30 Values of A Leader to Become Young On Top

Young on Top

Perkenalkan, saya Kenny Lischer adalah salah satu Young On Top Campus Ambassador dari Universitas Indonesia. Selain itu masih ada 12 orang lainnya yang berasal dari UI dan 80 orang lagi yang berasal dari seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan ini, saya berinisiatif untuk bisa membagi-bagikan 30 values yang harus dimiliki pemuda khususnya pemuda Indonesia yang notabene akan menjadi generasi penerus bangsa di masa depan.

Masa depan adalah milik para pemuda. Sekarang ini bukan zamannya lagi yang muda diam bungkam sementara melihat generasi pendahulunya melakukan kegiatan yang seharusnya bisa dilakukan yang muda. Sukses diwaktu muda, memang menjadi impian setiap orang. Tak ada faktor kebetulan. Semuanya direncanakan sejak awal dan dapat mengaplikasikan rahasia-rahasia orang-orang sukses di usia muda.

Memang, merencanakan keberhasilan sama dengan berhasil merencanakan. Namun, apa yang direncanakan tersebut tidak akan berhasil diraih apabila tidak ada usaha. Untuk mewujudkannya perlu sebuah sikap pantang menyerah yang dijabarkan menjadi 30 rahasia sukses di usia muda. Rahasia-rahasia tersebut dapat dilihat di bawah ini,

1.      DO what you love & LOVE what you do

Jika menginginkan hasil yang terbaik kerjakanlah apa yang kamu cintai. Hal inilah yang disebut dengan Passion. Karena adanya passion ini akan memberikan energi apabila berbuat lebih sehingga tidak akan berhenti hanya karena ada rintangan. Passion yang ada di dalam diri adalah pegangan untuk menuju arah benar yaitu kesuksesan.

Apabila anda berhasil merencanakan keberhasilan sama saja dengan berhasil merencanakan masa depan. Kesuksesan ada ditangan masing-masing. Oleh karena itu, pilihlah apa yang dicintai untuk dilakukan. Namun, jika tidak berkesempatan untuk berbuat demikian, cintailah apa yang dilakukan.

2.      INTEGRITY

Dalam meraih kesuksesan, peran integritas seseorang sangatlah penting. Adanya integritas ini memberikan gambaran, image, atau nama baik kepada seseorang. Untuk meraih integritas ini adalah dengan cara menjadi diri pribadi yang sebenarnya. Hal ini membuat lingkungan sekitar terbentuk image sesuai yang diinginkan. Integritas tidak dapat dipisahkan dengan kejujuran. Jadi, jika melakukan pekerjaan secara tidak jujur artinya integritas yang dimiliki kurang baik.

3.      THINK BIG

Pasanglah target setinggi-tingginya dan pastikan itu adalah sesuatu yang besar. Dengan impian yang besar ini maka akan memiliki keinginan untuk mencapainya, tanpa disadari, apa yang dilakukan sering kali adalah untuk mewujudkan impian itu. Orang mampu berbuat sesuatu yang bear, tapi hal itu tidak akan terjadi jika mereka tidak berpikir bahwa mampu untuk melakukan hal-hal tersebut.

Dengan memiliki impian yang besar dapat memberikan energi dan motivasi. Hari-harimu nanti, serasa sesuai dengan apa yang direncanakan. Impian besar ini membawamu pada kesuksesan. Sepatah kata-kata mutiara “Selama ada tujuan yang ingin dicapai semua itu dapat diraih”.

4.      CONFIDENCE

Memiliki impian yang besar harus disejajarkan dengan kepercayaan diri yang tinggi. Ketika dibarengi oleh usaha dan komitmen impian itu akan berhasil diraih. Kepercayaan diri dapat dibentuk mulai dari sendiri yaitu dengan cara mengenal siapa diri kita sebenarnya dengan tujuan mengukur diri dan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri.

Namun, janganlah kelebihan percaya diri (over confident) karena berarti memberikan penilaian yang lebih terhadap diri sendiri sehingga dapat dikatan bahwa orang tersebut tidak dapat menilai dirinya sendiri. Believe on yourself, you can do it.

5.      ON TIME

Tepat waktu sangat penting di segala aspek kehidupan karena, tanpa disadari, akan membentuk rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain. Dengan berkomitmen untuk selalu tepat waktu, kegiatan-kegiatan yang dilakukan lebih terencana dan dengan sendirinya berhasil untuk melakukan banyak hal. Satu kalimat yang bisa saya tambahkan untuk poin ini adalah “lupakan saya terhadap budaya mengaret Indonesia”.

6.      OPEN MINDED

Tak ada ide yang absolut. Saat berbicara tentang sebuah idea tau pandangan, ide itu dapat dilihat dari berbagai sisi. Hal ini tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Oleh sebab itu diperlukan sikap pemikiran yang terbuka untuk menerima berbagai macam masukan. Ada ide yang positif, juga ada ide yang negatif.

Agar dapat mengetahui ide-ide tersebut maka dengarlah baru dilajutkan dengan mencoba untuk menganalisis ide orang lain secara objektif. Pemikiran terbuka ini membuat seseorang untuk dapat menerima perubahan. Semakin bisa berpikir untuk terbuka, maka semakin bisa untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki.

7.      RESPECT

Respect is not demanded, respect is earned. Yang berarti rasa hormat itu didapatkan. Jika ingin dihormati maka hormatilah orang lain. Ada beberapa hal-hal kecil yang mampu membuat orang menjadi hormat kedapa kita, yaitu menyapa orang yang lebih tua dengan sapaan “bapak” dan “ibu”,  melihat mata orang yang dijabat tangannya, mengingat orang yang berkenalan, mendengarkan secara tulus, totalitas dalam memberikan perhatian.

Selain itu, rasa hormat juga akan tumbuh ketika mampu untuk saling bisa menghargai dan menghormati pendapat orang lain. Itu semua dapat membuat seseorang menjadi lebih terbuka dan dewasa.

8.      NEVER GIVE UP

“Never Give Up”, tiga kata keramat yang membawa lebih dekat pada kesuksesan yang diimpikan. Impian besar yang telah direncanakan tidak dapat menjadi kenyataan apabila tidak memiliki hasrat pantang menyerah. Tidak ada yang tidak bisa di dunia ini kalau kamu terus-menerus berusaha.

Untuk meraih impian seringkali dihadapi dengan rintangan dan halangan yang membuat merasa “down”. Jika hal ini terjadi, kamulah pilotnya. Kendalikan dirimu. Apa yang kamu perbuat, adalah apa yang kamu raih, adalah kamu yang sebenarnya.

9.      JUST PERFORM

Berbuatlah dan berikan sesuatu yang sebelum menuntut untuk diberi. Lakukanlah semaksimal mungkin, jadilah yang terbaik. Untuk mendapatkan hasil tersebut yang dilakukan adalah just perform!

Seorang atlet, Lance, berhasil menjuarai Tour de France sebanyak tujuh kali berturut-turut, seorang karyawan yang mendapatkan promosi dan berhasil terhindar dari pemecatan, dan kenaikan gaji yang didapat oleh karyawan adalah akibat mereka melakukan just perform. Just perform juga berarti tidak ada kata relaks. Janganlah sekali-sekali terlalu lama merayakan keberhasilan yang telah diraih. Karena jika tidak siap siaga, akan ada yang siap untuk mengalahkanmu di saat lengah.

10.  DETAIL ORIENTED

Pengetahuan akan detail sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin tinggi posisi seseoran pada suatu perusahaan maka dituntut untuk mengetahui detail dari bidang atau posisi yang ada dibawahnya. Jadilah seseorang yang kritis terhadap sekelilingmu. Selain itu, gunakanlh detail yang didapatkan dan diketahui untuk mengambil keputusan.

11.  OUTSIDE THE BOX

Selain dapat mengetahui sesuatu secara detail, diperlukan juga pemikiran-pemikiran kreatif yang outside the box. Untuk mampu berpikir outside the box ini harus dilatih dari waktu ke waktu. Saat yang paling tepat untuk menerapkannya adalah pada saat sedang mengalami rintangan. Dalam penciptaan konsep kerja haruslah dapat menyatukan gagasan-gagasan abstrak yang dibuat berdasarkan pengamatan dari luar. Oleh sebab itu, berpikirlah sesuatu yang berbeda sesuatu yang diluar kotak, outside the box.

12.  POSITIVE THINKING

Berpikir positif digunakan untuk merobohkan semua tembok penghalang yang ada di depan, tidak peduli berapa tingi dan kokoh tembok tersebut. Dengan berpikir positif dapat dengan mudah mendapatkan jalan keluar yang sebelumnya dikira mustahil untuk dicapai. Cara berpikir positif akan memperluas pikiran, terutama pada saat menghadapi masa-masa sulit.

Berpikir positif juga akan mendorong untuk bersikap dan berpikir lebih kritis terutama untuk mencari jalan keluar suatu permasalahan. Berpikir kritis adalah “mempertanyakan” hampir semua ide dari segala sudut pandang yang ada.

Sementara itu, berpikir negatif. artinya hanya “melihat” dan “mempertanyakan” segala ide secara negatif. Untuk dapat berpikir positif, tenangkanlah dirimu dan selalu berlatih berpikir positif. Hidupmu akan jauh lebih indah dan berwarna dengan hal ini,

13.  CREATIVITY

Dimanapun, kreativitas akan selalu dihargai walaupun beresiko. Syarat utama untuk menjadi seorang yang kreatif adalah orang tersebut haruslah dapat berpikir secara terbuka.

Cara untuk menjadi seorang yang kreatif adalah dengan niat, ingati niat tersebut, dan berusaha untuk menjadi kreatif dengan cara menantang diri untuk berpikir kreatif. Semakin otakmu ditantang, semakin terbiasa otakmu menjadi kreatif.

Cobalah jalani segala sesuatu dengan cara yang beda dan baru. Temukan jalan-jalan alternative tersebut dan carilah jalan terdekat, termudah, dan tercepat untuk mencapai tujuan tersebut.

14.  BRING SOLUTION, NOT PROBLEMS

Apabila ditanyakan kepada orang lain, mana yang paling disuka antara yang memberi masalah dan memberi solusi? Tentu jawabannya adalah mereka yang dapat member solusi. Oleh karena itu, jadilah orang yang dapat memberikan solusi terhadap permasalah bukannya membawa masalah untuk dicari solusinya.

Dengan ajaran ini, kamu akan menjadi lebih kritis dan kreatif menganalisis permasalahan untuk mencari solusi, kinerja semakin meningkat, dan dapat menghemat waktu untuk mencari solusi permasalahan. Solusi jauh lebih baik dari masalah. Jadi, kenapa harus membawa masalah kemana-mana?

15.  DO NOT ASSUME

Jangan berasumsi adalah kunci utama untuk menghidari dari misscomunication. Janganlah takut untuk meminta penjelasan jika memang tidak mengerti terhadap suatu hal. Daripada melakukan kesalahan, lebih baik meminta penjelasan. Lakukanlah hal tersebut, hingga mendapatkan gambaran tentang apa yang harus dilakukan atau harus dicari solusi permasalahannya.

16.  LEARN FROM MISTAKES

Kesalahan adalah tindakan yang harus dihindari oleh semua orang. Ironisnya, orang-orang sukses dunia bangga pernah melakukan kesalahan. Hal ini disebabkan, cara pandang mereka terhadap kesalahan itu yang menjadikan pelajaran paling berharga bagi mereka. Kesalahan itu sesungguhnya adalah kesempatan untuk sukses dimasa depan. Kesalahan dapat dipelajari bukan hanya dari diri sendiri, melainkan juga dari kesalahan orang lain.

Dengan mempelajari kesalahan dari dua sumber itu, diharapkan tidak dapat terjebak di lubang yang sama seperti yang sudah dialami. Mengutip kata-kata dari Obama “Something like this is just part of growing up. And sometimes growing up hurts.”

17.  MAKE A LOT OF FRIENDS

Setiap manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri di dunia ini. Antara orang yang satu dengan yang lain perlu saling interaksi dan saling tolong-menolong. Sudah sebaiknya kita tidak pilih kasih dalam berteman baik orang itu memberikan pengaruh positif atau negatif, kaya atau miskin, sama dan berbeda agama. Namun, pilihlah teman yang benar-benar menjadi teman dekat adalah orang-orang yang baik dan jauhi yang jahat.

Dari berbagai macam teman yang dimiliki, terdapat beribu kesempatan baik yang akan datang. Dengan memiliki banyak teman, akan mampu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih baik. Intinya adalah, janganlah meremehkan orang lain, karena suatu saat mereka atau anda akan saling membutuhkan. Perbanyaklah berteman.

18.  FAIR AND OBJECTIVE

Fair atau adil adalah hasil penilaian yang proporsional. Untuk menjadi orang yang fair and objective, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuang perasaan emosional yang dimiliki terhadap yang akan dinilai. Keuda, yaitu menganalisis secara mendalam dan dari berbagai sisi. Kemudian, janganlah mengambil keputusan yang keputusan itu tidak ingin terjadi. Keputusan yang fair and objective adalah keputusan yang meprioritaskan tercapai visi dan misi suatu organisasi atau perusahaan.

19.  URGENT & IMPORTANT

Pastinya anda pernah dihadapi dengan berbagai macam tugas, kegiatan, ataupun masalah yang harus diselesaikan. Untuk dapat menyelesaikannya kalian harus dapat membuat daftar prioritas dengan membaginya mana yang urgent atau mendesak dan important atau penting.

Sekarang ini, banyak orang yang dituntut untuk melakukan multitasking atau dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam suatu waktu. Oleh karena itu, perlulah untuk memaksimalkan mana pekerjaan yang urgent dan mana yang important.

Satu hal yang perlu kalian ingat, penyelesaian terhadap hal urgent dan important terkadang tidak hanya berada di pundak kamu, tapi juga di pundak rekan-rekanmu. Oleh sebab itu, pendelegasian dan team work juga sangat berperan penting dalam penyelesaian masalah.

20.  LEAD & BE TEAM PLAYER

Seorang pemimpin sangatlah dibutuhkan di segala lini kehidupan. Biasanya, seorang pemimpin adalah seseorang yang menjadi teladan, pengarah, dan pengatur kerja suatu tim. Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kharisma. Untuk membangun kharisma tersebut, dapat dilakukan dengan cara mulai dari menjadi anggota dalam suatu tim yang disukai, baru kemudian jadilah pemimpin di tim tersebut dan tunjukkan bahwa kamu layak menjadi seorang pemimpin.

Kombinasi antara bekerja dengan baik dan bersedia untuk memimpin adalah sesuatu yang membuat kamu berbeda dari yang lain. Ada tiga syarat menjadi seorang pemimpin yaitu percaya diri, fokus, dan komitmen. Namun, pemimpin disini bukanlah seorang superman, dalam arti seorang pemimpin tersebut harus dapat bekerja didalam tim. Fungsi pendelegasian dari seorang pemimpin ke rekan timnya sangatlah memiliki peranan penting. Dengan mendelegasikan dengan baik, maka kerja tim akan menjadi baik.

Pemimpin memiliki peranan penting terhadap anggota tim. Sebaliknya, anggota tim sama pentingnya seperti seorang pemimpin. Apabila dalam tim tersebut ada kesalahan yang terjadi, segeralah mengakui kesalahan tersebut. Hal ini dapat membuat suatu tim dapat terika secara emosional dan menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik kelak. Namun, jika tim berhasil melakukan sesuatu, janganlah menyatakan jika keberhasilan tersebut berasal dari anda apabila anda hanya berkontribusi sebanyak 1% dan 99% sisanya dalah hasil kerja keras orang lain. Akuilah bahwa ini keberhasilan tim bukan individu.

21.  FIGHT FOR YOUR TEAM

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berani bertukar pikiran, berargumentasi, dan berkata tidak setuju. Mereka juga adalah orang-orang yang berani menjadikan atasannya sebagai teman; juga menghormatinya. Tidak peduli seberapa besar tekanan yang ada, seorang pemimpin harus tetap mampu memotivasi tim untuk melakukan tugasnya dengan baik.

Pemimpin yang baik mampu menjaga timnya, terutama ketika ada kesalahan baik yang dilakukan sendiri maupun pihak lain. Pemimpin yang baik itu tidak takut terhadap atasannya dan selalu kritis menganalisis segala macam pekerjaan di situasi apa pun.  Jika ingin sukses, harus beranikan diri untuk berdiri di atas prinsip yang dipercaya benar. Beranikanlah untuk mengatakan “No” disertai dengan alasan-alasan yang masuk akal, daripada hanya mengatakan “yes”.

22.  THE EXTRA MILE

“Keep challenging yourself, never be satisfied, and make sure you always perform beyond expectation.”

Lakukanlah sesuatu yang diatas rata-rata. Maksudnya adalah jika kamu telah mampu mengerjakan apa yang dapat dikerjakan oleh orang lain, lakukanlah sesuatu sebesar dua atau tiga persen atau lebih dari apa yang diharapkan. Kemungkinan besar kamu akan merasa lebih fun. Janganlah menjadi orang yang mau dibatasi. Tantang dirimu untuk melakukan sesuatu yang lebih dari yang diharapkan. Apabila merasa lelah, depresi, dan “down” segera motivasi diri anda. Agar dapat melakukan hal yang diatas rata-rata ini buatlah target yang besar dan optimis realistis. Selalu tantang diri untuk menggapai target tersebut.

Ada sebuah contoh berkaitan dengan extra mile. Banyak orang menasehati orang lain untuk berhemat. Namun, pernahkah kalian menerima nasehat untuk tidak berhemat? Dari kedua nasehat itu, tentu nasehat yang tidak berhemat itulah yang baik. Hal ini dapat membuat seseorang tertantang untuk mengerahkan kemampuannya secara maksimum untuk mendapatkan uang yang lebih banyak lagi untuk menutupi kebutuhannya.

Everything is possible. Bermimpilah setinggi mungkin. Tetapkanlah target yang optimis realistis. Berkompetisilah dengan diri sendiri untuk menantang agar lebih baik lagi. Dan keluarkanlah kemampuan maksimum untuk mencapainya. Dan jangan lupa doa. Niscaya, apa yang diinginkan akan tercapai.

23.  POWERFUL INSTINCT

Ketika dihadapi untuk menjalankan suatu proyek, gunakanlah insting kalian dan dapatkan data-data yang mendukung untuk menganalisa hal-hal apa saja yang diperlukan untuk menjalankan proyek tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk menganalisa risiko yang ada. Buatlah risiko tersebut menjadi risiko yang terukur, dalam artian risiko ini sudah diperhitungkan sebelumnya sehingga dapat diminimalisir kejadiannya.

24.  NEGOTIATION

Kemampuan bernegosiasi adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki setiap individu. Tidak peduli seberapa besar hal yang dinegosiasikan, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Tingkat kesuksesan negosiasi yang dilakukan sangatlah bergantung pada persiapan yang dilakukan. Persiapan-persiapan yang dilakukan antara lain :

Be an optimist realist. Ketahuilah apa yang ingin dicapai dalam negosiasi
Cari tahu siapa yang akan dihadapi dan apa yang dia inginkan
Persiapkan data “selengkap-lengkapnya” yang bisa didapatkan
Mencoba untuk mengatur tempat bernegosiasi.

Ketika bernegosiasi dengan seseorang, tampilkan wajah yang tenang dan denganrkan apa yang dia inginkan. Kemudian, taruhlah diri kamu seolah-olah berada di posisinya sehingga tahu apa yang benar-benar dia inginkan.

25.  HUMOR

Untuk membuat situasi yang nyaman, humor adalah kuncinya. Orang-orang sukses biasanya menggunakan humor disaat yang tepat, ditempat yang pas, dan orang yang tepat. Dengan melanturkan humor, orang-orang disekitar kamu akan merasa nyaman, dekat, jauh dari ketegangan, dan jauh dari pertengkaran. Orang-orang disekitarmu akan menganggap dirimu sangatlah ceria. Namun, lakukanlah humor diwaktu dan tempat yang tepat.

26.  NOWHERE TO HIDE

Janganlah mengumpat. Kamu harus berani untuk bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan dan kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi. Beranikan diri untuk memiliki rasa tanggung jawab lebih. Mulai dari menyetop kebiasaan buruk yaitu menunjuk orang lain sebagai penyebab suatu kegagalan. Dengan ini, dapat membuat kamu tidak akan takut mengambil keputusan. Kamu pun akan lebih mampu mengambil keputusan dengan cepat dibandingkan dengan mereka yang takut disalahkan.

27.  CONSTRUCTIVE CRITICISM

Kritik merupakan pesan yang disampaikan oleh seseorang baik pribadi maupun orang lain yang sesuai dengan standar diri mereka sendiri. Dalam memberikan kritik haruslah berupa kritik yang membangun yang membuat orang yang menerima kritik tersebut bisa menganalisis secara objektif supaya hasil kerjanya di kemudian hari dapat lebih baik lagi. Apabila menerima kritikan, cobalah untuk berpikir terbuka dan positif. Terima semua kritik yang ada, namun pilihlah kritikan-kritikan yang membangun untuk kemajuan diri.

28.  HUMBLE

Tidak peduli kamu sekarang adalah seorang yang sukses, akan sukses, atau belum sukses, rendah hati adalah salah satu kunci sukses. Rendah hati adalah kunci sukses yang harus dimiliki. Jangan tunda untuk rendah hati karena ini merupakan salah satu pelajaran terbaik yang ada di bumi ini. Semakin tinggi posisi kami, semakin sukses kamu di pekerjaan, cobalah untuk semakin rendah hati. Ikuti filosofi padi.

29.  KEEP SEARCHING

Apa yang telah kamu raih di masa lalulah yang membuat kamu seperti hari ini. Dengan menyadari bahwa pengetahuan tidak ada batasnya, hal ini merupakan langkah  awal untuk menyadari pembelajaran seumur hidup. Pelajarilah apa yang disukai. Namun, jangan menutup mata terhadap seluruhnya untuk mencari pengetahuan atas hal-hal lain yang dapat membantu untuk berkembang.

Kemudian, lakukan langkah nyata untuk pembelajaran seumur hidup. Jangan hanya belajar secukupnya, tapi belajarlah semaksimal mungkin. Belajarlah segala sesuatu yang penting di dalam hidup, dan jangan pernah berhenti sampai nafas terakhir. Belajar dapat dilakukan dari berbagai macam sumber. Salah satu yang paling berharga adalah pengalaman baik diri sendiri maupun orang lain. Jangan tutup mata dan telingamu. Setiap langkah sukses maupun kegagalan yang diambil pasti memiliki pelajaran yang berharga.

30.  SHARE & RECEIVE

Kita hidup disini adalah untuk berbagi. Maka setidaknya kamu berbagi sesuatu dengan orang lain. Jika tidak berbagi secara financial, bagilah ilmu-ilmu yang telah didapat kepada orang lain agar orang lain menjadi pintar. Apabila orang lain telah menjadi pintar, ini akan memacu kamu untuk menjadi lebih pintar dari mereka. Hal ini wajar karena sifat manusia yang ingin berkompetisi antara yang satu dengan yang lain. Jadilah orang yang lebih pintar diantara orang-orang pintar, jangan jadi orang pintar diantara orang-orang bodoh. Tanpa disadari, semakin banyak sesuatu yang dibagi, maka semakin banyak yang didapatkan.

Apabila kalian sudah bisa meresapi 30 rahasia sukses tersebut dalam hati, sekarang saatnya untuk mulai beraksi. UP TO YOU, DO IT. Sedikit mengutip dari kata-kata mutiara seorang Maxwell,

“Kesalahan terbesar yang dilakukan orang-orang adalah

Tidak melakukan apa-apa”

(Maxwell)

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA