Bete di kosan karena gak tau mau ngapain? Pengin nongkrong di kafe atau resto tertentu tapi kantong lagi cekak? Pengen ngemil western food tapi gak kesampean?

Well, kamu beruntung, karena kali ini kami bakalan bahas trik memasak ala anak kosan yang cocok banget buat kamu yang kepengen makanan resto tapi belum kesampean. Beberapa trik memasak yang akan di-share kali ini adalah trik memasak yang pastinya bikin masakan kosan kamu gak kalah kece dengan masakan di western resto!

Yuk, langsung intip.

advertisement

BACA JUGA: Jangan Ngaku Anak Kosan Pecinta Indomie, Kalau Gak Tau Resep Spesial Ini!

 

1. Kue Muffin Mini

Kue muffin mini via

Kue muffin mini via Photo Credit: Marufish via Compfight cc

Gampang banget, nih, bikin resep kue muffin mini. Hanya  mencampurkan secangkir tepung yang sudah diayak, secangkir krim kental yang tidak dikocok, dan gula sebanyak 3 sendok makan. Setelah adonan tercampur rata tuangkan ke dalam cetakan. Panggang di  oven selama 10 menit dengan suhu 180 derajat atau kalau suka, kamu bisa membuatnya dengan cara dikukus. Abis itu hidangkan deh buat BFF kamu di kosan.

advertisement

 

2. Roasted Fish

Roasted Fish via

Roasted Fish via Photo Credit: avlxyz via Compfight cc

Namanya juga fish, pastinya kamu harus siapin  seekor ikan putih yang masih segar, bisa juga ikan salmon untuk 1 porsi, satu sendok teh mentega, dan sebuah lemon. Lapisi ikan dengan mentega yang sudah dicairkan. Beri sedikit  garam dan merica. Boleh juga tambah bumbu lain sesuai  selera,  lalu oleskan  irisan buah lemon segar di atas ikan untuk menghilangkan bau amisnya. Bungkus ikan dengan kertas aluminium foil dan panggang selama 20 menit di dalam oven. Dan… jadi deh!

 

advertisement

3. Smoked Beef Avocado-Manggo Salad

Smoked Beef Avocado-Manggo Salad via thehappyfoodie

Smoked Beef Avocado-Manggo Salad via thehappyfoodie

Ini  cocok  dihidangkan sebagai hidangan pembuka. Sederhana saja, siapkan 2 buah mangga, 2 buah alpukat, dan 8 lembar daging asap yang biasa dijual di Sevel. Potong buah mangga dan alpukat kecil-kecil sesuai selera lalu iris tipis daging asap. Campurkan semua bahan dalam sebuah mangkuk kecil. Boleh juga menambahkan mayonaise atau cuka salad sesukanya.  Tampilannya yang segar, bakal membangkitkan selera makan kamu.

 

4. Roti Scone

Roti scone via Roxymjones

Roti scone via Roxymjones

Siapkan  4 cangkir tepung, 200 ml krim, satu kaleng minuman bersoda  pengganti ragi pengembang adonan roti. Masukkan tepung ke sebuah mangkuk. Bentuk sebuah lubang di tengah tepung, lalu  tuangkan krim dan limun ke dalam lubang tepung. Aduk sampai adonan rata dan lembut. Bentuk adonan dengan sendok es krim agar bulat, lalu panggang di oven hingga warnanya coklat keemasan. Enaaaaak….

advertisement

 

5. Kue Nanas

Buah nanas juga bisa bikin makanan terlihat wah via penulispro

Buah nanas juga bisa bikin makanan terlihat wah via penulispro

Weeee, ini lebih enak. Siapkan 2 cangkir tepung, secangkir gula, dan 540 gram nanas kaleng yang sudah dihancurkan atau dapat juga memakai selai nanas. Pertama, campurkan tepung dengan gula di dalam sebuah wadah. Aduk sambil menambahkan nanas sambil terus mengaduk. Pastikan  adonan bercampur dengan rata, lalu  tuangkan ke sebuah loyang yang sudah diolesi mentega agar adonan tidak lengket. Panggang   di  oven selama 40 menit,  suhu 180 derajat. Jadi deh!

Dari semua resep dan trik memasak yang kami share di atas, ingat, pastikan setelah kamu masak, kamu gak menikmati makanannya dengan MANTAN! Karena rasa makanannya bakal berubah jadi rasa-rasa yang lain, apalagi rasa ingin kembali. Duh, itu bahaya banget!