4 Hal Ini Perlu Dipersiapkan Baik-baik Untukmu Wahai Fresh Graduate

Nah, bagi kamu yang sedang menyandang status sebagai fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan, berikut adalah berbagai tips yang perlu kamu lakukan.


0
1 share

Buat kamu yang baru saja lulus, selamat ya! Selamat datang di “level” berikutnya. Setelah lulus biasanya ada yang melanjutkan untuk jenjang pendidikan lebih tinggi, membangun bisnis, ataupun mencari pekerjaan. Nah, bagi kamu yang sedang menyandang status sebagai fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan, berikut adalah berbagai tips yang perlu kamu lakukan.

1. Mempersiapkan CV

Contoh Desain CV yang Menarik 8
Mempersiapkan CV

Buat kamu terutama yang ingin mencari pekerjaan, pastinya ini adalah hal yang sangat penting untuk kamu persiapkan. CV ini akan menjadi persyaratan utama untuk kamu melamar pekerjaan, oleh karena itu kamu harus mempersiapkan ini sebaik mungkin. Jika kamu masih awam dengan cara membuat CV, kamu bisa melihat contoh CV dari senior-senior kamu ataupun kamu juga bisa mencari melalui internet. Secara garis besar, CV ini berisikan tentang profil kamu  seperti nama, alamat, kontak, dan gambaran singkat mengenai diri kamu. Selain itu juga terdapat berbagai pengalaman kamu seperti pendidikan kamu, organisasi, pengalaman professional, prestasi, dan juga keahlian yang kamu milii. CV ini sendiri bertujuan agar pihak HRD dapat mengetahui gambaran diri kamu untuk mempertimbangkan kamu diproses di perusahaan. Oleh karena itu, penting sekali kamu mempersiapkan CV ini sebaik-baiknya karena ini adalah gerbang kamu untuk memasuki perusahaan impian kamu.

BACA JUGA: Kalau Belum Punya Pengalaman Kerja, Tulis Apa di CV?

2. Memproses dokumen-dokumen penting

Dalam proses seleksi kerja, setelah kita melalui beberapa tahap atau terkadang dalam tahap awal pun kita perlu untuk melampirkan berbagai dokumen-dokumen. Adapun dokumen-dokumen yang biasa diperlukan biasanya hampir mirip untuk setiap perusahaan dan akan lebih memudahkan kita saat kita mencari pekerjaan jika kita sudah mempersiapkan terlebih dahulu. Salah satu dokumen yang terpenting yang harus kamu pastikan kamu sudah memegangnya pastinya adalah ijazah dan transkrip nilai kamu. Selain itu, ada dokumen-dokumen lainnya yang bisa kamu persiapkan seperti pas foto dengan berbagai ukuran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan SKCK. Selain itu biasanya ada berbagai dokumen lainnya seperti NPWP, namun hal itu biasanya dapat menyusul dengan waktu lebih lama sehingga tidak perlu buru-buru untuk dipersiapkan.

BACA JUGA: Emang Seperti Apa Tipe-Tipe Mahasiswa Dari Kacamata Dosen?

3. Perbaiki profil media sosial

Apakah kamu sudah memiliki Linkedin? Linkedin adalah salah satu platform yang sangat bermanfaat terutama dalam dunia pekerjaan. Oleh karena itu, jika kamu belum memilikinya sebaiknya kamu segera membuatnya dan mengisi profilnya sebaik mungkin. Apabila kamu telah memiliki Linkedin sebelumnya, jangan lupa untuk terus update profil kamu agar profil kamu terlihat menarik di mata recruiter. Selain itu, kamu juga bisa mencari pekerjaan lewat Linkedin dan juga ada beberapa lowongan pekerjaan yang memang bisa kamu lamar via Linkedin. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan mulai dari sekarang berbagai media sosial yang kamu punya. Terkadang, perusahaan ingin mengetahui aku media sosial kita untuk melihat bagaimana diri kita. Jadi, pastikan kamu memiliki personal branding yang bagus. Mulai perhatikan ya apa saja yang kamu post ke media sosial kamu!

BACA JUGA: Serunya Ikut Kepanitiaan, Kalian Udah Ngerasain?

4. Mengikuti pelatihan dan sertifikasi

Sebagai fresh graduate, sebaiknya kamu harus menambah skill yang kamu miliki untuk meningkatkan “nilai jual” kamu di hadapan rekruter. Untuk menambah skill tersebut kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan ataupun sertifikasi, terutama yang dapat menunjang posisi yang ingin kamu lamar. Selain itu, salah satu sertifikasi yang penting adalah sertifikat bahasa inggris seperti TOEFL, IELTS, dan lain-lain. Hal ini karena banyak sekali  lowongan pekerjaan yang memberi persyaratan skor minimum TOEFL, IELTS dan lain-lain terutama TOEFL. Jadi, jika kamu belum memilikinya segera ambil sertifikasi tersebut.

BACA JUGA: Apa Saja Sih Kegiatan yang Dikangenin kalo lagi di Perpusat UI


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.

0 Comments

Leave a Reply