5 Cara Jitu Menambah Penghasilan ala Mahasiswa

Sewaktu masih SMA, kamu masih bebas tiap hari minta uang dari orang tua kamu. Namun keadaan berubah saat kamu jadi mahasiswa, apalagi kalau kamu ngekost. Jadi, kamu harus mulai mandiri. Berikut ini 5 tips jitu untuk menambah penghasilan kamu saat menjadi mahasiswa:


0
nurullathifah.wordpress.com

Sewaktu masih SMA, kamu masih bebas tiap hari minta uang dari orang tua kamu. Masih tinggal serumah dengan ortu dan bebas menikmati semua fasilitasnya. Namun keadaan berubah saat kamu jadi mahasiswa, apalagi kalau kamu ngekost. Orangtua kamu biasanya hanya memberikan uang saku (biaya hidup) per bulan. Jadi, kamu harus mulai mandiri.

Kamu harus hemat sana sini agar uang bulanan kamu cukup untuk sebulan. Tidak jarang mahasiswa sering makan mie instan di akhir bulan karna keuangan sudah menipis.
Daripada pusing hemat sana sini, lebih baik kamu menambah penghasilan kamu, sehingga kamu lebih bebas dalam mengeluarkan uang. Selain menambah penghasilan, juga menambah pengalaman kamu dalam mencari uang saat lulus kuliah nanti.

Berikut ini 5 tips jitu untuk menambah penghasilan kamu saat menjadi mahasiswa:

1. Jualan Pulsa

uniqpost.com
uniqpost.com

Jualan pulsa adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan mahasiswa untuk mencari uang tambahan. Kenapa? Karna sangat mudah dan murah. Kamu cukup membeli deposit dan menjual pulsa itu ke teman-teman kamu di kampus atau di kost. Per transaksi kamu bisa mengambil untung Rp500 – Rp1.000 agar tidak kalah saing dengan penjual pulsa lain. Kamu harus rajin menshare ke teman-teman kamu agar mereka beli pulsa dari kamu aja. Kalau kamu mau mendapatkan penghasilan tambahan Rp1jt, berarti kamu harus bisa menjual pulsa sebanyak Rp1jt/Rp1.000 = 1.000 kali, atau hampir 35 transaksi per harinya.

 

2. Ikut Lomba

naningisme.wordpress.com
naningisme.wordpress.com

Ya, ikut lomba sana sini. Gak usah malu, ada banyak kok mahasiswa yang mengikuti lomba karena tergiur dengan hadiah yang diberikan.

Jika kamu cukup berprestasi dan merasa mampu untuk bersaing dengan mahasiswa dari kampus-kampus lain, kamu bisa mengikuti berbagai lomba tingkat mahasiswa. Hadiah yang diberikan biasanya berkisar Rp3jt – Rp15jt per tim untuk pemenang pertama (juara 1) atau sekitar 1 – 5 jt per orangnya. Berani??

 

3. Jadi Guru Les Privat

nurullathifah.wordpress.com
nurullathifah.wordpress.com

Buat kamu yang punya jiwa mengajar, menjadi guru les privat adalah pilihan terbaik kamu untuk menambah penghasilan.

Kenapa? Karena kamu mahasiswa UI, dan salarynya sangat menarik.

Status mahasiswa UI yang kamu punya sangat dipercaya oleh siswa dan orangtuanya bahwa kamu mampu untuk mengajari anak mereka. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, kamu juga bisa menyalurkan bakat mengajar yang kamu punya di sini.

Oh ya, kebetulan, NusaPrivat.com, salah satu penyedia jasa les privat sedang membutuhkan banyak pengajar privat untuk mengajar siswa SMP, SMA, dan mahasiswa.

Syaratnya sangat mudah, yaitu: mahasiswa UI minimal semester 3 (atau alumni UI) dari FT, FE, FK, FMIPA, atau Fasilkom. Salarynya? Sangat menarik.

• Ngajar persiapan OSN: 300-350rb/pertemuan (syarat: medalist OSN)
• Ngajar mahasiswa: 175-250rb/pertemuan (syarat: minimal semester 5)
• Ngajar anak SMA: 140rb/pertemuan
• Ngajar anak SMP: 140rb/pertemuan (lowongan sedikit)
Menarik kan? Biasanya ngajar privat itu rutin setiap minggunya. Kalau kamu ngajar 2 orang siswa SMA, berarti kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan lebih dari 1 juta per bulannya, padahal kamu cuma ngajar 2 kali seminggu (atau 4 jam per minggu). Keren kan?

Mau daftar?

SMS aja dengan format:
Nama Lengkap # Jurusan # Angkatan # sumber info lowongan
Contoh: Dian Sinaga # Manajemen # 2011 # anakui.com
Lalu kirim smsnya ke 089693967612 atau email ke marketing@nusaprivat.com

Oh ya, selain menambah penghasilan, mengajar les privat juga bisa menambah pengalaman kamu loh dalam berhubungan dengan orang. Tidak sedikit pengajar privat yang mencantumkan pengalaman jadi guru les privat di CV nya.

 

4. Jualan Online

retnodamayanthi.wordpress.com
retnodamayanthi.wordpress.com

Dengan meningkatnya pengguna internet dan semakin bergantungnya orang-orang terhadap internet, banyak mahasiswa kreatif yang memanfaatkannya untuk berjualan di internet. Ada yang berjualan di sosmed seperti facebook, twitter, atau instagram, melalui blog, forum-forum seperti kaskus, bahkan membuat website toko online sendiri. Ada yang berjualan baju, binder, buku bekas, dan masih banyak lagi. Kelebihannya dengan berjualan biasa, kamu tidak perlu membuka toko/outlet, cara pemasarannya jauh lebih mudah, dan jangkauan pasarnya lebih luas.

Kalau kamu mempunyai jiwa dagang dan pejuang, kamu bisa berjualan online untuk menambah penghasilan kamu. Keuntungan yang kamu dapat tentu sebanding dengan risiko rugi yang harus kamu tanggung. Kalau risikonya kecil, untungnya juga kecil. Demikian juga, kalau risikonya besar, kemungkinan besar untungnya juga besar. Berani ngambil risiko??

 

5. Ngojek

muvilla.com
muvilla.com

Terakhir, Ngojek! Ojek online sudah menjadi gaya hidup. Mungkin bagi kita yang masih jadi mahasiswa dan butuh uang saku tambahan bisa daftar untuk jadi bagian dari rider ojek online. Udah ada beberapa mahasiswa juga kan yang ikutan untuk nambah uang saku. Siapa tahu juga nih dapet jodoh dari ngojek. Ga sengaja dapet penumpang yang secantik Isyana atau Raisa, kemudian si dia malah kepincut. Nah, selain dapet duit bisa juga kan tuh dapet jodoh. 😀

 

Oh ya, sekilas info, saat ini nusaprivat.com masih membuka pendaftaran guru les privat dalam waktu yang terbatas. Jangan sampai kamu telat mendaftar.

Share info ini juga yaa ke sosmed atau grup whatsapp/line kamu, agar teman-teman kamu bisa menambah penghasilannya dan lebih mandiri. 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

One Comment

Leave a Reply

  1. Km punya TOEFL diatas 550? IELTS 6.5? Manfaatin waktu kamu untuk ngajar part time di brtishenglishclass.com, sebuah online learning via WA/LINE. Km sendiri yang tentukan jam ngajarnya! Dapat menghasilan sambil sharing ilmu dan tambah relasi.

    Buruan daftar. Trims