, tetapi perawat juga sangat dibutuhkan hingga 10 tahun kedepan.

1. Software developer

Dengan adanya pembatasan saat bersosialisasi, banyak orang yang mulai mengandalkan teknologi untuk bertahan, semakin banyak layanan publik yang berbasis online melalui aplikasi, nah inilah tugas software development. Software developer merupakan seseorang yang bertugas untuk membangun serta menciptakan suatu produk, seorang software developer juga terlibat di dalam semua proses yang berhubungan dengan pembuatan dan rancangan sistem yang baru.

BACA JUGA: Luar Biasa, Mahasiswa UI Boyong Piala Bergilir GEMASTIK 2020


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply