BMKG yang notabene beranggotakan mahasiswa yang kurang gawean dan mageran, yang seringkali ke kampus tanpa agenda (bahkan kuliah aja enggak, tapi ke kampus tetep), seringkali mengamati mereka yang aktif dalam organisasi. Ada sedikit rasa bangga dan iri sebenernya, ketika melihat temen-temen yang aktif banget di organisasi. Bangga, karena entah kenapa meskipun seangkatan kami agendanya beda jauh; iri, karena kadang gak punya agenda itu gak seseru banyak agenda sibuk sana-sini. Akhirnya BMKG memutuskan untuk nanya-nanya dikit ke mereka yang aktif berorganisasi, dan berikut suara mereka yang kadang hanya terungkap dalam hati.

BACA JUGA: Biar Gak Nyesel di Kemudian Hari, Jangan Lupa Buat Lakuin Ini Pas Jadi Maba

 

advertisement

Kuliah Membosankan

Beberapa mikir kalah kuliah itu ngebosenin via

Beberapa mikir kalah kuliah itu ngebosenin via Photo Credit: University of Saskatchewan via Compfight cc

Iya, loh. Kuliah itu, hingga pada satu titik, membosankan. Dan itu beda-beda buat orang. Pernah ada yang baru merasa bosen kuliah itu pas semester 6, which is normal. Ada yang merasa bosen padahal baru semester pertama dan UAS aja belom pernah ketemu. Ada yang baru bosen kuliah pas udah 9 semester, karena temen-temennya yang lain udah kelar kuliah. Ada yang bosen bahkan di hari pertama kuliah.

Nah, bosen kuliah ini, kata beberapa orang, jadi alasan mengapa mereka aktif di organisasi. Kuliah bikin bosen, kelas bikin penat, akademik bikin miris, akhirnya join berbagai organisasi entah sekadar buat ngumpul seru-seru ngilangin penat atau emang mau cari aktivitas yang bisa bantu melepaskan diri dari absurditas kuliah.

 

advertisement

Kuliah Susah

Gak sedikit yang mikir kalau kuliah itu susah via

Gak sedikit yang mikir kalau kuliah itu susah via Photo Credit: DennisSylvesterHurd via Compfight cc

Ini ambigu. Ada yang menjadikan ‘kuliah susah’ sebagai argumen untuk jadi apatis sama kampus sampe gak ikut organisasi sama sekali. Alasan yang cukup kuat karena emang organisasi itu menghabiskan salah satu komoditi paling berharga dalam dunia perkuliahan, dunia persilatan dan dunia pada umumnya: waktu. Waktu yang bisa digunakan untuk belajar keras supaya gak ngulang matkul, sangat sayang kalau diikhlaskan untuk ikut organisasi.

Ada juga yang menjadikan ‘kuliah susah’ sebagai argumen untuk aktif di berbagai organisasi. Beberapa orang menyatakan bahwa tugas-tugas yang menumpuk dan tes-tes quiz-quiz yang menghadang itu emang gak bisa dihindari, emang bikin stress, dan biar gak stress mereka ikut organisasi just to take their mind off things. Bersabda bahwa kuliah emang susah, mau diapain juga. Jadi, might as well do it sambil ngerasain yang lain juga biar gak nyesel.

Bukan mau ambil sisi, tapi BMKG setuju sama salah seorang narasumber yang bilang “Saya setuju kuliah susah, tapi gak saya jadiin itu sebagai alasan untuk aktif maupun gak aktif pada bidang tertentu. I do what I like. Dan jujur aja, mending kuliah susah daripada susah kuliah.”

advertisement

Lebih enak kuliah gampang sih, tapi ya oke deh.

 

Seru

Gimana gak seru kalau bisa terlibat banyak event di kampus?

Gimana gak seru kalau bisa terlibat banyak event di kampus?

Gak perlu dijelasin panjang-panjang; basically, semua yang terlibat organisasi karena keinginannya sendiri bilang demikian. Seru, bisa kenal sama banyak orang dan terlibat dalam banyak hal. Bisa jadi famous, karena tiap ada acara, mereka-mereka lagi yang muncul. Mereka lagi yang kerja, yang capek, dan mereka lagi yang seneng-seneng ketika berhasil.

advertisement

 

Suka Sedih Liat yang Apatis

Suka Sedih Liat yang Apatis via kmhd

Suka Sedih Liat yang Apatis via kmhd

Nah, hal ini diutarakan oleh sebagian besar mereka yang aktif dalam berbagai organisasi kampus. Masih sedih liat mereka yang apatis. Bukan hak juga sih, nyuruh mereka aktif. Aktif itu hak prerogatif yang bersangkutan aja. Tapi it would be nice kalau makin banyak yang altruis, yang mau melakukan sesuatu untuk kepentingan bersama, untuk senang-senang bareng daripada senang-senang sendiri ngelakuin kepentingan sendiri.

Nah, buat yang belum aktif, bocoran aja nih, cobain sekali-sekali aktif di organisasi. Mungkin bakal seru, mungkin bakal nyesel. Tapi kalo gak dicoba, siapa yang tau?

Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter, dan Line siapa tau ini bisa mendorong mereka yang kurang atau belum aktif untuk nyobain sekali-sekali sesuatu yang baru, sebelum lulus.