Menguasai bahasa asing memberikan poin plus bagi diri kita, karena selain menambah rasa percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang asing, juga dapat membuka banyak kesempatan seperti belajar di luar negeri, bekerja, serta menambah jaringan.

Berikut 5 bahasa asing yang paling banyak dipelajari orang Indonesia:

1. Bahasa Inggris: jelas yang paling banyak dipelajari di Indonesia

5 Bahasa Asing yang Banyak Dipelajari Orang Indonesia via English First

5 Bahasa Asing yang Banyak Dipelajari Orang Indonesia via (foto EF Education First)

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang sebenarnya sudah tidak asing lagi di kehidupan kita sehari-hari. Penggunaannya sudah universal seiring berkembangnya teknologi. Bahasa Inggris dapat diibaratkan sebagai pintu kemana saja-nya Doraemon, karena dengan menguasai bahasa Inggris dapat membuka kesempatan bagi kita untuk mengglobal baik itu dalam berkarir maupun akademik. Ssst… klik link ini untuk intip peluang belajar bahasa Inggris di luar negeri.

Di Indonesia sendiri, kemampuan berbahasa Inggris kita ternyata cukup baik lho! Menurut hasil tes EF EPI terbaru atau EF English Proficiency Index, tingkat kecakapan masyarakat Indonesia menempati posisi 28 dari 63 negara. Tes yang disusun oleh EF Education First, lembaga swasta penyedia pelatihan bahasa terbesar di dunia, bermaksud untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris orang dewasa berumur 18 tahun keatas, dan di tahun 2014 berhasil menarik perhatian 720,000 partisipan. Apa kamu tertarik untuk berkompetisi global dan membawa nama baik Indonesia naik peringkat ke top 10 dunia? Baca informasi selengkapnya tentang test EF EPI pada website ini.

Menguasai bahasa Inggris merupakan syarat mutlak untuk bekerja ataupun belajar di luar negeri. Beberapa tes kemampuan bahasa Inggris yang diakui secara internasional antara lain: TOEIC, TOEFL, IELTS.

2. Bahasa Arab: bukan cuma bahasanya umat Islam

Di posisi kedua ada bahasa arab via (foto pixabay)

Di posisi kedua ada bahasa arab via (foto pixabay)

Banyaknya lembaga pendidikan berbasis Islam, memiliki peran yang signifikan dalam perkembangan bahasa ini di Indonesia. Selain itu, banyak juga istilah-istilah di bahasa Indonesia sendiri yang merupakan serapan dari bahasa Arab. Struktur penulisan dan gramatikalnya yang kompleks tidak membuat orang menyerah mempelajari bahasa ini. Biasanya bahasa Arab banyak dipelajari untuk memperdalam ilmu agama atau sebagai persiapan untuk bekerja di wilayah Timur tengah.

Untuk mengukur kemampuan bahasa Arab, kita bisa mengikuti ujian TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language).

3. Bahasa Jepang: harus bisa kalau mau kuliah di sana kelak

Di posisi ketiga ada bahasa jepang via (foto EF Education First)

Di posisi ketiga ada bahasa jepang via (foto EF Education First)

Selain unggul dalam teknologi, Jepang juga merupakan salah satu negara tujuan favorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan, sehingga banyak sekali yang mempelajari bahasa ini. Selain itu juga Jepang memiliki tempat khusus di hati para pecinta Anime dan Manga sehingga tidak sedikit dari mereka juga yang kemudian mempelajari Nihon-go.

Menguasi bahasa Jepang dapat membuka kesempatan lebih besar kepada kita dalam mendapatkan beasiswa pendidikan di Jepang, karena berbeda dengan penawaran beasiswa lainnya yang mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Jepang mu akan dapat dibuktikan dengan serifikat JLPT (Japanese Language Proficiency Test) atau dalam istilah Jepangnya disebut Nihongo Nouryoku Shiken/Noken. Tertarik untuk belajar bahasa Jepang di Tokyo? Cari tau informasi lebih mendalam di situs EF.

4. Bahasa Korea: jadi favorit setelah “demam korea” merebak

Di posisi ketiga ada bahasa korea via (foto pixabay)

Di posisi ketiga ada bahasa korea via (foto pixabay)

Perkembangan bahasa Korea di Indonesia sangat dipengaruhi oleh maraknya hallyu wave (demam korea) di dunia, terutama di Asia Tenggara. Drama, musik, dan fashion dari Korea sangat digandrungi secara luas oleh banyak masyarakat Indonesia yang secara tidak langsung berdampak pada tingginya minat untuk mempelajari budaya dan bahasa negeri gingseng tersebut.

Selain pengaruh hallyu wave, semakin banyaknya penawaran beasiswa dari Korea juga menjadi salah satu faktor tingginya minat masyarakat Indonesia dalam mempelajari bahasa Korea. Di UI sendiri meskipun termasuk baru, jurusan sastra Korea merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati setiap tahunnya. Untuk mengukur kemampuan bahasa Korea, dapat dilakukan dengan mengikuti ujian TOPIK atau KLPT (Korean Language Proficiency Test).

5. Bahasa Mandarin: “bahasa untuk investasi masa depan”

Bahasa Mandarin menjadi bahasa untuk investasi masa depan via (foto EF Education First)

Bahasa Mandarin menjadi bahasa untuk investasi masa depan via (foto EF Education First)

Mempelajari bahasa Mandarin seringkali disebut sebagai investasi masa depan karena adanya prediksi bahwa Cina akan menjadi kiblat ekonomi dunia di masa yang akan datang. Dengan menguasai bahasa Mandarin artinya kita dapat berkomunikasi hampir di semua negara karena Cina merupakan salah satu negara dengan tingkat diaspora terbesar di dunia.

Di Indonesia sendiri tedapat banyak etnis Tionghoa keturunan sehingga banyak terdapat istilah-istilah yang merupakan serapan dari bahasa Mandarin. Seru lho belajar Bahasa Mandarin apa lagi kalau bisa belajar langsung di Cina. Untuk mengetahui kemampuan bahasa Mandarin, dapat dilakukan dengan mengkuti ujian Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK).

Nah dari 5 bahasa di atas, kalian sudah menguasai yang mana saja?

 

More about us:

Website: http://www.ef.co.id/pg/
Facebook: https://www.facebook.com/EFIndonesia
Twitter: https://twitter.com/ef_indonesia