5 Fitur Tersembunyi Linkedin untuk Mahasiswa

Banyak mahasiswa yang belum paham bagaimana memaksimalkan penggunaan Linkedin untuk menunjang karir ke depannya. Emang gimana sih? Yuk baca artikel ini sampai tuntas


0

Linkedin merupakan jejaring sosial berorientasi bisnis dan professional yang dapat diakses melalui situs website atau aplikasi seluler. Saat ini mungkin Linkedin sudah tidak lagi asing di kalangan mahasiswa karena sudah banyak mahasiswa yang menggunakan situs ini untuk meningkatkan professional branding mahasiswa. Jejaring ini memiliki banyak manfaat termasuk bagi mahasiswa yang ingin mulai membangun karir profesionalnya.

Tetapi, masih banyak mahasiswa yang belum paham bagaimana memaksimalkan penggunaan linkedin untuk menunjang karir mereka. Berikut ini merupakan fitur-fitur yang masih banyak belum diketahui namun sangat berguna untuk membangun karir professional mahasiswa sejak masih berkuliah.

1. Foto Profil

Mungkin sebagian besar menganggap bahwa foto profil merupakan fitur “biasa” yang sangat umum ada di jenis media sosial lainnya dan tidak mungkin terdapat dalam kategori fitur tersembunyi. Tetapi foto profil sebenarnya merupakan salah satu hal paling krusial dalam membangun citra professionalmu di linkedin.

Ketika seorang rekruter tengah melakukan pencarian kandidat, maka foto profilmu adalah hal pertama yang akan membuat rekruter tertarik atau tidak. Karena linkedin merupakan platform yang berorientasi professional maka gunakanlah foto profil yang rapih dan terlihat professional.

2. Linkedin Learning

Selain menyediakan sarana untuk melakukan networking dan menunjukan professional branding, Linkedin juga menyediakan fitur Linkedin Learning dimana kamu dapat mengakses ribuan online course. Online course ini berupa video mengenai materi – materi dengan berbagai kategori yang diajarkan oleh pengajar ahli di bidangnya.

Linkedin learning sangat bermanfaat bagi kamu untuk menambah skill yang dapat menunjang karirmu di masa depan. Meskipun berbayar dan dapat diakses oleh pengguna premium saja, Linkedin Learning memiliki banyak kursus yang ditawarkan secara gratis serta sertifikat yang dapat dilampirkan dalam laman profil Linkedin-mu.

BACA JUGA: Lagi Ngerapihin CV? Yuk Intip 3 Gaya Penulisan CV Ini Biar CV Kamu Makin Kece!

3. Endorsement

Tentunya bukan endorsement produk berbayar. Fitur endorsement ini dapat ditemukan di bagian bawah profil Linkedin seseorang. Fitur ini memiliki keuntungan yang menyediakan validasi akan skill yang kamu kuasai sehingga ketika rekruter melakukan pengecekan profilmu maka akan terlihat lebih menarik dan skill yang telah dicantumkan tervalidasi oleh rekan kerjamu. Cara untuk mendapatkan endorsement ini tentu saja dapat dengan mudah untuk saling memberikan endorsement dengan teman kuliah terhadap skill yang memang dikuasai.

4. Ketahuan Stalking

Salah satu fitur Linkedin yang cukup membuat banyak orang khawatir namun juga sebenarnya bermanfaat adalah munculnya notifikasi ketika kita melakukan view profile Linkedin seseorang. Untuk seseorang yang tidak ingin identitasnya diketahui atau tidak ingin ketahuan stalking maka akan merasa fitur ini mengkhawatirkan, akan tetapi sebenarnya fitur ini juga dapat meningkatkan engagement akun Linkedin-mu karena bisa membuat orang yang akun Linkedinnya kamu view akan balik mem-view profil akun Linkedin-mu.

Namun tidak perlu khawatir jika tidak nyaman dengan fitur ini karena kamu dapat mengatur aktivitas akun Linkedin mu agar tidak terlihat oleh orang lain melalui pengaturan “Profile Viewing Options”.

5. Mention Seseorang di Postingan Linkedin

Fitur ini juga tidak terlihat tersembunyi pada umumnya karena kita juga sering melihatnya di feeds Linkedin kita. Tetapi menyebutkan akun seorang koneksi di dalam postinganmu sebenarnya memiliki manfaat tersembunyi yang sangat jarang kita sadari yaitu meningkatkan engagement akun Linkedin.

Ketika nama seseorang kamu sebut dalam postinganmu, maka dalam saat yang bersamaan postinganmu akan muncul di laman feeds Linkedin koneksi yang disebut dan juga koneksi dari orang yang akunnya kamu sebutkan. Dengan munculnya postinganmu, maka jangkauan akun Linkedin mu akan semakin luas sehingga dapat meningkatkan jumlah koneksi dan peluang profilmu dilihat oleh rekruter.

BACA JUGA: Akun-akun Instagram UI yang Wajib Kamu Follow Agar Tetap Up-To-Date


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
insert bio here

0 Comments

Leave a Reply